Edy Rahmayadi Ajak Masyarakat Nias Tingkatkan Kualitas Hidup

faeza Kamis, 01 November 2018 19:45 WIB
Mtc/ist
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menghadiri pertemuan Guru SMK se Kepulauan Nias di halaman SMK Negeri 2 Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara, Kamis (1/11/2018). Pertemuan ini dilakukan dalam rangka upaya Revitalisasi SMK oleh Dinas Pendidikan Provinsi
MATATELINGA, Nias: Masyarakat Nias diajak dan dimotivasi oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi untuk memusuhi kemiskinan dan senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Ada keprihatinan bagi saya melihat kesejahteraan yang tidak merata. Padahal di Nias lengkap semua ada, kenapa masih miskin, ayo sama-sama kita ubah ini," ujar Edy Rahmayadi saat melakukan pertemuan dengan kepala sekolah dan guru SMK se Kepulauan Nias, di halaman SMKN 2 Tuhemberua, Kamis (1/11).

Pertemuan dengan kepala sekolah dan guru SMK se Kepulauan Nias dilakukan dalam rangka upaya Revitalisasi SMK oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumut dengan visi Membangun Desa Menata Kota, Mencintai Pertanian Menuju Sumut yang Bermartabat.

Revitalisasi SMK, kata Edy, menjadi salah satu langkah dan cara untuk mengentaskan kemiskinan di Nias. SMK akan dilibatkan untuk mencetak generasi yang ahli dalam bidang-bidang tertentu dan menjawab persoalan-persoalan di tengah masyarakat Nias.

"Seperti SMKN 2 Tuhemberua, khususnya yang jurusan pertanian, harus bisa turun dan membimbing masyarakat di sekitar sekolah untuk aktivitas pertanian. Dimanfaatkan ilmunya untuk memajukan daerah kita, begitu pun dengan kejuruan lainnya," ucapnya.

Edy juga berpesan kepada guru-guru SMK yang hadir untuk menjalankan amanah dengan benar. Katanya, guru harus menghindari budaya kejar target dan memastikan para siswa terdidik dengan benar.

"Saat Hiroshima di bom, yang pertama kali ditanyakan Kaisar adalah jumlah guru yang masih hidup. Hingga kini, Jepang bangkit dan maju itu berkat guru. Itu lah sangking pentingnya peran guru itu untuk memajukan daerah. Untuk itu, Bapak Ibu, kita majukan Nias ini lewat pendidikan," ajaknya.

Edy mengatakan bahwa dirinya akan rajin untuk berkunjung ke Nias. "Saya tak melihat apapun agama atau suku bapak/ibu, yang pasti daerah teritorial saya adalah sampai ke Nias ini. Saya yang bertanggung jawab di Nias ini," tegas Edy yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Arsyad Lubis menyampaikan bahwa revitalisasi SMK bertujuan untuk memfungsikan kembali sekolah-sekolah SMK khususnya jurusan pertanian yang ada di Kepulauan Nias untuk mengerjakan dan menjadi narasumber bagi masyarakat petani di Kepulauan Nias.

"Kita bermitra antara pemerintah daerah dan provinsi. Seperti Dinas Pertanian Nias Utara yang datang kemari dan mengajar di SMKN 2 yang merupakan kewenangan provinsi, mereka datang dan menjadi penyuluh. Sinergi seperti ini lah yang harus terus kita bina, untuk mencapai tujuan-tujua yang baik," ucap Arsyad.

Sementara itu, Bupati Nias Utara M Ingati Nazara menyambut baik dan sangat mendukung program Revitalisasi SMK oleh Pemprovsu. Katanya, program ini tentunya akan membantu mempercepat target Nias Utara untuk menjadi daerah swasembada beras.

"Saat ini, luas areal pertanian Nias Utara, khususnya sawah, kurang lebih telah mencapai 3000 hektar. Dinas pertanian kita sedang memacu membuka areal pertanian di beberapa kecamatan untuk mengejar target 2000 hektar lagi, agar Nias Utara bisa menjadi daerah swasembada beras," ungkapnya.

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian Provsu Azhar Harahap, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Provsu Ria Telaumbenua, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisara Provsu Wan Hidayati, Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa'a Laoli, OPD dan unsur forkopimda Nias Utara.

Acara juga dirangkaikan dengan penyerahan SK Guru Tidak Tetap (GTT Non PNS) oleh Gubernur Edy didampingi Kadis Pendidikan Provsu Arsyad Lubis kepada 12 sekolah Kepulauan Nias jenjang SMA, SMK, dan SLB yang diterima oleh masing-masing kepala sekolah.

Tidak hanya itu, Gubernur bersama Dinas Pertanian Nias Utara juga menyerahkan bantuan berupa alat pendukung aktivitas pertanian kepada masyarakat petani dan SMKN 2 Tuhemberua. Diantaranya hand tracktor roda dua 15 unit, cultivator 6 unit, mesin pompa air 10 unit, mesin penanam padi 5 unit, alat tanam jagung 5 unit, alat semprot 5 unit, bantuan benih jagung, benih padi gogoh dan pupuk organik.(mtc)

Editor: faeza

T#g:Gubsu Edy Rahmayadikepulauan NiasPemprovsu
Komentar
Rabu, 12 Des 2018 06:30Nasional

Polsek Ciracas Habis Dilalap Sijago Merah

Polsek Ciracas di Jalan Raya Bogor RT07 RW 01 Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur terbakar.

Rabu, 12 Des 2018 06:15Nasional

Siswa SMP Tikam Bocah SD

Pelaku penikaman bocah laki-laki inisial MF (12) akhirnya ditangkap oleh Anggota Resmob Polsek Makassar bersama Tim Jatanras Polrestabes Makassar.

Rabu, 12 Des 2018 06:00Bola

Hasil Laga ke 6 Liga Champions Rabu Dini Hari

Liga Champions 2018-2019 telah menggelar delapan pertandingan pamungkas dari Grup A, B, C dan D pada Rabu (12/12/2018) dini hari WIB. Di antara delapan pertandingan itu ada empat pertandingan yang menarik untuk dibahas yakni Barcelona kontra Tottenham Hot

Rabu, 12 Des 2018 05:01Berita Sumut

Pelantikan Pengurus Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia

Pelantikan Pengurus Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PD MABMI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Periode 2018-2022 digelar di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (11/12/2018).

Selasa, 11 Des 2018 23:15Internasional

Kerusuhan 'Rompi Kuning' Timbulkan Bencana Ekonomi Prancis

Gelombang aksi demonstrasi pasukan 'rompi kuning' telah menyebabkan bencana besar bagi ekonomi Prancis. Demikian dilontarkan Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire. Le Maire juga menyebut situasi di Prancis sebagai krisis terhadap masyarakat d

Selasa, 11 Des 2018 22:15Nasional

Diseret Banjir Siswa SMP Pekanbaru Hilang

Seorang siswa SMP di Pekanbaru, Riau dikabarkan terseret arus banjir. Tim gabungan dikerahkan untuk menyusuri sungai guna mencari keberadaan siswa kelas IX tersebut

Selasa, 11 Des 2018 21:45Bola

Chelsea Akan Jual 5 Pemainnya di Januari 2019

Telah memasuki pertengahan musim, yang mana berarti jendela transfer musim dingin 2019 juga sudah dekat. Bursa transfer tersebut tentu akan digunakan dengan sangat baik oleh klub-klub yang ingin memperbaiki posisinya di klasemen, salah satu tim yang akan

Selasa, 11 Des 2018 19:30Berita Sumut

LSM PERKARA Labura Laporkan IMB Terbit Dalam Kawasan Hutan

Ketua Dewan Pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Anggaran (DPD LSM PERKARA) Labura, Darwin Marpaung memaparkan, lembaganya telah membuat laporan pengaduan terhadap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pint

Selasa, 11 Des 2018 19:15Berita Sumut

Guru MDA, Tahfiz Alquran dan Sekolah Minggu Terima Bantuan Operasional

Sebanyak 445 guru yang terdiri dari guru Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), Tahfiz Alquran, dan sekolah minggu seKota Binjai, terima bantuan biaya operasional, dari Pemerintah Kota Binjai, bertempat di Pendopo Umur Baki, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kec

Selasa, 11 Des 2018 19:00Berita Sumut

Poldasu Terus Mengusut Perjalan Dinas fiktif Anggota DPRD Tapteng

Terkait dengan elemen masyarakat yang melakukan aksi demo meminta Poldasu terus mengusut perjalanan dinas fiktif oleh sejumlah anggota dewan Tapteng, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan menegaskan kalau pihaknya terus bekerja melakukan pengemba

Selasa, 11 Des 2018 18:45Berita Sumut

BKPP Kabupaten Labuhanbatu Laksanakan Ujian Kenaikan Pangkat

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Labuhanbatu akan melaksanakan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijajah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten labuhanbatu yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 15 Desember 2018 bertempat di Gedung

Selasa, 11 Des 2018 18:30Berita Sumut

Dinkes Labuhanbatu Peringati Hari Kesehatan Nasional Ke-54

Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018 yang digelar di lapangan Ika Bina Rantauprapat, Senin 10 Desember 2018. HKN kali ini mengangkat tema "aku cinta sehat, ayo hidup sehat, mulai dari kita&quo

Selasa, 11 Des 2018 18:15Nasional

20 Tahun Forhati Fokus Pada Pencapaian Kualitas Perempuan

Forum Alumni HMI Wati (Forhati) pada 12 Desember 2018 ini genap berusia 20 tahun. Sebagai organisasi alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang terus berjuang pada pencapaian kualitas kaum perempuan, dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Selasa, 11 Des 2018 18:00Berita Sumut

320 PKL Pasar Sei Rampah Segera Direlokasi ke Pasar Rakyat

Pada Awal Januari 2019, Pemkab Serdangbedagai segera akan merelokasi sebanyak 320 orang pedagang kaki lima yang selama ini berada di deretan pertokoan Kota Sei Rampah ke lokasi baru. Lokasi baru yang disiapkan adalah : Pasar Rakyat Sei Rampah di Kecamatan

Selasa, 11 Des 2018 17:45Berita Sumut

Hadiri Tabligh Akbar, Sandiaga Dapat Sumbangan Dana dari Emak-Emak Rantauprapat

Ribuan masyarakat Labuhanbatu sekitarnya menyambut kehadiran Sandiaga Salahuddin Uno, Selasa (11/12/2018) di komplek Masjid Raya Al Ikhlas di kawasan jalan SM Raja Rantauprapat.

Selasa, 11 Des 2018 17:44Berita Sumut

Hari Anti Korupsi Sedunia, Kejatisu Bagi-bagi Stiker kepada Masyarakat

Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, Kejatisu Bagi-bagi stiker kepada masyarakat di depan Kantor Kejatisu.