Usai Lebaran, Sukran Jamilan Tanjung Bakal Dijemput Paksa

Amrizal Selasa, 12 Juni 2018 14:17 WIB
mtc/ist
Mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Sukran Jamilan Tanjung kembali mangkir saat dilakukan panggilan kedua oleh penyidik Subdit II/Harda-Tahbang Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumatera Utara (Sumut) terhadap dirinya.

Usai Lebaran, Sukran Jamilan Tanjung Bakal Dijemput Paksa

MATATELINGA, Medan; Mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Sukran Jamilan Tanjung kembali mangkir saat dilakukan panggilan kedua oleh penyidik Subdit II/Harda-Tahbang Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumatera Utara (Sumut) terhadap dirinya.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, padahal sesuai jadwal, Sukran harusnya menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan penipuan dan penggelapan yang menjeratnya, pada Jumat (8/6) kemarin.

"Panggilan kedua kepadanya sudah kita lakukan kemarin. Tapi ia juga tidak menghadiri," ungkapnya kepada wartawan, Selasa (12/6).

Namun MP Nainggolan mengakui, bahwasanya dalam surat panggilan kedua tersebut, Sukran ada mengirimkan surat keberatan atas penetapannya sebagai tersangka oleh Polda Sumut.

Sedangkan terlapor lainnya Amirsyah Tanjung yang juga merupakan kerabat Sukran, mengirimkan surat keterangan sakit sehingga tidak bisa menghadiri panggilan penyidik.

"Sukran merasa keberatan atas penetapan dirinya sebagai tersangka," jelasnya.

Karenanya, MP Nainggolan menegaskan, pasca lebaran nanti penyidik akan kembali melayangkan panggilan ketiga terhadap keduanya. Dalam panggilan ini, sambung dia, hal itu akan disertai dengan surat untuk membawa paksa mereka ke Polda Sumut.

"Panggilan ketiga dilakukan setelah lebaran. Disitu akan disertakan dengan surat untuk membawa," pungkasnya.

Sebelumnya, penyidik Subdit II/Harda-Tahbang Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut telah mengajukan pencekalan terhadap mantan Bupati Tapteng ini ke pihak Imigrasi. Pencekalannya dilakukan, agar tersangka Sukran Jamilan Tanjung tidak bisa melarikan diri.

Begitupun, Kabid Humas Polda Sumut AKBP Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, mantan bupati Tapteng itu dilaporkan oleh Joshua Marudutua Habeahan pada 30 April 2018 dengan nomor LP 546/IV/2018/ SPKT III.

Terlapor ada dua orang yaitu Amirsyah Tanjung  dan Sukran Jamilan Tanjung. Korban dan terlapor pernah bertemu membahas soal pengerjaan proyek konstruksi senilai Rp 5 miliar.

"Nah, Sukran yang menjabat sebagai Bupati yang memerintahkan Amirsyah untuk meminta sejumlah uang administrasi," paparnya.

Uang yang diminta Sukran Tanjung melalui Amirsyah Tanjung kepada Joshua sebesar 450 juta rupiah, dengan harapan akan diberikan sejumlah proyek, salah satunya pembangunan konstruksi. Namun, proyek yang dijanjikan tidak kunjung ada. (MTC/AMR)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Kamis, 17 Jan 2019 19:33Nasional

Kepala Bakamla RI Temui Lima Pimpinan KPK

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R. melakukan pertemuan dengan lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih, Jalan Kuningan Persada Kav.4, Jakarta Selatan, Kamis (17/01/2019).

Kamis, 17 Jan 2019 19:16Nasional

Lawan Kenaikan Tarif Kargo, Asperindo Ancam Hentikan Pengiriman Via Udara

Dalam rangka mencegah berbagai dampak negatif lebih jauh lagi akibat dari kenaikan tarif kargo udara yang diberlakukan berkali - kali oleh pihak maskapai penerbangan, tahun lalu Asperindo telah mengirimkan surat resmi dengan Nomor 102/D

Kamis, 17 Jan 2019 19:00Berita Sumut

10 Unit Rumah Di Kota Bangun Hangus Terbakar

Kebakaran dahsyat menghangusnkan 10 unit rumah di Jalan Boxit, Lingkungan I, Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli hangus, Kamis (17/1/2019) sore. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kamis, 17 Jan 2019 18:45Berita Sumut

Pemko Medan Bidik Eks RS Tembakau Deli untuk Lahan Kantor Baru Wali Kota

Pemerintah Kota (Pemko) Medan sedang mencari lahan baru untuk membangun kantor pemerintahan atau Balai Kota. Lahan eks Rumah Sakit (RS) Tembakau Deli di Jalan Putri Hijau pun dibidik menjadi tempat untuk menggantikan.

Kamis, 17 Jan 2019 18:30Berita Sumut

Dinilai Lambat, Eldin Kecewa Lihat Progres Pembangunan Jalan Alternatif Simpang Selayang-Pasar Induk

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH dan Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi kembali meninjau jalan alternatif (tembus) yang menghubung Simpang Selayang dengan Pasar Induk Lau Cih, Kamis (17/1). Saat ini jalan tembus yang baru selesai diba

Kamis, 17 Jan 2019 18:15Berita Sumut

Panglima TNI Hadiri Doa Bersama untuk NKRI di Bandung

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., Pangdivif I Kostrad Mayjen TNI Agus Rohman, S.I.P., Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suharton

Kamis, 17 Jan 2019 18:00Berita Sumut

BPN Fasilitasi Warga Sari Rejo Bertemu Menteri ART

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Medan, Fahrul Husin Nasution mengaku, jika pihaknya akan segera memfasilitasi warga Sari Rejo untuk melakukan pertemuan dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Kamis, 17 Jan 2019 17:43Berita Sumut

Demo Berujung 2.368 Tenaga Honorer Simalungun di Rumahkan

Sebanyak 2.368 tenaga honorer di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) per 1 Januari 2019 resmi dipecat Pemerintah Kabupaten Simalungun. Honorer ini tidak mendapatkan perpanjangan surat keputusan (SK) dari setiap pimpinan SKPD masing-masing.

Kamis, 17 Jan 2019 17:38Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima Kunker Komisi I DPR RI

Dalam rangka kesiapan Kodam I/BB mendukung pengamanan Pemilu dan Pilpres Tahun 2019, Ketua Tim Komisi I DPR RI Bapak Mayjen (Purn) Asril Hamzah Tanjung, S.I.P. beserta rombongan melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kodam I/BB yang disambut oleh Pangdam I/BB Ma

Kamis, 17 Jan 2019 17:25Berita Sumut

Panglima TNI : TNI Harus Bersatu dan Manunggal Bersama Rakyat

TNI harus bersatu dan manunggal bersama rakyat yang disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah saat membacakan amanatnya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. pada upacara 17-an, pada Kamis (17/1/2019) di Lapangan Upacara Makodam I/BB Jala

Kamis, 17 Jan 2019 16:07Berita Sumut

Awali Tugas di Polsek Perdagangan, AKP Supendi Pimpin Upacara HKN dan Hadiri Harungguan

Kapolsek Perdagangan AKP Supendi SH,MH yang baru menjabat mengawali tugas perdananya dengan menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Hari Kesadaran Nasional, Kamis (17/1/2019). Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Sekolah Satria Mandiri Bandar Tongah Kec

Kamis, 17 Jan 2019 15:40Berita Sumut

Komisi X DPR RI Kunker ke Sergai

Sebanyak 12 orang anggota Komisi X DPR RI melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Pemkab Serdangbedagai, Kamis (17/1/2019). Kedatangan mereka disambut langsung Bupati Sergai Soekirman beserta jajaran di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampa

Kamis, 17 Jan 2019 15:24Berita Sumut

Asren Nasution Dilantik Jadi Pj Bupati Pakpak Bharat

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melantik Dr Asren Nasution menjadi Penjabat (Pj) Bupati Pakpak Bharat, Kamis (17/1) di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan. Asren dilantik untuk mengisi kekosongan jab

Kamis, 17 Jan 2019 15:08Berita Sumut

Polrestabes Medan Kedepankan Pola Soft Lawenforcement Penegakan Hukum Pengguna Narkoba

Pola penegakan hukum bagi pengguna narkoba yang dilakukan Satres Narkoba Polrestabes Medan kini mengarah pada penegakan hukum secara lunak (soft lawenforcement). Satres Narkoba Polrestabes Medan saat ini sedang menyiapkan program rehabilitasi pengguna nar

Kamis, 17 Jan 2019 14:57Berita Sumut

Medan Kota Terjorok, Ini Tanggapan Anggota DPRD Medan

Medan diberi penghargaan sebagai kota Metropolitan Terjorok, apa masalah yang membuat Medan dapat penilaian itu?

Kamis, 17 Jan 2019 14:55Berita Sumut

Biadab, Pria Ini Setubuhi Anak Tirinya Sejak 2017

Sebagai orang tua seharusnya melakukan dan memberikan perlindungan kepada anaknya, namun lain halnya dengan yang dilakukan oleh tersangka “ES” (43) warga Jalan Denai dusun I desa bagan Asahan kecamatan Tanjung Balai kabupaten Asahan. Pria ini malah tega m