• Home
  • Berita Sumut
  • Wagub Minta Fasilitas Pendukung Pariwisata di Samosir Harus Diperbanyak

Wagub Minta Fasilitas Pendukung Pariwisata di Samosir Harus Diperbanyak

faeza Jumat, 01 Maret 2019 19:47 WIB
mtc/ist
Usai mengunjungi beberapa titik lokasi wisata di Pulau Samosir, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meminta agar pihak terkait dapat memberikan kontribusi mendukung pariwisata berupa fasilitas penunjang. Selain memfokuskan layanan kebersi
MATATELINGA, Samosir: Usai mengunjungi beberapa titik lokasi wisata di Pulau Samosir, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meminta agar pihak terkait dapat memberikan kontribusi mendukung pariwisata berupa fasilitas penunjang. Selain memfokuskan layanan kebersihan, penyediaan informasi dengan konsep edutourism (pariwisata pendidikan).


Pesan itu disampaikan Wagub setelah melihat dan mendengar cerita di balik keberadaan dan keindahan Danau Toba. Mulai dari sejarah, hingga bentuk batuan yang terpampang di banyak lokasi di Pulau Samosir, dengan informasi bagaimana kejadian yang diperkirakan terjadi 500 ribu tahun lalu melalui letusan Gunung Toba. Karena itu perlu dijelaskan kepada masyarakat luas tentang pengetahuan tersebut.

"Ini harus kita buat papan informasi yang lengkap. Karena yang begini kan masyarakat belum banyak tahu tentang sejarah dan hal lain soal terbentuknya Danau Toba ini. Saya juga baru mengetahui sedetail ini," ujar Wagub, usai mengunjungi sebuah Geosite di kawasan Ambarita, Simanindo beberapa waktu lalu.

Selain papan informasi, Wagub juga mengingatkan bahwa mengandalkan pariwisata, terpenting pertama adalah kebersihan. Sebab jika di satu tempat saja ada sampah yang terbuang tidak pada tempatnya, akan ada nilai buruk tentang itu dari pengunjung, apalagi turis mancanegara yang sangat sensistif soal kebersihan.

"Selain itu, harus dihadirkan di sini tong sampah, seperti di dekat papan informasi nantinya. Nanti kita minta supaya dari Bank Sumut bisa memberikan dana CSR-nya untuk itu. Bisa ke Pemprov, bisa juga ke Pemkab Samosir, biar mereka yang pasang. Jadi nanti titik-titiknya mereka yang tahu," sebut Wagub.


Program dan rencana tersebut, kata Musa Rajekshah yang lebih dikenal dengan sebutan Bang Ijeck ini, bukan untuk saat ini saja, tetapi untuk keberlangsungan kehidupan dan dunia pariwisata hingga masa mendatang. Karena itu, dirinya menilai bahwa siapapun pemimpinnya, hal seperti ini harus terus berjalan untuk kebaikan masyarakat terutama generasi mendatang.

"Nanti selain tong sampah, perlu juga kita buat (tambah) lampu jalan yang pakai solar cell. Paling tidak beberapa titik ada penerangan," kata Ijeck.

Setelah Ambarita, Wagub bersama rombongan pun mengunjungi Pantai Batu Hoda dan Pantai Situngkir yang kini banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan atau masa liburan. Dirinya berharap Pemkab Samosir dapat memberikan perhatian serius dan berkelanjutan kepada dunia pariwisata di kabupaten tersebut. Sebab menurutnya, jika pertanian tidak begitu dapat menjamin peningkatan ekonomi, maka sektor ini pariwisata harus benar-benar memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Kesempatan itu pula, Ijeck meminta agar Bank Sumut sebagai BUMD, bisa hadir di masyarakat, tidak hanya memberikan modal bagi warga yang ingin berusaha, tetapi juga meberikan pelatihan wirausaha kepada penduduk yang berkecimpung di bidang pariwisata.


"Beberapa tahun lalu saya datang dan lari pagi, banyak warga yang membalas sapaan saya, banyak juga yang diam tidak menjawab. Tetapi sekarang, saya lewat, masyarakatnya sudah ramah dan bahkan lebih dulu menyapa saya. Itulah tandanya ada kemajuan selama ini. Karena selain bersih, kita juga harus hadirkan rasa aman dan nyaman, serta ramah tamah kepada tamu," pungkasnya.

Dalam kunjungannya itu, Ijcek juga sempat mendatangi satu gerai milik warga penenun kain ulos khas Toba binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut. Di dalamnya bahkan Wagub membeli hasil produk kerajinan tangan dari masyarakat setempat.

Sementara mendampingi Wagub, Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Sumut Wan Hidayati menyebutkan, bahwa pihaknya berharap Geopark Kaldera Toba (Danau Toba secara menyeluruh)  dapat diterima menjadi anggota UNESCO. Sehingga nantinya kawasan taman bumi di provinsi ini mendapat perhatian penuh dari organisasi yang bergerak di bidang tersebut.

"Ya kita terus mengupayakan agar Geopark Kaldera Toba bisa diterima menjadi anggota UNESCO. Kita tunggu dan berdoa, September ini diumumkan. Karena Danau Toba ini punya cerita dan sejarah kejadian sejak ratusan ribu tahun lalu, hingga menjadi seperti sekarang ini. Itulah yang mau kita angkat supaya menjadi daya tarik juga bagi wisatawan mancanegara, selain juga adat istiadat serta lingkungan hidupnya," pungkas Hidayati. (mtc)
Editor: faeza

T#g:MatatelingaPariwisataSumutTerkiniWagubsu ijeck
Komentar
Jumat, 22 Mar 2019 14:50Berita Sumut

Harga Cabai Sentuh Rp 25 Ribu/Kg, Bakal Capai Inflasi Tinggi

Sumatera Utara (Sumut) diperkirakan akan mencetak inflasi besar di bulan Maret ini. Ada kenaikan harga cabai merah yang dari sebelumnya sekitar Rp 15 ribuan per Kg, saat ini dijual dikisaran Rp 25 ribu per Kg. kenaikannya lebih dari 50%.

Jumat, 22 Mar 2019 14:30Berita Sumut

Pagelaran Pesona Budaya Sergai di PRSU Promosikan Seni dan Budaya

Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya menghadiri pentas Seni Malam Pagelaran Pesona Budaya Kabupaten Sergai pada Pekan Raya Sumatera Utara PRSU ke-48 Tahun 2019, Kamis (21/3). Kegiatan ini dilaksanakan di Open Stage PRSU Jl Gatot Subroto Tapian Daya Medan.

Jumat, 22 Mar 2019 14:14Berita Sumut

Tim Supervisi PKK Sumut Berkunjung ke Binjai

Tim Supervisi Kelurahan Pelaksanaan tertib administrasi PAAR cinta kasih, UP2K PKK, hatinya PKK, Iva test, Kesrag PKK KB Kes, posyandu, PHBS, LBS, dan PTP2WKSS tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2019 berkunjung ke Kota Binjai.

Jumat, 22 Mar 2019 13:55Berita Sumut

Poldasu Ciduk Penghina Presiden di Medsos

Personil Ditkrimsus Polda Sumut menciduk seorang pelaku penghina Presiden Joko Widodo di media sosial. Pelaku berinisial ZA (25) dicokok dari kediamannya di Dusun 1 Desa Sipare-pare Kecamatan Air Putih, Batubara, Kamis (21/3).

Jumat, 22 Mar 2019 12:30Berita Sumut

Penyerang Loket Koperasi Bintang Tapanuli Diringkus Polisi

Sebanyak 4 orang pelaku penyerangan dan penganiayaan di loket angkutan umum Koperasi Bintang Tapanuli (KBT) jln. SM. Raja kel. Harjosari 1 kec. Medan Amplas berhasil diringkus Personil Polsek Patumbak. Sisanya 4 pelaku lainnya masih diburu polisi.

Jumat, 22 Mar 2019 12:00Berita Sumut

Kodam I/BB Kerahkan 20 Ribu Personil Bantu Polri Kawal Pemilu 2019

Untuk membantu Polri dalam mengamankan Pemilu 2019, Kodam I/Bukit Barisan mengerahkan personilnya. Sembilan diantaranya diperbantukan di Sumatera Utara.

Jumat, 22 Mar 2019 11:31Berita Sumut

13 Ribu Personil Gabungan Dikerahkan Kawal Pemilu 2019 di Sumut

Sebanyak 13.002 orang personil gabungan dari jajaran Polda Sumatera Utara dan Kodam I Bukit Barisan dikerahkan untuk mengamankan proses tahapan inti dalam Pemilu 2019. Dua pertiga diantaranya merupakan perbantuan dari TNI.

Jumat, 22 Mar 2019 11:15Berita Sumut

Pemkab Asahan Berikan Apresiasi Kepada Polisi Atas Pelimpahan Berkas Penyebar HOAX Ke JPU

Sat.Resrim Polres Asahan telah melengkapi serta menyerahkan seluruh berkas dan tersangka penyebar HOAX

Jumat, 22 Mar 2019 11:01Berita Sumut

Polisi Ringkus Dua Pelaku Penyebar Video Hoax Surat Suara Tercoblos di Sumut, Ini Motifnya

Personil Ditkrimsus Polda Sumatera Utara akhirnya berhasil meringkus dua pelaku penyebar video hoax surat suara 01 tercoblos di Sumatera Utara. Keduanya merupakan warga Provinsi Jawa Barat.

Jumat, 22 Mar 2019 11:00Berita Sumut

Wakil Bupati Asahan Hadiri Takjiah Malam Ketiga Amarhumah Ibunda UAS

Wakil bupati Asahan H.Surya.BSc bersama ribuan warga masyarakat Asahan mengahadiri takjiah malam ketiga almarhumah ibunda Ustadz Abdul Somad (UAS)

Jumat, 22 Mar 2019 10:43Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Hadiri Apel Gelar Pasukan Dilapangan Benteng Medan

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi menghadiri kegiatan Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di lapangan Benteng jalan pengadilan Medan, Jum'at (22/03/2019).

Jumat, 22 Mar 2019 10:02Nasional

NasDem Kian Optimistis Hadapi Pemilu 2019

Partai NasDem kian optimistis menatap Pemilu 2019 karena yakin akan masuk tiga besar dengan perolehan minimal 100 kursi DPR.

Jumat, 22 Mar 2019 08:15Lifestyle

Pedangdut Siti Badriah Resmi Dilamar Sang Kekasih

Rasa bahagia kini tengah menyelimuti pedangdut Siti Badriah

Jumat, 22 Mar 2019 08:00Nasional

Sadis, Bayi Ditemukan Telanjang dan Ditutupi Genteng

Warga Kampung Poncol Nomor 67 RT 09 RW 16, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jumat, 22 Mar 2019 07:45Lifestyle

Di Isukan Sudah Menikah Lagi, Lucinta Luna Umbar "Foto Hotnya"

Penyanyi penuh kontroversi Lucinta Luna kembali menghebohkan publik

Jumat, 22 Mar 2019 07:30Bola

Tak Dapat Hazard Madrid Akan Beli Pemain West Ham

Real Madrid tengah gencar mencari pemain yang akan direkrut pada awal musim depan