MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Berita Sumut
  • Wagub Minta Fasilitas Pendukung Pariwisata di Samosir Harus Diperbanyak

Wagub Minta Fasilitas Pendukung Pariwisata di Samosir Harus Diperbanyak

faeza Jumat, 01 Maret 2019 19:47 WIB
mtc/ist
Usai mengunjungi beberapa titik lokasi wisata di Pulau Samosir, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meminta agar pihak terkait dapat memberikan kontribusi mendukung pariwisata berupa fasilitas penunjang. Selain memfokuskan layanan kebersi
MATATELINGA, Samosir: Usai mengunjungi beberapa titik lokasi wisata di Pulau Samosir, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meminta agar pihak terkait dapat memberikan kontribusi mendukung pariwisata berupa fasilitas penunjang. Selain memfokuskan layanan kebersihan, penyediaan informasi dengan konsep edutourism (pariwisata pendidikan).


Pesan itu disampaikan Wagub setelah melihat dan mendengar cerita di balik keberadaan dan keindahan Danau Toba. Mulai dari sejarah, hingga bentuk batuan yang terpampang di banyak lokasi di Pulau Samosir, dengan informasi bagaimana kejadian yang diperkirakan terjadi 500 ribu tahun lalu melalui letusan Gunung Toba. Karena itu perlu dijelaskan kepada masyarakat luas tentang pengetahuan tersebut.

"Ini harus kita buat papan informasi yang lengkap. Karena yang begini kan masyarakat belum banyak tahu tentang sejarah dan hal lain soal terbentuknya Danau Toba ini. Saya juga baru mengetahui sedetail ini," ujar Wagub, usai mengunjungi sebuah Geosite di kawasan Ambarita, Simanindo beberapa waktu lalu.

Selain papan informasi, Wagub juga mengingatkan bahwa mengandalkan pariwisata, terpenting pertama adalah kebersihan. Sebab jika di satu tempat saja ada sampah yang terbuang tidak pada tempatnya, akan ada nilai buruk tentang itu dari pengunjung, apalagi turis mancanegara yang sangat sensistif soal kebersihan.

"Selain itu, harus dihadirkan di sini tong sampah, seperti di dekat papan informasi nantinya. Nanti kita minta supaya dari Bank Sumut bisa memberikan dana CSR-nya untuk itu. Bisa ke Pemprov, bisa juga ke Pemkab Samosir, biar mereka yang pasang. Jadi nanti titik-titiknya mereka yang tahu," sebut Wagub.


Program dan rencana tersebut, kata Musa Rajekshah yang lebih dikenal dengan sebutan Bang Ijeck ini, bukan untuk saat ini saja, tetapi untuk keberlangsungan kehidupan dan dunia pariwisata hingga masa mendatang. Karena itu, dirinya menilai bahwa siapapun pemimpinnya, hal seperti ini harus terus berjalan untuk kebaikan masyarakat terutama generasi mendatang.

"Nanti selain tong sampah, perlu juga kita buat (tambah) lampu jalan yang pakai solar cell. Paling tidak beberapa titik ada penerangan," kata Ijeck.

Setelah Ambarita, Wagub bersama rombongan pun mengunjungi Pantai Batu Hoda dan Pantai Situngkir yang kini banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan atau masa liburan. Dirinya berharap Pemkab Samosir dapat memberikan perhatian serius dan berkelanjutan kepada dunia pariwisata di kabupaten tersebut. Sebab menurutnya, jika pertanian tidak begitu dapat menjamin peningkatan ekonomi, maka sektor ini pariwisata harus benar-benar memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Kesempatan itu pula, Ijeck meminta agar Bank Sumut sebagai BUMD, bisa hadir di masyarakat, tidak hanya memberikan modal bagi warga yang ingin berusaha, tetapi juga meberikan pelatihan wirausaha kepada penduduk yang berkecimpung di bidang pariwisata.


"Beberapa tahun lalu saya datang dan lari pagi, banyak warga yang membalas sapaan saya, banyak juga yang diam tidak menjawab. Tetapi sekarang, saya lewat, masyarakatnya sudah ramah dan bahkan lebih dulu menyapa saya. Itulah tandanya ada kemajuan selama ini. Karena selain bersih, kita juga harus hadirkan rasa aman dan nyaman, serta ramah tamah kepada tamu," pungkasnya.

Dalam kunjungannya itu, Ijcek juga sempat mendatangi satu gerai milik warga penenun kain ulos khas Toba binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut. Di dalamnya bahkan Wagub membeli hasil produk kerajinan tangan dari masyarakat setempat.

Sementara mendampingi Wagub, Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Sumut Wan Hidayati menyebutkan, bahwa pihaknya berharap Geopark Kaldera Toba (Danau Toba secara menyeluruh)  dapat diterima menjadi anggota UNESCO. Sehingga nantinya kawasan taman bumi di provinsi ini mendapat perhatian penuh dari organisasi yang bergerak di bidang tersebut.

"Ya kita terus mengupayakan agar Geopark Kaldera Toba bisa diterima menjadi anggota UNESCO. Kita tunggu dan berdoa, September ini diumumkan. Karena Danau Toba ini punya cerita dan sejarah kejadian sejak ratusan ribu tahun lalu, hingga menjadi seperti sekarang ini. Itulah yang mau kita angkat supaya menjadi daya tarik juga bagi wisatawan mancanegara, selain juga adat istiadat serta lingkungan hidupnya," pungkas Hidayati. (mtc)
Editor: faeza

T#g:MatatelingaPariwisataSumutTerkiniWagubsu ijeck
Komentar
Rabu, 22 Mei 2019 17:14Berita Sumut

Gubernur: Buatlah yang Terbaik untuk Masyarakat

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik dr Khainir Akbar Yusuf Sp A sebagai Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan, Rabu (22/5/2019), di Aula Raja Inal Siregar Lantai II Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro No 30 Medan. Pelantikan in

Rabu, 22 Mei 2019 16:59Berita Sumut

BPJS Ketenagakerjaan Makin Tingkatkan Manfaatnya

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan semakin meningkatkan manfaat untuk para pekerja. Kini, tak hanya pekerja lokal yang bisa mendapatkan manfaat jaminan sosial tenaga kerja, pekerja migran juga akan mendapatkan manfaat dari program J

Rabu, 22 Mei 2019 16:44Berita Sumut

Bupati Soekirman Beri Ucapan Selamat Pada Kaisar Baru Jepang Naruhito

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman memberikan ucapan selamat kepada Kaisar Naruhito sebagai Kaisar Jepang yang baru. Ucapan selamat tersebut ditandai dengan pembubuhan nama dan tanda tangan pada buku ucapan selamat di Kediaman Resmi Konsul Jen

Rabu, 22 Mei 2019 16:29Berita Sumut

Kantor Bawaslu Sumut di Gruduk Mahasiswa IMM

Untuk sekian kalinya Kantor Bawaslu Sumut didatangi pendemo. Kali ini, puluhan mahasiswa yang tergabung dalan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menggelar aksi 22 Mei di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut.

Rabu, 22 Mei 2019 16:14Nasional

Polisi Gelangan Puluhan Orang Diduga Provokator 22 Mei 2019

Kepolisian Polda Metro Jaya, menngelandang puluhan orang terduga provokator aksi 22 Mei 2019 ke Markas Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) siang. Mereka yang kebanyakan masih berusia belia itu berjalan kaki secara beriringan dengan pengawala

Rabu, 22 Mei 2019 15:59Berita Sumut

Pemko Medan Raih Opini WDP

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan

Rabu, 22 Mei 2019 15:44Berita Sumut

Akhyar Safari Ramadhan Di Helvetia Sekda Di Medan Petisah

Di hari ke-16 Ramadhan 1440 H, Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Al Hasanah Jalan Gaperta, Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetia, Selasa (21/5/2019). Di samping mendukung seluruh program pembangun

Rabu, 22 Mei 2019 15:29Berita Sumut

Wali Kota : Implementasikan Al Qur’an Dalam Diri & Kehidupan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengajak seluruh umat Muslim di Kota Medan untuk mengisi bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak membaca Al qur'an serta memahami kandungan surah-surah yang dibaca tersebut. Di samping itu senantiasa me

Rabu, 22 Mei 2019 15:14Berita Sumut

Petugas Awasi Pnumpang Keluat Bersandar di Dermaga Belawan

Kapal KM Kelud yang baru sandar didermaga Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan Kota Medan,yang baru turun dari atas kapal, Rabu (22/5/2019) siang mendapat pengamanan esxtra ketat oleh sejumlah petugas.

Rabu, 22 Mei 2019 14:02Berita Sumut

Bulog Kini Jual Bakso Juga

Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) memperkenalkan produk baru olahan daging, Bakso Kita kepada masyarakat Medan.

Rabu, 22 Mei 2019 13:15Berita Sumut

Jelang Idul Fitri, Bandara Kualanamu Dirikan Posko Terpadu

PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang mendirikan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2019 di Area Selasar Kedatangan Bandar Udara Internasional Kualanamu. Posko terpadu ini didirikan untuk melayani para c

Rabu, 22 Mei 2019 12:29Berita Sumut

Jaksa Tuntut Dua kurir Sabu 53 Kg di Medan Hukuman Mati

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumut, Rahmi Syafrina SH meminta agar dua warga Tanjung Balai yang menjadi terdakwa dalam kasus peredaran narkoba antar negara dengan hukuman mati. JPU menilai kedua terdakwa bersalah berusaha menyelundupkan sekitar 53 Kg

Rabu, 22 Mei 2019 12:13Berita Sumut

Dandim 0203/Lkt Bersama Tim Safari Ramadhan Kota Binjai Kunjungi Masjid Jami' Al Fath

Komandan Kodim 0230/Langkat Letkol Inf Syamsul Alam. SE, bersama Tim Safari Ramadhan Kota Binjai,kunjungi Masjid Jami' Al Fath jln. T. Amir Hamzah km 26 Kel. Jati Karya Kec. Binjai Utara, Selasa (22/05/2019).

Rabu, 22 Mei 2019 11:54Berita Sumut

Semarakkan Bulan Suci Ramadhan, Batalyon Armed 2/105 Gelar Aneka Perlombaan Agama

Pada Ramadhan tahun ini Batalyon Armed 2/105 menggelar berbagai macam perlombaan agama. Kegiatan ini bertempat di Masjid Al- Iman, Yonarmed 2.

Rabu, 22 Mei 2019 08:30Ekonomi

Mengulik Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW, Larangan Hingga Kiat Berjualan

Nabi Muhammad SAW melarang adanya penawaran dan pengakuan fiktif

Rabu, 22 Mei 2019 08:15Internasional

Kisruh Semakin Memanas, Donald Trump Ancam Iran

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif membalas ancaman Presiden Amerika Serikat