Wali Kota Sidak Disdukcapil & RSUD Dr Pirngadi

Faeza Kamis, 21 Juni 2018 16:27 WIB
mtc/ist
Usai memimpin apel pagi di Balai Kota Medan, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi segera sidak mendatangi dua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat, Kamis (21/6). Kedua OPD i
MATATELINGA, Medan: Usai memimpin apel pagi di Balai Kota Medan, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi segera sidak mendatangi  dua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat, Kamis (21/6). Kedua OPD itu yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jalan Iskandar Muda dan RSUD Dr Pirngadi Medan Jalan Prof HM Yamin Medan.

Sidak ini dilakukan Wali Kota untuk melihat tingkat kehadiran para pegawai sekaligus kesiapan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Wali Kota ingin masyarakat yang membutuhkan pelayanan baik itu menyangkut administrasi kependudukan maupun kesehatan dilayani  dengan sebaik-baiknya.

"Liburan panjang lebaran dan cuti bersama sudah berakhir, mulai hari ini kita kembali bekerja dan  melayani masyarakat seperti biasa. Saya minta  berilah pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Saya tidak mau mendengar ada warga mengeluh  terkait dengan pelayanan yang diberikan!" kata Wali Kota.

Didampingi Asisten Umum Setdakot Medan Ikhwan Habibi Daulay dan Kabag Humas Ridho Nasution, Wali Kota pertama kami mendatangi  Disdukcapil. Pagi itu jumlah warga yang  membutuhkan pelayanan terkait administrasi kependudukan tidak banyak seperti biasanya.  Wali Kota pun menghampiri dan menyapa satu persatu warga yang tengah antri menunggu giliran.

Selain jenis pelayanan yang tengah diurus, Wali Kota juga menanyakan terkait proses dan kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan. Umumnya warga mengaku sudah baik, cuma saja mereka berharap agar waktu penyelesaian dapat lebih cepat karena administrasi kependudukan seperti KK, KTP, Akta Kelahiran maupun Surat Pindah sangat vital.

Saran warga pun langsung ditindak lanjuti Wali Kota, Kadisdukcapil OK Zulfi pun langsung diperintahkan untuk mempercepat penyelesaiannya. "Jangan biarkan warga lama menunggu, percepat semua pengurusan. Jika ada kendala, segera sampaikan sehingga bisa diambil langkah-langkah mengatasinya," ungkapnya.

OK Zulfi pun langsung mengangguk, Wali Kota selanjutnya mengecek seluruh ruangan kantor berlantai tiga tersebut. Ketika melakukan pengecekan, lampu  di ruang lantai dua sempat dua kali padam karena instalasi tengah menjalani perbaikan. Selain ruangan, toilet  yang ada juga tidak luput dari pemeriksaan Wali Kota.  Selain kurang terjaga kebersihannya,  toilet juga menebarkan aroma kurang sedap dan sangat menusuk hidung.

Guna mengatasi masalah toilet tersebut,  Wali Kota minta agar Kadisdukcapil menugaskan petugas cleaning service untuk membersihkan dan menjaga toilet ada sehingga kebersihannya senantiasa terjaga. "Toilet yang ada harus terjaga kebersihannya. Kalau toilet kotor dan menebarkan aroma kurang sedap seperti ini, tentunya sangat mengganggu kenyamanan warga yang tengah menunggu pengurusan," pesannya.

Selanjutnya menyikapi  berulangkali padamnya lampu di lantai dua, Wali Kota memerintahkan Kadisdukcapil segera menghubungi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan untuk mengatasi secepatnya. Dengan demikian warga tetap merasa nyaman meski harus antri menunggu giliran.

Untuk tingkat kehadiran, Kadisdukcapil OK Zulfi mengatakan mencapai 98 % dari jumlah total 240 ASN di lingkungan Disdukcapil. Kemudian Zulfi pun berjanji segera menindaklanjuti  apa yang menjadi masukan Wali Kota dalam sidak tersebut. Setelah itu Wali Kota melanjutkan sidak ke RSUD Dr Pirngadi Medan.

Sidak dimulai dari Instalasi Gawat Darurat (IGD), kemudian dilanjutkan dengan meninjau ruang poliklinik yang sedari pagi ramai dikunjungi oleh masyarakat dan tengah menunggu giliran mendapatkan pengobatan. Wali Kota pun menyapa mereka seraya menanyakan kondisi kesehatan sekaligus memberikan motivasi agar tetap semangat. "Insha allah setelah ditangani, penyakit akan sembuh," ujar Wali Kota.  

Dalam sidak tersebut, Wali Kota juga memuji kehadiran dan pelayanan yang diberikan seluruh petugas medis dan jajaran RSUD Dr Pirngadi. Di samping siaga  untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan, presentase kehadiran para pegawai pasca liburan panjang lebaran dan cuti bersama mencapai 98%.

Selain Wali Kota,  Pemko Medan juga menurunkan Tim Inspeksi Mendadak di lingkungan Pemko Medan yang beranggotakan pegawai dari sejumlah OPD dalam rangka meningkatkan disiplin ASN  sesuai Surat Keputusan Wali Kota Medan No.800/1085.K tanggal 22 Desember 2017.  Tim yang beranggotakan 39 orang itu selanjutnya diturunkan mendatangi seluruh OPD di lingkungan Pemko Medan, termasuk kantor kecamatan.

Tidak hanya memantau kehadiran ASN, tim juga akan mengumpulkan  dan membawa absensi manual serta finger print. Setelah itu tim melakukan rekapitulasi kehadiran ASN dari OPD yang dikunjungi serta melaporkan hasil rekapitulasi kepada  BKD & PSDM Kota Medan. (mtc)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Selasa, 19 Mar 2019 12:10Berita Sumut

Jasad Bayi Perempuan Dalam Kantong Plastik Hebohkan Petugas Kebersihan Polonia

Sesosok jasad bayi berjenis kelamin perempuan menghebohkan para petugas kebersihan yang bekerja di kawasan Jalan Padang Golf, Kelurahan Sari Rejo, Medan Polonia, Selasa (19/3). Jasad bayi itu ditemukan terbungkus dalam plastik hitam diantar tumpukan sampa

Selasa, 19 Mar 2019 11:55Berita Sumut

BNN Ringkus IRT Kurir 9 Kg Sabu

Badan Narkotika Nasional (BNN) RI meringkus 6 orang komplotan pengedar sabu jaringan Malaysia-Indonesia di Jalan Sudirman Kota Dumai Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Minggu (17/3). Salah seorang yang berhasil ditangkap yaitu Syam yang merupa

Selasa, 19 Mar 2019 11:35Berita Sumut

Gerebek Transaksi Narkoba di Percut Seituan, Polsek Medan Baru Tembak Dua Pengedar Ganja

Dua orang pengedar narkoba jenis ganja dilumpuhkan tim Pegasus Polsek Medan Baru di kawasan Jalan Selamat Ketaren Ujung, Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan, Selasa (19/3/2019). Dari kedua tersangka, polisi menyita 15 kg ganja.

Selasa, 19 Mar 2019 08:30Berita Sumut

Ustadz Abdul Somad : Terimakasih Polisi dan Semua Pihak Yang Sudah Membantu

Sebelum jenazah almarhumah Rohana Binti Nuruddin, ibunda dari Ustadz Abdul Somad di salatkan, ahlil bait keluarga yang diwakili oleh Ustad Somad mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Wakapolda Brigjen Pol Mardiaz Kusin D s

Selasa, 19 Mar 2019 08:15Bola

Maurichio Pochettino Latih Barcelona?

Pelatih Tottenham Hotspur, Maurichio Pochettino, mengatakan dirinya masih menyimpan harapan

Selasa, 19 Mar 2019 08:00Nasional

Kepala SPKKL Aceh Bakamla Temui Komandan Kapal India Coast Guard Di Sabang

Kapal Indian Coast Guard Vijit melakukan kunjungan ke Sabang. Untuk menyambut kedatangannya, Bakamla mengirimkan perwakilannya yakni Kepala Stasiun Pemantauan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh Mayor Bakamla Dony Nova R., S.Kom. M.Si (Han), dalam pertemuan

Selasa, 19 Mar 2019 07:45Ekonomi

Gaji Polisi Naik, Yuk Intip Berapa Besarannya

Dengan pertimbangan dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)

Selasa, 19 Mar 2019 07:30Berita Sumut

Wakil Bupati Asahan Bersama Unsur OPD Turut Menyambut Kedatangan Jenasah Ibunda UAS

Wakil bupati Asahan H.Surya.BSc bersama Sekdakab Asahan serta beberapa OPD Pemerintah Kabupaten Asahan menyambut kedatangan jenasah almarhumah Hj.Rohana binti Lobayudin orang tua dari Ustadz kondang Abdul Somad , putra asli asal desa Silo Lama kecamatan S

Selasa, 19 Mar 2019 07:15Berita Sumut

Walikota Buka Pelatihan Peningkatan Produktivitas Bagi Pelaku UKM

Walikota Binjai HM Idaham membuka pelatihan peningkatan produktivitas dalam rangka meningkatkan ekonomi, produktivitas dan daya saing perusahaan, yang diselenggarakan oleh Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Kementerian Ketenagakerjaan Republik

Selasa, 19 Mar 2019 07:00Ekonomi

BUMN Buka Lowongan Pekerjaan

PT Indra Karya membuka lowongan kerja bagi putra putri untuk bergabung dan berkarya bersama dalam membangun Negeri Indonesia. PT Indra Karya (Persero)

Selasa, 19 Mar 2019 06:45Berita Sumut

Kapolda Sumatera Utara Bersama Ribuan Masyarakat Antarkan Ibunda UAS ke Pemakaman

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol.Agus Andrianto bersama perwira tinggi Polda Sumatera Utara serta Kapolres Asahan AKBP.Faisal Florentinus Napitupulu dan seluruh jajaran Polres Asahan menghantarkan jenasah almarhumah ibunda Al Ustadz Abdul Somad (UAS) Hj.R

Selasa, 19 Mar 2019 06:30Lifestyle

Netizen Jodoh-Jodohkan Aril Noah, Sontak Viral

Hal menarik terjadi dalam panggung Rising Star Indonesia 2018 pada Senin (18/3/2019), di mana Ariel NOAH

Selasa, 19 Mar 2019 06:15Lifestyle

Haru nan Pilu, Cuitan Aprilia Nur Azizah, 20 Hidup dengan Satu Mata di Medsos Sontak Viral

Nama saya Aprilia Nur Azizah, 20tahun, dari Pangandaran, Jawa Barat.

Selasa, 19 Mar 2019 06:00Bola

Pasukan Ole Gunnar Solskjaer Alami Dua Kali Kekalahan Beruntun, Juan Mata: Kami Akan Segera Bangkit

Manchester United tengah berada dalam kondisi kurang baik musim ini.

Senin, 18 Mar 2019 22:33Berita Sumut

Kapolda Sumut: Alfatihah Untuk Almarhum Ibunda Abdul Samad

Seribuan jama'ah berkumpul dikediaman almarhumah Rohana Binti Nuruddin ibunda tercinta dari Ustadz Abdul Somad

Senin, 18 Mar 2019 21:56Berita Sumut

Satu Unit Rumah di Tangguk Bongkar Ludes di Lalap si Jago Merah

Satu unit rumah semi permanen ludes dilalap si jago merah, Senin (18/3/2019) sekira pukul 19.55 WIB