• Home
  • Berita Sumut
  • Warga Penggarap Lahan HGU PTPN II Sumringah Terima Uang Tali Asih

Warga Penggarap Lahan HGU PTPN II Sumringah Terima Uang Tali Asih

amrizal Selasa, 15 Agustus 2017 10:59 WIB
(Mtc/ist)
PT Perkebunan Nusantara (PTPN)-II memberikan uang tali asih kepada 13 masyarakat yang selama ini bercocok tanam di lahan hak guna usaha (HGU) Simalingkar A, Kebun Bekala, Pancurbatu,Deliserdang, Senin (14/8) siang.
MATATELINGA, Medan: PT Perkebunan Nusantara (PTPN)-II memberikan uang tali asih kepada  13 masyarakat yang selama ini bercocok tanam di lahan hak guna usaha (HGU) Simalingkar A, Kebun Bekala, Pancurbatu,Deliserdang, Senin (14/8) siang.

Sabarudin Sinaga, warga sekitar mengatakan, bersyukur pihak PTPN-II Medan memberikan uang tali asih alias membayar tanaman. Ia tidak ikut berdemo di Kantor DPRD Sumut karena mengakui lahan bercocok tanamnya milik HGU PTPN-II Kebun Bekala.

"Saya terima kasih atas pembayaran tanaman jagung yang akan diratakan PTPN-II, jadi memang tanah ini bukan punya saya. Sehingga, secara sukarela saya mengembalikan namun harus ada bantuan sesuai pendapatan hasil panen," ujarnya di Kantor PTPN-II, Kebun Bekala, Simalingkar-A, Pancurbatu,Kemarin.

Ia menceritakan, selama ini menumpang bercocok tanam berbagai jenis tanaman seperti jagung, dan ubi. Karena itu, cukup bahagia saat mendengar informasi PTPN-II mengabulkan permintaan warga untuk mengganti tanaman yang diratakan.

Menurutnya, uang tali asih yang diberikan PTPN-II, tidak merugikan masyarakat karena dihitung berdasarkan hasil panen. Selama ini, hasil panen jagung di atas lahan seluas 4500 M2 mencapai Rp 7 jutaan. Oleh sebab itu, ia memutuskan enggak ikut berdemo.

"Mau ikut demo pun bagaimana? Sudah jelas-jelas HGU PTPN-II, lengkap pula surat-surat mereka, kemudian proyek pemerintah mau buat perumahan jadi bagaimana? Kalau mau ganti, saya mau aja. Memang bukan tanah saya beli," katanya.

Sedangkan Kuasa Hukum PTPN-II, Sastra menambahkan, dari 13 penerima uang tali asih hanya tujuh orang yang datang karena kerja ataupun ada kegiatan. Adapun total uang tali asih yang disalurkan PTPN-II mencapai Rp 134 juta.

"Dasar kami memberikan uang tali asih karena menindaklanjuti laporan masyarakat yang datang kepada kami. Mereka melaporkan ada menanam di atas lahan HGU, sehingga direksi akan memperhatikan masyarakat yang sudah terlanjur menanam di sini (di atas tanah HGU PTPN-II)" ujarnya.

Ia menyampaikan, direksi akan mengitung uang tali asih berdasarkan satuan alias tanaman serta bentuk bangunan, seperti permanen maupun non permanen. Oleh sebab itu, manajemen PTPN-II akan berbuat terbaik kepada masyarakat di seputaran HGU.

Dia mengungkapkan, PTPN-II sedang melakukan pendataan untuk memberikan dana tali asih periode kedua. Sehingga, ia mengajak kepada seluruh masyarakat datang ke Kantor PTPN-II Kebun Bekala melapor sekaligus mengitung jenis tanaman.

Ia mengklaim, program pembangunan kota mandiri bekala untuk kepentingan masyarakat luas, terkhusus masyarakat yang bermukim di seputaran Desa Simalingkar-A, Desa Namobintang dan Desa Duren Tonggal.  
"Kini ada 41 laporan kepemilikan tanah, namun, sebagian belum lengkap memberikan data seperti jenis tanaman. Sedangkan yang sudah lengkap akan diproses. Perlu dipahami PTPN-II merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)yang kepemilikan sahamnya dipegang oleh pemerintah," katanya.

Dia menuturkan, PTPN-II bekerja hati-hati sehingga tidak akan melakukan kegiatan yang melanggar hukum. Apalagi, banyak pihak yang memantau kegiatan pembangunan kota mandiri bekala dan sebenarnya tidak ada konflik alias sengketa.

"Konflik enggak ada karena tidak ada gugatan di pengadilan hanya beberapa warga yang keberatan sehingga mereka berdemo. Demo yang dilakukan warga dibenarkan undang-undang  untuk menyampaikan pendapat di depan umum," ujarnya.(mtc/amr)
Editor: Faeza

T#g:penggarapPTPN II
Komentar
Jumat, 17 Nov 2017 23:07Berita Sumut

Rapat Kordinasi Pemuthakiran Data Pemilih tahun 2018 Se Sumut

KPUD Sumut menggelar kegiatan rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih tahun 2018 se-Sumut

Jumat, 17 Nov 2017 22:49Berita Sumut

Pendekatan Persuasif, Tim Terpadu Tertibkan PK5 di Medan Petisah

Dengan menggunakan pendekatan persuasif, Tim Terpadu Penertiban PK 5 Pemko Medan yang dibantu dengan unsur TNI Polri berhasil melakukan Operasi Penertiban Pedagang Kaki Lima (PK 5) yang ada di Kecamatan Medan Petisah,

Jumat, 17 Nov 2017 22:33Opini

TNI Meredam OPM Dengan Humanis Dan Budaya

Dalam sepekan ini, aksi kekerasan di Papua kembali meningkat 1.300 warga Papua di Desa Kimbely dan Desa Banti, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua disandra oleh kelompok Bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Jumat, 17 Nov 2017 22:17Berita Sumut

DPRD Nilai "Andar Gagal Pimpin Kota Padangsidimpuan"

PRD Kota Padangsidimpuan gelar rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa jabatan Walikota Padangsidimpuan, Andar Amin Harahap tahun 2013 - 2017,

Jumat, 17 Nov 2017 22:11Berita Sumut

Satres Narkoba Polrestabes Medan Ringkus 2 Pengedar Sabu dan Ganja

Satres Narkoba Polrestabes Medan meringkus 2 tersangka pengedar narkoba jenis sabu dan ganja berinisial BKL (44) dan S (45), keduanya warga Jalan Besar Delitua Gang Melur, Medan, belum lama ini

Jumat, 17 Nov 2017 22:05Berita Sumut

Dinas PU Terus Perbaiki Jalan Rusak

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan terus melakukan perbaikan jalan rusak di Kota Medan

Jumat, 17 Nov 2017 22:00Berita Sumut

Ketua Tim Penyelamat Mesjid Taqwa Polonia : Zulkarnain Bongkar Akte Ikrar Wakaf Palsu

Ketua Tim Pembela Masjid Taqwa Polonia, Zulkarnain, S.S, dalam konferensi pers

Jumat, 17 Nov 2017 21:54Berita Sumut

Polsek Petumbak Amankan Pengguna Narkoba

Menindaklanjuti keresahan warga masyarakat tentang maraknya peredaran narkona, personel reskrim Polsek Patumbak mengamankan seorang pengguna narkoba dari salah satu rumah di kawasan Jalan Pertahanan, Gang Harmoni, Patumbak

Jumat, 17 Nov 2017 21:46Berita Sumut

Kapolri Mutasi Kapolrestabes dan Kasat Reskrim

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) mengeluarkan Telegram Rahasia (TR) mutasi pejabat menegah sejajaran Polda Sumut

Jumat, 17 Nov 2017 21:43Berita Sumut

Diduga Terkejut Melihat Patroli Polisi Honda Mobili Tabrak Kios Sepatu

Masyarakat desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli kamis (16/11/2017) malam di kejutkan oleh suara benturan keras.

Jumat, 17 Nov 2017 21:29Nasional

Bakamla RI Bersama Pemkab Sambas Fasilitasi Forkom Kamkesla

Dalam rangka memfasilitasi pembentukan Forum Komunikasi Keamanan dan Keselamatan Laut (Forkom Kamkesla), Bakamla RI bekerjasama dengan Pemkab Sambas menggelar rapat koordinasi di Hotel Sambas Indah, Kab. Sambas, Kalimantan Barat

Jumat, 17 Nov 2017 21:24Berita Sumut

Bupati Sergai Lepas Peserta Jalan Santai dan Senam Sehat Tahun 2017

Berolahraga merupakan aktivitas untuk melatih tubuh agar badan menjadi sehat, bugar dan kuat baik secara jasmani maupun rohani. Dengan berolahraga juga akan mempengaruhi dan meningkatkan metabolisme serta fungsi kelenjar di dalam tubuh untuk memproduksi s

Jumat, 17 Nov 2017 21:20Berita Sumut

Bupati Asahan Segera Lantik Empat Pimpinan Tinggi Pratama Yang Tertunda

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Sinatupsng,MAP akan segera mrlantik empat pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan yang akan menduduki jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di empat Instansi Pemerintah.

Jumat, 17 Nov 2017 21:08Berita Sumut

Perampok Merintih Kesakitan di Polsek sunggal

Keberingasan pelaku bernama BS alias Budi, 34, satu dari tiga pembobol Smile Karaoke tak terlihat lagi diwajahnya. Dia menjerit tak karuan saat digiring petugas Polsek Sunggal. Pasalnya, kedua kakinya membengkak setelah ditembus timah panas petugas dan

Jumat, 17 Nov 2017 20:50Berita Sumut

Sepmor Pintar Polsek Perdagangan Kunjungi SD Alwasliyah

Siswa/i SD Alwasliyah Nagori Pematang Kerasaan Kecamatan Bandar,Kabupaten Simalungun, Jumat (17/17) sangat antusias menyambut Kunjungan Sepeda Motor Pintar (Sepmop)

Jumat, 17 Nov 2017 20:45Berita Sumut

Banjir di Asahan Terkendali

Banjir yang melanda beberapa kawasan di Asahan sudah dikendalikan.