• Home
  • Berita Sumut
  • Warga Penggarap Lahan HGU PTPN II Sumringah Terima Uang Tali Asih

Warga Penggarap Lahan HGU PTPN II Sumringah Terima Uang Tali Asih

amrizal Selasa, 15 Agustus 2017 10:59 WIB
(Mtc/ist)
PT Perkebunan Nusantara (PTPN)-II memberikan uang tali asih kepada 13 masyarakat yang selama ini bercocok tanam di lahan hak guna usaha (HGU) Simalingkar A, Kebun Bekala, Pancurbatu,Deliserdang, Senin (14/8) siang.
MATATELINGA, Medan: PT Perkebunan Nusantara (PTPN)-II memberikan uang tali asih kepada  13 masyarakat yang selama ini bercocok tanam di lahan hak guna usaha (HGU) Simalingkar A, Kebun Bekala, Pancurbatu,Deliserdang, Senin (14/8) siang.

Sabarudin Sinaga, warga sekitar mengatakan, bersyukur pihak PTPN-II Medan memberikan uang tali asih alias membayar tanaman. Ia tidak ikut berdemo di Kantor DPRD Sumut karena mengakui lahan bercocok tanamnya milik HGU PTPN-II Kebun Bekala.

"Saya terima kasih atas pembayaran tanaman jagung yang akan diratakan PTPN-II, jadi memang tanah ini bukan punya saya. Sehingga, secara sukarela saya mengembalikan namun harus ada bantuan sesuai pendapatan hasil panen," ujarnya di Kantor PTPN-II, Kebun Bekala, Simalingkar-A, Pancurbatu,Kemarin.

Ia menceritakan, selama ini menumpang bercocok tanam berbagai jenis tanaman seperti jagung, dan ubi. Karena itu, cukup bahagia saat mendengar informasi PTPN-II mengabulkan permintaan warga untuk mengganti tanaman yang diratakan.

Menurutnya, uang tali asih yang diberikan PTPN-II, tidak merugikan masyarakat karena dihitung berdasarkan hasil panen. Selama ini, hasil panen jagung di atas lahan seluas 4500 M2 mencapai Rp 7 jutaan. Oleh sebab itu, ia memutuskan enggak ikut berdemo.

"Mau ikut demo pun bagaimana? Sudah jelas-jelas HGU PTPN-II, lengkap pula surat-surat mereka, kemudian proyek pemerintah mau buat perumahan jadi bagaimana? Kalau mau ganti, saya mau aja. Memang bukan tanah saya beli," katanya.

Sedangkan Kuasa Hukum PTPN-II, Sastra menambahkan, dari 13 penerima uang tali asih hanya tujuh orang yang datang karena kerja ataupun ada kegiatan. Adapun total uang tali asih yang disalurkan PTPN-II mencapai Rp 134 juta.

"Dasar kami memberikan uang tali asih karena menindaklanjuti laporan masyarakat yang datang kepada kami. Mereka melaporkan ada menanam di atas lahan HGU, sehingga direksi akan memperhatikan masyarakat yang sudah terlanjur menanam di sini (di atas tanah HGU PTPN-II)" ujarnya.

Ia menyampaikan, direksi akan mengitung uang tali asih berdasarkan satuan alias tanaman serta bentuk bangunan, seperti permanen maupun non permanen. Oleh sebab itu, manajemen PTPN-II akan berbuat terbaik kepada masyarakat di seputaran HGU.

Dia mengungkapkan, PTPN-II sedang melakukan pendataan untuk memberikan dana tali asih periode kedua. Sehingga, ia mengajak kepada seluruh masyarakat datang ke Kantor PTPN-II Kebun Bekala melapor sekaligus mengitung jenis tanaman.

Ia mengklaim, program pembangunan kota mandiri bekala untuk kepentingan masyarakat luas, terkhusus masyarakat yang bermukim di seputaran Desa Simalingkar-A, Desa Namobintang dan Desa Duren Tonggal.  
"Kini ada 41 laporan kepemilikan tanah, namun, sebagian belum lengkap memberikan data seperti jenis tanaman. Sedangkan yang sudah lengkap akan diproses. Perlu dipahami PTPN-II merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)yang kepemilikan sahamnya dipegang oleh pemerintah," katanya.

Dia menuturkan, PTPN-II bekerja hati-hati sehingga tidak akan melakukan kegiatan yang melanggar hukum. Apalagi, banyak pihak yang memantau kegiatan pembangunan kota mandiri bekala dan sebenarnya tidak ada konflik alias sengketa.

"Konflik enggak ada karena tidak ada gugatan di pengadilan hanya beberapa warga yang keberatan sehingga mereka berdemo. Demo yang dilakukan warga dibenarkan undang-undang  untuk menyampaikan pendapat di depan umum," ujarnya.(mtc/amr)
Editor: Faeza

T#g:penggarapPTPN II
Komentar
Minggu, 21 Jan 2018 23:44Berita Sumut

Octo GM Simangunsong Dilantik Jadi Ketua PAC Medan Petisah

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Medan Petisah Octo GM Simangunsong, resmi dilantik Ketua Majelis Pimpinan Cabang

Minggu, 21 Jan 2018 23:31Berita Sumut

Habis Dibunuh, diseret Kedalam Kamar Mandi Dan Kepala di Masukkan Dlam Ember

Pelaku yang membunuh pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 11, dengan sadis di Jalan Pertiwi, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, ditangkap tim gabungan personel Reskrim Polsek Percut Seituan Polrestabes Medan

Minggu, 21 Jan 2018 18:17Berita Sumut

Dua Pengedar Narkoba ditangkap, Satu Lagi di Buru

Petugas unit reskrim Polsek Perdagangan meringkus dua orang pengedar Narkoba di seputaran Kampung Keling Perdagangan

Minggu, 21 Jan 2018 16:01Berita Sumut

UNPRI Juara Basket Antar Universitas

Universitas Prima Indonesia (UNPRI) yang dipimpin Head Coach tim basket UNPRI Jenny Kirawan berhasil meraih juara pada kompetisi basket antar universitas, yang diselenggarakan UKM Basket Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Minggu, 21 Jan 2018 15:10Berita Sumut

Ketua Golkar Sergei Siap Menangkan Eramas

Musyawarah Partai Golkar (Musda) ke 3 di Kabupaten Sergei yang diselenggarakan di Hotel LG Jalan Printis kemerdekaan Medan, secara aklamasi terpilih H. Alimadhy SH selaku ketua Golkar Kabupaten Sergei ke 3,2015- 2020

Minggu, 21 Jan 2018 15:02Berita Sumut

Pecandu dan Pengedar Narkoba di tangkap

Petugas unit reskrim Polsek Medan Sunggal meringkus pengedar narkoba jenis sabu sabu di seputaran Jl Garuda Kel. Sei Sikambing Kec. Medan sunggal dengan barang bukti 1n paket sabu, 30 palstik klip, timbangan elektrik, HP serta yang lainnya

Minggu, 21 Jan 2018 14:52Berita Sumut

Penjual Sabhu Dipedesaan Dibekuk Polisi

Peredaran dan penyalah gunaan narkotika sudah merambah hingga jauh di pedesaan, harga jual yang di tawarkan para pengedarpun kepada konsumennya sudah dapat dijangkau oleh penggunanya yang berkantong tipis

Minggu, 21 Jan 2018 12:29Berita Sumut

Walikota Medan Jalan Sehat Bersama Dengan Masyarakat Kota Medan

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi dan Wakil Walikota Medan Ir.H.Akhyar Nasution MSi jalan sehat bersama masyarakat Kota Medan, di Lap. Merdeka Medan

Minggu, 21 Jan 2018 12:13Berita Sumut

Perampok di Belawan, Terkapar di terjang Timah Panas

MATATELINGA, Belawan:  Salah seorang perampok yang sudah sangat meresahkan masyarakat, akhirnya  dilumpuhkan polisi dengan timah panas terhadap  Jun alias Ijun Pacak. Pria yang berusia

Minggu, 21 Jan 2018 12:09Berita Sumut

Sergai Jadi Lokasi SCORA PEMA FK USU Tahun 2018

Pelayanan kesehatan adalah Hak Asasi Manusia (HAM) yang harus diselenggarakan dengan prinsip-prinsip God Governance. Prinsip tersebut mencakup keadilan, responsivitas dan efesiensi pelayanan

Minggu, 21 Jan 2018 12:06Berita Sumut

Bupati Sergai Awali Pendataan Coklit Pilgubsu Tahun 2018

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman tengah menerima kujungan jajaran Komisi Pemilihan Umum Daerah

Minggu, 21 Jan 2018 12:01Berita Sumut

Sihar Sitorus "Kongkow-Kongkow" Ala Medan di Omerta Koffee

Sihar Sitorus berkesempatan untuk kongkow-kongkow ala Medan di Omerta Coffee Medan. Saat kedatanyannya ke Omerta, suasana mendadak heboh, saat calon wakil Gubernur Sumatera Utara ini memasuki Kedai Kopi Omerta di Jalan Wahid Hasyim, Medan, Sabtu (20/1/201

Minggu, 21 Jan 2018 11:58Berita Sumut

Hari Terakhir, Tiga Bakal Paslon Melengkapi Kekurangan Dokumen

Sesuai batas waktu yang diberikan KPU Sumut berdasarkan PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan, hari ini Sabtu

Minggu, 21 Jan 2018 10:56Nasional

Satgas Kesehatan TNI Bersama Kemenkes RI Bergerak Cepat Obati Warga Asmat

Personel Satuan tugas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB) bersama-sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bergerak cepat memberikan pelayanan medis di lapangan kepada warga

Minggu, 21 Jan 2018 09:54Berita Sumut

Menekan 3C dan Peredaran Narkoba

Guna menekan angka tindak kejahatan dan peredaran Narkoba yang terjadi diwilayah hukum Polsek Perdagangan

Minggu, 21 Jan 2018 08:20Berita Sumut

Gondrong Sembunyikan Sabhu Dibalik Rambut Gimbalnya

Gondrong Sembunyikan Sabhu Dibalik Rambut Gimbalnya