147 Pengusaha Terlibat Korupsi di Sumut

amelia Kamis, 17 Januari 2019 14:30 WIB
Mtc/amel
Koordinator Eksekutif SAHDAR, Ibrahim angka korupsi Sumatera Utara (Sumut) selama delapan tahun terakhir menunjukan tren peningkatan. Selama rentang 2011 sampai 2018, tercatat adalah 116 kasus korupsi yang disidangkan dari berbagai daerah di Sumatera Utar
MATATELINGA, Medan : Peran pengusaha dan korporasi sebagai non state actor penting untuk diregulasi oleh pemerintah. Menurut Koordinator Eksekutif SAHDAR, Ibrahim angka korupsi Sumatera Utara (Sumut) selama delapan tahun terakhir menunjukan tren peningkatan. Selama rentang 2011 sampai 2018, tercatat adalah 116 kasus korupsi yang disidangkan dari berbagai daerah di Sumatera Utara melibatkan pelaku usaha dan koporasi besar dari tingkat nasional. 


"Sejumlah kasus yang muncul telah menunjukan fenomena peningkatan keterlibatan pelaku usaha dan korporasi pada kasus korupsi setiap tahunnya. Sementara total kasus yang disidangkan secara rata- rata oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Situasi ini menunjukan semakin banyak program-program belanja pemerintah yang menjadi sasaran korupsi korporasi," ucapnya, Kamis (17/1/2019).

"Tercatat dari intensitas kasus yang disidangkan setidaknya ada 147 pengusaha dan korporasi yang berhasil kami identifikasi ikut terlibat dalam kasus korupsi di Sumatera Utara," terang dia.

Diantaranya terdiri dari, 70 CV (Comanditer Venootschap), 57 PT (Perseroan Terbatas), 2 UD (Usaha Dagang), 3 PD (Perusahaan Daerah), dan 15 rekanan atau pengusaha yang tidak dapat di identifikasi bentuknya oleh SAHDAR.


Berdasarkan data yang dikumpulkan Comannditer Venotschap menjadi korporasi yang paling banyak terlibat dalam kasus korupsi, dengan persentase sebesar 48%, di posisi kedua ada Perseroan Terbatas dengan persentase sebesar 38%. Kedua jenis korporasi ini merupakan korporasi yang paling mendominasi keseluruhan kasus korupsi yang ada sehingga menyebabkan negara mengalami kerugian sebesar Rp 161.548.328.858, dan nilai suap, mencapai angka Rp 57.580.198.772 dan 218.000 SGD Singapore Dollar .

Keterlibatan korporasi dalam kasus korupsi dalam rentang waktu delapan tahun terakhir ditemukan paling banyak pada sektor kerja pembangunan infrastruktur sebesar 51% dengan total 62 kasus. Diikuti di posisi kedua di sektor kesehatan dengan persentase sebesar 18% total 19 kasus, di posisi ketiga ada sektor pangan dengan persentase 10 % total 11 kasus. Di posisi keempat ada sektor pendidikan dengan persentase sebesar 7% total 8 kasus. Besarnya korupsi di sektor ini berkaitan dengan prioritas pembangunan yang memberikan alokasi anggaran yang besar pada bidang infrastruktur, kesehatan, pangan dan pendidikan. Sementara sektor lain adalah, perhubungan 2%, perikanan 1 % , lingkungan 1%dan lain lain sebanyak 6%. Sedangkan modus yang dilakukan oleh korporasi untuk korupsi adalah projek fiktif 66 kasus, mark up 42 kasus, mark down 1 kasus, penyuapan, gratifikasi 5 kasus dan penggelapan 1 kasus. 


Melihat kecenderungan kasus korupsi yang terus muncul selama kurun waktu terakhir, sambungnya, tampak keterlibatan korporasi besar dari tingkat nasional, seperti perusahaan Shang Hyang Seri dalam kasus program bibit pangan di Deli Serdang dan Permai Grup milik Nazarudin pada kasus pengadaan alat kesehatan dan pembangunan di sejumlah Rumah Sakit Daerah di Sumatera Utara. Kedua korporasi besar ini menggunakan kekuasaannya untuk mengerakkan pengusaha dan perusahaan di Sumatera Utara untuk bekerja sama dan melakukan praktik korupsi. 

"Selanjutnya kerja sama negatif kami temui dilakukan oleh banyak perusahaan dalam bentuk pinjam pakai perusahaan dan saling membantu dalam proses lelang paket pengadaan barang dana jasa yang dilaksanakan di K/L/D/I . Seperti yang dilakukan oleh Cahaya Anak Bangsa di beberapa Dinas Kesehatan di Sumatera Utara. Sehingga siapa pun pengusaha dan perusahaan yang dimenangkan dalam proses tender, maka perusahaan yang sudah ditentukanlah sejak awal lah yang akan melakukan projek tersebut," jelas Ibrahim.

Dengan diaturnya Peraturan Presiden No 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi, negara harus bekerja keras untuk menangani non state actor yang melanggar ketentuan dan menyebabkan kerugian sehingga mengakibatkan terhalangnya pemenuhan hak - hak masyarakat. Lebih lanjut strategi pemberantasan korupsi yang dilakukan pemerintah tidak akan berhasil, tanpa meregulasi pihak non state actor dalam kasus korupsi. Sebab dari fakta yang muncul, perubahan peraturan barang dan jasa ataupun perubahan pada Peraturan Presiden terkait strategi pemberantasan dan pencegakan korupsi ternyata tidak berhasil dan mengalami kendala dalam mengintervensi masalah korupsi, sebaliknya saat ini malah terjadi perlambatan pada Corruption Preception Indeks. 

"Menjadi catatan bagi kita semua adalah tantangan terhadap strategi pencegahan korupsi ke depan yakni perbaikan internal dan pemidanaan bagi non state actor yang sering terlibat dalam korupsi. Apalagi pada saat ini korporasi sudah dapat dimintai pertanggung jawaban, sehingga kami berharap APH di daerah dapat melakukan hak yang sama seperti yang telah dilakukan oleh Komisi Pemeberantasan Korupsi pada kasus perusahaan Duta Graha Indonesia yang saat ini sudah menjadi PT Nusantara Konstruksi Enjinering. Sehingga dengan demikian perbaikan sistem harus juga diikuti dengan pemidanaan bagi korporasi yang menjadi penyebab korupsi," tutup dia. (mtc/amel)
Editor: faeza

T#g:MatatelingasahdarTerkinipengusaha terlibat korupsiperkara korupsi
Komentar
Sabtu, 16 Feb 2019 17:28Berita Sumut

Belasan Rumah Terbakar di Dairi, Warga Harap Bantuan Pemerintah

Sebanyak 14 unit rumah warga di Desa Lae Parira, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi pada Jumat (15/2/2019) siang ludes diamuk si jago merah. Saat ini korban kebakaran mengharapkan bantuan dari pemerintah.

Sabtu, 16 Feb 2019 15:15Berita Sumut

JPU : Kompol Fahrizal Sudah Dieksekusi ke Rumah Sakit Jiwa

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randy Tambunan mengungkapkan Kompol Fahrizal yang dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana pembunuhan sudah diserahkan ke Rumah Sakit Jiwa. Hal ini sebagaimana perintah majelis hakim PN Medan dalam amar putusan.

Sabtu, 16 Feb 2019 14:49Berita Sumut

Kawanan Preman yang Videonya Viral Saat Peras Pedagang Ayam Potong Diciduk Polisi

Kawanan preman yang videonya viral di media sosial saat memeras pedagang ayam di salah satu pajak di kawasan Marendal akhirnya diringkus polisi. Ada tiga orang pelaku yang diduga terlibat pemerasan diringkus Polsek Patumbak.

Sabtu, 16 Feb 2019 13:43Berita Sumut

Merubah Pandangan Masyarakat, Yayasan Dwiwarna Gelar Pameran Karya Inovasi Terbaik Siswa/Siswi

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Yayasan Pendidikan Dan Sosial Dwiwarna Medan Jl. Gedung Arca No. 52 Medan, gelar Pameran Hasil Karya Inovasi Siswa/i, yang berlangsung selama dua hari berturut -

Sabtu, 16 Feb 2019 13:03Berita Sumut

Rektor USU Apresiasi Penutupan 9 PTS di Sumut

Langkah Kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi (Kemenristekdikti) menutup sembilan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Utara karena tidak adanya dosennya yang mengajar di PTS tersebut diapresiasi Rektor USU Prof. Runtung Sitepu.

Sabtu, 16 Feb 2019 11:11Berita Sumut

Kabintal Kodam I/BB Binroh Kepada Personil dan Ibu Persit KCK Kodim 0204/DS

Kabintal Kodam I Bukit Barisan, Kolonel Kav Sugeng Waskito Aji memberikan pencerahan Bintal Rohani dan Mental Ideologi kepada personil dan ibu-ibu Persit KCK Cabang XXXIII Kodim 0204/DS. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kodim 0204/DS, Jumat (15/02/20

Sabtu, 16 Feb 2019 10:51Berita Sumut

Tiga Rumah di Simalingkar Terbakar, Satu Orang Tewas

Kebakaran dahsyat yang melalap tiga unit rumah yang dijadikan sebagai tempat usaha di Jalan Karet Raya, Lingkungan IX, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan pada Sabtu (16/2/2019) dini hari menyebabkan satu orang meninggal dunia. Korban diketahui be

Sabtu, 16 Feb 2019 10:15Bola

Tim PSSA U 15 Asahan Raih Sejumlah Prestasi dalam Piala Soeratin

Tim sepak bola kebanggaan masyarakat Asahan pulang dari medan laga dengan membawa prestasi yang dinantikan masyarakat. Pasalnya, tim yang dimotori oleh Armen Margolang ini berhasil meraih sejumlah prestasi dengan membawa pulang beberapa piala diantaranya

Sabtu, 16 Feb 2019 08:25Lifestyle

Apakah Sudah Lanjut Usia Masih Bisa Mimpi Basah, Berikut Faktanya

Salah satu hal penting dalam sejarah hidup seorang pria adalah perubahan diri. Dari yang awalnya anak-anak menjadi remaja dan kemudian dewasa. Proses ini biasanya menentukan bagaimana karakter pria tersebut.

Sabtu, 16 Feb 2019 08:10Nasional

Manjakan Warganya, Mobil Mewah Wabup Bandung Disulap

Wakil Bupati Bandung Hengky Kurniawan, memposting kesempatan bagi warganya yang ingin meminjam mobil dinasnya untuk mobil pengantin bagi para warganya.

Sabtu, 16 Feb 2019 07:55Bola

Frosinone Harus Menelan pil Pahit Usai Ditaklukkan Juventus 3-0

Juventus masih terlalu kuat untuk tim penghuni zona degradasi, Frosinone, Sabtu (16/2/2019) dini hari WIB. Pada laga pekan ke-24 Liga Italia 2018-2019 tersebut, Giorgio Chiellini dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Canarini dengan skor 3-0.

Sabtu, 16 Feb 2019 07:40Bola

Sami Hyypia Yakin Liverpool Dapat Menyabet Dua Gelar Juara Sekaligus

Salah satu legenda Liverpool, Sami Hyypia, memberikan komentar terkait peluang mantan klubnya itu dalam meraih gelar Liga Inggris serta Liga Champions musim 2018-2019. Hyypia yakin bahwa Liverpool mampu mengawinkan dua gelar tersebut di musim ini.

Sabtu, 16 Feb 2019 07:31Ekonomi

Garda Oto Pertahankan Gelar Top Brand Asuransi Mobil

Asuransi Astra tetap komit mengembangkan layanan produk asuransi mobilnya yakni Garda Oto hingga membuat namanya berhasil melekat di hati masyarakat sampai saat ini.

Sabtu, 16 Feb 2019 07:25Bola

Usai Taklukkan Frosinone, Allegri Targetkan Anak Asuhnya Dalam Laga Tandang Kamis Mendatang

Juventus kembali meraup tiga poin kala menjamu tim penghuni zona degradasi, Frosinone, pada pekan ke-24 Liga Italia 2018-2019, Sabtu (16/2/2019) dini hari WIB. Kemenangan tersebut membuat La Vecchia Signora punya modal berharga jelang lawatan ke markas At

Sabtu, 16 Feb 2019 07:10Internasional

Potret di Balik Kisah Menakjubkan Tentang Perang dan Kemiskinan

Selagi pameran foto karya Don McCullin digelar di London, Fiona Macdonald menyaksikan beragam potret menakjubkan tentang perang dan kemiskinan yang diciptakan salah satu fotografer terandal Inggris.

Sabtu, 16 Feb 2019 06:55Bola

Bayern Munich Taklukkan Lawannya Augsburg 3-2 Pada Laga Sabtu Dini Hari

Bayern Munich meraih hasil memuaskan ketika melakoni lanjutan Liga Jerman musim 2018-2019. Menghadapi Augsburg, "Die Roten" julukan Bayern berhasil menutup laga dengan kemenangan 3-2 atas lawannya.