• Home
  • Berita Sumut
  • 5 Pelaku Pembunuhan Dua Warga Labuhanbatu Ditangkap, Ini Motif dan Peran Para Pelaku

5 Pelaku Pembunuhan Dua Warga Labuhanbatu Ditangkap, Ini Motif dan Peran Para Pelaku

Amrizal Jumat, 08 November 2019 13:34 WIB
mtc/ist
Polisi meringkus 5 dari 8 orang pelaku yang terlibat dalam kasus pembunuhan Martua P Siregar alias Sanjay (48) dan Maraden Sianipar (55) di Labuhanbatu. Dua diantaranya dilumpuhkan karena melakukan perlawanan saat proses penangkapan.
MATATELINGA, Medan: Polisi meringkus 5 dari 8 orang pelaku yang terlibat dalam kasus pembunuhan Martua P Siregar alias Sanjay (48) dan Maraden Sianipar (55) di Labuhanbatu. Dua diantaranya dilumpuhkan karena melakukan perlawanan saat proses penangkapan.






Adapun kelima pelaku yang diringkus yakni JKH alias Katimin alias Jamti Hutahean (42), warga Pasar Nagor Dusun 5 Perdagangan, Simalungun, yang merupakan Humas Kebun Kelapa Sawit KSU Amelia. Kemudian, VS alias Pak Revi (55) dan SH alias Pak Tati (55). Keduanya bertugas sebagai security Kebun Kelapa Sawit KSU Amelia

Selanjutnya, DS alias Niel (40), warga Desa Pardomuan Kasindir, Kelurahan Nagori Kasindir, Kecamatan Jorlang Hataran, Simalungun. Niel juga security Kebun Kelapa Sawit KSU Amelia. Terakhir, HP alias Harry (40), warga Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Harry merupakan menantu dari salah satu penggarap lahan perkebunan PT Amalia.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menjelaskan,
permasalahan yang terjadi adalah sengketa lahan di Perkebunan Sawit KSU Amelia yang dikelola oleh tersangka Harry.






Berdasarkan bukti-bukti dan pemeriksaan terhadap pelaku yang sudah ditangkap, diduga keras tersangka Harry menginstruksikan tersangka lain untuk mengusir dan menghabisi kedua korban.

"Lahan ini sebenarnya kawasan hutan yang dikelola oleh Harry melalui Perkebunan Sawit KSU Amelia. Namun dalam perjalanannya memang ada beberapa kelompok penggarap yang berusaha untuk menduduki lahan tersebut," ungkap Kapolda Sumut didampingi Direktur Reskrimum Kombes Pol Andi Rian, Kasubdit III Jatarans AKBP Maringan Simanjuntak dan Kasat Reskrim Polres Labuhan Batu AKP Jama Kita Purba, dalam keterangan pers di Mapolda Sumut, Jumat (8/11/2019).

Sehingga inilah yang melatarbelakangi kedua korban dianiaya sampai meninggal dunia oleh enam orang pelaku dan satu yang mendapat instruksi dan satu pengelola diduga keras sebagai orang yang membiayai eksekusi yang dilakukan oleh para pelaku

Jasad Sanjay dan Maraden ditemukan tewas di Komplek PT SAB/KSU Amalia, di Dusun VI, Desa Wonosari, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhan Batu, Sumut, Rabu (30/10). 

"Kelima pelaku yang ditangkap ini memiliki perannya masing-masing," ungkap Agus.

Agus menegaskan otak pelakunya adalah JH yang merencanakan pembunuhan di rumahnya bersama tiga pelaku yang masih diburon yakni, JS, Rikky, dan HS  (DPO). Mereka menerima instruksi dari Harry, menantu salah satu pemilik PT Amalia, yang menyebutkan kedua korban sedang berada di perkebunan. "Dia (korban) ada di sana, usir segera dan kalau melawan habisi," jelasnya.

JH kemudian merekrut dan mengarahkan DS bersama JS, Rikky dan HS untuk menjaga kebun dari para penggarap. Jika ada yang melawan dan tidak mau diusir maka dibunuh, terutama Maraden Sianipar.

"Untuk pelaku Victor Situmorang dan Sabar Hutapea, perannya memukul kedua korban dengan menggunakan kayu bulat panjang sekitar 1 meter, yang didapatkannya dari sekitar lokasi kejadian. Kemudian, menarik korban dan memasukkan ke dalam parit bekoan," papar Agus.

Sementara, pelaku DS  berperan menerima perintah dari otak pelaku untuk menghabisi nyawa kedua korban. Selain itu, merekrut Rikky, Hendrik Simorangkir, dan Josua Situmorang untuk ikut menghabisi nyawa kedua korban.

"Barang Bukti yang diamankan dari kelima tersangka, 1 unit Honda Revo warna hitam liris biru BK 5158 VAB, 1 unit sepeda motor Merk Honda Supra X dengan nomor polisi BK 2220 IO, 1 potong kaos dalam berlumuran darah, 1 potong kaos warna hitam, 1 sepeda warna coklat sebelah kiri dan 5 unit handphone yang digunakan tersangka," urai Agus.

Kelima pelaku dijerat Pasal 340 junto Pasal 338, Pasal 55, dan 56 KUHP, dengan ancaman hukuman mati, penjara seumur hidup atau selama-lamanya 20 tahun penjara. 

"Kepada tersangka yang masih DPO kita harap supaya kooperatif dan menyerahkan diri,"ungkap Kapolda Sumut. (Mtc/amr)

Editor: faeza

T#g:kapoldasulima pelaku pembunuhanlima pelaku pembunuhan tiga diburoanpembunuhanpembunuhan aktivis labuhanbatuPolda sumutrebutan lahan
Komentar
Rabu, 20 Nov 2019 15:00Nasional

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M di Mabes TNI

Mabes TNI memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW 1441 H/2019 Masehi, yang dikuti ratusan Prajurit dan PNS TNI serta Ibu-ibu IKKT Pragati Wira Anggini, di Masjid Panglima Soedirman Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Rabu (20/11/2019).

Rabu, 20 Nov 2019 14:45Berita Sumut

Jalinsum Perdagangan - Lima Puluh yang Berlubang Mulai Ditambal

Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Perdagangan - Lima Puluh yang selama ini banyak berlubang kini mulai ditambal. Pekerjaan yang dilakukan langsung Dinas PU Bina Marga Pusat ini hanya memperioritaskan jalan yang berlubang di sepanjang Jalinsum tersebut.

Rabu, 20 Nov 2019 14:30Berita Sumut

Warga Perdagangan Kota Keluhkan Truck Pengangkut Pasir

Warga Perdagangan Kota Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun mengeluhkan pasir yang diangkut oleh truck yang melintasi jalan tersebut. Pasalnya truk itu berjatuhan di sepanjang jalan SM Raja sehingga menimbulkan debu.

Rabu, 20 Nov 2019 13:00Berita Sumut

Tim Pegasus Polsek Sunggal Pergoki Warga Angkut Bangkai Babi

Polsek Sunggal kembali mengamankan seorang warga yang diduga akan membuang bangkai babi, Selasa (19/11) malam. Saat diamankan, warga itu mengaku berencana mengubur bangkai babi yang dibawanya.

Rabu, 20 Nov 2019 12:35Berita Sumut

Terlibat Pemerasan, 4 Oknum Personil Polsek Medan Area Dituntut 6 Bulan Penjara

Empat orang personil Polsek Medan Area dituntut 6 bulan penjara dalam persidangan yang digelar di Ruang Cakra VIII PN Medan, Selasa (19/11/2019). Keempatnya dinilai bersalah melakukan tindak pidana pemerasan.

Rabu, 20 Nov 2019 11:43Berita Sumut

Bawa 60 Kg Sabu-Sabu, Eks Polisi Dipidana Mati di PN Kisaran

Seorang pecatan polisi bernama Setiawan Al Ghazali alias Wan (23) divonis dengan pidana mati. Mantan anggota Polri yang bertugas di Riau ini dinyatakan bersalah dalam tindak pidana narkoba.

Rabu, 20 Nov 2019 11:28Berita Sumut

Dinas Kesehatan Asahan Raih Penghargaan dari Dua Kementerian

Dinas Kesehatan kabupaten Asahan menjadi salah satu dari 18 kabupaten kota yang meraih penghargaan dan prestasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementrian Dalam Negeri, Selasa (19/11/2019). Prestasi ini menjadi kebanggan tersendiri di jajaran Dinas Keseha

Rabu, 20 Nov 2019 11:13Berita Sumut

Sekdako Terima Kunker Kabupaten Karo ke kota Binjai

Sekdako Binjai, M. Mahfullah P Daulay,SSTP, MAP menerima kunjungan kerja Kabupaten Karo dalam rangka mengikuti Evaluasi Desa Percontohan/Pelaksanaan Binaan TP. PKK tahun 2019, bertempat diruangan Binjai Command Center (BCC), Senin (18/11/2019).

Rabu, 20 Nov 2019 10:57Berita Sumut

Tim Penggerak PKK Asahan Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Asahan Hj.Titiek Sugiharti Surya bersama kader memperingati hari cuci tangan pakai sabun sedunia. Peringatan tersebut dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kisaran, Selasa (19/11/2019).

Rabu, 20 Nov 2019 09:17Berita Sumut

Arsip In-Aktif Bagian Umum Tahun 1971-1987 Dimusnahkan

Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM menghadiri acara Pemusnahan Arsip Bagian Umum Sekretariat Kota Medan Tahun 2019 di Balai Kota Medan, Selasa (19/11/2019). Pemusnahan dilakukan untuk mengurangi jumlah arsip in-aktif Bagian Umun Setdako Medan sejak ta

Rabu, 20 Nov 2019 09:02Berita Sumut

Personel Satgas Ops Pamrahwan Maluku Yonif 136 Bantu Renovasi Sekolah

Personel Satuan Tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Ops Pamrahwan) Maluku Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti membantu warga merenovasi Sekolah Dasar (SD) Inpres 2 Lisabata di Desa Wakolo, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku

Rabu, 20 Nov 2019 08:47Berita Sumut

Gubernur Sumatera Utara Serahkan DIPA dan TKDD 2020 Kepada Bupati Asahan

Gubernur Sumaera Utara Edi Rahmayadi menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2020 kepada Bupati Asahan H.surya,BSc di Aula Raja Inal Siregar kantor Gubernur Sumatera Utara, Selasa (1

Rabu, 20 Nov 2019 08:33Berita Sumut

Bupati Simalungun Terima DIPA dan TKDD Tahun 2020

Bupati Simalungun Dr. J.R. Saragih, SH, MM menerima DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) dan TKDD (Transfer ke Daerah dan Dana Desa) Tahun 2020 yang diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi

Rabu, 20 Nov 2019 08:17Bola

Siprus, Harus Mengakui Kelincahan Timnas Belgia dilapangan Hijau

Nikolas Ioannou berhasil menerabas pertahanan Belgia dan melepaskan tendangan saat hendak memasuki kotak penalti. Simon Mignolet tak bisa menghentikan sepakan tersebut. Siprus pun memimpin 1-0.

Rabu, 20 Nov 2019 08:02Lifestyle

Apa Yang dilakukan Dua Artis Ini Dalam Kolam Renang

Bintang Nenek Gayung ini tak ragu mengganti BH (Buste Houder atau bra) di dalam kolam renang dan disaksikan Billy Syahputra. Nikita Mirzani bukan hanya dikenal sebagai sosok yang kerap tampil seksi.

Rabu, 20 Nov 2019 07:47Nasional

Gempa Guncang Kuta Bali Selatan, Kekuatan M 5.2

Kabupaten Badung Bali, Kecamatan Kuta Selatan, Provinsi Bali diguncang gempa dengan magnitudo 5.2 mengguncang, pada Rabu (20/11/2019) dini hari. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.