50 Dubes Asia Afrika Ikuti Lake Toba Forum di Parapat

Mtc/jms Sabtu, 16 Desember 2017 16:54 WIB
MATA TELINGA/ISTIMEWA
Gubsu erry Nuradi bersama Dubes Asia Afrika
MATATELINGA, Medan : Sebanyak 50 Duta Besar (Dubes) yang berasal dari Asia-Afrika mengikuti Lake Toba Forum dalam rangka Summit Pariwisata Berbasis Geopark di Parapat, Simalungun, Sabtu (16/12). Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengharapkan kegiatan strategis ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pengembangan kawasan Danau Toba.

"Forum ini sangat strategis, karena dihadiri sebanyak 50 duta besar dari Asia Afrika. Selain itu juga akan dihadiri para pengusaha dari berbagai negara. Oleh karenanya, saya berharap kepala daerah yang ada di sekitar kawasan Danau Toba dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk pengembangan kawasan Danau Toba," ujar Gubsu, Tengku Erry Nuradi pada saat jamuan makan malam Gubsu dalam rangka Summit Pariwisata Berbasis Geopark Lakt Toba Forum yang digelar di rumah dinas Gubernur, Jumat (15/12/2017) malam.



Turut hadir dalam kesempatan itu, utusan khusus Presiden Seychelles untuk ASEAN, HE Nico Barito, Minister of Science Technology Innovation of Malaysia, Madius Bin Tangau, The Representative of Bussiner Sector, Lawrence Yeo Chua Poh, Direktur Badan Otorita Danau Toba Arie Prasetyo, Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga, Wakil Bupati Karo, Corry Sebayang, para delegasi dari Malaysia, Sabah dan Serawak serta Kadis Lingkungan Hidup Provsu, Wan Hidayati, Kepala Bappeda, Irman, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provsu, Elisa Marbun dan Kadis Koperasi Provsu, M Zein.

Lebih lanjut dikatakan Erry, dalam sejarah Sumut belum pernah hadir sebanyak 50 duta besar. Sebelumnya di tahun 2011, pada penyelenggaraan MTQ hadir 24 dubes yang berasal dari negara-negara muslim. Begitu juga, sekitar 2 tahun yang lalu hadir sekitar 20 an dubes untuk meninjau masuknya Islam pertama di Barus. "Sekarang hadir hingga 50 dubes Asia Afrika dan ini atas prakarsa bapak Nico Barito. Para dubes ini tiba di Silangit dan langsung ke Parapat. Tentu ini pertemuan yang sangat strategis," kata Erry.



Dalam kesempatan itu, Erry mengucapkan selamat datang kepada para delegasi yang akan mengikuti kegiatan Lake Toba Forum. Dikatakan Erry, Sumut merupakan negara terbesar keempat di Indonesia dari jumlah penduduk. Saat ini jumlah penduduk Sumut mencapai 14 juta jiwa.

"Sumut memiliki banyak potensi dan peluang kerjasama. Potensi perkebunan kelapa sawit terbesar setelah Riau. Sumut juga memiliki kawasan ekonomi khusus industri kelapa sawit di Sei Mangke. Sumut juga memiliki Danau Toba yakni danau terbesar di Asia," kata Erry.

Utusan khusus Presiden Seychelles untuk ASEAN, HE Nico Barito mengucapkan terima kasih kepada Gubsu yang telah melayani dan menjamu delegasi yang hadir. Dikatakannya, dia sudah mengikuti Lake Toba Summit sejak tahun 2005 lalu ketika dirinya masih menjadi Secretary United Nation. Diharapkannya Danau Toba terus maju sehingga wisatawan dapat terus datang ke Sumut. Apalagi saat ini sudah ada koneksi langsung melalui bandara Silangit.



Menurut Nico, pariwisata Danau Toba harus diangkat. Sama halnya seperti Switzerland yang merupakan negara danau, namun mereka tidak pernah menjual danau. Malah yang dijual kepada wisatawan adalah industri kecil yakni jam tangan.

"Mereka mengatakan kepada wisatawan kalau jam tangan itu handmade, satu jam satu juta. Artinya di sini juga bisa dibuat pusat organisasi internasional yang baik sehingga Danau Toba bisa hidup. Di sini ada delegasi dari Serawak dan lainnya yang nantinya bisa berkontribusi memberikan investasi di bidang pertanian, peternakan, teknologi agar dapat membangun perekonomian masyarakat sehingga nantinya pariwisata akan tumbuh dengan sendirinya," ujar Nico.



Minister of Science Technology Innovation of Malaysia, Madius Bin Tangau mengatakan, pihaknya sangat gembira bisa mengikuti Lake Toba Forum. Dikatakannya, Kuala Lumpur siap untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan Sumut menjadi partner entrepreneur untuk kebaikan di masa depan. "Kita akan memberikan informasi tentang teknologi, terutama teknologi hydro untuk pertanian yang tidak menggunakan bahan kimia dan pestisida, sehingga produk pertanian akan lebih baik dan pasarnya juga akan baik," ujarnya. Mtc/Rel
Editor: James P Pardede

T#g:Danau tobaLake Toba ForumSimalungunSumut
Komentar
Jumat, 19 Okt 2018 19:30Berita Sumut

Kecewa Putusan Hakim, Wanita Korban Pencemaran Nama Baik Ini Minta Jaksa Banding

Korban kasus pencemaran nama baik lewat media sosial (Medsos) Facebook (FB) Feby Milenie mengaku kecewa dengan putusan majelis hakim PN Medan yang hanya memberikan hukuman 1 tahun penjara terhadap terdakwa Ahmad Faisal Nasution. Dia mengatakan hukuman itu

Jumat, 19 Okt 2018 19:21Berita Sumut

Para Jaringan Jambret ditangkap Polsek Medan Baru

Tim Pegasus 3C Polsek Medan Baru mengamankan 6 (enam) pelaku spesialis jambret/curas di Wilayah Hukum (Wilkum) Polrestabes Medan

Jumat, 19 Okt 2018 19:16Nasional

Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Posko Kogasgabpad dan Pemakaman Massal di Palu

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. beserta rombongan, meninjau secara langsung Posko Kogasgabpad, tenda pengungsian dan pemakaman massal yang berada di Kota Palu, Sigi dan Don

Jumat, 19 Okt 2018 19:16Nasional

Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Posko Kogasgabpad dan Pemakaman Massal di Palu

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. beserta rombongan, meninjau secara langsung Posko Kogasgabpad, tenda pengungsian dan pemakaman massal yang berada di Kota Palu, Sigi dan Don

Jumat, 19 Okt 2018 18:44Berita Sumut

Hendra DS: Karaoke Grand D'blues Minta Izinnya di Cabut

Pemko Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diminta mencabut izin tempat hiburan malam (THM) yang melanggar jam operasional dan diduga tempat penyalahgunaan narkoba.

Jumat, 19 Okt 2018 18:39Nasional

Dharma Pertiwi Bangun Sumur Solar Sel Untuk Korban Gempa Lombok

Ibu-ibu Dharma Pertiwi dibawah pimpinan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto beserta Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, PIA Ardhya Garini dan IKKT Pragati Wira Anggini telah menggalang dana untuk membangun sumur-sumur solar sel (tenaga surya panel) bagi war

Jumat, 19 Okt 2018 17:50Berita Sumut

Walikota Resmikan JDIH

Walikota Binjai, HM Idaham, melalui Sekretaris Daerah, M Mahfullah P Daulay, meresmikan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH). Peresmian JDIH dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, Camat dan Lurah, bertempat di Aula Balaikota, Jala

Jumat, 19 Okt 2018 17:45Berita Sumut

Parlaungan Simangunsong: Tingkatkan PAD Membangun Medan Lebih Baik

Kondisi pembangunan kota Medan dinilai Ketua Komisi D DPRD Medan Ir Parlaungan Simangunsong kurang maksimal. Seperti penataan parkir, perbaikan jalan, drainase, banjir, penataan reklame dan penataan estetika kota masih butuh penanganan serius.

Jumat, 19 Okt 2018 17:32Berita Sumut

Dua Pelaku Pembongkar Rumah Masuk Sel Polsek Medan Sunggal

Tim pegasus Polsek Medan sunggal mengungkap kasus pembongkaran rumah Perumahan Bougenville blok G no. 22 desa Medan krio kec. Sunggal kab. Deli Serdang dan meringkus dua pelakunya secara terpisah.

Jumat, 19 Okt 2018 16:51Berita Sumut

TPL Tampil Dengan Konsep Menarik dan Ramah Lingkungan

Pagelaran 8th Indonesia Climate Change Education Forum & Expo 2018 di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan (17-19 Oktober 2018), PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) perusahaan bubur kertas terbaik di Sumatera Utara, tampil dengan konsep

Jumat, 19 Okt 2018 16:45Berita Sumut

Ringkus 9 Orang Sindikat Narkoba Malaysia-Sumut, Polisi Sita 40,5 Kg Sabu

Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumatera Utara (Sumut) berhasil mengamankan 41,5 kg narkoba jenis sabu milik sindikat Malaysia, Asahan, Tanjungbalai, Aceh dan Medan.

Jumat, 19 Okt 2018 16:30Berita Sumut

Ada Pencucian Pipa, Distribusi Air Bersih di Sejumlah Kawasan Medan Utara Terganggu

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi melakukan pencucian Reservoir di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Hamparan Perak, pada Jumat (19/10/2018).

Jumat, 19 Okt 2018 16:19Berita Sumut

Kapolrestabes Medan dan Kapolsek Helvetia Makan Nasi Bungkus Bareng Abang Becak

Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto melaksanakan Jum'at Barokah yaitu berbagi nasi dan makan bersama abang becak di Pos Lantas jalan Gatot Subroto Simpang Pondok Kelapa Medan, Jum'at (19/10).

Jumat, 19 Okt 2018 16:00Berita Sumut

Bawaslu Sumut Hentikan Laporan Tentang Abyadi Siregar

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara akhirnya menghentikan laporan tentang Abyadi Siregar.

Jumat, 19 Okt 2018 15:35Berita Sumut

Sosialisasi Penertiban Terminal Liar Dimulai

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Drs Renward Parapat mengaku akan melakukan penertiban dan penataan terminal pool-pool bus liar yang ada di kota Medan. Penertiban diyakini guna mengurangi kemacetan dan memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Jumat, 19 Okt 2018 15:18Berita Sumut

10 Atlet Asian Para Games 2018 Berprestasi Asal Sumut Peroleh Tali Asih Total Rp 2,5 Miliar

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyerahkan penghargaan dan bonus (tali asih) dengan total Rp 2,5 miliar kepada 10 atlet National Paralympic Committee (NPC) asal Sumut yang berprestasi pada Asian Para Games 2018 Jakarta, di Rumah Dinas Guber