MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Berita Sumut
  • 8 Pelaku Kejahatan Diringkus Polsek Patumbak Dalam 2 Pekan, Lima Tersangka Dihadiahi Timah Panas

8 Pelaku Kejahatan Diringkus Polsek Patumbak Dalam 2 Pekan, Lima Tersangka Dihadiahi Timah Panas

faeza Selasa, 29 Januari 2019 16:30 WIB
Mtc/ist
Dalam dua pekan terakhir, Polsek Patumbak berhasil meringkus 8 tersangka kasus 3C (Curat, Curas dan Curanmor). Dari delapan tersangka, lima diantaranya dihadiahi timah panas karena berusaha melawan saat akan ditangkap.
MATATELINGA, Medan: Dalam dua pekan terakhir, Polsek Patumbak berhasil meringkus 8 tersangka kasus 3C (Curat, Curas dan Curanmor). Dari delapan tersangka, lima diantaranya dihadiahi timah panas karena berusaha melawan saat akan ditangkap.


Adapun kedelapan tersangka tersebut yakni, Fahmi Triandian, Freddy Fatar Fransius Simanjuntak, Josua Aritonang, Boy Leonardo Sianturi, Ricardo Simatupang alias Kardo, Sudaryono alias Golik, Rudi Hartono Siregar alias Rudi Gaboh dan Mhd Gani alias Gani.

Fahmi ditangkap setelah berusaha merampas harta benda milik korban atas nama Risnawati alias Barus di Jalan Pertahanan Dusun V, Desa Patumbak I, Jumat (11/1/2019) lalu. Sementara Freddy Fatar Fransius Simanjuntak ditangkap karena melakukan pemerasan terhadap penumpang angkutan kota (angkot) atas nama Mhd Fadli, Senin (14/1/2019) di Jalan SM Raja Medan.

Kemudian, Josua Aritonang ditangkap karena memeras penumpang angkot atas nama Akbar Riani Salim Simbolon di Jalan SM Raja Medan, Selasa (15/1/2019). Dalam kejadian ini, korban harus meregang nyawa karena melompat dari angkot saat berusaha meloloskan diri dari pelaku. 

Lalu, Boy Leonardo Sianturi dan Ricardo Simatupang alias Kardo ditangkap karena memeras korban atas nama Horison Syahputra Panjaitan di Jalan SM Raja Medan, persis di dekat jembatan Sungai Denai, Sabtu (20/1/2019). 


Kemudian, tiga tersangka lainnya adalah Sudartono alias Golik, Rudi Hartono Siregar alias Rudi Gaboh dan Mhd Gani alias Gani. Mereka diamankan sesaat setelah melakukan pencurian di salah satu rumah di Jalan Kongsi Desa Marindal I, Senin (21/1/2019). Ketiganya terpaksa ditembak petugas karena berusaha melarikan diri saat akan ditangkap.

Kapolsek Patumbak, AKP Ginanjar Fitriadi didampingi Kanit Reskrim, Iptu Budiman Simanjuntak mengatakan, para pelaku pemerasan yang diamankan sudah beberapa kali beraksi, diantaranya menyebabkan korbannya meninggal dunia. 

"Masih ada tersangka lain yang kita buru. Dari lima tersangka pemerasan itu ada dua orang yang kita tembak karena berusaha melawan saat akan ditangkap," ujar Ginanjar saat menggelar rilis kasus, Selasa (29/1/2019).

Disinggung mengenai kemungkinan adanya kerjasama antara sopir angkot dengan pelaku saat beraksi, Ginanjar mengaku pihaknya masih melakukan pendalaman. 


"Kalau kemungkinan kerjasama dengan sopir, masih kita dalami. Tetapi saksi pun yang kita ambil keterangannya dari sopir. Jadi sopir lah yang memberi keterangan kepada polisi," ucap Ginanjar. 

Dikatakan Ginanjar, kelima pelaku pemerasan ini dikenakan Pasal 365 KUHPidana tentang pencurian disertai kekerasan dengan ancaman hukuman maksimal sembilan tahun penjara. 

Sementara itu, terang Ginanjar, tiga pelaku lainnya yang diamankan adalah kawanan spesialis pembobol rumah. Ketiganya diamankan sesaat setelah melakukan pencurian di salah satu rumah di Jalan Kongsi Desa Marindal I. 

"Mereka terlebih dahulu menargetkan rumah incarannya. Setelah berhasil masuk, mereka menguras harta benda korban. Salah satu pelaku juga berusaha memperkosa korban karena berusaha menjerit saat melihat aksi pelaku," sebut Ginanjar.


Menurut pengakuan pelaku, mereka baru satu kali beraksi. Namun, beber Ginanjar, ada beberapa laporan polisi yang menjerat kalau tersangka adalah pelakunya. Disebutkan Ginanjar, dari para tersangka disita sejumlah barang bukti seperti, linggis, tangga dan barang-barang milik korban seperti kalung, gelang, serta handphone. 

"Otak pelakunya adalah Golik. Mereka terlihat dahulu merusak pintu rumah korban dan membawa kabur harta benda korban. Satu dari tiga tersangka ada residivis," pungkas Ginanjar. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:kejahatankriminalMatatelingaSumutTerkinipolsek Patumbak
Komentar
Selasa, 21 Mei 2019 12:45Ekonomi

Daftar Haji dengan 3 Gram Emas Yuk!

Bagi masyarakat yang berniat menunaikan ibadah haji, hanya dengan jaminan emas 3 gram atau setara dengan uang bernilai Rp 1,9 juta, masyarakat bisa daftar haji melalui Pegadaian dan langsung mendapat nomor porsi

Selasa, 21 Mei 2019 12:21Berita Sumut

Ijeck: Jalan Penghubung Nias Barat-Nias Utara Dibangun Tahun Ini

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah bertemu dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Nias Utara di Kantor Bupati Nias Utara, Jalan Gunung Sitoli - Lahewa, Kelurahan Lahewa, Senin (20/5). Wagub menyampaik

Selasa, 21 Mei 2019 12:05Berita Sumut

Pemkab Sergai Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Seluruh Unsur Pemerintahan dan Elemen Masyarakat

Jajaran Pemkab Serdangbedagai menggelar kegiatan buka puasa bersama dengan elemen masyarakat di Halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (20/5/2019) sore. Acara diisi dengan hiburan lagu dan musik religi oleh orkes musik Zulbahqi Desa Pematang Se

Selasa, 21 Mei 2019 11:33Berita Sumut

Antisipasi Situasi Pascapenetapan Rekapitulasi KPU, Polisi dan TNI di Sumut Kerahkan Semua Pasukan

Guna mengantisipasi situasi pascapenetapan hasil rekapitulasi KPU, Polda Sumatera Utara dan Kodam I/Bukit Barisan mengerahkan semua pasukan. Untuk langkah pertama, jajaran Polda Sumatera Utara dan Kodam I/BB menggelar apel pasukan gabungan di Lapangan Be

Selasa, 21 Mei 2019 10:23Berita Sumut

Soekirman Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas di Sergai

Bupati Soekirman memimpin upacara bendera Peringatan Harkitnas ke-111 tingkat Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (20/5/2019). Upacara dipusatkan di di Lapangan Kantor Bupati Sei Rampah.

Selasa, 21 Mei 2019 09:58Berita Sumut

Semarak Ramadhan, Kejari Medan Bagi Takzil Gratis ke Pengendara

Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan menggelar kegiatan sosial di bulan Ramadan dengan membagi-bagikan makanan untuk berbuka puasa atau takjil kepada para pengendara di Jalan Adinegoro, Medan, Senin (20/5/2019).

Selasa, 21 Mei 2019 08:15Internasional

Tragis, Setelah Dijual Keluarganya Gadis 14 Tahun ini Diperkosa

Seorang gadis 14 tahun diperkosa berulang kali setelah dijual Rp30 juta oleh keluarganya

Selasa, 21 Mei 2019 08:00Nasional

Final Rekapitulasi Nasional Legislatif: PDIP Sang Juaranya

Hasil final rekapitulasi nasional pemilu anggota legislatif yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum RI di Jakarta

Selasa, 21 Mei 2019 07:45Nasional

TKN: Ini Kemenangan Rakyat Indonesia

Wakil Direktur saksi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf Amin, Ahmad Baidowi mengatakan

Selasa, 21 Mei 2019 07:30Bola

Kontra Lazio, Bologna Lolos dari Lembah Degradasi

Hasil positif berhasil didapat Bologna ketika melakoni matchday ke-37 Liga Italia musim 2018-2019

Selasa, 21 Mei 2019 07:15Ekonomi

Pahami Dulu Etikanya, ini Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW dalam menjual menjunjung etika dalam bisnis. Hal ini dianalogikan sebagai moral

Selasa, 21 Mei 2019 07:00Nasional

Prabowo: Tidak Ada Niat Kami untuk Makar

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengimbau kepada peserta Aksi 22 Mei

Selasa, 21 Mei 2019 06:45Bola

Bintang PSG ini Tolak Manchester United

Fullback andalan Paris Saint Germain (PSG), Thomas Meunier, mengomentari rumor ketertarikan Manchester United

Selasa, 21 Mei 2019 06:30Lifestyle

Baca Doa Puasa Ramadhan Hari ke 16, Agar Didekatkan dengan Orang-Orang Baik

Sangat cepat rasanya waktu berlalu, hingga tidak terasa sudah setengah perjalanan puasa Ramadan yang kita lalui

Selasa, 21 Mei 2019 06:15Bola

Neymar di Tolak Legenda Brasil Jadi Kapten Timnas

Salah satu bek legendaris Timnas Brasil, Edmilson, menyarankan agar juru taktik "Selecao" julukan Timnas Brasil

Selasa, 21 Mei 2019 06:00Nasional

Aksi 22 Mei, Prabowo Imbau Berjalan dengan Semangat Perdamaian

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengimbau kepada masyarakat yang akan ikut dalam aksi 22 Mei