MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Berita Sumut
  • 935 Prajurit Siswa Ikuti Diktukba dan Dikmata Tahun 2019 di Siantar

935 Prajurit Siswa Ikuti Diktukba dan Dikmata Tahun 2019 di Siantar

Faeza Senin, 22 April 2019 18:00 WIB
mtc/ist
Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Hassanudin, SIP yang mewakili Pangdam, secara resmi membuka Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AD Tahap I TA 2019 sebanyak 605 orang, dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) PK TNI AD Gel
MATATELINGA, Siantar: Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Hassanudin, SIP yang mewakili Pangdam, secara resmi membuka Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AD Tahap I TA 2019 sebanyak 605 orang, dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) PK TNI AD Gelombang I TA 2019 sebanyak 330 orang, bertempat di Mako Rindam I/BB, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Senin (22/4/2019). 


Dalam amanat tertulisnya, Pangdam I/BB mengucapkan selamat kepada prajurit siswa yang telah lulus seleksi dan terpilih untuk mengikuti Diktukba dan Dikmata ini. 

"Keberhasilan ini patut disyukuri. Karena banyak teman kalian yang belum mendapat kesempatan seperti ini. Rasa syukur ini hendaknya ditunjukkan dengan kepatuhan melaksanakan ketentuan dan aturan dalam lembaga pendidikan, serta belajar dan berlatih dengan baik sebagai bekal tugas di satuan nantinya," pesan Pangdam. 

Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) bertujuan untuk menyiapkan para Bintara sebagai unsur pembantu pimpinan. Baik di satuan tempur maupun satuan komando kewilayahan yang memiliki kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak dengan dilandasi ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan jiwa kejuangan yang tinggi, memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap setiap perkembangan yang terjadi di lingkungan tugasnya, serta memiliki kondisi jasmani yang Samapta.


"Di samping itu, Pendidikan Pembentukan Bintara TNI AD juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan  keterampilan dasar golongan Bintara, sehingga dapat diimplementasikan dalam menjawab tuntutan tugas di masa depan yang semakin kompleks dan dinamis," jelas Pangdam. 

Diktukba akan berlangsung selama lebih kurang 10 minggu. Pendidikan ini merupakan wujud perhatian Komando Atas kepada para prajurit siswa dalam meningkatkan moril dan kepercayaan diri prajurit siswa yang telah mengabdikan diri di TNI AD selama ini. 

Diktukba juga sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para prajurit siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi berbagai perkembangan situasi bangsa di masa mendatang. 

Begitu juga terhadap prajurit siswa yang mengikuti Dikmata. Pangdam I/BB menegaskan, kesempatan ini tentu hanya dapat diraih dan dicapai oleh para pemuda yang tangguh dan bermental baja. "Kalian yang berdiri dihadapan saya ini adalah pemuda-pemuda tangguh dan bermental baja itu," ucap Pangdam. 


Pangdam berpesan, keberhasilan yang telah diraih calon prajurit siswa ini merupakan sebuah sukses awal dari perjuangan panjang yang harus ditempuh. Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu kemiliteran dengan belajar dan berlatih secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

"Di lembaga pendidikan ini, para prajurit siswa akan dihadapkan pada berbagai rangkaian kegiatan pendidikan dan latihan yang cukup berat dan melelahkan. Namun dengan tekad yang kuat, saya yakin kalian akan dapat mengikuti dan menyelesaikan Pendidikan Pertama ini dengan baik," ungkap Pangdam.

Kepada Komandan Rindam I/BB, Kolonel Inf Zainuddin, Pangdam meminta agar menempa para prajurit siswa ini menjadi prajurit yang andal di berbagai medan penugasan. 
"Inovasi dan improvisasi dalam penyelenggaraan pendidikan perlu dikembangkan agar kemampuan penalaran yang logis bagi peserta didik dapat berkembang, sehingga mampu memecahkan masalah dengan tepat sesuai tugas pokok," pesan Pangdam. 

"Tidak kalah penting, laksanakan pengawasan kepada peserta didik. Agar proses pendidikan dapat berjalan dengan lancar dan aman," tambah Pangdam seperti dibacakan Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hassanudin, SIP.

Tampak hadir di acara, antara lain Danrem 022/PT, para Waas Kasdam I/BB, para Perwira Staf dari Rindam I/BB, Korem 022/PT, dan Kodam I/BB. (mtc)

Editor: Faeza

T#g:935 Prajurit Siswa Ikuti Diktukba dan Dikmata Tahun 2019Kodam I/BBKodam I BBKodam I?BBkodam I.BBMatatelingaTerkini
Komentar
Jumat, 24 Mei 2019 23:45Berita Sumut

Buka Puasa Bersama Insan Pers, Gubernur Edy Harapkan Wartawan Beritakan Kesulitan Rakyat

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi percaya bahwa insan pers memiliki peran

Jumat, 24 Mei 2019 23:30Nasional

Tim Prabowo-Sandi Resmi Ajukan Gugatan Sengketa Pemilu ke MK

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi resmi mendaftarkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU)

Jumat, 24 Mei 2019 23:15Nasional

11 Jam Diperiksa, Amien Rais Dicecar 37 Pertanyaan

Hampir 11 jam Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais diperiksa penyidik Polda Metro Jaya

Jumat, 24 Mei 2019 22:50Berita Sumut

Gubernur: Segera Benahi Organisasi Gerakan Pramuka

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Sumut, Jumat (24/5/2019) di Kantor UPT Pertanian Jalan AH Nasution Medan. Gubernur berpesan agar segera dilakukan pembenahan terhadap organisasi

Jumat, 24 Mei 2019 22:44Berita Sumut

Aksi GNKR di DPRD Sumut Mulai Ricuh, Kapolrestabes Lantunkan Zikir

Aksi unjuk rasa Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat di DPRD Sumut memanas, Kamis (24/5) memanas. Massa aksi mulai melempari benda ke arah gedung DPRD Sumut.

Jumat, 24 Mei 2019 22:35Aceh

Kenapa kantor keuchik di Segela Warga...?

Kantor Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat disegel warga, Kamis (23/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 22:20Berita Sumut

Ramadhan 1440 H Badan Amil Zakat Nasional Pemkab Asahan Serahkan Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan, Jum’at (24/5/2019) telah meyerahkan zakat kepada mustahik sebanyak 1.604 orang dari 201 desa / kelurahan yang berada di 25 Kecamatan di Asahan, penyerahan zakat oleh Baznas Asahan juga dihadiri oleh Plt

Jumat, 24 Mei 2019 22:05Internasional

Akibat Kelelahan, Tiga Pendaki Gunung Meninggal Dunia

Para pendaki dilaporkan kelelahan saat mengantre menuju puncak Gunung everest, meninggal dunia saat mengantre menuju puncak. Jumlah korban tewas menjadi tujuh dalam seminggu.

Jumat, 24 Mei 2019 21:50Berita Sumut

Sesosok Bayi Laki Laki ditemukan Sudah Membusuk di PTPN2

Warga Dusun VIII Pasar III Desa Kelumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang diebohkan dengan penemuan sesosok bayi jenis laki-laki yang sudah membusuk, di areal perkebunan tebu, Jumat (24/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 21:35Berita Sumut

Sekda Ajak Warga Medan Bantu Para Mustahik

Pemko Medan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Utara serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan menyerahkan zakat kepada 400 orang siswa miskin dan kaum Dhuafa, di Atrium Plaza Medan fair Jalan Jend Gatot Subroto

Jumat, 24 Mei 2019 21:20Berita Sumut

Koordinator Wartawan Pemko Medan Berbagi Takjil

Koordinator Wartawan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Medan berbagi takjil berbuka puasa di Jalan Balai Kota, Medan, Jumat (24/5/2019) sore.

Jumat, 24 Mei 2019 21:05Berita Sumut

Akhyar Beri Bantuan Kepada Korban Kebakaran Jalan Alumunium III

Pemko Medan memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Alumunium III Lingkungan XII Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli, Jumat (24/5/2019). Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi usai mel

Jumat, 24 Mei 2019 20:50Berita Sumut

Desa Buntu Pane Duta Asahan Dalam Lomba Desa Tingkat Propinsi Sumatera Utara

Desa Buntu Pane kecamatan Buntu Pane Asahan setelah menjadi juara lomba tingkat kabupaten Asahan pada tahun 2018 lalu, kini desa Buntu Pane menjadi duta Kabupaten Asahan dalam mengikuti lomba desa pada tingkat Prpinsi Sumatera Utara tahun 2019.

Jumat, 24 Mei 2019 20:46Berita Sumut

Kelelahan Kawal Aksi Unras, Sejumlah Polisi Terlelap di Halaman DPRD Sumut

Saat pengunjuk rasa di DPRD Sumut menunaikan salat Isya dan Tarawih berjamaah, sejumlah personil Polri yang melakukan pengamanan menyempatkan diri untuk beristirahat.

Jumat, 24 Mei 2019 20:35Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Rapat Pengamanan Idul Fitri 1440 H Di Mapoldasu

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2019 di Mapolda Sumut, Jumat (24/5/2019). Rapat yang digelar jajaran Polda Sumut ini dalam rangka kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440

Jumat, 24 Mei 2019 20:20Berita Sumut

Wali Kota Jadikan Ramadhan Momentum Bangun Jembatan Hati

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menjadikan bulan suci Ramadhan 1440 H sebagai momentum membangun jembatan hati dan meningkatkan tali silaturahmi dengan masyarakat melalui Safari Ramadhan. Kehadiran Wali Kota bersama sejumlah pimpinan organ