• Home
  • Berita Sumut
  • ASN Harus Ikuti Perkembangan Agar Tidak Tergilas Kemajuan Zaman

Bimtek E-Kinerja di Lingkungan Pemkab Sergai Tahun 2017,

ASN Harus Ikuti Perkembangan Agar Tidak Tergilas Kemajuan Zaman

Faeza Senin, 11 Desember 2017 12:15 WIB
mtc/ist
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman tengah mengalungkan bed peserta pada kegiatan Bimtek E-Kinerja di Lingkungan Pemkab Sergai Tahun 2017 bertempat di Aula Theme Park Kecamatan Pantai Cermin, Senin (11/12).
MATATELINGA, Pantai Cermin: Sebagai upaya meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) E-Kinerja di Lingkungan Pemkab Sergai Tahun 2017 bertempat di Aula Theme Park Kecamatan Pantai Cermin, Senin (11/12).     

Bimtek tersebut dibuka oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan dihadiri oleh Perwakilan Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Medan, Kepala BKD Sergai Dingin Saragih, SIP, beserta para peserta Bimtek yang berasal dari Pejabat yang membidangi urusan Kepegawaian seluruh OPD se-Sergai.

Saat membuka Bimtek Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa kata unggul jika tidak diimbangi dengan inovasi, maka tidak akan tercapai tanpa ada SDM yang kreatif dan inovatif.

Namun perlu juga kita cermati, lanjut Bupati bahwa akhir-akhir ini sering terjadi distrubtion artinya gangguan/kekacauan. Hal ini dikarenakan banyak profesi pekerjaan yang akan terancam sekarang atau yang akan datang karena adanya era digitalisasi seperti teknologi aplikasi. Seperti halnya di negara-negara lain aplikasi telah mengakibatkan "terbunuhnya" profesi dan pekerjaan orang-orang yang masih menggunakan cara konvensional seiring teknologi tersebut seperti agen travel, supir angkot dan lainnya yang terancam dengan maraknya taksi online dan aplikasi perjalanan dan tiket. Teknologi itu tidak bisa ditahan, maka kita yang harus ikut perkembangan teknologi tersebut, papar Bupati.

Banyaknya profesi-profesi yang akan hilang tersebut harus disikapi sebagai era perubahan seperti ini. ASN juga harus mengikuti perkembangan tersebut jika tidak ingin tergilas oleh kemajuan zaman teknologi dan aplikasi.

"Hari ini kita mulai dengan penerapan aplikasi E-Kinerja diseluruh OPD di Lingkungan Kabupaten Sergai. Mari kita ikuti perkembangan karena melalui aplikasi ini pendapatan yang diterima ASN diatur oleh standarisasi gaji berdasarkan kinerja yang akan dicapai," katanya.

Menurut Bupati ada beberapa hal yang harus diketahui yang pertama adalah Kebijakan antara lain yang tertuang dalam UU No. 5 Tahun 2008 tentang Hak dan Kewajiban PNS. Jika kita telah menguasai kebijakan, maka kita akan tahu Policy, kemudian akan tahu tugas yang paling dekat dengan kita.

Kedua, adalah Kelembagaan, didalamnya ada Tupoksi, tentu ASN akan tahu tentang berbagai informasi dan yang menjadi penting agar hak dan kewajiban ASN dapat terkontrol dan tidak merugikan orang lain. Dalam hal ini aplikasi E-Kinerja akan dapat menjadi solusi terbaik karena apa yang didapat ASN adalah apa yang sesuai dikerjakan dengan hitungan yang akurasinya telah tersusun secara sistematis.

Didalam E-Kinerja dapat juga diketahui antara lain kebutuhan jabatan, beban kerja, penilaian kinerja pegawai dengan mengukur hasil kerja, serta pemberian reward dan punishment yang adil bagi pegawai.

Sedangkan yang ketiga adalah Kebersamaan, bahwa semua ASN tidak dapat bekerja sendiri-sendiri karena semua adalah satu kesatuan untuk mencapai 21 peraihan dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Sebelumnya Kepala BKD Dingin Saragih, SIP dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai 11-13 Desember 2017 dan diikuti peserta yang berasal dari Pejabat yang membidangi urusan Kepegawaian seluruh OPD se-Sergai dan diisi oleh paparan dari Narasumber antara lain Bupati dan Wabup Sergai, Sekda, BKN Regional IV, Kadis Kominfo, Kepala BKD, serta Tim Aplikasi E-Kinerja Kabupaten Sergai.

Sedangkan materi yang dibahas pada Bimtek ini meliputi pandangan umum E-Kinerja, Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja (ABK), PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, Sasaran Kinerja Pegawai, e-Government serta Ranperbup Tunjangan Perbaikan Penghasilan ASN di Lingkungan Pemkab Sergai, jelas Dingin Saragih. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:ASNE-kinerjaPNSbimtekPemkab Sergai
loading...
Loading...
Komentar
Selasa, 17 Jul 2018 22:00Berita Sumut

Perbaikan Berkas Pendaftaran Bacaleg 22 sampai 31 Juli

Setelah menyatakan menerima tanda pendaftaran Caleg, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut memberikan, kesempatan masa perbaikan berkas bagi bakal calon Legislatif pada 22- 30 Juli 2018

Selasa, 17 Jul 2018 21:45Berita Sumut

Satu Pelaku Jaringan Narkoba Tewas di Terjang Timah Panas

Satu dari tiga pelaku jaringan narkoba jenis sabu sabu di seputaran Jalan Rakyat Kecamatan Medan Timur, terkapar diterjang peluru Petugas Sat Res Narkoba Polrestabes Medan

Selasa, 17 Jul 2018 21:30Nasional

Lagi, Bakamla Segera Tanam Mangrove di Perbatasan Negeri

Setelah sukses menggelar kegiatan sosialisasi pelayanan publik dan penanaman mangrove di Aceh dan Atambua, kini Badan Keamanan Laut Republik Indonesia

Selasa, 17 Jul 2018 21:15Nasional

Duka “Selimuti” Kontingen Garuda UNIFIL

Berita duka menyelimuti Kontingen Garuda United Nations Interim Forces In Lebanon (UNIFIL) yang sedang melaksanakan tugas misi sebagai pasukan pemelihara perdamaian dunia di Lebanon

Selasa, 17 Jul 2018 21:00Berita Sumut

Pj Gubsu akan Tindaklanjuti Temuan dan Saran Dewan

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA menyampaikan terimakasih kepada seluruh anggota DPRD Sumut atas penyampaian laporan hasil kunjungan kerja (kunker) yang berisi temuan terhadap realisasi pelaksanaan program pembangunan TA 2017

Selasa, 17 Jul 2018 20:50Berita Sumut

Komisi “A” DPRD Asahan Undang Instansi Terkait Soal PT.Varem Sawit Cemerlang.

Komisi “A” DPRD Asahan mengundang instasi terkait serta pihak PTPN IV kebun Pulu Raja terkait persoalan perusahaan pengolahan buah kelapa sawit PT.Varem Sawit Cemerlang yang berada di lingkungan III Aek Loba Pekan ecamatan Aek Kuasan Asahan

Selasa, 17 Jul 2018 20:45Berita Sumut

Wakil Walikota Medan: Kelurahan Laucih Layak Jadi Juara

Perkembangan Kelurahan Laucih ke depan akan lebih maju lagi, karena nantinya di Pasar Induk akan ada pengembangan moda transportasi

Selasa, 17 Jul 2018 20:30Berita Sumut

Cegah Konflik Berkepanjangan, PTPN IV Kebun Pulu Raja Akhirnya Pasang Portal Jalan

Konflik berkepanjangan yang terjadi antara masyarakat di lingkungan VI dan VII kelurahan Aek Loba Pekan Kecamatan Aek Kuasan Asahan dengan manageman PT.Varem Sawit Cemerlang , kini sudah dapat di redam setelah PTPN IV kebun Pulu Raja memasang portal jalan

Selasa, 17 Jul 2018 20:15Berita Sumut

Bupati Karo Pimpin Upacara Pengibaran Bendera dan Parade Senja

Upacara Pengibaran bendera, parade senja dan penurunan bendera Kabupaten Karo Tahun 2018 ini diselengarakan di Lapangan Samura, Kabanjahe pada Selasa pagi (17/7).

Selasa, 17 Jul 2018 20:00Berita Sumut

Kasih Sayang Berawal dari Keluarga

Pemerintah Kota Binjai melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional ke 25 di Lapangan Merdeka Binjai, Selasa (17/07/2018). Pada peringatan ini, Walikota Binjai HM Idaham dalam amanatnya mengi

Selasa, 17 Jul 2018 19:40Berita Sumut

Soal Pembelian Lahan Eks PTPN II, Dirut PT ACR Berutang Rp 105 M

Direktur Utama PT Agung Cemara Reality ( ACR) Mujianto ternyata masih berutang Rp 105 miliar kepada PT Erni Putra Terari( EPP)dalam pembelian lahan eks HGU PTPN II seluas 74 hektar di Pasar IV Desa Helvetia.

Selasa, 17 Jul 2018 19:20Berita Sumut

Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Kasus Penodaan Agama di Tanjungbalai

Majelis hakim Pengadilan Negeri Medan menolak eksepsi atau keberatan Meiliana (44), wanita yang menjadi terdakwa perkara penodaan agama yang memicu kerusuhan bernuansa SARA di Tanjung Balai, dua tahun lalu.

Selasa, 17 Jul 2018 18:45Berita Sumut

Apes, Lagi Bagi Hasil Kejahatan, Jambret Ini Diringkus Polisi

Seorang dari dua pelaku jambret diringkus petugas Tim Pegasus Polsek Medan Helvetia saat sedang membagi hasil kejahatannya dibantaran sungai Jalan Gatot Subroto Medan tepatnya didepan Universitas Panca Budi, Selasa (17/7).

Selasa, 17 Jul 2018 18:30Berita Sumut

Sekdaprovsu Ingatkan Pentingnya PAD Bagi Pembangunan Sumut

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi mengatakan meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD) sangat penting untuk meningkatkan pembangunan di Sumatera Utara (Sumut), yang tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat.

Selasa, 17 Jul 2018 18:15Berita Sumut

Buku Tentang Haji Diharapkan dapat Menambah Pengetahuan Para Calon Jamaah Haj

Wali Kota Medan Drs. H. T Dzulmi Eldin S, MSI berharap Peluncuran Buku tentang haji yang berjudul "Haji dan Peran Jamaah Haji dalam Percepatan Pembangunan" karya Prof Dr Syahrin Harahap dapat menambah pengetahuan dan menjadi pedoman para calon

Selasa, 17 Jul 2018 18:00Berita Sumut

Pj Gubsu Harapkan ASN Dukung Program Pembangunan di Sumut

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA mengharapkan dukungan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama di jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk mensukseskan program pembangunan di Sumatera Utara (Sumut).