• Home
  • Berita Sumut
  • ASN Harus Ikuti Perkembangan Agar Tidak Tergilas Kemajuan Zaman

Bimtek E-Kinerja di Lingkungan Pemkab Sergai Tahun 2017,

ASN Harus Ikuti Perkembangan Agar Tidak Tergilas Kemajuan Zaman

Faeza Senin, 11 Desember 2017 12:15 WIB
mtc/ist
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman tengah mengalungkan bed peserta pada kegiatan Bimtek E-Kinerja di Lingkungan Pemkab Sergai Tahun 2017 bertempat di Aula Theme Park Kecamatan Pantai Cermin, Senin (11/12).
MATATELINGA, Pantai Cermin: Sebagai upaya meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) E-Kinerja di Lingkungan Pemkab Sergai Tahun 2017 bertempat di Aula Theme Park Kecamatan Pantai Cermin, Senin (11/12).     

Bimtek tersebut dibuka oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan dihadiri oleh Perwakilan Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Medan, Kepala BKD Sergai Dingin Saragih, SIP, beserta para peserta Bimtek yang berasal dari Pejabat yang membidangi urusan Kepegawaian seluruh OPD se-Sergai.

Saat membuka Bimtek Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa kata unggul jika tidak diimbangi dengan inovasi, maka tidak akan tercapai tanpa ada SDM yang kreatif dan inovatif.

Namun perlu juga kita cermati, lanjut Bupati bahwa akhir-akhir ini sering terjadi distrubtion artinya gangguan/kekacauan. Hal ini dikarenakan banyak profesi pekerjaan yang akan terancam sekarang atau yang akan datang karena adanya era digitalisasi seperti teknologi aplikasi. Seperti halnya di negara-negara lain aplikasi telah mengakibatkan "terbunuhnya" profesi dan pekerjaan orang-orang yang masih menggunakan cara konvensional seiring teknologi tersebut seperti agen travel, supir angkot dan lainnya yang terancam dengan maraknya taksi online dan aplikasi perjalanan dan tiket. Teknologi itu tidak bisa ditahan, maka kita yang harus ikut perkembangan teknologi tersebut, papar Bupati.

Banyaknya profesi-profesi yang akan hilang tersebut harus disikapi sebagai era perubahan seperti ini. ASN juga harus mengikuti perkembangan tersebut jika tidak ingin tergilas oleh kemajuan zaman teknologi dan aplikasi.

"Hari ini kita mulai dengan penerapan aplikasi E-Kinerja diseluruh OPD di Lingkungan Kabupaten Sergai. Mari kita ikuti perkembangan karena melalui aplikasi ini pendapatan yang diterima ASN diatur oleh standarisasi gaji berdasarkan kinerja yang akan dicapai," katanya.

Menurut Bupati ada beberapa hal yang harus diketahui yang pertama adalah Kebijakan antara lain yang tertuang dalam UU No. 5 Tahun 2008 tentang Hak dan Kewajiban PNS. Jika kita telah menguasai kebijakan, maka kita akan tahu Policy, kemudian akan tahu tugas yang paling dekat dengan kita.

Kedua, adalah Kelembagaan, didalamnya ada Tupoksi, tentu ASN akan tahu tentang berbagai informasi dan yang menjadi penting agar hak dan kewajiban ASN dapat terkontrol dan tidak merugikan orang lain. Dalam hal ini aplikasi E-Kinerja akan dapat menjadi solusi terbaik karena apa yang didapat ASN adalah apa yang sesuai dikerjakan dengan hitungan yang akurasinya telah tersusun secara sistematis.

Didalam E-Kinerja dapat juga diketahui antara lain kebutuhan jabatan, beban kerja, penilaian kinerja pegawai dengan mengukur hasil kerja, serta pemberian reward dan punishment yang adil bagi pegawai.

Sedangkan yang ketiga adalah Kebersamaan, bahwa semua ASN tidak dapat bekerja sendiri-sendiri karena semua adalah satu kesatuan untuk mencapai 21 peraihan dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Sebelumnya Kepala BKD Dingin Saragih, SIP dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai 11-13 Desember 2017 dan diikuti peserta yang berasal dari Pejabat yang membidangi urusan Kepegawaian seluruh OPD se-Sergai dan diisi oleh paparan dari Narasumber antara lain Bupati dan Wabup Sergai, Sekda, BKN Regional IV, Kadis Kominfo, Kepala BKD, serta Tim Aplikasi E-Kinerja Kabupaten Sergai.

Sedangkan materi yang dibahas pada Bimtek ini meliputi pandangan umum E-Kinerja, Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja (ABK), PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, Sasaran Kinerja Pegawai, e-Government serta Ranperbup Tunjangan Perbaikan Penghasilan ASN di Lingkungan Pemkab Sergai, jelas Dingin Saragih. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:ASNE-kinerjaPNSbimtekPemkab Sergai
Komentar
Rabu, 24 Jan 2018 15:45Berita Sumut

Gagal Bertarung Dalam Pilkada 2018, Hailullah Tunjukkan Jiwa Kesatria

Aksi jiwa kesatria diperlihatkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan yang gagal bertarung di Pikada 2018 ini. Ya, nama Hailullah Harahap dan Amas Muda Hasibuan belakangan ini santer diberitakan.

Rabu, 24 Jan 2018 15:15Berita Sumut

Tak Disetujui Keluarga, Plt Bupati Batubara Undur Diri Dari Pencalonan Pilkada

Bakal calon Bupati Batubara RM Harry Nugroho mengundurkan diri dari pencalonan Pilkada 2018. Alasanya, keluarga dari Plt Bupati Batubara itu tidak memperoleh izin dari pihak keluarga.

Rabu, 24 Jan 2018 15:13Ekonomi

Risiko Politik Lebih Bersifat Psikologis

Seminar yang bertajuk "Merket Outlook 2018" yang digelar di Hotel Grand Aston City Hall Jalan Balai Kota Medan, Sabtu (20/01/2018) menghadirkan 3 pembicara dari latar belakang yang berbeda. Pembicara yang menyampaikan materi pada seminar tersebu

Rabu, 24 Jan 2018 14:00Berita Sumut

Jelang Pilkada 2010, Polres Pakpak Bharat Gelar Apel Kesiapan Sarpras

Polres Pakpak Bharat siap melaksanakan pengamanan Pilkada 2018 secara serentak yang dilaksanakan pada bulan Juni mendatang. Kesiapan ini mereka wujudkan melalui Operasi Mantap Praja 2018, salah satunya dengan memeriksa kelayakan semua kendaraan bermotor

Rabu, 24 Jan 2018 13:05Berita Sumut

PKPA Bermitra dengan Amal Tani Gagas Program Kesejahteraan Anak dan Keluarga

Program CSR Sahabat Anak Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) bekerjasama dengan PT. Amal Tani dan Pemerintah Desa Amal Tani, Kecamatan Serapit, Langkat, mulai gagas program bersama untuk meningkatkan kesejahteraan anak dan keluarga di Desa A

Rabu, 24 Jan 2018 11:40Nasional

Panglima TNI : TNI Harus Mampu Merespon Ancaman Kontemporer

Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus bergerak cepat untuk mentransformasi diri menjadi suatu organisasi yang profesional, modern, tangguh, berjiwa satria, militan dan loyal yang disertai kemanunggalan dengan rakyat, sehingga mampu merespon dan menyikapi

Rabu, 24 Jan 2018 11:21Berita Sumut

KPU Sumut Prioritaskan Sosialisasi Pilkada di Lapas dan Rutan

Guna meminimalisir angka golput, KPU Sumatera Utara memprioritaskan sosialisasi Pilkada kepada para narapidana ataupun tahanan yang berada Lapas dan Rutan di Sumatera Utara (Sumut).

Rabu, 24 Jan 2018 11:07Berita Sumut

Berkas Kasus Dugaan Penipuan Mujianto Masih Diteliti Penyidik Kejatisu

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) mengaku sudah menerima berkas perkara milik Mujianto terkait kasus dugaan penipuan dan penggelapan ‎dari penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Sumut, pada Selasa (23/1) sia

Rabu, 24 Jan 2018 10:55Ekonomi

BEI Medan Dorong Pengusaha untuk Go Public

Seminar yang bertajuk "Merket Outlook 2018" yang digelar di Hotel Grand Aston City Hall Jalan Balai Kota Medan, Sabtu (20/01/2018) menghadirkan 3 pembicara dari latar belakang yang berbeda. Pembicara yang menyampaikan materi pada seminar tersebu

Rabu, 24 Jan 2018 10:15Ekonomi

Menpar Undang Investor China ke 10 Destinasi, Termasuk Danau Toba Lho!

Di Danau Toba sudah ada bandara internasional. Nanti di Yogyakarta juga ada. Di Belitung juga sama. Dengan begitu, investasi yang ditanamkan akan bisa berbalik minimal lima kali lipat

Rabu, 24 Jan 2018 09:51Berita Sumut

Pemuda Muhammadiyah Medan Launching Kantin Ilmiah

Piminan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Medan melaunching program Kajian Rutin Ilmiah

Rabu, 24 Jan 2018 09:50Lifestyle

Ini Dia Daftar Nominasi Oscar 2018

MATATELINGA : Daftar nominasi penghargaan Oscar 2018 telah diumumkan. Film "The Shape of Water" yang disutradarai Guillermo del Toro berada di urutan teratas dengan 13 nominasi, termasuk Film Terbaik,

Rabu, 24 Jan 2018 09:06Berita Sumut

Tujuh Jemaah Umroh Jatuh di Eskalator Kualanamu

Saat berada di eskalator menuju lobby keberangkatan, tujuh jemaah umroh mengalami insiden di Bandara Kualanamu

Rabu, 24 Jan 2018 08:42Berita Sumut

Tiga Bulan Rianto Bergaya Dengan Sepeda Motor Curiannya

Selama tiga bulan tersangka Slamet Rianto alias Bombat (25) warga dusun IV desa Benteng Jaya kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara

Selasa, 23 Jan 2018 20:44Berita Sumut

Walikota Terima Kunjungan Kepala Perwakilan BI Sumut

Walikota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, MSi menerima kunjungan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatra Utara, Arief Budi Santoso

Selasa, 23 Jan 2018 20:36Berita Sumut

Walikota Terima Audiensi Dirut KIM

Walikota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, MSi, menerima audiensi Direktur Utama (Dirut) PT. Kawasan Industri Medan