• Home
  • Berita Sumut
  • ASN Harus Ikuti Perkembangan Agar Tidak Tergilas Kemajuan Zaman

Bimtek E-Kinerja di Lingkungan Pemkab Sergai Tahun 2017,

ASN Harus Ikuti Perkembangan Agar Tidak Tergilas Kemajuan Zaman

Faeza Senin, 11 Desember 2017 12:15 WIB
mtc/ist
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman tengah mengalungkan bed peserta pada kegiatan Bimtek E-Kinerja di Lingkungan Pemkab Sergai Tahun 2017 bertempat di Aula Theme Park Kecamatan Pantai Cermin, Senin (11/12).
MATATELINGA, Pantai Cermin: Sebagai upaya meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) E-Kinerja di Lingkungan Pemkab Sergai Tahun 2017 bertempat di Aula Theme Park Kecamatan Pantai Cermin, Senin (11/12).     

Bimtek tersebut dibuka oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan dihadiri oleh Perwakilan Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Medan, Kepala BKD Sergai Dingin Saragih, SIP, beserta para peserta Bimtek yang berasal dari Pejabat yang membidangi urusan Kepegawaian seluruh OPD se-Sergai.

Saat membuka Bimtek Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa kata unggul jika tidak diimbangi dengan inovasi, maka tidak akan tercapai tanpa ada SDM yang kreatif dan inovatif.

Namun perlu juga kita cermati, lanjut Bupati bahwa akhir-akhir ini sering terjadi distrubtion artinya gangguan/kekacauan. Hal ini dikarenakan banyak profesi pekerjaan yang akan terancam sekarang atau yang akan datang karena adanya era digitalisasi seperti teknologi aplikasi. Seperti halnya di negara-negara lain aplikasi telah mengakibatkan "terbunuhnya" profesi dan pekerjaan orang-orang yang masih menggunakan cara konvensional seiring teknologi tersebut seperti agen travel, supir angkot dan lainnya yang terancam dengan maraknya taksi online dan aplikasi perjalanan dan tiket. Teknologi itu tidak bisa ditahan, maka kita yang harus ikut perkembangan teknologi tersebut, papar Bupati.

Banyaknya profesi-profesi yang akan hilang tersebut harus disikapi sebagai era perubahan seperti ini. ASN juga harus mengikuti perkembangan tersebut jika tidak ingin tergilas oleh kemajuan zaman teknologi dan aplikasi.

"Hari ini kita mulai dengan penerapan aplikasi E-Kinerja diseluruh OPD di Lingkungan Kabupaten Sergai. Mari kita ikuti perkembangan karena melalui aplikasi ini pendapatan yang diterima ASN diatur oleh standarisasi gaji berdasarkan kinerja yang akan dicapai," katanya.

Menurut Bupati ada beberapa hal yang harus diketahui yang pertama adalah Kebijakan antara lain yang tertuang dalam UU No. 5 Tahun 2008 tentang Hak dan Kewajiban PNS. Jika kita telah menguasai kebijakan, maka kita akan tahu Policy, kemudian akan tahu tugas yang paling dekat dengan kita.

Kedua, adalah Kelembagaan, didalamnya ada Tupoksi, tentu ASN akan tahu tentang berbagai informasi dan yang menjadi penting agar hak dan kewajiban ASN dapat terkontrol dan tidak merugikan orang lain. Dalam hal ini aplikasi E-Kinerja akan dapat menjadi solusi terbaik karena apa yang didapat ASN adalah apa yang sesuai dikerjakan dengan hitungan yang akurasinya telah tersusun secara sistematis.

Didalam E-Kinerja dapat juga diketahui antara lain kebutuhan jabatan, beban kerja, penilaian kinerja pegawai dengan mengukur hasil kerja, serta pemberian reward dan punishment yang adil bagi pegawai.

Sedangkan yang ketiga adalah Kebersamaan, bahwa semua ASN tidak dapat bekerja sendiri-sendiri karena semua adalah satu kesatuan untuk mencapai 21 peraihan dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Sebelumnya Kepala BKD Dingin Saragih, SIP dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai 11-13 Desember 2017 dan diikuti peserta yang berasal dari Pejabat yang membidangi urusan Kepegawaian seluruh OPD se-Sergai dan diisi oleh paparan dari Narasumber antara lain Bupati dan Wabup Sergai, Sekda, BKN Regional IV, Kadis Kominfo, Kepala BKD, serta Tim Aplikasi E-Kinerja Kabupaten Sergai.

Sedangkan materi yang dibahas pada Bimtek ini meliputi pandangan umum E-Kinerja, Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja (ABK), PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, Sasaran Kinerja Pegawai, e-Government serta Ranperbup Tunjangan Perbaikan Penghasilan ASN di Lingkungan Pemkab Sergai, jelas Dingin Saragih. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:ASNE-kinerjaPNSbimtekPemkab Sergai
Komentar
Jumat, 19 Okt 2018 19:30Berita Sumut

Kecewa Putusan Hakim, Wanita Korban Pencemaran Nama Baik Ini Minta Jaksa Banding

Korban kasus pencemaran nama baik lewat media sosial (Medsos) Facebook (FB) Feby Milenie mengaku kecewa dengan putusan majelis hakim PN Medan yang hanya memberikan hukuman 1 tahun penjara terhadap terdakwa Ahmad Faisal Nasution. Dia mengatakan hukuman itu

Jumat, 19 Okt 2018 19:21Berita Sumut

Para Jaringan Jambret ditangkap Polsek Medan Baru

Tim Pegasus 3C Polsek Medan Baru mengamankan 6 (enam) pelaku spesialis jambret/curas di Wilayah Hukum (Wilkum) Polrestabes Medan

Jumat, 19 Okt 2018 19:16Nasional

Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Posko Kogasgabpad dan Pemakaman Massal di Palu

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. beserta rombongan, meninjau secara langsung Posko Kogasgabpad, tenda pengungsian dan pemakaman massal yang berada di Kota Palu, Sigi dan Don

Jumat, 19 Okt 2018 19:16Nasional

Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Posko Kogasgabpad dan Pemakaman Massal di Palu

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. beserta rombongan, meninjau secara langsung Posko Kogasgabpad, tenda pengungsian dan pemakaman massal yang berada di Kota Palu, Sigi dan Don

Jumat, 19 Okt 2018 18:44Berita Sumut

Hendra DS: Karaoke Grand D'blues Minta Izinnya di Cabut

Pemko Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diminta mencabut izin tempat hiburan malam (THM) yang melanggar jam operasional dan diduga tempat penyalahgunaan narkoba.

Jumat, 19 Okt 2018 18:39Nasional

Dharma Pertiwi Bangun Sumur Solar Sel Untuk Korban Gempa Lombok

Ibu-ibu Dharma Pertiwi dibawah pimpinan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto beserta Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, PIA Ardhya Garini dan IKKT Pragati Wira Anggini telah menggalang dana untuk membangun sumur-sumur solar sel (tenaga surya panel) bagi war

Jumat, 19 Okt 2018 17:50Berita Sumut

Walikota Resmikan JDIH

Walikota Binjai, HM Idaham, melalui Sekretaris Daerah, M Mahfullah P Daulay, meresmikan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH). Peresmian JDIH dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, Camat dan Lurah, bertempat di Aula Balaikota, Jala

Jumat, 19 Okt 2018 17:45Berita Sumut

Parlaungan Simangunsong: Tingkatkan PAD Membangun Medan Lebih Baik

Kondisi pembangunan kota Medan dinilai Ketua Komisi D DPRD Medan Ir Parlaungan Simangunsong kurang maksimal. Seperti penataan parkir, perbaikan jalan, drainase, banjir, penataan reklame dan penataan estetika kota masih butuh penanganan serius.

Jumat, 19 Okt 2018 17:32Berita Sumut

Dua Pelaku Pembongkar Rumah Masuk Sel Polsek Medan Sunggal

Tim pegasus Polsek Medan sunggal mengungkap kasus pembongkaran rumah Perumahan Bougenville blok G no. 22 desa Medan krio kec. Sunggal kab. Deli Serdang dan meringkus dua pelakunya secara terpisah.

Jumat, 19 Okt 2018 16:51Berita Sumut

TPL Tampil Dengan Konsep Menarik dan Ramah Lingkungan

Pagelaran 8th Indonesia Climate Change Education Forum & Expo 2018 di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan (17-19 Oktober 2018), PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) perusahaan bubur kertas terbaik di Sumatera Utara, tampil dengan konsep

Jumat, 19 Okt 2018 16:45Berita Sumut

Ringkus 9 Orang Sindikat Narkoba Malaysia-Sumut, Polisi Sita 40,5 Kg Sabu

Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumatera Utara (Sumut) berhasil mengamankan 41,5 kg narkoba jenis sabu milik sindikat Malaysia, Asahan, Tanjungbalai, Aceh dan Medan.

Jumat, 19 Okt 2018 16:30Berita Sumut

Ada Pencucian Pipa, Distribusi Air Bersih di Sejumlah Kawasan Medan Utara Terganggu

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi melakukan pencucian Reservoir di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Hamparan Perak, pada Jumat (19/10/2018).

Jumat, 19 Okt 2018 16:19Berita Sumut

Kapolrestabes Medan dan Kapolsek Helvetia Makan Nasi Bungkus Bareng Abang Becak

Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto melaksanakan Jum'at Barokah yaitu berbagi nasi dan makan bersama abang becak di Pos Lantas jalan Gatot Subroto Simpang Pondok Kelapa Medan, Jum'at (19/10).

Jumat, 19 Okt 2018 16:00Berita Sumut

Bawaslu Sumut Hentikan Laporan Tentang Abyadi Siregar

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara akhirnya menghentikan laporan tentang Abyadi Siregar.

Jumat, 19 Okt 2018 15:35Berita Sumut

Sosialisasi Penertiban Terminal Liar Dimulai

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Drs Renward Parapat mengaku akan melakukan penertiban dan penataan terminal pool-pool bus liar yang ada di kota Medan. Penertiban diyakini guna mengurangi kemacetan dan memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Jumat, 19 Okt 2018 15:18Berita Sumut

10 Atlet Asian Para Games 2018 Berprestasi Asal Sumut Peroleh Tali Asih Total Rp 2,5 Miliar

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyerahkan penghargaan dan bonus (tali asih) dengan total Rp 2,5 miliar kepada 10 atlet National Paralympic Committee (NPC) asal Sumut yang berprestasi pada Asian Para Games 2018 Jakarta, di Rumah Dinas Guber