ASN Harus Mampu Berinovasi Dalam Melayani Publik

Faeza Senin, 18 Maret 2019 20:07 WIB
mtc/ist
Asisten Umum Renward Parapat saat membuka Work Shop Inovasi Pelayanan Publik Di Lingkungan Pemerintah Kota Medan Tahun 2019 di Le Polonia Hotel Jalan Jenderal Sudirman No 14-18, Senin (18/3).
MATATELINGA, Medan: Inovasi pelayanan publik merupakan terobosan dibidang pelayanan, baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinil dan adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.


Demikian disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Umum Renward Parapat saat membuka Work Shop Inovasi Pelayanan Publik Di Lingkungan Pemerintah Kota Medan Tahun 2019 di Le Polonia Hotel Jalan Jenderal Sudirman No 14-18, Senin (18/3). 

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap/perilaku aparatur pelayanan publik sehingga mampu mengimplementasikan pelayanan publik berorientasi inovasi dalam meningkatkan pelayanan publik.

Lebih lanjut, Asmum menjelaskan bahwa inovasi pelayanan publik sendiri tidak mengharuskan suatu penemuan baru, tetapi dapat merupakan suatu pendekatan baru yang bersifat kontekstual.


"Inovasi tidak terbatas dari tidak ada kemudian menjadi ada, tetapi juga dapat berupa inovasi hasil dari perluasan maupun peningkatan kualitas pada inovasi yang sudah ada," jelas Asmum.

Suatu inovasi tidak harus selalu besar, tambah Renward, semua dapat dimulai dari hal-hal yang kecil E-Disiplin, E-Office, E-Monev dan lain sebagainya, yang terpenting adalah  bagaimana inovasi tersebut dapat memberi manfaat bagi instansi dan masyarakat khususnya dalam rangka peningkatan pelayanan publik di kota ini.

"Inovasi tidak harus dimulai dari yang besar tetapi bisa dimulai dari hal kecil seperti E-Disiplin, E-Office, E-Monev dan yang paling penting bagaimana inovasi itu bisa memberi manfaat bagi instansi dan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan publik di kota ini," tambahnya.

Kemudian Asmum mengatakan, para ASN yang mengikuti pelatihan ini memiliki peranan yang sangat penting  dalam memberikan pelayanan publik serta mampu menjawab tantangan dan mengambil peluang yang ada dengan berinovasi guna meningkatkan pelayanan publik, sehingga nantinya dapat mewujudkan Good Governance.


"Untuk dapat mewujudkan Good Governance, kita harus dapat memiliki peranan penting dalam pelatihan ini agar dapat menjawab tantangan dan mengambil peluang yang ada dengan berinovasi guna meningkatkan pelayanan publik," ujar Asmum.

Renward berharap kepada para ASN yang mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan memanfaatkan ilmu yang diberikan dengan memahami konsep dan kebijakan inovasi pelayanan publik dan dapat mempraktekkannya dengan benar di OPD masing-masing. "Saya mendukung sepenuhnya pelaksanaan sekaligus mengapresiasi workshop yang digelar Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) ini. Saya berharap para peserta dapat mempergunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk menambah ilmu dan memahami konsep serta kebijakan inovasi pelayanan publik, sehingga nantinya dapat di implementasikan kepada OPD masing-masing," ucapnya.

Pembukaan ini ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada 2 orang peserta serta dilanjutkan dengan foto bersama.

Pelatihan ini berlangsung selama 24 (dua puluh empat) hari dalam kurun waktu 3 (tiga)  bulan pada tanggal (18/3) sampai dengan (18/6) dan dihadiri sebanyak 30 orang yang telah diseleksi dan merupakan peserta terbaik pada Pelatihan Revolusi Mental untuk Pelayanan Publik yang dilaksankan pada tanggal (11/3) lalu.

Dalam kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan juga seminar review action plan. Setiap peserta akan mempresentasikan rencana inovasi pelayanan yang akan dilaksanakan di unit kerja masing-masing.(mtc)

Editor: Faeza

T#g:ASN Pemko MedanDzulmi EldinMatatelingaMedanMelayani PaublikSumutTerkini
Komentar
Sabtu, 17 Agu 2019 19:39Berita Sumut

Warga Jalan Karya Pasar IV Marindal -1 Siap Dukung Polri Berantas Narkoba

Masyarakat Jalan Karya Pasar IV Marindal-1 Kecamatan Patumbak Deli Serdang menyatakan siap mendukung Polri.khususnya Polsek Patumbak dalam hal pemberantasan narkoba. Hal itu terbukti ada bebera spanduk yang terpasang dengan tulisan "Warga Jalan Kary

Sabtu, 17 Agu 2019 19:13Berita Sumut

Upacara HUT ke-74 RI di Kota Binjai

Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 berlangsung khidmat dan lancar, ratusan masyarakat terlihat memadati Lapangan Merdeka Binjai untuk menyaksikan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Sabtu (17/8)

Sabtu, 17 Agu 2019 18:45Berita Sumut

Ini Kemeriahan Perayaan HUT RI di POS Medan

Setiap kali memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus selalu ditunggu-tunggu di lingkungan sekolah PrimeOne School Medan, karena akan ada beberapa perlombaan yang digelar untuk memeriahkan

Sabtu, 17 Agu 2019 18:25Internasional

Hadang Demonstran, Militer China Berlatih Menggunakan Garpu Listrik

Militer China terlihat berlatih menggunakan perangkat garpu raksasa yang bertujuan untuk mengendalikan unjuk rasa yang berujung rusuh. Mengutip Mirror, Sabtu (17/8/2019) senjata tersebut diyakini bisa melancarkan listrik dalam upaya untuk meredam segala a

Sabtu, 17 Agu 2019 17:45Lifestyle

Ternyata, Zodiak Ini Merasa Lebih Bahagia saat Jomblo!

Saat usia muda, banyak orang berharap memiliki seorang atau sesosok pasangan. Mereka membutuhkannya karena beragam alasan, bisa karena mereka membutuhkan perhatian dari orang lain alias haus kasih sayang sehingga tak betah jadi jomblo.

Sabtu, 17 Agu 2019 17:38Berita Sumut

Irup HUT Kemerdekaan RI, Manajer Kebun Bukit Lima Apresiasi Pemanen

Dalam rangka pelaksanaan HUT ke 74 Kemerdekaan RI yang mengusung tema SDM Unggul Indonesia Maju, Unit Usaha Kebun Bukit Lima Kecamatan Bosar maligas, Simalungun sabtu (17/08) juga menggelar berbagai kegiatan perlombaan di lapangan bola kaki kebun,

Sabtu, 17 Agu 2019 17:23Berita Sumut

Peserta Upacara HUT Kemerdekaan ke 74 RI di Kabupaten Simalungun Kenakan Pakaian Adat

Pemerintah Kabupaten Simalungun menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia dengan memakai pakaian adat dari daerah asal masing-masing. Upacara dilaksanakan di Lapangan SLTP Negeri 1 Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Si

Sabtu, 17 Agu 2019 17:08Berita Sumut

Ini Rangkaian Peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI di Kabupaten Sergai

Plh. Bupati Sergai H Darma Wijaya memimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT ke-74 RI Tahun 2019 di Lapangan Bola Kaki Desa Firdaus Kec Sei Rampah, Sabtu (17/8). Peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih di Kabupaten Serdang Be

Sabtu, 17 Agu 2019 16:49Berita Sumut

Dolok Panjaitan Sumbang Rp 15 Juta Untuk Olahraga SIlaen

Dolok M Panjaitan menyumbang 15 juta rupiah untuk pembinaan sepakbola Kecamatan Silaen Kabupaten Toba Samosir. Sumbangan ini diberikan untuk membantu para pemain agar lebih bersemangat dalam permainan sepakbola.

Sabtu, 17 Agu 2019 15:44Berita Sumut

Meriahkan HUT RI, PTPN IV Kebun Gunung Bayu Gelar Berbagai Perlombaan

Manajemen PTPN IV Unit Usaha Kebun Gunung Bayu Kecamatan Bosar Maligas, Simalungun bersama PKS menggelar berbagai jenis perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Sabtu,(17/08).

Sabtu, 17 Agu 2019 15:29Berita Sumut

Ini Pasar Terbersih dan Terjorok Versi PD Pasar Medan

Perayaan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar Perusahaan Daerah (PD) Pasar di halaman kantor PD Pasar Lantai 3 Pasar Petisah Medan berlangsung meriah, Sabtu (17/8). Selain melaksanakan upacara bendera, acara juga diisi dengan serangkaian

Sabtu, 17 Agu 2019 15:14Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Upacara Peringati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI

Pemko Medan menggelar upacara penaikan bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Benteng, Medan, Sabtu (17/8). Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bertindak sebagai inspektur upacara, sedang

Sabtu, 17 Agu 2019 14:56Berita Sumut

Irup HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Plt Bupati Asahan Apresiasi Regu Paskibra

Pemerintah Kabupaten Asahan memperingati HUT Kemerdekaan ke 74 RI di alun-alun kota Kisaran, Sabtu 17 Agustus 2019. Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Plt.Bupati Asahan H.Surya sementara pasukan pengibar bendera dipimpin Letda (Inf) S.Manalu yang

Sabtu, 17 Agu 2019 14:40Berita Sumut

Semarak HUT Kemerdekaan ke 74 RI di Kebun Mayang

Seluruh karyawan dan Karpim, PTPN IV Unit Usaha Kebun Mayang, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun memeriahkan HUT Kemerdekaan ke 74 RI dengan menggelar jalan santai, Sabtu (17/8). Selain itu, acara tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai perlo

Sabtu, 17 Agu 2019 14:28Nasional

AJI Jakarta Kecam Kekerasan dan Intimidasi Polisi terhadap Jurnalis

Sejumlah jurnalis mengalami kekerasan dan intimidasi oleh aparat kepolisian saat meliput massa pengunjuk rasa di sekitar Gedung DPR/MPR Jakarta, Jumat (16/8/2019). Sedikitnya enam jurnalis mengalami kekerasan.

Sabtu, 17 Agu 2019 14:16Nasional

Ini Mahar Roger Danuarta Untuk Cut Meyriska

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Medan Selayang, Drs H.Turino yang menjadi tuan kadi pernikahan Roger Danuarta- Cut Ratu Meyriska menyebutkan Roger memberikan mahar pernikahan berupa emas seberat 150 gram kepada sang istri.