• Home
  • Berita Sumut
  • Akhyar : Inovasi Tekhnologi Harus Turut Serta Dalam Menangani Masalah Sampah di Medan

Akhyar : Inovasi Tekhnologi Harus Turut Serta Dalam Menangani Masalah Sampah di Medan

Faeza Kamis, 21 Februari 2019 15:10 WIB
mtc/ist
Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi saat memimpin apel Kesiapan Kerja Bakti dalam rangka memperingati Hari Pengelolaan Sampah Nasional tahun 2019 di Terminal Amplas Jalan Timbang Deli, Kamis (21/2).
MATATELINGA, Medan: Kota Medan sebagai sebuah kota metropolitan menghadapi banyak rintangan dalam persoalan sampah saat ini. Sampah merupakan masalah besar yang dihadapi oleh hampir semua kota besar di dunia, termasuk di Kota Medan.  Selain masalah sampah, masalah banjir dan kemacetan merupakan tiga masalah klasik di Kota Medan sejak dari dulu. Berbagai upaya telah dan akan terus dilakukan pemerintah untuk menangani ketiga masalah ini.


Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi saat memimpin apel Kesiapan Kerja Bakti dalam rangka memperingati Hari Pengelolaan Sampah Nasional tahun 2019 di Terminal Amplas Jalan Timbang Deli, Kamis (21/2/2019).

Selanjutnya Wakil Wali Kota menyampaikan pengelolaan sampah menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi jika ingin menjadi kota ini sebagai sebuah kota yang nyaman dan layak huni. Inovasi teknologi harus turut serta berperan dalam menangani masalah sampah di Kota Medan.

"Inovasi teknologi yang kian berkembang dapat berperan dalam menangani masalah sampah yang terjadi di Kota Medan saat ini, serta kepedulian warga juga harus bisa ditingkatkan untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya," ujarnya.


Seperti yang dijumpai Akhyar beberapa waktu lalu, ada warga yang membuang sampah berupa springbed di parit hal itu sudah keterlaluan karna akan menyebabkan tersumbatnya aliran parit dan akan menyebabkan banjir.

"Beberapa waktu lalu saya menjumpai springbed yang berada di parit , untuk mengangkat sampah tersebut dibutuhkan lebih dari 3 orang karena kewalahan akan beratnya. Kok bisa ada orang yang membuang sampah springbed kedalam parit hal ini sudah sangat keterlaluan, kerena dapat menyebabkan banjir dan akhirnya masyarakat akan menyalahkan Pemko Medan padahal yang membuang sampah masyarakat itu sendiri," tegasnya.

Akhyar menjelaskan bahwa jumlah warga yang peduli terhadap lingkungan saat ini kian bertambah, namun tetap saja jumlahnya tidak sebanding dengan volume harian sampah yang dihasilkan di Kota Medan.

"Kesadaran warga Kota Medan untuk peduli terhadap lingkunagn sampai saat ini masih sangat rendah. Kebiasaan masyarakat untuk membuang sampah sembarangan dan juga membakar sampah, turut memperparah kondisi lingkungan," jelas Akhyar.


Pemko Medan telah menggunakan sistem sanitary landfill dalam pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun Jalan Marelan Raya, Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan. Hanya saja belum dilakukan sepenuhnya, sebab sebagian lagi pengelolaan yang dilakukan masih menggunakan sistem open dumping. Namun yang dinilai Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI justru pengelolaan  yang menggunakan sistem open dumping sehingga nilai yang diperoleh Pemko Medan sangat rendah.

"Penilaian Adipura ada beberapa kriteria, salah satunya menyangkut pengelolaan TPA yang termasuk faktor utama sehingga memiliki bobot nilai 60%. Lantaran kita masih menggunakan sistem open dumping di TPA Terjun, Kota Medan pun mendapat nilai rendah. Jadi bukan kota terkotor seperti yang diberitakan sejumlah media," ucapnya.

Wakil Wali Kota Medan mengatakan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan dari sampah yang dilaksanakan hari ini pastinya tidak akan mampu meyelesaikan masalah di Kota Medan, tetapi paling tidak hal ini  telah menunjukkan komitmen pihak Polrestabes Medan untuk turut serta dalam menjaga kebersihan Kota Medan yang tercinta ini.

"Semakin banyak lembaga maupun individu yang berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini, dapat membuat kota ini semakin bersih dari sampah," kata Wakil Wali Kota.


Diakhir sambutannya Akhyar berharap agar kegiatan kerja bakti dan gotong royong harus kembali digalakkan di lingkungan sekitar kita, sehingga kebersihan lingkungan sekitar bisa dijaga bersama. Dan semua masyarakat sadar akan kebersihan lingkungannya dan merubah tingkah lakunya dengan membuang sampah ditempat yang suharusnya.

"Tidak ada salahnya kita galakkan kegiatan "Jumpa Berlian" alias Jum'at Pagi Bersihkan Lingkungan Anda di lingkungan sekitar kita setiap pekannya. Peran Kepala Lingkungan, Lurah dan Camat sangat signifikan menyukseskan program jumpa berlian ini. Dengan demikian, maka masalah sampah dan masalah lingkungan akan bisa kita benahi bersama secara bertahap," harap Akhyar.

Usai memimpin apel, Wakil Wali Kota Medan selanjutnya mengajak semua yang hadir untuk memungut sampah disekitar Terminal Amplas tersebut.

Turut hadir dalam apel hari ini yakni Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartantio SH, Sik, MSi beserta jajaran, Ketua Bayangkari Kota Medan Fitri Dadang Hartanto beserta pengurus, para pimpinan OPD Kota Medan, Tim Penggerak PKK Kota Medan, Pengurus Persit 0201/BS, Camat, dan Lurah. (mtc)
Editor: faeza

T#g:MatatelingaMedanSumutTerkiniPemko Medanpengelolaan sampah
Komentar
Minggu, 24 Mar 2019 22:39Berita Sumut

Tersangka Pencurian Dibekuk Pihak Kepolisian

Seorang remaja laki - laki berinisial ,,M,, Desa pudun julu kec. Psp Batunadua kota padangsidimpuan harus berurusan

Minggu, 24 Mar 2019 22:24Berita Sumut

Jajaran IAD Kejaksaan RI Aksi Bersih-bersih di Bantaran Sungai Babura

Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan RI di bawah pimpinan Ros Ellyana Prasetyo sebagai Ketua Umum IAD Pusat, terus mengkampanyekan Gerakan Indonesia Bersih, baik di pusat maupun pada sejumlah daerah di Indonesia.

Minggu, 24 Mar 2019 22:00Berita Sumut

Ijeck Ajak UAS Silaturahmi ke Tuan Guru Babussalam X

Musa Rajekshah yang paham bahwa sahabatnya masih bersedih, ia pun membawa Ustadz Somad ke Babussalam untuk bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam X Syekh H. Hasyim Alsyarwani, Minggu (24/3).

Minggu, 24 Mar 2019 21:26Berita Sumut

Ketua Gemabudhi Sumut Minta Semua Elemen Jaga Keamanan dan Kerukunan

Menjelang perayaan Cheng Beng atau dikenal juga dengan sebutan sembahyang kubur merupakan tradisi bagi warga Tionghua dalam menghargai leluhurnya. Puncak peringatan Cheng Beng akan digelar, 5 April nanti, sebelum memasuki hari H puncak Cheng Beng, warga

Minggu, 24 Mar 2019 21:15Berita Sumut

Satu Dari Tiga Pelaku Penganiayaan Diringkus Tim Pegasus

,,RHP,, (34 ) warga jalan Rotan IX Prumnas Simalingkar Kecamatan Pancurbatu Kabupaten Deliserdang

Minggu, 24 Mar 2019 21:00Berita Sumut

Nenek 11 Cucu Terpaksa Nginap di "Hotel Prodeo"

Nenek ,,S,, (58) yang memiliki sebelas cucu warga Jalan SM Raja Kecamatan Medan Kota terpaksa

Minggu, 24 Mar 2019 20:45Berita Sumut

Muspika Namorambe Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Guna mensukseskan pesta demokrasi diwilayahnya, Muspika Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Minggu, 24 Mar 2019 20:29Berita Sumut

Nicko Perdana Putra Akan Atasi Banjir di Tebingtinggi Apabila Diberi Amanah Menjadi Wakil Rakyat

Nicko Perdana Putra Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Golkar Kota Tebingtinggi dengan nomor urut 5

Minggu, 24 Mar 2019 19:30Nasional

Pangdam I/BB "Berangkat tugas operasi adalah Tugas Mulia Bagi seorang Prajurit"

Panglima kodam I Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI M.Sabrar Fadhilah beserta rombongan dari Kodam I/BB

Minggu, 24 Mar 2019 19:15Lifestyle

WOW! Batuk dan Pilek Berkepanjangan Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya

Banyak masyarakat Indonesia yang mengalami gangguan pendengaran atau biasa disebut tuli

Minggu, 24 Mar 2019 19:15Nasional

GMNI: Hoax Hingga Terorisme adalah Politik kotor

Dalam menyikapi dinamika kehidupan bangsa saat ini, organisasi mahasiswa, termasuk Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)

Minggu, 24 Mar 2019 19:00Bola

Pascal Plancque: Van Dijk adalah Monster di Dunia Sepak Bola

Ketangguhan bek Liverpool, Virgil van Dijk, di dunia sepakbola tentu sudah tak perlu diragukan lagi.

Minggu, 24 Mar 2019 18:45Bola

Chelsea Rekrut Christian Pulisic, Legenda Amerika Serikat

Salah satu pemain legendaris Timnas Amerika Serikat, Brian McBride

Minggu, 24 Mar 2019 18:30Internasional

Bermotif Etnis, Sedikitnya 134 Tewas dalam Penyerangan

Sedikitnya 134 orang terbunuh dalam sebuah serangan di sebuah desa di selatan Mali yang tampaknya didorong motif etnis.

Minggu, 24 Mar 2019 18:15Internasional

Lebih Dari 1000 Penumpang Kapal Pesiar Dievakuasi

Tim penyelamat bekerja keras untuk mengevakuasi 1.300 orang dari sebuah kapal pesiar yang terdampar di pantai barat Norwegia.

Minggu, 24 Mar 2019 18:11Berita Sumut

Slank Hipnotis Milenial Medan di Acara Anti Narkoba Polda Sumut

Selamat siang milenial, sapa kaka yang mempunyai nama asli Akhadi Wira Satriaji vokalis grub band Slank. Setelah beberapa lagu dimainkan, Kaka pun meminta Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto untuk naik keatas panggung dan bernyanyi bersama.