• Home
  • Berita Sumut
  • Akhyar Harap Tokoh Agama dan Masyarakat di Medan Jadi Agen Perubahan

Akhyar Harap Tokoh Agama dan Masyarakat di Medan Jadi Agen Perubahan

Faeza Rabu, 11 September 2019 15:42 WIB
mtc/ist
Ratusan tokoh agama dan masyarakat perwakilan dari seluruh kecamatan di Kota Medan mengikuti Workshop Gerakan Nasional Revolusi Mental di Hotel Madani Medan, Rabu (11/9). Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wali Kota Ir H Akhyar Nasuti
MATATELINGA, Medan: Ratusan tokoh agama dan masyarakat perwakilan dari seluruh kecamatan di Kota Medan mengikuti Workshop Gerakan Nasional Revolusi Mental di Hotel Madani Medan, Rabu (11/9).  Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi  yang membuka workshop tersebut, berharap agar kegiatan ini dapat membuka cakrawala berfikir dalam mewujudkan revolusi mental yang nantinya berdampak dengan pemahaman masyarakat mengenai wawasan kebangsaan yang selama ini mulai memudar.




Itu sebabnya ungkap Wakil Wali Kota, sudah waktunya untuk meluruskan kembali cara berpikir bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dilandasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI).

Selain itu tambah mantan anggota DPRD Medan itu, perlu juga dilakukan upaya menanamkan  dan menumbuhkembangkan serta memelihara wawasan kebangsaan masyarakat melalui sentra-sentra pendidikan seperti sentra keluarga, masyarakat dan sekolah atau yang disebut Trin Sentra Pendidikan .

"Untuk itulah melalui kegiatan yang dilakukan pagi ini, saya berharap dapat menjadi pencerah bagi kita semua tentang pentingnya arti persatuan dalam membangun negara dan wawasan kebangsaan" kata Wakil Wali Kota.

Di samping itu Wakil Wali Kota juga berharap agar  tokoh agama dan tokoh masyarakat yang mengikuti workshop dapat menjadi agen perubahan  di lingkungan sekitarnya. "Marilah kita bersama-sama menebar virus revolusi mental dan wawasan kebangsaan di lingkungan tempat tinggal kita masing-masing," harapnya.




Di pembukaan workshop yang dihadiri Kombes Pol Dadang Hartanto SH SIK MSi, Kol Toneslan Siburian dari Kemenpansu, Wakil Ketua To PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Lubis, Kabag Agama Setdako Medan Adlan, Wakil Wali Kota selanjutnya mengajak seluruh yang hadir untuk kembali menggeliatkan rasa kegotongroyongan dalam kehidupan sehari.

Rasa kegotongroyongan saat ini, papar Wakil Wali Kota,  juga mulai memudar di tengah masyarakat. Padahal semangat kegotongroyongan itu dinilainya sangat penting dalam upaya menumbuhkan rasa persatuan dan kebersamaan.  

"Memudarnya semangat kegotongroyongan ini menjadi salah satu pemicu meningkatnya street crime (kejahatan jalanan) di Kota Medan. Sebagai contoh aksi begal yang terjadi di jalan, pelakunya bisa leluasa bertindak akibat minimnya warga yang membantu korban saat peristiwa itu terjadi di depannya. Warga hanya menyaksikan tanpa upaya membantu sehingga pelaku bebas melakukan aksinya. Ketidakpedulian itulah yang memicu aksi begal meningkat dan terus berulang. Jadi melalui kegiatan ini, mari kita tingkatkan kembali rasa kegotongroyongan tersebut," pesannya.

Selain rasa kegotongroyongan, Wakil Wali Kota juga  mengajak semua untuk mendukung kebersihan di wilayah tempat tinggalnya masing-masing dengan tidak membuang sampah sembarangan. Di samping itu juga dapat menyediakan wadah yang sederhana untuk tempat sampah sehingga sampah tidak berserakan dan mudah diangkat.




"Dengan tumbuhnya rasa kepedulian kita akan kebersihan, insya Allah keinginan menjadikan Kota Medan bersih sampah dapat terwujud. Sebab, menjaga kebersihan bukan tanggung jawab pemerintah sementara melainkan tanggung jawab kita bersama. Mari mulai saat ini kita tanamkan rasa kepedulian akan kebersihan dalam diri masing-masing. Ingat, menciptakan kebersihan harus  dimulai dari diri kita sendiri," pesannya.

Sebelumnya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Medan Sulaiman Harahap menjelaskan, maksud dan tujuan digelarnya workshop guna  mengubah cara pandang, pikiran, sikap dan perilaku setiap orang untuk borientasi pada kemajuan dan kemoderan sehingga Indonesia menjadi bangsa yang besar. "Di samping itu juga untuk memberikan gambaran umum Gerakan Nasional Revolusi Mental dengan 3 nilai dasar yang terkandung dalam revolusi mental," jelas Sulaiman.

Selanjutnya sebagai nara sumber workshop yang mengusung tema, "Dengan Semangat Revolusi Mental Kita Bangun Jiwa Gotong Royong dan Toleransi Era Milenial Menuju Indonesia Unggul", jelas Sulaiman, pihaknya mendatangkan Kapolrestabes Medan, Kanwil Menkumham Sumut, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Medan serta Bakesbangpol Medan.(mtc)
Editor: Faeza

T#g:Akhyar Harap Tokoh Agama dan Masyarakat di Medan Jadi Agen PerubahanblibligoogleMatatelingamatatelinga.commatatelinga comTerkiniTravelokaMedanPemko Medan
Komentar
Jumat, 28 Feb 2020 20:00Berita Sumut

Petani Desa Kacaribu Diamankan Sat Narkoba Polres Tanah Karo

Satuan Reserse Narkoba Polres Tanah Karo mengamankan seorang pria berinisial MJSS alias S (36) warga Desa Kacaribu, Kec. Kaban Jahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (27/2/2020) sekitar pukul 17.30 wib dari salah satu lokasi di Desa Kacaribu.

Jumat, 28 Feb 2020 19:51Berita Sumut

Sidang Prapid Fenny Laurus Chen Baru Digelar, Haim Sebut Pemohon Kalah 2-0

Sidang permohonan Praperadilan (Prapid) Fenny Laurus Chen terhadap Kapolsek Percut Seituan Cq Kapolresta Medan Cq Kapolda Sumut digelar di ruang Cakra 7 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jumat (28/2). Dalam sidang dipimpin hakim tunggal Abdul Kadir itu berag

Jumat, 28 Feb 2020 19:18Berita Sumut

Ini Sikap Pangdam I/BB dan Kapoldasu Soal Insiden di Mapolsek Pahae Jae

Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjen Sabrar Fadhilah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani bertemu membahas tindak anarkistis yang terjadi di Kantor Polsek Pahae Jae Tapanuli Utara (Taput), Sumut, kemarin. Dalam peristiwa ini, sejumlah polisi terluka dan

Jumat, 28 Feb 2020 17:50Berita Sumut

Tabrakan Septor Sesama Pelajar, Satu Meninggal Dunia Dua Luka Ringan

Kecelakaan lalu lintas yang merenggut korban jiwa kembali terjadi. Kali ini melibatkan pelajar dan terjadi di Jalan Umum KM 7-8 Jurusan arah Simpang Parbeokan-Batu Lotung Huta VII Nabolak baru Nagori Buntu Turunan Kecamatan Hatonduhan, Kab.Simalungun, Kam

Jumat, 28 Feb 2020 17:35Berita Sumut

Septor Tanpa TNKB Tabrak Truk Colt Diesel, Dua Orang Luka Ringan

Sebuah sepeda motor (septor) mengalami kecelakaan lalu lintas dengan sebuah Mobil Mitsubhisi Colt Diesel di Jalan Umum Huta Gunung Nagori Tangga Batu Kecamatan Hatonduhan, Kab.Simalungun. Kamis (27/02/2020) sekira pukul 10.30 wib.

Jumat, 28 Feb 2020 17:20Berita Sumut

Akhyar Resmikan Masjid Baru Al Muttaqin Sidomulyo

Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi memotong pita dan nasi tumpeng tanda diresmikannya Masjid Al Muttaqin di Jalan Bunga Turi I, Kelurahan Sidomulyo, Medan Tuntungan, Jumat (28/2).

Jumat, 28 Feb 2020 17:04Berita Sumut

Pangdam Pimpin Rapim Kodam I/BB TA 2020

Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah memimpin sekaligus membuka secara resmi Rapat Pimpinan Kodam I/BB yang digelar di Balai Prajurit Makodam I/BB, Jln Gatot Soebroto Km 7,5 Medan, Jumat (28/2/2020).

Jumat, 28 Feb 2020 16:49Berita Sumut

Pemko Binjai dan Tokopedia Segera Jalin Kerjasama

Mewakili wali kota Binjai, Sekdako Binjai, M. Mahfullah P Daulay SSTP, M.Ap menerima audiensi Senior Publik Policy and Government Relation Tokopedia Arliska Fatma Rosi di ruangan Binjai Command Center (BCC), Jum'at (28/02/2020).

Jumat, 28 Feb 2020 16:30Berita Sumut

Jelang Liga 2, Stadion Teladan Dibenahi

Jumat, 28 Feb 2020 16:00Berita Sumut

Polsek Medan Baru Hadiahkan Pencuri Handphone dengan Timah Panas

Seorang pelaku pencurian dihadiahi timah panas oleh personil Polsek Medan Baru. Pelaku berinisial SH alias Putra (27) terekam kamera CCTV saat mencuri handphone di kediaman Suwadi,(49) warga Jalan Sekip GG. Agus Salim Medan Petisah pada Minggu (23/2) lalu

Jumat, 28 Feb 2020 15:30Berita Sumut

SSB Katabima Cetak Pesepakbola Handal

Perkembangan sepakbola di Sumatera Utara, khususnya kabupaten Deli Serdang telah memberikan kontribusi bagi timnas, misalnya Egy Maulana dan David Maulana. Tidak hanya itu saja, dari Sekolah Sepakbola (SSB) Katabima juga telah melahirkan pemain timnas U-1

Jumat, 28 Feb 2020 15:15Berita Sumut

TNI dan Polri di Medan Akrab Berbagi Berkah dan Salat Jumat Bersama

Polsek Medan Timur bersama Koramil 02 Medan Timur melaksanakan Jumat Barokah dan Salat Jumat bersama di Masjid Al Hidayah, Jalan Jawa, Jumat (28/2).

Jumat, 28 Feb 2020 14:55Berita Sumut

Diduga Korsleting Listrik, Rumah Nek Silalahi Nyaris Ludes Diamuk Jago Merah

Rumah milik R.Silalahi (70) yang terletak di Jalan Asahan KM IV Gang Purba Uli Nagori Dolok Marlawan Kecamatan Siantar, Kab.Simalungun nyaris ludes diamuk si jago merah, Jumat (28/02/2020) sekira pukul 10.30 wib.

Jumat, 28 Feb 2020 14:30Berita Sumut

Bupati Terima Audiensi Pengurus JPKP Asahan

Dalam rangka menjalin hubungan kelembagaan dengan pemerintah setempat, Organisasi Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kabupaten Asahan beraudiensi ke Kantor Bupati Asahan, Jum’at (28/02/2020). Mereka diterima langsung oleh Bupati Asa

Jumat, 28 Feb 2020 14:00Berita Sumut

Pria Pengangguran Ini Jadi Jurtul KIM, Akhirnya Diciduk Polisi

DAA (25) warga Dusun 1, Desa Pasar Baru, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) harus menginap dibalik Jeruji Besi Mapolres Serdang Bedagai, Kamis (27/02/2020) sekira pukul 21.00 wib

Jumat, 28 Feb 2020 13:45Berita Sumut

Polisi Usut Kasus Pelemparan Molotov Mobil Wartawan di Medan

Polsek Patumbak mengusut kasus pelemparan molotov di rumah oknum wartawan. Penyelidikan ini berdasarkan laporan korban yang bernama Deno Barus atas laporan polisi, STPL-134/II/2020/SU/Polrestabes Medan/ Sek Patumbak.