HUT ke 8 Matatelinga.com - Hanura

Menkominfo dan Wagub Hadiri Rakernas APJII 2019,

Akses Internet Diharapkan Jangkau Seluruh Daerah di Sumut

faeza Rabu, 26 Juni 2019 18:15 WIB
Mtc/ist
Menkominfo RI Rudiantara dan Wagub Sumut Musa Rajekshah menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Tahun 2019 di Hotel Santika Premiere Dyandra, Medan, Rabu (26/6).
MATATELINGA, Medan: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Tahun 2019 di Hotel Santika Premiere Dyandra, Medan, Rabu (26/6).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gendang oleh Menkominfo Rudiantara didampingi Wagub Sumut Musa Rajekshah, Deputi II Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Agung Nugraha, Ketua APJII Jamalul Izza dan Ketua Panitia Rakernas Bambang Heru.

Pada kesempatan itu, Wagub Musa Rajekshah menyampaikan, masih ada sejumlah daerah di Sumut yang sulit mendapatkan akses internet, seperti Kepulauan Nias. Karena itu, melalui Rakernas APJII tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan jangkauan akses internet hingga ke seluruh daerah di Sumut.

Apalagi, kata Wagub, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sedang berupaya mewujudkan Sumut menjadi Smart Province, yang semuanya dilakukan secara elektronik. "Sehingga data-data, informasi dan segala sesuatunya bisa terjangkau hingga tingkat desa," ujar Musa Rajekshah.

Karena itu, Musa Rajekshah juga berharap, melalui Rakernas APJII tersebut terjalin kerja sama Pemprov Sumut dengan APJII dan Kemenkominfo, agar akses dan jaringan internet terus ditingkatkan hingga sampai ke seluruh daerah yang ada di Sumut.

Internet memang memiliki dua sisi, yaitu sisi positif dan negatif, untuk itu Wagub juga berharap, agar nantinya ada regulasi dalam penggunaan internet, sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat. "Ke depan diharapkan akan ada aturan-aturan dalam penggunaan internet. Sehingga lebih didapatkan manfaatnya untuk perbaikan dan pembangunan masyarakat," sebut Wagub.

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara mengingatkan, seluruh masyarakat untuk tidak memantik dan menciptakan hoaks atau berita bohong menjelang pengumuman putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan Pilpres 2019. "Kedamaian harus terus dijaga. Apalagi kubu pasangan 01 dan 02 sudah sepakat menerima putusan MK," ujarnya.

Walaupun jika nantinya ada pembatasan internet saat pengumuman keputusan MK, menurutnya, hal itu dilakukan untuk menjaga kedamaian Indonesia. "Perlu dukungan semua masyarakat agar situasi tetap kondusif," katanya.

Rudiantara juga berharap Pemerintah dan APJII bisa membantu dan mendorong perubahan pola pikir dan penggunaan internet masyarakat ke arah yang lebih baik atau positif. Langkah itu, harus dilakukan mengingat misi pemerintah untuk menyatukan Indonesia lewat internet sudah dilakukan. "Pencanangan 'Indonesia Merdeka Internet' memerlukan dukungan kuat dari semua, termasuk masyarakat," katanya.(mtc)

Editor: faeza

T#g:Menkominfoi Rakernas APJII 2019PemprovsuWagubsu ijeck
Komentar
Kamis, 17 Okt 2019 08:45Ekonomi

Imbas Meningkatnya Ketidakpastian Perang Dagang Wall Street Melemah

Dikarenakan lemahnya data ekonomi AS dan ketegangan geopolitik membuat investor menjauhi pasar ekuitas

Kamis, 17 Okt 2019 08:30Nasional

Hari ini UU KPK Baru Resmi Berlaku, Bagaimana Nasib OTT?

KPK khawatir tak bisa lagi gencar operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pelaku korupsi karena kewenangannya dibatasi dalam undang-undang tersebut

Kamis, 17 Okt 2019 08:15Bola

Saya Sudah Tak Menyimpan Dendam

Sekian lama akhirnya Maxi Lopez membuka suara soal perasaannya kepada Mauro Icardi

Kamis, 17 Okt 2019 08:00Bola

Man City Bakal Berhadapan dengan Crystal Palace Liga Inggris Pekan Kesembilan

Pemain bintang Manchester City, Sergio Aguero, mengalami kecelakaan saat tengah dalam perjalanan ke tempat latihan. Beruntung, penyerang asal Argentina itu tak mengalami luka akibat insiden tersebut.

Kamis, 17 Okt 2019 07:15Nasional

Mau Tahu, Ini Pasal-pasal yang Mulai Aktif, UU KPK Baru Berlaku

Dengan berlakunya UU KPK yang baru,Sejumlah perubahan lembaga yang bermarkas di Kuningan, Jakarta Selatan ini akan terjadi. Undang-Undang KPK yang baru akan berlaku mulai Kamis (17/10/2019).

Kamis, 17 Okt 2019 07:00Berita Sumut

Wujudkan Kondusifitas Wilayah, Personel Kodim 0201/BS bersama Polrestabes Gelar Patroli

Guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga kota Medan sekitarnya, personel Kodim 0201/BS bersama personel Polrestabes Medan melaksanakan patroli gabungan, Rabu (16/10/2019).

Kamis, 17 Okt 2019 06:45Nasional

Bakamla RI Libatkan Kementerian/Lembaga Bahas Blueprint Kebijakan Pengamanan Laut Indonesia

Bakamla RI menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) kedua guna membahas blue print kebijakan pengamanan laut Indonesia yang melibatkan kementerian/lembaga di Aula Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta

Kamis, 17 Okt 2019 06:30Nasional

Tiga Pesawat TNI Berhasil Lakukan Modifikasi Cuaca di Sumatera dan Riau

Tiga pesawat TNI berhasil melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di wilayah Sumatera dan Riau dengan melakukan penyemaian garam untuk membuat hujan buatan

Kamis, 17 Okt 2019 06:15Ekonomi

Lestarikan Ulos Lewat Nilai Seni dan Budaya

Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan RI telah menetapkan ulos sebagai warisan budaya tak benda sejak 17 Oktober 2014. Warga Sumatera Utara secara khusus menyambut dan mengapresiasi hal tersebut, yang ditandai dengan pelaksanaan berbagai kegiatan dalam pe

Kamis, 17 Okt 2019 06:00Berita Sumut

Baru Terkumpul Rp.12 Ribu Jualan Kim, Agus Digelandang Polisi

Baru Terkumpul sebanyak Rp.12 ribu rupiah hasil penjualan judi Kim Liong , tersangka AM alias Agus ,39, warga jalan Mawar nomor 47 kelurahan Sibolga Ilir kecamatan Sibolga Utara kota Sibolga, terpaksa diamankan opsnal Sat.Reskrim Polres Sibolga

Rabu, 16 Okt 2019 23:30Lifestyle

Kerap Lupa saat Interview Pekerjaan Baru, ini 5 Hal yang Haram Dikatakan

Menegangkan dan bikin gugup memang kerap terjadi dalam tahapan interview pekerjaan baru

Rabu, 16 Okt 2019 23:15Ekonomi

Imbas RUU Demokrasi Hong Kong Wall Street Terkapar

Dipicu sentimen Rancangan Undang-Undang (RUU Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong (Hong Kong Human Rights and Democracy Act)

Rabu, 16 Okt 2019 23:00Lifestyle

Eksepsi Ditolak, Pernyataan Kriss Hatta Mengagetkan

Dalam sidang lanjutan yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Rabu, 16 Okt 2019 22:45Lifestyle

WOW! Di dalam Telinga Wanita ini Ditemukan Kecoak Hidup

Sebuah rekaman video yang memperlihatkan seorang dokter asal Vietnam yang sukses mengejutkan netizen belum lama ini viral

Rabu, 16 Okt 2019 21:08Berita Sumut

Kodrat Shah : KPK Harus Ungkap Uang Itu Kemana Saja

Belakangan aksi Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada kepala daerah terus terjadi. Rabu (16/10/2019) pagi, giliran Walikota Medan Drs HT Dzlumi Eldin yang terciduk KPK untuk kasus OTT

Rabu, 16 Okt 2019 20:53Berita Sumut

BKOW Curhat ke DPRD Medan Soal Asset Lahan Kartini

Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumatera Utara berdelegasi ke DPRD Medan dengan diterima Fraksi PAN DPRD Medan, diruang Fraksi gedung DPRD Medan