• Home
  • Berita Sumut
  • Aksi Save lumba-lumba Sirkus Lumba-lumba Bentuk Sebuah Penyiksaan

Aksi Save lumba-lumba Sirkus Lumba-lumba Bentuk Sebuah Penyiksaan

Mtc Minggu, 16 Juni 2019 20:15 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan:  Maraknya pertunjukan sirkus dengan menggunakan hewan sebagai hiburan masyarakat, terlebih pada hewan lumba-lumba. Hal tersebut tentu akan menyebabkan perburuan terhadap hewan mamalia itu berlanjut, sehingga dapat mengancam keberadaan Hewan lucu itu.



Anita selaku Koordinator Umum Stop Sirkus Lumba-lumba mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh segelintir pengusaha guna meraup keuntungan dengan menjadikan lumba-lumba sebagai tontonan adalah tindakan yang salah.

"Kami meminta agar masyarakat faham akan keselamatan hewan yang terkenal dengan kecerdasan, senang bersosialisasi serta cerdas ini dapat dihentikan," ujarnya, saat menggelar aksi di seputaran Lapangan Merdeka Medan, Minggu (16/6/2019).



Wanita yang aktif di Jakarta Animal Aid Network (JAAN) ini mengatakan, tujuan kegiatan tersebut guna menyadarkan masyarakat bahwa kegiatan berkedok edukasi yang di selenggarakan oleh pihak sirkus adalah sebuah penyiksaan terhadap hewan tersebut.

"Jadi untuk menyadarkan masyarakat aja, bahwa di dalam lumba-lumba ini ada hal hal yang kita tidak ketahui dibelakangnya, contohnya mereka itu diambilnya ditengah-tengah keluarganya, dibawa oleh pesawat dengan diolesi mentega serta tidak berada di dalam air asin, melainkan air yang dicampur dengan garam dan klorin," ujarnya.



Tak hanya itu, ia juga mengatakan kegiatan itu juga memiliki tujuan mengembalikan fungsi atraksi sirkus tersebut apakah memberikan edukasi terhadap masyarakat. "Apakah ini sebagai entertain dan sebagai bisnis kepada pelaku bisnis sirkus lumba," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia mengatakan, hal tersebut tentunya dapat melanggar hak-hak mereka sebagai mamalia yang juga memiliki bayi serta mengandung selama 12 bulan serta menyusui bayi mereka selama 2 tahun.

"Mereka itu mempunyai hak yang sama, kita ada hak asasi manusia, dan mereka hak asasi sebagai hewan, dan sebagai makhluk hidup, jadi kalau mereka bekerja dengan dipaksa yang tidak seharusnya mereka lakukan itu," terangnya.



Sementara itu, ia juga mempertanyakan undang-undang terhadap hewan yang dilindungi tersebut sehingga dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan yang bisa di pertontonkan oleh masyarakat luas.

"Undang-undang sudah ada, tapi ijin nya juga ada, tapi kita semua sudah tau, satwa liar ya hidupnya di alam liar," terangnya.

Ia berharap agar pemerintah dapat bertindak tegas dan menjalankan sesuai undang-undang yang berlaku, sehingga populasi hewan tersebut akan hidup bertahan lebih lama.

"Kita minta ketegasan pemerintah sih, harusnya lumba-lumba bisa hidup di alam laut hingga 40 tahun, tapi ini maksimal hanya 5 tahun," ungkapnya.
Editor: Amrizal

T#g:Aksi Save lumba-lumbaBentuk Sebuah PenyiksaanMatatelingamatatelinga.commatatelinga comSirkus Lumba-lumbaTerkini
Komentar
Jumat, 15 Nov 2019 07:51Berita Sumut

Pelindo I Tanda Tangani Optimalisasi Pelabuhan Tanjung Kuala Tanjung

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersama Port of Rotterdam Authority dan Zhejiang Provincial Seaport Investment & Operation Group Co, Ltd. menandatangani Head of Agreement (HoA) untuk optimalisasi pengembangan Pelabuhan Hub Internasi

Jumat, 15 Nov 2019 07:22Berita Sumut

Bupati Sergai Resmikan Kampung Budaya Jawa di Sei Rampah

Bupati Sergai meresmikan Kampung Ibus Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah

Jumat, 15 Nov 2019 07:00Ekonomi

Mentri BUMN: Kepastian Mantan Guber DKI Pimpin BUMN, Tunggu Saja Bulan Desember

Kepastian posisi mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) di pucuk pimpinan BUMN akan terjawab awal Desember, hal tersebut dikatakan Menteri BUMN Erick Thohir.

Jumat, 15 Nov 2019 06:45Ekonomi

Surplus Transaksi modal dan Finansial (TMF) pada Triwulan II 2019 Mencapai US$ 7,1 Miliar

Neraca pembayaran Indonesia (NPI) di kuartal kedua tercatat defisit US$ 2,0 miliar. Tapi untuk seluruh semester pertama, NPI masih surplus US$ 400 juta. Perkembangan ini ditopang surplus neraca transaksi modal dan finansial, serta defisit neraca transaksi

Jumat, 15 Nov 2019 06:30Bola

Moldova Sempat Buat Kewalahan Timnas Prancis

Laga lanjutan Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020 pada Jumat (15/11/2019) dini hari WIB,Tim Nasional (Timnas) Prancis sukses mengalahkan Moldova

Jumat, 15 Nov 2019 06:15Nasional

Maluku Utara di Guncang Gempa

Gempa terjadi sekira Pukul 23.17 WIB, Kamis (14/11/2019) di 137 Km Barat Laut Jailolo, Malut dengan kedalaman 73 Km.

Jumat, 15 Nov 2019 06:00

Kenapa Willian Menggap Pesepakbola Terbaik Ronaldinho, Bukan Mesi dan Ronaldo...?

Dua pesepakbola yang diakui bahwa Lionel Messi dan Cristiano Ronaldose terbaik dalam sejarah. Akan tetapi, bagi winger Chelsea, Willian Borges, pesepakbola terbaik sepanjang masa adalah Ronaldinho.

Kamis, 14 Nov 2019 21:30Nasional

Kemendagri Sukses Selenggarakan Rakornas Terbesar Bertajuk Indonesia Maju

Kementerian Dalam Negeri sukses menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda. Rakornas tersebut bahkan disebut-sebut sebagai Rakornas terbesar dan terpenting yang pernah dialami Presiden Joko Widodo

Kamis, 14 Nov 2019 21:15Nasional

DIPA Pemprov Sumut Tahun 2020 Sebesar Rp7,9 T

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima dokumen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2020, bersama beberapa kepala daerah lainnya langsung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi),

Kamis, 14 Nov 2019 21:00Nasional

Panglima TNI Terima Audiensi Ketua KPU

Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos. dan Waka Babinkum TNI Brigjen TNI Dr. Wahyu Wibowo, S.H., M.H., me

Kamis, 14 Nov 2019 20:45Berita Sumut

Polres Tanjungbalai Perketat Penjagaan Pasca Bom Bunuh Diri di Medan

Polres Tanjungbalai memperketat penjagaan pasca insiden bom bunuh diri yang terjadi di Polrestabes Medan

Kamis, 14 Nov 2019 20:30Berita Sumut

Edarkan Narkoba Jenis Sabu, Mersakan Dinginnya Terali Besi

Pengedar narkoba diwilayah hukum Polsek Patumbak, harus merasakan dinginnya terali besi. Pasalnya, saat beraksi, diketahui oleh Tim Penanganan Gangguan Khusus (Pegasus) Polsek Patumbak, hingga diringkus.

Kamis, 14 Nov 2019 20:15Berita Sumut

Pelajar SMA Jiwanya Tak Terselamatkan Perjalanan ke Rumah sakit

Seorantg pelajar SMA, warga Jalan Jalan Baut Lingkungan ll Kelurahan Tanah 600 Kecamatan Medan Marelan Kota Medan,jiwanya tak dapat tertolong dalam perjalanan ke Rumah Sakit

Kamis, 14 Nov 2019 20:07Berita Sumut

Dikabarkan, , Sudah 12 Orang Diamankan, Terkait Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan

Beredar dilapangan terkait dengan aksi bom bunuh diri di Mako Polrestabes Medan

Kamis, 14 Nov 2019 20:00Berita Sumut

Ajib Shah : Perlu Percepatan Pembangunan Sumut Bermartabat

Saat ini infrastruktur di Sumatera Utara masih kurang maksimal. Makanya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara perlu melakukan percepatan pembangunan demi Sumut yang lebih baik dan bermartabat, Ucap Politisi Golkar H Ajib Shah kepada Wartawan

Kamis, 14 Nov 2019 19:45Berita Sumut

Wakil Ketua DPRD Medan: Dinas PU Medan Diharapkan Perbaiki Drainase Sei Agul

Antonius Devolis Tumanggor selaku Wakil Ketua Fraksi Nasdem DPRD Medan, minta Pemko melalui Dinas PU Kota Medan prioritaskan perbaikan drainase di Jalan Danau Singkarak Gang Saudara Kelurahan Sei Agul Kec Medan Barat. Pasalnya, setiap turun hujan, rumah