MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Berita Sumut
  • Aktivis Anak Desak Pemko Medan Tingkatkan Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak

Aktivis Anak Desak Pemko Medan Tingkatkan Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak

Mtc/James Selasa, 16 Januari 2018 11:45 WIB
Istimewa
Puluhan aktivis dari lembaga perlindungan anak yang tergabung dalam Jaringan Perlindungan Anak (JPA) Sumatera Utara mendesak agar Pemerintah Kota Medan segera melakukan berbagai langkah sistematik agar pemenuhan hak-hak dan perlindungan anak di Kota Meda
MATATELINGA, Medan : Puluhan aktivis dari lembaga perlindungan anak yang tergabung dalam Jaringan Perlindungan Anak (JPA) Sumatera Utara mendesak agar Pemerintah  Kota Medan segera melakukan berbagai langkah sistematik agar pemenuhan hak-hak dan perlindungan anak di Kota Medan menjadi lebih baik kedepan.

Harapan tersebut mereka sampaikan saat berdialog dengan Ketua Komisi B didampingi anggota, Senin, 15/01/2018, di ruang rapat Komisi B DPRD Medan.  


"Tiga point penting ingin kami sampaikan sehingga ada upaya konkrit kedepan untuk mengkondisikan Kota Medan sebagai Kota Layak Anak" kata Misran Lubis, juru bicara JPA Sumut pada pertemuan yang juga diikuti Sir Nilan dan Lukman (Yayasan SMILE), Azmiati Zuliah, Camelia Nasution, Sulaiman Zuhdi Manik dan Intan Dirjalaila (Yayasan PKPA), serta perwakilan dari organisasi KOPASUDE, Medan Plus dan SOS Children Village Medan.


Pemerintah Kota Medan sudah sejak tujuh tahun lalu memprogramkan Kota Layak Anak (KLA) di Kota Medan, kata Misran Lubis namun sampai hari ini kita belum melihat hasil konkrit di masyarakat. Anak-anak khususnya dan masyarakat umumnya belum merasakan apa saja manfaat langsung dari pencanangan program tersebut, selain hal-hal bersifat dokumen berupa SK. 

Dihadapan Ketua Komisi B DPRD Medan, H. Rajuddin Sagala, S.Pd.I yang didampingi Drs. H. Mhd. Yusuf, S.Pd.I dan H. Jumadi, S.Pd.I, Misran Lubis menyampaikan aspek kedua bahwa Pemerintah Kota Medan sudah berupaya menyediakan pusat layanan untuk anak dan perempuan korban kekerasan seperti P2TP2A, namun dalam operasionalnya pusat layanan tersebut belum maksimal, karena belum didukung anggaran yang mencukupi untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat.


Aspek ketiga yang mereka soroti adalah berkaitan dengan trend peningkatan laporan dan jumlah kasus kekerasan terhadap anak yang terus meningkat setiap tahun baik kasus anak sebagai korban, anak sebagai pelaku ataupun anak sebagai saksi. 

Menurut Misran, trend ini harus disikapi oleh pemerintah dan DPRD Medan secara serius, agar pencegahan dan penanganan korban dapat dilakukan secara maksimal. Aspek infrastruktur layanan, sangat mendesak untuk dimiliki di Medan seperti tempat rehabilitasi anak/remaja yang berkonflik dengan hukum paska proses hukum, rumah perlindugan anak korban kekerasan dan korban traffikcing yang didukung oleh fasilitas yang layak, anggaran dan sumberdaya manusia yang terlatih. Semua proses tersebut sangat penting melibatkan dan adanya partisipasi lembaga-lembaga penggiat anak ( yang memiliki legalitas hukumdan track record nyata dalam penyelenggaraan perlindungan anak). 


"Kami berharap agar Komisi B DPRD Medan dapat menginisiasi dibentuknya Peraturan Daerah Kota Medan tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak dan  melakukan evaluasi atau kaji ulang peraturan dan kebijakan-kebijakan di Kota Medan yang tidak responsif hak anak serta mendorong adanya perubahan kebijakan, program dan anggaran yang responsif hak anak" tegas Misran Lubis.

Menjawab desakan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3AM) Medan yang diwakili Kepala Bidang Perlindungan Khusus Anak, Robert Napitupulu, mengakui berbagai masalah yang disampaikan puluhan aktivis anak tersebut.  


"DP3AM Medan selama ini bermitra dengan lembaga dan rekan-rekan, kami selama ini sebagai mitra kerja dan kami siap mendukung dan bekerjasama untuk penyusunan naskah akademik dan Ranperda yang diusulkan",  jelas Robert Napitupulu. 

Komisi B menyambut baik dan setuju dengan usulan yang disampaikan untuk menyusun Perda sebagai inisiatif dewan, kata Ketua Komisi B Rajuddin Sagala, maka perlu segera disusun naskah akademik dan Ranperdanya untuk kami sampaikan kepada Badan Legislasi untuk dibahas. Jika sudah diikat dengan Perda maka masalahnya tidak itu-itu saja nanti.


Anggota Komisi B lainnya, Drs. H. Mhd. Yusuf, SPd.I, menilai usulan berbagai LSM Anak di Medan tersebut sebagai hal positif.

"Kami sambut dengan baik dan nilai poisitif usulannya dan kita siap bekerjasama" tegas Muhammad Yusuf.
Editor: James P. Pardede

T#g:DPRD MedanHak AnakPKPAPerlindungan Anak
Komentar
Rabu, 22 Mei 2019 16:14Nasional

Polisi Gelangan Puluhan Orang Diduga Provokator 22 Mei 2019

Kepolisian Polda Metro Jaya, menngelandang puluhan orang terduga provokator aksi 22 Mei 2019 ke Markas Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) siang. Mereka yang kebanyakan masih berusia belia itu berjalan kaki secara beriringan dengan pengawala

Rabu, 22 Mei 2019 15:59Berita Sumut

Pemko Medan Raih Opini WDP

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan

Rabu, 22 Mei 2019 15:44Berita Sumut

Akhyar Safari Ramadhan Di Helvetia Sekda Di Medan Petisah

Di hari ke-16 Ramadhan 1440 H, Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Al Hasanah Jalan Gaperta, Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetia, Selasa (21/5/2019). Di samping mendukung seluruh program pembangun

Rabu, 22 Mei 2019 15:29Berita Sumut

Wali Kota : Implementasikan Al Qur’an Dalam Diri & Kehidupan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengajak seluruh umat Muslim di Kota Medan untuk mengisi bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak membaca Al qur'an serta memahami kandungan surah-surah yang dibaca tersebut. Di samping itu senantiasa me

Rabu, 22 Mei 2019 15:14Berita Sumut

Petugas Awasi Pnumpang Keluat Bersandar di Dermaga Belawan

Kapal KM Kelud yang baru sandar didermaga Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan Kota Medan,yang baru turun dari atas kapal, Rabu (22/5/2019) siang mendapat pengamanan esxtra ketat oleh sejumlah petugas.

Rabu, 22 Mei 2019 14:02Berita Sumut

Bulog Kini Jual Bakso Juga

Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) memperkenalkan produk baru olahan daging, Bakso Kita kepada masyarakat Medan.

Rabu, 22 Mei 2019 13:15Berita Sumut

Jelang Idul Fitri, Bandara Kualanamu Dirikan Posko Terpadu

PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang mendirikan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2019 di Area Selasar Kedatangan Bandar Udara Internasional Kualanamu. Posko terpadu ini didirikan untuk melayani para c

Rabu, 22 Mei 2019 12:29Berita Sumut

Jaksa Tuntut Dua kurir Sabu 53 Kg di Medan Hukuman Mati

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumut, Rahmi Syafrina SH meminta agar dua warga Tanjung Balai yang menjadi terdakwa dalam kasus peredaran narkoba antar negara dengan hukuman mati. JPU menilai kedua terdakwa bersalah berusaha menyelundupkan sekitar 53 Kg

Rabu, 22 Mei 2019 12:13Berita Sumut

Dandim 0203/Lkt Bersama Tim Safari Ramadhan Kota Binjai Kunjungi Masjid Jami' Al Fath

Komandan Kodim 0230/Langkat Letkol Inf Syamsul Alam. SE, bersama Tim Safari Ramadhan Kota Binjai,kunjungi Masjid Jami' Al Fath jln. T. Amir Hamzah km 26 Kel. Jati Karya Kec. Binjai Utara, Selasa (22/05/2019).

Rabu, 22 Mei 2019 11:54Berita Sumut

Semarakkan Bulan Suci Ramadhan, Batalyon Armed 2/105 Gelar Aneka Perlombaan Agama

Pada Ramadhan tahun ini Batalyon Armed 2/105 menggelar berbagai macam perlombaan agama. Kegiatan ini bertempat di Masjid Al- Iman, Yonarmed 2.

Rabu, 22 Mei 2019 08:30Ekonomi

Mengulik Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW, Larangan Hingga Kiat Berjualan

Nabi Muhammad SAW melarang adanya penawaran dan pengakuan fiktif

Rabu, 22 Mei 2019 08:15Internasional

Kisruh Semakin Memanas, Donald Trump Ancam Iran

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif membalas ancaman Presiden Amerika Serikat

Rabu, 22 Mei 2019 08:00Internasional

Perdana Menteri Ukraina Pilih Mundur Pasca Presiden Baru Dilantik

Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Groysman memilih mengundurkan diri sebagai sikap protes

Rabu, 22 Mei 2019 07:45Nasional

Peringatan Nuzulul Qur'an, Jokowi: Teguhkan Persatuan Bangsa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar peringatan Nuzulul Qur'an Tahun 1440 H/2019 di Istana Negara

Rabu, 22 Mei 2019 07:30Nasional

Gempa 5,2 SR Gucang Gorontalo

Gempa dengan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Gorontalo. Gempa terjadi pada Rabu (22/5/2019)

Rabu, 22 Mei 2019 07:15Lifestyle

Isu Kedekatan dengan Laissti Semakin Membara, Ariel NOAH Angkat Bicara

Sejak 12 Mei 2019, Ariel NOAH ramai dikabarkan dekat dengan Laissti. Ia adalah seorang YouTuber