Anggota Pramuka Harus Memiliki Seribu Manfaat

Mtc Rabu, 14 Agustus 2019 19:39 WIB
Mtc/Ist
MATATELINGA, Medan:   Ribuan anggota pramuka se-Kota Medan menghadiri upacara dalam rangka memperingati Hari  Pramuka ke-58 tahun 2019 di lahan eks Taman Ria Jalan Gatot Subroto, Medan, Rabu (14/8/2019) petang. Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kota Medan diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bertindak sebagai pembina upacara.







Upacara yang berlangsung tertib dan penuh khidmat dengan mengusung tema, "Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI" dihadiri seluruh anggota Gerakan Pramuka se-Jajaran Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Medan berjumlah sekitar 6.500 orang yang terdiri atas pramuka siaga, penggalang, penegak, pandega, orang dewasa serta teritorial/kepala lingkungan se-Kota Medan.

Sebelum acara dimulai, Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan lebih dulu menyampaikan pidato tertulis Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila dan UUD 1945 serta Satya dan Dharma Pramuka.






Setelah itu Wakil Wali Kota memberikan tanda pramuka kepada Pramuka Garuda dan piagam  penghargaan kepada para camat selaku Majelis Pembimbing Ranting se-Kota Medan. Dengan pemberian penghargaan tersebut,  para camat semakin termotivasi untuk memajukan peramuka di wilayahnya masing-masing.

Dalam arahannya, Wakil Wali Kota mengatakan, sebagaimana layaknya pohon kelapa yang memiliki seribu manfaat dari akar sampai daunnya, maka anggota Pramuka juga harus memiliki seribu manfaat dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Dengan demikian kehadiran pramuka dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kemudian Wakil Wali Kota mengungkapkan, pramuka dianggap sebagai generasi penerus bangsa yang memiliki inovasi karya dan kemajuan dalam berpikir atau seorang visioner, disiplin dan mampu mengatasi berbagai masalah.






"Hal penting dalam pelatihan pramuka adalah pendidikan bukan instruksi. Artinya, yang diutamakan dalam kegiatan pelatihan pramuka adalah capacity building para anggotanya, bukan perintah maupun instruksi yang menandakan adanya sistem hirarki dalam suatu struktur kelembagaan," kata Wakil Wali Kota.

Selain itu Wakil Wali Kota juga menambahkan, pendidikan pramuka juah mengajarkan kemandirian, kerjasana, persahabatan, kepercayaan diri, kesehatan fisik dan mental serta moral yang luhur.  Hal ini menunjukkan bahwasannya melalui proses yang panjang, para anggota Pramuka juga biasanya menjadi manusia-manusia unggul dan bisa diandalkan dalam berbagai situasi maupun kondisi.






"Memang berbagai pelatihan dalam pramuka kerap membuat kita bermandi keringat dengan tubuh penuh debu, berkawan dinginnya angin malam ditemani hangatnya api unggun serta bernyanyi ditemani gitar dan cahaya rembulan. Namun itu semua justru semakin membuat kita mampu menghargai alam dan berbagai cipataan Sang Kuasa," ujarnya.

Usai  upacara, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan HM Husni menerangkan, tujuan kegiatan yang digelar ini sangat mulia karena untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal positif, dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku.

"Dengan begitu, maka akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. Selain itu juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI. Sehingga para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembanguna bangsa dan negara," kata Husni.

Kemudian Husni berpesan agar anggota pramuka Kota Medan untuk terus berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan pramuka.Lalu,  mengisi waktu muda dengan kegiatan yang positif dan kreatif. " Saya yakin generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, kreatif, petarung dan bukan generasi pecundang," paparnya.

Sebelum upacara dilakukan, jajaran Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Pramuka Kota Medan telah melakukan serangkaian kegiatan seperti donor darah, bakti masyarakat serta ziarah di Taman Makam Pahlawan Jalan Sisingamangaraja Medan. Selain upacara,  puncak peringatan Hari Pramuka dipungkasi dengan acara Gelar Senja berupa penurunan bendera Merah Putih  sebagai tanda berakhirnya rangkaian kegiatan dan upacara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-58.  Yang menariknya lagi seluruh tim penurunan bendera adalah perempuan.
Editor: Amrizal

T#g:blibliDzulmi EldinMatatelingamatatelinga.commatatelinga comParmukaPemko MedanTerkiniTravelokaribuan Pramuka
Komentar
Kamis, 23 Jan 2020 21:39Nasional

Putri Tanjung Tokoh Milenial Yang Akan Tampil di HPN Kalsel 2020

Pertemuan Staf Khusus Presiden Joko Widodo yang juga CEO dan Founder Creativepreneur Putri Indahsari Tanjung, serta Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari di Kantor PWI Pusat, Lantai 4 Gedung Dewan Pers

Kamis, 23 Jan 2020 21:34Berita Sumut

Kasat Narkoba AKP Rasmaju Tarigan SH : Ini Ungkapan Selama Dua Bulan

Polres Tanah Karo terus membelah dan mempersempit ruang gerak para pelaku penyalah gunaan narkotika. Ini terbukti dari dua bulan terakhir, melalui Satuan Narkoba berhasil mengamankan sebanyak 13 pelaku penyalah gunaan narkotika tersebut

Kamis, 23 Jan 2020 20:06Berita Sumut

Optimalkan Serapan Garam Negeri, Tataniaga Impor Garam Harus Diubah

Serapan garam dalam negeri hingga kini belum optimal, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pun menyarankan pemerintah melakukan perubahan tataniaga impor garam industri.

Kamis, 23 Jan 2020 19:47Berita Sumut

Sepuluh Kali Beraksi, Spesialis Curat Terkapat di Terjang Timah Panas

Polsek Medan Kota melakukan tindakan tegas terukur terhadap seorang tersangka spesialis pencurian dengan pemberatan (curat) sasaran sepeda motor yang sudah 10 kali beraksi.

Kamis, 23 Jan 2020 19:19Berita Sumut

Empat Pelaku Pencurian di Tembak Petugas Unit Jatanras Polres Asahan

Empat pelaku bongkar rumah dan pencurian hp di kios ponsel dibekuk petugas Unit Jatanres Sat Reskrim Polres Asahan. Ke empat nya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas dibagian kakinya karena berusaha melawan petugas dan melarikan diri saat hendak ditan

Kamis, 23 Jan 2020 19:00Nasional

Kemendagri Serahkan DP4 ke KPU untuk Pilkada 2020

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) untuk Pilkada Serentak Tahun 2020. Penyerahan DP4 dilakukan langsung

Kamis, 23 Jan 2020 18:45Berita Sumut

Pengangkatannya Digugat di PTUN- kan, Ini Tanggapan Plt Dirut PD Pasar

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Umum (Dirut) PD Pasar Kota Medan Nasib menegaskan, dirinya bersama Plt Dirut Operasional Gelora KP Ginting akan tetap menjalankan tugas seperti biasanya di perusahaan milik Pemko Medan yang menangani seluruh pasar di Kota Me

Kamis, 23 Jan 2020 18:30Berita Sumut

Kantongi Sabu Paket Rp50 Ribu, Dua Pria Ini Berakhir di Jeruji Polsek Patumbak

Polsek Patumbak menyita barang bukti satu paket narkotika jenis sabu-sabu seharga Rp 50 ribu dari dua pria, masing-masing berinisial IS (34), warga Jalan Pasar X Tembung dan MR (35), warga Jalan Prof HM Yamin Gang Ulung, Medan Perjuangan, Senin (20/1) so

Kamis, 23 Jan 2020 18:15Berita Sumut

Pangdam I/BB Hadiri Rakorpim Kemhan RI TA 2020

Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah turut menghadiri Rapat Koordinasi Pimpinan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Rakorpim Kemhan RI) TA 2020 yang digelar di Gedung Kemhan RI, Jln Medan Merdeka Barat, Kamis (23/1/2020).

Kamis, 23 Jan 2020 18:00Berita Sumut

Jelang Imlek, MPW PP Sumut Beri Santunan ke Warga Asia Mega Mas

MPW PP Sumut menggelar bakti sosial (baksos) dalam rangka memperingati perayaan Imlek 2020 dengan membagikan 400 paket sembako kepada kaum dhuafa di Komplek Asia Mega Mas, Jln Asia Medan, Kamis (20/1/2020).

Kamis, 23 Jan 2020 17:45Berita Sumut

Seluruh Warga Medan Diminta Dukung Pelaksanaan SP 2020

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mendukung penuh pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020 yang akan berlangsung mulai 15 Februari sampai 31 Maret mendatang. Untuk itu seluruh warga Kota Medan diajak ikut serta proaktif menduku

Kamis, 23 Jan 2020 17:00Berita Sumut

Seluruh Jaringan Kabel di Kota Medan Bakal Dipindahkan Ke Bawah Tanah

Apresiasi disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyusul akan ditertibkannya seluruh jaringan kabel yang ada di kota Medan. Seluruh jaringan kabel yang selama ini berada di udara akan dipindahkan ke bawah tanah denga

Kamis, 23 Jan 2020 16:30Berita Sumut

Penyandang Disabilitas Turut Serta Ramaikan Pendaftaran PPK Medan

Menjadi panitia pemilihan umum tak harus normal. Orang dengan kebutuhan khusus juga bisa menjadi panitia jika lulus seleksi.

Kamis, 23 Jan 2020 16:00Berita Sumut

Pemkab Sergai Sosialisasi Program Penghapusan Sanksi Administrasi PBB Tahun 2020

Pemkab Sergai menggelar sosialisasi Program Penghapusan Sanksi Administrasi PBB Tahun 2020 di Balai Karyawan Desa Sei Bamban Estate Kecamatan Sei Bamban, Kamis, 23 Januari 2020. Hadir dalam kegiatan itu Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman, Wakil Bupati

Kamis, 23 Jan 2020 15:35Berita Sumut

Kajatisu Amir Yanto Silaturahmi ke DPRD Sumut

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Dr Amir Yanto, SH, MM, MH bersilaturahmi dengan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting (F-PDI Perjuangan) di kantor DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (23/1/2020).

Kamis, 23 Jan 2020 14:51Berita Sumut

Akhyar Dukung Pengembangan UINSU

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menerima rombongan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) di Rumah Dinas Wali Kota Medan Jl. Sudirman, Kamis (23/1). Kedatangan rombongan yang dipimpin Ketua Senat UINSU Prof DR H Mu