Anne Avantie Motivasi 300 Pengrajin UKM Medan

Amr/rel Senin, 13 November 2017 20:52 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan:  Perancang busana ternama Indonesia  yang  terkenal dengan busana kebayanya Anne Avantie menjadi  nara sumber  dalam Seminar Pelaku UMKM Kota Medan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Senin (13/11/2017).  Dalam seminar tersebut  Anne menceritakan  kisah inspiratifnya selama 28 tahun berkarya di bidang fashion design Diharapkan kisah itu dapat menjadi inspirasi sekaligus motivasi sehingga pelaku UMKM lebih maju dan berkembang.

Seminar ini merupakan hasil gagasan Ketua TP PKK  sekaligus Ketua Dekranasda Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan. Melalui seminar ini, Hj Rita berharap  agar 300 pengrajin UMKM di Kota Medan dapat termotivasi dalam rangka menelurkan karya-karya yang lebih berkualitas.

 Melalui seminar ini, Hj Rita Maharani ingin masyarakat Kota Medan semakin berdaya dalam menciptakan lapangan kerja serta mengembangkan ekonomi kreatif sebagai bagian dari entitas pembangunan kota. "Jika masyarakat memiliki daya perekonomian  kerakyatan yang semakin menguat, efeknya akan membuat perekonomian kota Medan semakin meningkat secara keseluruhan," kata Hj Rita Maharani.

Wanita murah senyum ini selanjutnya mengungkapkan, menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN menuntut daerah lebih mengembangkan potensi yang ada  untuk lebih memberi warna, terutama industri kreatif dan industri kecil menengah. Oleh karenanya diperlukan inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan UMKM sebagai salah satu ikon di Kota Medan, agar dapat bersaing di pasar regional ASEAN maupun dunia.

Untuk itu Hj Rita menilai, seminar ini merupakan momentum berharga, terutama bagi pengrajin UMKM. Setelah berkarya selama 25 tahun, Anne Avantie dinilainya telah membuktikan bahwa ketekukan adalah bagian kesuksesan. "Karya-karya yang fenomenal telah tercipta dan lahir dari tangannya. Tentunya kita semua ingin menjadi seperti beliau," ungkapnya.

 Usai emngikuti seminar ini, Hj Rita selanjutnya menginginkan agar seluruh pengrajin UMKM  di Kota Medan dapat bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, baik TP PKK di lingkungan hingga kecamatan hingga TP PKK Kota Medan dan Dekranasda Kota Medan. "Semoga seminar ini dapat memberikan manfaat bagi para pengrajin UMKM, termasuk perkembangan ekonomi kreatif  di Kota Medan," harapnya.

Seminar Pelaku UMKM ini turut dihadiri Asisten Ekonomi, pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Medan Qamarul Fatah, Kadis Koperasi dan UKM Hj Emilia Lubis, Kadis Perindustrian Zulkifli Sitepu, Kadis Perdagangan Syarif Armansyah Lubis, Kadis Ketahanan Pangan Muslim, Ketua Dharma Wanita kota Medan Yurina Syahnan, ketua IWAPI Medan Lisa Arlin, Ketua AMKI Medan Dahliana Sinulingga, Ketua GOW Medan Hj Asmalita Zulkarnain serta pelaku UKM se-Kota Medan.

Sementara itu Anne Aviantie dalam seminar itu memaparkan secara jelas selama 25 tahunberkarya dalam bidang fashion design.  Meski hanya tamatan SMP, namun ibu empat anak itu berhasil  menjadi salah satu perancang busana papan atas di Tanah Air, terutama busana kebaya. Dikatakannya, kunci utama dari kesuksesan yang diraih saat ini adalah percaya diri akan talenta dan bakat yang dimiliki.

Tidak hanya tentang kesuksessan  yang diraihnya saat ini, Anne juga mencerita masa lalunya yang penuh kepahitan. Justru kepahitan hidup itu memotivasinya untuk bangkit dan meraih kesuksessan sampai saat ini.  Selain bakat, juga harus didukung  dengan inovasi dan rasa percaya diri serta tidak pernah iri terhadap orang lain.

"Jika kita memiliki produk yang sama dengan orang lain, kita harus berusaha untuk lebih kreatif serta produk yang kita hasilkan harus memiliki ciri khas tersendiri. Yang lebih peting lagi, kita jangan pernah pesimis , sebab rezeki itu sudah diatur Tuhan. Ingat, rezeki kita tidak pernah tertukar dnegan orang lain," jelas Anne.

Dihadapan  seluruh pengrajin UKM yang hadir, Anne memberikan tips  agar menyadari karunia  yang diberikan Tuhan cukup besar. Kemudian tidak pernah iri dengan kesuksessan orang lain dan selalu intropeksi diri. "Yang lebih penting lagi, kurangi persoalan-persoalan baik dalam rumah tangga maupun luar rumah sehingga ide kreatif bisa dieksplor. Serta terus kembangkan bakat yang dimiliki," pesannya.


(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:Dzulmi EldinMataMedanPemko MedanSumut
Komentar
Selasa, 23 Jan 2018 09:30Berita Sumut

Gondrong Kribo, Si Pengedar Narkoba Diringkus Polisi

Riki Richardo (23) alias Si Gondrong Kribo, warga Jalan Paitan Gang Dame Lingkungan III kelurahan Sidomukti Asahan, harsu nurut saat digelandang Kapolsek Kota Kisaran Iptu Rianto,SH, Senin (22/1/2018) sekira pukul 17.30 wib.

Selasa, 23 Jan 2018 08:05Nasional

Panglima TNI : Prajurit Mengemban Tugas Menjaga Kehormatan Bangsa

Tugas prajurit TNI yang tergabung di Satgas Kontingen Garuda memiliki misi-misi kebangsaan meliputi aspek politik, diplomasi dan budaya, dalam mengemban tugas menjaga kehormatan bangsa dan negara.

Selasa, 23 Jan 2018 07:50Berita Sumut

Puluhan Penderita Kusta Datangi Polsek Belawan

Puluhan penghuni Rumah Sakit Kusta Kelurahan Belawan Si Canang Kecamatan Medan Belawan mengadu ke Polsek Medan Belawan pada Senin(22/1/2018) sore sekitar pukul 17.00 wib karena tabungan impaknya hilang dicuri.

Selasa, 23 Jan 2018 07:35Nasional

Satgas Yonkomposit TNI Ikuti Latihan ORC bersama di Sudan

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonkomposit TNI Konga XXXV-C/Unamid (United Nations Mission In Darfur) di bawah pimpinan Letkol Inf Syamsul Alam, S.E. sebagai Dansatgas, mengikuti Latihan Kesiapan Pengecekan Operasional bersama

Selasa, 23 Jan 2018 07:17Berita Sumut

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman : Jaga Persaudaraan dan Selalu Kompak Meski Kita Beda Pilihan

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wabup darma Wijaya menghadiri acara penepung tawaran sekaligus doa bersama bagi calon jamaah Umrah bersama Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) DR. Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si bertempat di rumah pen

Selasa, 23 Jan 2018 07:02Nasional

Prajurit TNI Gelar Kegiatan Cimic dengan Anak-Anak Sekolah di Lebanon

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) atau Indonesian Battalion (Indobatt)

Selasa, 23 Jan 2018 06:50Nasional

Satgas Kesehatan TNI Evakuasi Pasien Ke RSUD Agats

Personel Tim Gabungan Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB) terus melaksanakan pengobatan terhadap anak-anak yang terkena campak dan gizi buruk. Mereka dirawat di Puskemas yang tersebar di beberapa Distrik Kabupaten Asmat. Sementara itu, pasien

Selasa, 23 Jan 2018 06:35Berita Sumut

Polsek Helvet Bekuk 8 Tersangka Sindikat Jaringan Peredaran Ekstasi

Bermula dari gelar razia di Jalan T. Amir Hamzah Medan, Personel reskrim Polsek Medan Helvetia mengungkap kasus peredaran pil ekstasi

Selasa, 23 Jan 2018 06:20Berita Sumut

MTQ Ke 51 di Masjid Taqwa Sukses, FOSMAT Membawa Kecamatan Medan Polonia Yang Terbaik

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ) ke-51 Tingkat Kecamatan Medan Polonia, berlangsung sukses di halaman depan Masjid Taqwa Polonia, Lingkungan I Kelurahan Polonia

Selasa, 23 Jan 2018 06:05Berita Sumut

Beredar, Kapolres Simalungun Bakal Kena Sanksi

Terkait sikap arogan Kapolres Simalungun AKBP M. Liberty Panjaitan, terhadap masyarakat beredar bakal terkena sanksi disiplin

Senin, 22 Jan 2018 18:00Berita Sumut

Bupati Karo Resmikan Kantor Camat Brastagi

i: Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH resmikan gedung baru Kantor Kecamatan Berastagi, pada Senin (22/01) di komplek perumahan Korpri Desa Guru Singa. Peresmian kantor camat Berastagi ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Karo Terkelin Brahman

Senin, 22 Jan 2018 17:36Berita Sumut

Sumut Siap Laksanakan Pilkada Serentak 2018

Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara menyatakan siap melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, demikian kata sambutan Gubsu yang dibacakan Asisten Administrasi Pemerintahan Setdaprovsu Jumsadi Damanik pada rapat kunjungan kerja komisi

Senin, 22 Jan 2018 17:00Berita Sumut

Jalan di Kawasan Habornas Butuh Perhatian Pemerintah

MATATELINGA, Tobasa: Warga Habornas, Kabupaten Toa Samosir diminta hati-hati jika melintasi jalan sepanjang Silaen menuju Habornas atau sebaliknya. Hal ini terkait banyaknya bahu jalan yang longsor tergerus air dan juga karena bahu jalan mengalami perge

Senin, 22 Jan 2018 16:55Ekonomi

Mentan Optimis Harga Beras Segera Stabil

Menteri Pertanian Amran Sulaiman optimistis harga beras di Tanah Air akan stabil, meskipun ada panen dengan luas tanam sekitar 2 juta hektare selama sebulan tujuh hari.

Senin, 22 Jan 2018 16:45Berita Sumut

Di Balige, Kades Buka Jalan di Kawasan Hutan Lindung Pakai Dana Desa

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya Bakar diminta untuk menindak tegas para pelaku perusak hutan lindung Siboruon yang berada di Desa Siboruan Kecamatan Balige Toba Samosir. Hal ini dikatakan ketua NGO Topan-AD Ir. Rinaldi H. saat

Senin, 22 Jan 2018 16:42Internasional

Swalayan Bebas Kasir Hanya Ada di Amazon Go

Tren cara belanja baru tanpa harus direpotkan dengan pembayaran di kasir atau diikuti oleh penjaga swalayan, Amazon.com Inc segera meluncurkan pasar swalayan bebas kasir pada Senin, (22/01/2018) setelah diuji coba selama lebih dari setahun.