Anne Avantie Motivasi 300 Pengrajin UKM Medan

Amr/rel Senin, 13 November 2017 20:52 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan:  Perancang busana ternama Indonesia  yang  terkenal dengan busana kebayanya Anne Avantie menjadi  nara sumber  dalam Seminar Pelaku UMKM Kota Medan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Senin (13/11/2017).  Dalam seminar tersebut  Anne menceritakan  kisah inspiratifnya selama 28 tahun berkarya di bidang fashion design Diharapkan kisah itu dapat menjadi inspirasi sekaligus motivasi sehingga pelaku UMKM lebih maju dan berkembang.

Seminar ini merupakan hasil gagasan Ketua TP PKK  sekaligus Ketua Dekranasda Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan. Melalui seminar ini, Hj Rita berharap  agar 300 pengrajin UMKM di Kota Medan dapat termotivasi dalam rangka menelurkan karya-karya yang lebih berkualitas.

 Melalui seminar ini, Hj Rita Maharani ingin masyarakat Kota Medan semakin berdaya dalam menciptakan lapangan kerja serta mengembangkan ekonomi kreatif sebagai bagian dari entitas pembangunan kota. "Jika masyarakat memiliki daya perekonomian  kerakyatan yang semakin menguat, efeknya akan membuat perekonomian kota Medan semakin meningkat secara keseluruhan," kata Hj Rita Maharani.

Wanita murah senyum ini selanjutnya mengungkapkan, menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN menuntut daerah lebih mengembangkan potensi yang ada  untuk lebih memberi warna, terutama industri kreatif dan industri kecil menengah. Oleh karenanya diperlukan inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan UMKM sebagai salah satu ikon di Kota Medan, agar dapat bersaing di pasar regional ASEAN maupun dunia.

Untuk itu Hj Rita menilai, seminar ini merupakan momentum berharga, terutama bagi pengrajin UMKM. Setelah berkarya selama 25 tahun, Anne Avantie dinilainya telah membuktikan bahwa ketekukan adalah bagian kesuksesan. "Karya-karya yang fenomenal telah tercipta dan lahir dari tangannya. Tentunya kita semua ingin menjadi seperti beliau," ungkapnya.

 Usai emngikuti seminar ini, Hj Rita selanjutnya menginginkan agar seluruh pengrajin UMKM  di Kota Medan dapat bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, baik TP PKK di lingkungan hingga kecamatan hingga TP PKK Kota Medan dan Dekranasda Kota Medan. "Semoga seminar ini dapat memberikan manfaat bagi para pengrajin UMKM, termasuk perkembangan ekonomi kreatif  di Kota Medan," harapnya.

Seminar Pelaku UMKM ini turut dihadiri Asisten Ekonomi, pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Medan Qamarul Fatah, Kadis Koperasi dan UKM Hj Emilia Lubis, Kadis Perindustrian Zulkifli Sitepu, Kadis Perdagangan Syarif Armansyah Lubis, Kadis Ketahanan Pangan Muslim, Ketua Dharma Wanita kota Medan Yurina Syahnan, ketua IWAPI Medan Lisa Arlin, Ketua AMKI Medan Dahliana Sinulingga, Ketua GOW Medan Hj Asmalita Zulkarnain serta pelaku UKM se-Kota Medan.

Sementara itu Anne Aviantie dalam seminar itu memaparkan secara jelas selama 25 tahunberkarya dalam bidang fashion design.  Meski hanya tamatan SMP, namun ibu empat anak itu berhasil  menjadi salah satu perancang busana papan atas di Tanah Air, terutama busana kebaya. Dikatakannya, kunci utama dari kesuksesan yang diraih saat ini adalah percaya diri akan talenta dan bakat yang dimiliki.

Tidak hanya tentang kesuksessan  yang diraihnya saat ini, Anne juga mencerita masa lalunya yang penuh kepahitan. Justru kepahitan hidup itu memotivasinya untuk bangkit dan meraih kesuksessan sampai saat ini.  Selain bakat, juga harus didukung  dengan inovasi dan rasa percaya diri serta tidak pernah iri terhadap orang lain.

"Jika kita memiliki produk yang sama dengan orang lain, kita harus berusaha untuk lebih kreatif serta produk yang kita hasilkan harus memiliki ciri khas tersendiri. Yang lebih peting lagi, kita jangan pernah pesimis , sebab rezeki itu sudah diatur Tuhan. Ingat, rezeki kita tidak pernah tertukar dnegan orang lain," jelas Anne.

Dihadapan  seluruh pengrajin UKM yang hadir, Anne memberikan tips  agar menyadari karunia  yang diberikan Tuhan cukup besar. Kemudian tidak pernah iri dengan kesuksessan orang lain dan selalu intropeksi diri. "Yang lebih penting lagi, kurangi persoalan-persoalan baik dalam rumah tangga maupun luar rumah sehingga ide kreatif bisa dieksplor. Serta terus kembangkan bakat yang dimiliki," pesannya.


(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:Dzulmi EldinMataMedanPemko MedanSumut
Komentar
Kamis, 15 Nov 2018 10:11Berita Sumut

Sungai Belidah Meluap Warga Kebanjiran

Sebanyak 7 kepala keluarga yang bermukim di lingkungan VII kelurahan Sentang kecamatan kota kisaran timur Asahan , terpaksa harus mengungsi dikarenakan terendam air luapan sungai Belidah.

Kamis, 15 Nov 2018 07:24Nasional

Prajurit TNI Kogasgabpad Bantu Pembangunan Sekolah Dasar di Kota Palu

Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 714/Sintuwu Maroso (Yonif 714/SM) dan Kodim 1306/Donggala yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) penanggulangan bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi, membantu pembangunan Sekolah Dasar

Kamis, 15 Nov 2018 06:09Nasional

Datangi Kantor KPK, Forum Mahasiswa Sumut Laporkan Tiga Kepala Daerah

Forum Mahasiswa Sumatera yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ( IMM ) Sumut, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim ( KAMMI ) Sumut dan Himpunan Mahasiswa Al Washliyah ( HIMMAH) Sumut menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) di Jakart

Rabu, 14 Nov 2018 23:07Berita Sumut

Satu Keluarga Korban Pembunuhan, Jenazahnya Tiba di Bandara Kualanmu

Dengan menggunakan dua pesawat komersil dari Jakarta membawa empat jenazah satu keluarga korban pembunuhan sadis di Bekasi, tiba di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (14/11/2018) malam.

Rabu, 14 Nov 2018 20:30Berita Sumut

Korban Tewas Keempat Longsor Nisel Kembali Ditemukan

Korban keempat akibat tanah longsor yang terjadi di Dusun Dua, Desa Suka Maju Mohili, Gomo, Nias Selatan (Nisel), ditemukan Tim SAR gabungan.

Rabu, 14 Nov 2018 20:15Ekonomi

Kurs Jisdor turun 1% menjadi Rp 14.895 per dollar AS

Kurs Jisdor turun 1% menjadi Rp 14.895 per dollar AS.. Bank Indonesia masih menunggu data domestik di mana kurs tengah rupiah melemah cukup dalam kemarin.

Rabu, 14 Nov 2018 20:00Berita Sumut

Balitbang Kaji Potensi dan Daya Tarik Wisata Kota Medan

Pengembangan bidang pariwisata merupakan suatu hal yang perlu dilakukan oleh Pemko Medan mengingat potensi wisata Kota Medan sendiri sangat besar. Untuk mengembangan pariwisata dibutuhkan berbagai pendukung untuk memperlancar jalannya kegiatan

Rabu, 14 Nov 2018 19:45Lifestyle

Beli Produk Harus Mengantisipasi Kemanan dan Kesehatan

Masyarakat dalam mengakses produk yang diinginkan sangat mudah sekarang ini, Namun, harus lebih hati hati. Pasalnya, produsen "kalengan" semakin mudah menjangkau pasarnya. Tentu dengan mengabaikan sisi keamanan dan kesehatan

Rabu, 14 Nov 2018 19:30Berita Sumut

Dua Rekannya Berhasil Kabur, Sedangkan Dirinya Babak Belur Pukuli Warga

Sepandai pandai tupai melompat, sekali kali akan jatuh ketanah. Kata kiasan ini, pantas dilontar terhadap tersangka jambret handpone milik salah seorang pengemudi ojek online.

Rabu, 14 Nov 2018 19:15Berita Sumut

Pemko Medan Tak Terbebani Pencapaian Target PAD

Dengan dicabutnya Perda Kota Medan No. 5 Tahun 2016 tentang Retribusi Izin Gangguan, Pemko Medan tidak terbebani dalam pencapaian target PAD Kota Medan. Sebab, langkah-langkah antisipatif sudah dilakukan Pemko Medan dengan mengoptimalkan potensi PAD pada

Rabu, 14 Nov 2018 19:00Aceh

Kenali Lebih Dekat Alat Pantau Kamla di SPKKL Aceh

Sejumlah pelajar dan taruna dan taruni dari beberapa sekolah dan akademi berkunjung ke SPKKL Aceh untuk melihat dan mengenal lebih dekat tugas yang dijalankan Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh, di Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Be

Rabu, 14 Nov 2018 18:53Berita Sumut

Akhyar & 2 Wakil Ketua DPRD Medan Tinjau Terminal Amplas

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama dua Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli dan Ikhwan Ritonga serta salah seorang anggota DPRD Medan T Aswin ST meninjau Terminal Terpadu Amplas (TTA), Rabu (14/11) petang. Peninjauan dilakukan untuk mel

Rabu, 14 Nov 2018 18:43Lifestyle

Pria dan Wanita Memiliki Beberapa Persamaan

Meskipun ada banyak perbedaan biologis antara pria dan wanita, pada dasarnya pria memiliki beberapa persamaan dengan wanita. Setiap ciptaan tuhan khususnya Manusia yang ada di dunia ini pasti memiliki persamaan, walaupun tidak secara keseluruhan.

Rabu, 14 Nov 2018 18:38Bola

Luka Modric Merasa Optimis Klubnya Menjuarai Liga Champions 2018-2019

Dalam persaingan memburu gelar juara Liga Champions musim 2018-2019, gelandang Real Madrid, Luka Modric memberikan komentar terkait peluang klubnya. Modric optimis Madrid bakal kembali menjadi juara Liga Champions di musim ini.

Rabu, 14 Nov 2018 18:22Berita Sumut

Bupati Soekirman Sampaikan Komitmen Junjung Tinggi dan Peduli HAM

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didaulat sebagai Keynote Speaker pada acara Festival Hak Asasi Manusia (HAM) Indonesia Tahun 2018 bertempat di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Rabu (14/11). Festival tersebut mengangkat tema Merawat Keberag

Rabu, 14 Nov 2018 18:00Berita Sumut

APBD 2019 Pemkab Sergai Diproyeksikan Rp 1.5 Trilyun

APBD Pemkab Serdangbedagai pada tahun 2019 diproyeksi sebesar Rp 1.570.104.307.000. Jumlah itu didominasi anggaran Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 56,50%.