• Home
  • Berita Sumut
  • Atasi Masalah Sampah, Bangkitkan Kembali Semangat Gotong Royong

Tokoh Pemuda Rianto SH :

Atasi Masalah Sampah, Bangkitkan Kembali Semangat Gotong Royong

Mtc/James Rabu, 23 Januari 2019 13:20 WIB
Istimewa
Rianto SH
MATATELINGA, Medan: Permasalahan sampah dan kebersihan Kota Medan masih menjadi sorotan berbagai kalangan, mulai dari pengamat lingkungan, akademisi dan kali ini mendapat sorotan dari tokoh pemuda. Selaku warga Medan, Rianto SH merasa bertanggungjawab dengan predikat yang disandang Kota Medan sebagai kota terjorok dalam penilaian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Seharusnya, Pemko Medan menata kembali tempat-tempat pembuangan sampah (TPS) sementara yang ada di beberapa titik di Kota Medan. Volume sampah yang ada lebih besar dibandingkan dengan volume pengangkutan sampah oleh petugas yang selanjutnya diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) Air Terjun," kata Rianto SH yang akrab disapa Anto Genk, Rabu (23/1/2019) saat melakukan sosialisasi kepada .


Kota Medan ini agak lain dengan kota-kota lain di Indonesia, lanjut Anto. Masyarakatnya masih banyak yang suka membuang sampah sembarangan. Mengantisipasi hal ini, Pemko Medan perlu menambah TPS di beberapa titik yang sering dijadikan masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah. Dulu, Pemko Medan pernah mengusulkan tempat pembuangan sampah dari anyaman bambu, tapi belum terealisasi.

"Pemko Medan juga harus tegas dalam menegakkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Persampahan/Kebersihan di Kota Medan. Sudah sampai sejauh mana implementasi Perda ini di lapangan? Masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan harus ditertibkan dan diberi sanksi sesuai dengan Perda yang ada," tandasnya.


Kalau Pemko Medan tidak sanggup menangani permasalahan sampah di Kota Medan, kata Anto yang juga Caleg DPRD Kota Medan dari Partai Hanura Dapil III (Medan Timur, Perjuangan dan Tembung) di swastakan saja biar terpadu penanganannya. Karena kalau pihak swasta yang kelola, pasti sudah ada MoU-nya dan ada aturan-aturan yang harus terpenuhi.

"Terkait dengan TPA yang ada sudah tidak memadai lagi dan adanya rencana kerjasama dengan Jerman, Jepang dan negara lain belum jelas, Pemko Medan perlu melakukan evaluasi terhadap kinerja petugasnya di lapangan. Kalau memang tidak maksimal, lebih baik anggarannya bisa dialokasikan ke pengadaan TPS atau memberdayakan petugas penyapu jalan yang kesejahteraannya juga perlu ditingkatkan," tegasnya.


Karena keprihatinannya terhadap masalah sampah Kota Medan, Anto Genk meminta Walikota Medan untuk mengajak seluruh warga Kota Medan untuk mengaktifkan kembali gerakan gotong royong. Gerakan gotong royong ini akan menjadi perwujudan dari semangat masyarakat yang mencintai kebersihan lingkungan.

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Medan, tambah Anto Genk adalah dengan menentukan waktu pengangkatan sampah dari TPS ke TPA agar tidak terjadi penumpukan. Dalam penentuan waktu angkut sampah ini, Pemko perlu melakukan sosialisasi atau menyuarakan kepada masyarakat agar tertib dalam membuang sampah rumah tangga dengan wadah yang bagus dan tidak berserakan.


"Setiap hari, Pemko Medan misalnya mengangkut sampah rumah tangga dari rumah ke rumah sejak pukul 07.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Melewati jam ini, berarti sampah akan diangkut keesokan harinya. Dalam situasi ini masyarakat perlu disiplin agar tidak mengeluarkan sampah pada saat jadwal pengangkutan sampah sudah lewat," tandasnya.

Dalam sosialisasi dengan masyarakat Kecamatan Medan Timur, Rianto SH juga mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dan tidak membuang sampah sembarangan.
Editor: James P Pardede

T#g:anto genkRiantosampahWalikota Medananto geng
Komentar
Selasa, 19 Feb 2019 22:52Berita Sumut

Komisi C : Minta PD Pasar Segera Akomodir Pedagang Belum Dapat Lapak

Komisis C DPRD Medan meninjau Pasar Marelan di Jalan Marelan Raya dan meminta PD Pasar untuk mendata kembali 57 pedagang pasar tradisional Marelan yang tidak mendapatkan meja atau lapak untuk berjualan.

Selasa, 19 Feb 2019 22:37Berita Sumut

Kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan, Tanggung Jawab Dinkes

Hingga hari ini kepesertaan penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan (Dinkes) Medan belum juga selesai. Alhasil, Pemko Medan kehilangan pendapatan dana kapitasi dari BPJS Kesehatan.

Selasa, 19 Feb 2019 22:19Berita Sumut

Komisi B: Minta Data Kepesertaan PBI Segera Dikirimkan Dinkes ke BPJS

Anggaran sebesar Rp112 miliar untuk menampung masyarakat kurang mampu untuk terdaftar kepesertaan BPJS Kesehatan, pihaknya sudah mengalokasikan, hall tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinskes Kota) Medan Edwin Efendi Lubis.

Selasa, 19 Feb 2019 22:01Berita Sumut

Gudang Tempat Penyimpan Ban Bekas dilalap Sijago Merah

Sebuah gudang PT Baja Deli di Jalan Seruwai Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan, Gudang tempat penyimpanan ban bekas diamuk si jago merah, Selasa (19/2/2019).

Selasa, 19 Feb 2019 21:46Berita Sumut

Dua Pimpinan DPRD Medan, Sahuti Keluhan Masyarakat Pintu Air IV

Dua pimpinan dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Medan meninjau infrastruktur rusak di Jalan Pintu Air IV, Kelurahan Kwala Belaka, Kecamatan Medan Johor, Selasa (19/2/2019). Kedua pimpinan DPRD Medan itu mendesak Pemko Medan segera memperbaiki.

Selasa, 19 Feb 2019 21:35Berita Sumut

Kodam I/BB Komunikasi Sosial Dengan Keluarga Besar TNI

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhilah bersilahturahmi dan Laksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Keluarga Besar TNI (KBT) yang dilaksankan di Gedung Balai Prajurit Makodam I/BB Jl. Jend. Gatot Subroto Km 7,5 Medan Selasa (19/2/2019).

Selasa, 19 Feb 2019 21:13Internasional

Tabrakan di Udara Hingga Satu Orang Pilot Tewas Seketika

Dua pesawat angkatan udara India bertabrakan di udara saat melakukan latihan untuk pertunjukan akrobat pada Selasa. Insiden yang terjadi di Negara Bagian Karnataka di selatan India itu menewaskan seorang pilot dan melukai dua orang lainnya.

Selasa, 19 Feb 2019 20:59Lifestyle

Warga Net Terharu "Guguk" ini Rela Mati Demi Majikannya

Kesetiaan merupakan suatu tindakan yang tidak bisa dinilai dengan segalanya. Kesetiaan muncul dari hati terdalam suatu individu. Kesetiaan bukan hanya dimiliki oleh manusia, melainkan makhluk hidup lainnya, misalkan hewan peliharaan terhadap majikannya.

Selasa, 19 Feb 2019 20:29Berita Sumut

Sosialisasi Pemilu di Lapas Tanjung Gusta, KPU Minta Warga Binaan harus Sadar Hak Pilihnya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan melakukan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) kepada warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1A Tanjung Gusta Medan.

Selasa, 19 Feb 2019 20:12Berita Sumut

Luncurkan Website Dekranasda, Gubsu Desak Kabupaten/Kota Kembangkan Ekonomi Kreatif

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Nawal Edy Rahmayadi mendorong seluruh Dekranasda Kabupaten/Kota untuk memiliki kreatifitas tinggi, sehingga nantinya dapat memberikan sumbangsih dalam pembangunan daerah y

Selasa, 19 Feb 2019 19:54Berita Sumut

Wali Kota Sambut Baik & Dukung Penuh MIS Open 2019

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menyambut baik dan mendukung penuh digelarnya Kejuaraan Indonesia Skate Series II Medan Inline Skate (MIS) Open 2019 di Lapangan Cadika Pramuka yang dijadwalkan awal April mendatang. Selain untuk mengembangkan

Selasa, 19 Feb 2019 19:33Berita Sumut

Akhyar Tinjau Sejumlah Titik Genangan Air di Medan

Guna mengatasi sekaligus meminimalisir genangan air yang acap kali tergenang di beberapa wilayah kota Medan, Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi melakukan peninjauan di sejumlah titik yang diduga sering mengalami banjir akibat drainase yang yang ters

Selasa, 19 Feb 2019 18:49Berita Sumut

Polsek Medan Kota Sergap Terduga Pengedar Sabu Saat Kendarai Ojek Online

Sejumlah personil Polsek Medan Kota menyergap seorang terduga pelaku pengedar narkotika di kawasan Jalan Brigjen Katamso, tepatnya di depan pusat perbelanjaan Ace Hardware, Senin (18/2) siang.

Selasa, 19 Feb 2019 18:15Berita Sumut

Kawal Kinerja ASN, Pemko Medan & Kejari Medan Tandatangani MoU

Pemko Medan dan Kejari Medan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Penanganan/Penyelesaian Kasus Hukum Terkait Perdata dan Perkara Tata Usaha Negara wilayah Pemko Medan di DíHeritage Grand Aston City Hall Medan, Selasa (19/2/2019) pagi. Tuju

Selasa, 19 Feb 2019 18:00Berita Sumut

Kapolres Asahan : Peran Jurnalis Sangat Berarti Bagi Tugas Kepolisian

Peran jurnalis sangat berarti bagi tugas keseharian kepolisian, khususnya yang berada di wilayah hukum Polres Asahan. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Asahan AKBP.Faisal Florentinus Napitupulu saat pembukaan lomba karya penulisan berita kepolisian.

Selasa, 19 Feb 2019 17:45Berita Sumut

Pemilik PT Maqbuul Tersangka Kasus Penipuan Jamaah Umroh

Pemilik PT Maqbuul berinsial MAS warga Binjai ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan jamaah umroh oleh penyidik Polda Sumut. Dia diduga telah menipu 53 orang jamaah umroh.