Wagubsu Buka Rapat Anggota KONI Sumut,

Atlet Sumut Harus Mampu Tembus 5 Besar PON Papua

Amr Sabtu, 26 Januari 2019 17:03 WIB
Matatelinga
Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah menghadiri sekaligus membuka kegiatan Rapat Anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 di Polonia Hotel Jalan Sudirman Medan
MATATELINGA, Medan:   Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) harus mampu mendorong peningkatan prestasi para atlet, baik di tingkat nasional maupun internasional. Serta masuk posisi lima besar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua.



Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah saat membuka secara resmi Rapat Anggota KONI Sumut Tahun 2019, di Polonia Hotel Medan, Jumat malam (25/1/2019). Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Wagubsu Musa Rajekshah.

"Kita berharap nantinya pada PON 2020 di Papua Sumut bisa menduduki posisi 5 besar dan bisa menyumbangkan medali emas untuk cabang-cabang olahraga yang ada. Melalui rapat anggota ini KONI Sumut bisa menerima aspirasi dan masukan dari setiap pengurus cabang," ujar Wagubsu.



Dikatakan Wagubsu, dalam sejarahnya prestasi olahraga Sumut tidak kalah dengan sejumlah provinsi. Bahkan untuk sejumlah cabang olahraga (Cabor) seperti atletik, renang, bahkan sepakbola Sumut dikenal sebagai gudangnya atlet nasional.

"Sekarang tak berprestasi tidak ada alasan bagi KONI Sumut. Kalau tidak, berarti ketua KONI yang salah. Sumut harusnya tidak boleh kalah dalam provinsi lain dalam hal olahraga. Banyak cabang olahraga dulu kita pernah menduduki prestasi, seperti renang, sepeda, lari (atletik). Sepakbola kita pernah membanggakan untuk tingkat nasional, bahkan internasional," ucap Musa Rajekshah.



Apalagi pada tahun 2019, pemerintah provinsi sangat peduli terhadap anggaran olahraga. Musa Rajekshah menyampaikan bahwa anggaran KONI Sumut meningkat dibanding tahun 2018.

"Yang pastinya apa yang diminta KONI untuk anggaran sesuai apa yang direncanakan menurut prestasi dari cabang - cabang olahraga. Nanti disampaikan dalam rapat kerja, biar KONI yang menyampaikan apa yang menjadi program kerja dan bagaimana anggaran yang disupport pemerintah. Pastinya ini kita support karena olahraga ini sangat penting bagi prestasi kita dan penting buat nama provinsi kita," jelas Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.



Selain membahas program kerja persiapan menuju PON 2020, pada rapat anggota tahun ini juga membahas persiapan Sumut bersama Aceh menjadi tuan rumah PON 2024. Salah satunya adalah mempersiapkan pembangunan sport centre untuk sarana dan prasarana olahraga menuju tuan rumah PON ke -21.

Pada kesempatan itu, Ijekc juga menyampaikan, bahwa Gubsu Edy Rahmayadi sudah merencanakan pembangunan area sport centre di atas lahan seluas 200 hektar yang merupakan lahan eks HGU PTPN II. Dengan adanya sport centre, tidak hanya bermanfaat saat Sumut menjadi tuan rumah PON 2024, tetapi juga bisa nantinya dipercaya sebagai tuan rumah event-event berskala nasional maupun kejuaraan dunia.

"Pastinya kita berharap lahan ini cepat selesai permasalahannya dan diserahkan kepada kita. Setelah selesai kita akan anggarkan untuk pembangunan. Kita tahu pembangunan ini tidak bisa dalam anggaran satu tahun pasti ada anggaran multi years. Kita juga berharap melalui APBN dan ke depan sport centre ini jika sudah terbangun pengelolaannya juga wajib dipikirkan. Jangan sampai kita bisa membangun tapi tidak bisa merawat. Mudah - mudahan Sumut menjadi salah satu gudang atlet berprestasi untuk tingkat dunia," harap Wagubsu

Sementara Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis menyampaikan, rapat anggota KONI Sumut membahas program kerja tahun 2019 sekaligus evaluasi program kerja 2018. Salah satu evaluasi program kerja yang menjadi sorotan adalah tertundanya pelaksanaan Porprovsu yang harusnya terlaksana November 2018 harus diundur Juni 2019. Sementara untuk program KONI Sumut 2019 yang paling strategis adalah persiapan mengikuti Prakualifikasi PON 2020 Papua, baik melalui Porwil Sumatera ataupun Kejurnas.

"Program selain Porprovsu, yang tidak kalah penting adalah mengikuti pra PON 2020 Papua. Prakualifikasi melalui Porwil Sumatera di Bengkulu September dan mempertandingkan 11 cabor. Selebihnya Pra PON melalui kejurnas yang dimulai April," ucap John.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ir Sakiruddin menjelaskan, rapat anggota KONI Sumut diikuti 62 orang perwakilan KONI kabupaten/kota, 94 orang Pengprov cabang olahraga, serta 8 orang badan fungsional.

Rapat anggota yang berlangsung  selama tiga hari ini mengusung tema "Satu tekad mewujudkan Sumut Emas pada PON XX/2020 dan sukses PON XXI/2024. Rapat anggota KONI Sumut juga dihadiri  Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu Zony Waldi, Kepala Balitbang Provsu Effendy Pohan dan Kadispora Provsu H Baharuddin Siagian.
Editor: Amrizal

T#g:blibliBukalapkKoni SumutRapat anggota KoniTerkiniTravelokaWagubsu ijeck
Komentar
Selasa, 26 Mar 2019 23:35Lifestyle

Benarkah Daun Kelor Mampu Tangkal Pelet? ini Kata Anak Indigo

Pembahasan daun kelor sebagai alat untuk melumpuhkan ilmu kebal penjahat menjadi perbincangan di media masa.

Selasa, 26 Mar 2019 23:15Berita Sumut

Mencekam, Dua Kelompok Pemuda Belawan Bentrok 1 Tewas

Dua kelompok Pemuda dari kawasan Gudang Arang Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan

Selasa, 26 Mar 2019 23:10Nasional

TNI dan Kemenko Kemaritiman Tanda Tangani Nota Kesepahaman Bersama

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia (Kemenko Kemaritiman RI)

Selasa, 26 Mar 2019 23:05Nasional

Kazona Tengah Bakamla Serukan Tanggung Jawab Moral Personel Terhadap Institusi

Personil yang profesional memiliki tanggung jawab moral terhadap institusi dan bersedia bekerja keras

Selasa, 26 Mar 2019 23:00Nasional

Aspers Panglima TNI: Sejarah Perjuangan Bangsa Perlu Terus Digelorakan

Saat ini kebanggaan terhadap sejarah perjuangan bangsa secara nyata perlu terus ditanamkan dan digelorakan

Selasa, 26 Mar 2019 22:45Berita Sumut

Akhyar Hadiri Sertijab & Pisah Sambut Dandenpom I/5

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengucapkan terima kasih kepada Letkol CPM Sudarsono atas jasa dan pengabdiannya

Selasa, 26 Mar 2019 22:30Nasional

Bakamla RI - Japan Coast Guard Tingkatkan Kerja Sama Bilateral Keamanan Maritim

Bakamla dan Japan Coast Guard melakukan pembahasan draft Memorandum of Cooperation (MoC) di ruang rapat Podcast

Selasa, 26 Mar 2019 22:15Berita Sumut

Kementan Jamin Ekspor Kopi Lolos ke Berbagai Negara Luar

Setelah sukses melepas ekspor kubis di Berastagi bulan kemarin, sekarang Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, melepas ekspor 819,36 Ton kopi biji tujuan Rumania

Selasa, 26 Mar 2019 22:00Berita Sumut

Senilai Rp4,9 Triliun, Wagub Sumut Lepas Ekspor Kopi ke Berbagai Negara Luar

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah melepas ekspor kopi sebesar 65.347,10 ton atau senilai Rp4,901 triliun milik PT Sari Makmur Tunggal Mandiri, Selasa (26/3/2019).

Selasa, 26 Mar 2019 21:45Berita Sumut

Kapolda Resmikan Pembangunan Polres Batu Batubara

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto meresmikan pembangunan gedung baru Polres Batubara.

Selasa, 26 Mar 2019 21:28Berita Sumut

Bupati Batubara Hibahkan Mobil Dinas Ke Kapolres Batubara

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto menyaksikan penyerahan mobil dinas Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang dari dana hibah Pemkab Batubara. Penyerahan langsung dilakukan secara simbolis oleh Bupati Batubara H Zahir, Selasa (25/3/2019).

Selasa, 26 Mar 2019 21:01Berita Sumut

Resmikan Pembangunan Mapolres Batubara, Kapolda Sumut Sampaikan Harapan Ini

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto meresmikan pembangunan gedung baru Polres Batubara. Ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kapolda dan selanjutnya oleh Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang serta Bupati Batubara H Zahir.

Selasa, 26 Mar 2019 20:15Berita Sumut

Terjerat OTT, 4 Pengurus P3TM Dituntut 3 Bulan Penjara

Sidang kasus OTT yang melibatkan pengurus Pasar Marelan akhirnya sampai pada pembacaan tuntutan. Dalam tuntutan yang dibacakan Penuntut Umum Kejatisu, Abdul Hakim Sorimuda Harahap dihadapan majelis hakim yang diketuai Abdul Qadir, menuntut Ketua P3TM pasa

Selasa, 26 Mar 2019 19:42Berita Sumut

Dugaan Pemalsuan Sertifikat Tanah, Dakwaan Terhadap Tengku Awaluddin Tak Cermat

Salah seorang terdakwa kasus dugaan pemalsuan sertifikat tanah Grant Sultan lahan Tol Tanjungmulia Hilir, Tengku Awaluddin Taufiq, mengaku menjadi korban rekayasa hukum yang dipaksakan. Pasalnya, dakwaan yang dituduhkan jaksa penuntut umum (JPU) kepadany

Selasa, 26 Mar 2019 19:15Berita Sumut

Duh, Ternyata Korban Kakek Cabul di Multatuli Sebanyak 9 Orang Bocah

Ternyata korban kakek cabul berinisial PS (56) warga Jalan Multatuli Medan tidak hanya tiga orang anak tetangganya. Polisi mengembangkan kasus ini dan menemukan fakta baru korban pencabulan pria ini ternyata berjumlah 9 orang.

Selasa, 26 Mar 2019 19:00Berita Sumut

Kampanyekan Salah Satu Capres di Medsos, Oknum Pegawai PTPN IV Dituntut 6 Bulan Penjara

Seorang oknum pegawai di PTPN IV bernama Ibrahim Martabaya dituntut dengan pidana 6 bulan penjara lantaran mengkampanyekan salah satu pasangan calon presiden di akun Facebook miliknya. Dia juga dituntut membayar denda sebesar Rp5 juta subsider 1 bulan kur