BD Narkoba Diduga Berlindung Dibalik Kalapas

Nico/rilis Selasa, 21 Agustus 2018 21:50 WIB
ist
MATATELINGA, Langkat:  Proses pembinaan para narapidana nampaknya tak se seram yang dibayangkan. Apalagi terhadap para gembong narkoba perusak generasi bangsa, disebut-sebut kerap mendapatkan keistimewaan di Lapas Narkotika Klas II A Langkat.


Hal itu, terlihat ketika kru wartawan melakukan investigasi dan terlihat salah satu narapidana yang terjerat kasus penyalahgunaan narkotika yang kini menjalani masa tahanannya di Lapas Klas II A Langkat, mendapatkan perbedaaan dari sektor fasilitas meski didalam penjara.

Salah satu narapidana itu sebut saja HW bin Samsul Arifin alias Kewel terpaksa berhadapan dengan hukum sesuai putusan perkara 3958/Pidana Khusus/2016/Pengadilan Negeri Medan, dengan hukuman penjara selama 8 tahun8 bulan dan denda 1 milyar Subsider 1 bulan.


Kewel yang merupakan warga Jalan Pukat Harimau, Kelurahan Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung, ini diduga kuat melakukan pemberian imbalan terhadap Lapas Klas II A Langkat yang dikepalai oleh Baktiar Sitepu.

"Oh..kalau bos itu kamarnya di Blok T3, didalam kamar khususnya itu ada water heater, dispenser dan pendinginan ruangan, bang. Itu kan bukan standar ruang tahanan dari Kemenkumham. Bahkan, kuat dugaan dia telah merombak lantai kamarnya dengan keramik menggunakan uang pribadinya," ungkap salah seorang narapidana yang tak ingin namanya disebutkan karena takut diganggu.


Menurutnya, bukan hal yang biasa bagi mereka sesama napi uang sebagai kekuasaan."Siapa yang tak tau kalau bos-bos narkoba itu menjadi raja dan penguasa didalam penjara ini. Dengan diduga kekuatan uang, mereka bisa membeli segalanya. Abang bayangkan saja, dia (Kewel-red) punya kunci kamar pribadi, sehingga bisa keluar masuk dalam sel penjara kapan saja. Lebih hebatnya lagi, biar abang tau, kalau dia (Kewel-red) membuat ruang poloklinik menjadi ruangan besuk khusus. Fungsinya untuk pribadinya membawa masuk wanita dengan modus membesuk, ngeri gak itu bang," ungkapnya.

Dikabarkan sebelumnya, Kewel dibuang dari rumah tahanan (rutan) Klas I Tanjung Gusta Medan, karena telah terindentifikasi mendirikan kekuasaan dari bisnis Narkoba.

Namun saat hal tersebut disampaikan kepada Ka.Kanwil Kemenkumham Sumut, Drs. Priyadi BCIP, S.H., mengaku bahwa pihaknya menerima sejumlah laporan terkait adanya narapidana kasus narkoba di Lapas Narkotika Klas III Langkat.

"Terimakasih atas laporannya, memang banyak kita terima laporan terkait hal tersebut dan akan kita tindaklanjuti. Akan ada sanksi tegas yang akan diberikan kepada narapidana yang memiliki fasilitas dan mengendalikan narkoba," ungkap Priyadi.

Namun, saat di pertanyakan soal tindakan tegas terhadap Ka.Lapas Narkotika Klas II A Langkat, ia mengatakan akan mendalaminya.

"Inikan era perubahan, tidak ada lagi fasilitas khusus dan tidak ada kekuatan warga binaan untuk berbisnis narkoba didalam penjara. Ayo kawan-kawan media bantu kita untuk membenahinya. Ada informasi akurat silahkan kabari langsung ke saya, pasti ada sikap tindak lanjut nya," sebutnya.

Sementara itu, Kalapas Klas II A LangkatBaktiar Sitepu dihubungi Wartawan Selasa (21/8/2018) mengatakan, "telah memindahkan kewel ke kamar yang lain terkait adanya kamar mewah yang dihuni napi kasus narkoba".
Editor: Amrizal

Sumber: Rillis

T#g:BD Narkoba dapat layanan istimewaKewelLangkatLapas LangkatTerpidana Narkobasewa Kamar terlai
Komentar
Sabtu, 20 Apr 2019 12:49Berita Sumut

Gugur Usai PAM TPS, Aiptu Jonter Dapat Kenaikan Pangkat

Polri memberikan kenaikan pangkat luar biasa kepada Aiptu Jonter Siringoringo, anggota Satreskrim Polres Dairi yang gugur usai mengawal pemungutan suara di TPS. Upacara kenaikan pangkat rencananya akan digelar hari ini, Sabtu (20/4/2019 ) di Mapolres Da

Sabtu, 20 Apr 2019 12:26Berita Sumut

Dua Kecamatan di Medan Pinjam Gedung Simpan Kotak Surat Suara

Dua dari 21 kecamatan yang ada di Medan terpaksa meminjam gedung untuk menyimpang kotak surat suara Pemilu 2019. Langkah ini dilakukan karena aula kecamatan tidak mampu menampung kotak suara.

Sabtu, 20 Apr 2019 12:11Berita Sumut

Kodam I/BB Berlakukan Status Siaga 1 Seluruh Jajaran

Kodam I/Bukit Barisan memberlakukan status Siaga 1 kepada seluruh jajarannya yang meliputi empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kepri).

Sabtu, 20 Apr 2019 11:48Berita Sumut

Soal Banjir Rob, Warga Belawan Tagih Janji Walikota

Dulu saat berkampanye di Medan Utara khususnya di Kota Belawan H Zulmi Eldin Msi berjanji akan memasang Turap di sepanjang pantai agar air pasang ROB tidak merendam perumahan warga.

Sabtu, 20 Apr 2019 10:27Berita Sumut

Polri Berduka, Personil Satreskrim Polres Dairi Gugur Usai Kelelahan Jaga TPS

Jajaran Polri berduka kehilangan salah seorang personilnya yang bertugas mengawal TPS di Kabupaten Dairi. Aiptu Jonter Siringoringo (51) diketahui gugur setelah menjalankan tugas mengawal tempat pemungutan suara (TPS) di Tiga Baru, Kecamatan Pegagan Hil

Sabtu, 20 Apr 2019 10:00Lifestyle

Tak Semua Berhati Mulia, Berikut 6 Wanita Tangguh yang Diabadikan Namanya dalam Al Qur'an

Sejak zaman nabi, perempuan punya peranan besar dalam kehidupan. Mereka dijadikan panutan bagi banyak orang karena pengalaman hidupnya menyentuh.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:45Lifestyle

3 Selebriti Ini Ungkap Pacaran Settingan Vicky Prasetyo

Nama Vicky Prasetyo dalam dunia hiburan selebriti memang dikenal sosok yang kontroversial, apalagi bicara soal kisah asmara dengan deretan publik figur.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:32Berita Sumut

Pasutri Embat Tas Milik Istri Supir PT.BSP DiKepung Massa

Warga komplek PT.Bakrie Sumatera Plantitions (BSP) mendadak ramai dan berhamburan keluar rumah setelah mendengar teriakan "Maling ...maling...jambret..",Jum'at (19/4/2019).

Sabtu, 20 Apr 2019 09:30Ekonomi

Tertekan Poundsterling, Indeks Dolar AS Melemah

Indeks dolar AS menurun pada akhir perdagangan 19 April 2019. Dolar melemah di tengah pound Inggris yang lebih kuat

Sabtu, 20 Apr 2019 09:15Ekonomi

Harga Pangan Naik Bawang Putih Rp50.000/Kg Jelang Bulan Puasa

Menjelang bulan suci Ramadan, sejumlah harga bahan pokok mulai merangkak naik di pasar-pasar tradisional. Di antaranya harga bawang putih yang harganya sudah naik.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:00Nasional

TKN Tolak Rekonsiliasi dengan Prabowo

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin menolak rekonsiliasi atau pemulihan hubungan dengan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Sabtu, 20 Apr 2019 08:45Lifestyle

Dikabarkan Menikah, Jessica Iskandar Ungkap Kebenarannya

Jessica Iskandar akhirnya mengungkap rencana pernikahan dengan Richard Kyle. Dalam acara yang dia pandu bersama Nia Ramadhani

Sabtu, 20 Apr 2019 08:30Lifestyle

Billy Syahputra Gandeng Wanita Baru, Nikita Mirzani Beberkan Rahasianya

Nikita Mirzani memberikan bocoran soal kedekatan Billy Syahputra dengan seorang perempuan lain

Sabtu, 20 Apr 2019 08:15Bola

Jelang Kontra Liverpool, Cardiff Siap Persulit Langkah Liverpool

Manajer Cardiff City, Neil Warnock, mengakui bahwa laga melawan Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris musim 2018-2019

Sabtu, 20 Apr 2019 08:00Nasional

Jokowi-Ma'ruf 54,91% dan Prabowo-Sandi 45,09% di Real Count KPU 4,6%

Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan penghitungan suara pemilihan presiden dan wakil presiden 2019. Hingga Pukul 07.30 WIB

Sabtu, 20 Apr 2019 07:45Bola

Begini Respons Koulibaly, Usai Rumor ke Gabungannya ke Manchester United Kian Genjar

Bek andalan Napoli, Kalidou Koulibaly, memberikan tanggapan mengenai rumor yang mengatakan