BD Narkoba Diduga Berlindung Dibalik Kalapas

Nico/rilis Selasa, 21 Agustus 2018 21:50 WIB
ist
MATATELINGA, Langkat:  Proses pembinaan para narapidana nampaknya tak se seram yang dibayangkan. Apalagi terhadap para gembong narkoba perusak generasi bangsa, disebut-sebut kerap mendapatkan keistimewaan di Lapas Narkotika Klas II A Langkat.


Hal itu, terlihat ketika kru wartawan melakukan investigasi dan terlihat salah satu narapidana yang terjerat kasus penyalahgunaan narkotika yang kini menjalani masa tahanannya di Lapas Klas II A Langkat, mendapatkan perbedaaan dari sektor fasilitas meski didalam penjara.

Salah satu narapidana itu sebut saja HW bin Samsul Arifin alias Kewel terpaksa berhadapan dengan hukum sesuai putusan perkara 3958/Pidana Khusus/2016/Pengadilan Negeri Medan, dengan hukuman penjara selama 8 tahun8 bulan dan denda 1 milyar Subsider 1 bulan.


Kewel yang merupakan warga Jalan Pukat Harimau, Kelurahan Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung, ini diduga kuat melakukan pemberian imbalan terhadap Lapas Klas II A Langkat yang dikepalai oleh Baktiar Sitepu.

"Oh..kalau bos itu kamarnya di Blok T3, didalam kamar khususnya itu ada water heater, dispenser dan pendinginan ruangan, bang. Itu kan bukan standar ruang tahanan dari Kemenkumham. Bahkan, kuat dugaan dia telah merombak lantai kamarnya dengan keramik menggunakan uang pribadinya," ungkap salah seorang narapidana yang tak ingin namanya disebutkan karena takut diganggu.


Menurutnya, bukan hal yang biasa bagi mereka sesama napi uang sebagai kekuasaan."Siapa yang tak tau kalau bos-bos narkoba itu menjadi raja dan penguasa didalam penjara ini. Dengan diduga kekuatan uang, mereka bisa membeli segalanya. Abang bayangkan saja, dia (Kewel-red) punya kunci kamar pribadi, sehingga bisa keluar masuk dalam sel penjara kapan saja. Lebih hebatnya lagi, biar abang tau, kalau dia (Kewel-red) membuat ruang poloklinik menjadi ruangan besuk khusus. Fungsinya untuk pribadinya membawa masuk wanita dengan modus membesuk, ngeri gak itu bang," ungkapnya.

Dikabarkan sebelumnya, Kewel dibuang dari rumah tahanan (rutan) Klas I Tanjung Gusta Medan, karena telah terindentifikasi mendirikan kekuasaan dari bisnis Narkoba.

Namun saat hal tersebut disampaikan kepada Ka.Kanwil Kemenkumham Sumut, Drs. Priyadi BCIP, S.H., mengaku bahwa pihaknya menerima sejumlah laporan terkait adanya narapidana kasus narkoba di Lapas Narkotika Klas III Langkat.

"Terimakasih atas laporannya, memang banyak kita terima laporan terkait hal tersebut dan akan kita tindaklanjuti. Akan ada sanksi tegas yang akan diberikan kepada narapidana yang memiliki fasilitas dan mengendalikan narkoba," ungkap Priyadi.

Namun, saat di pertanyakan soal tindakan tegas terhadap Ka.Lapas Narkotika Klas II A Langkat, ia mengatakan akan mendalaminya.

"Inikan era perubahan, tidak ada lagi fasilitas khusus dan tidak ada kekuatan warga binaan untuk berbisnis narkoba didalam penjara. Ayo kawan-kawan media bantu kita untuk membenahinya. Ada informasi akurat silahkan kabari langsung ke saya, pasti ada sikap tindak lanjut nya," sebutnya.

Sementara itu, Kalapas Klas II A LangkatBaktiar Sitepu dihubungi Wartawan Selasa (21/8/2018) mengatakan, "telah memindahkan kewel ke kamar yang lain terkait adanya kamar mewah yang dihuni napi kasus narkoba".
Editor: Amrizal

Sumber: Rillis

T#g:BD Narkoba dapat layanan istimewaKewelLangkatLapas LangkatTerpidana Narkobasewa Kamar terlai
Komentar
Jumat, 21 Sep 2018 13:11Berita Sumut

Komunitas Vespa Kawal Mahasiswa Pertanian dari Kampus III Menuju Kampus II

Komunitas Vespa Matahari Scuter ikut ambil bagian dengan berparade dari kampus III Jalan Harmonika Baru mengawal calon mahasiswa fakultas pertanian yang berjumlah 226 orang menuju kampus II di Jalan Setia Budi Pasar II Tanjung Sari Medan.

Jumat, 21 Sep 2018 11:43Berita Sumut

Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto Lantik Brigjen Pol Mardiaz Jadi Waka Poldasu

Kepala kepolisian Polda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Agus Andrianto, S.H secara resmi melantik Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum menjabat Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Wakapolda Sumut).

Jumat, 21 Sep 2018 11:39Nasional

Wakasad : Generasi Muda harus jadi Agent Of Change dan Entrepreneur Berwawasan Kebangsaan

Guna menghadapi kompetisi global yang penuh dengan tantangan Generasi muda diharapkan mampu menjadi Agent of Change sekaligus berwawasan kebangsaan

Jumat, 21 Sep 2018 11:35Berita Sumut

Optimalkan Perekaman Penduduk, Disdukcapil Sumut Selenggarakan Bimtek

Optimalkan perekaman data penduduk di Sumatera Utara (Sumut), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sumut menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pendaftaran penduduk dan pengelolaan administrasi kependudukan bagi aparatur kabu

Jumat, 21 Sep 2018 11:34Berita Sumut

P3S UMI Medan Diisi dengan Ceramah Wawasan Kebangsaan

Pengenalan Program Pendidikan dan Studi (P3S) kepada mahasiswa baru Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan di Kampus II Jalan Setia Budi Pasar II Tanjung Sari Medan, Jumat (21/9) setelah diawali dengan ibadah, P3S dibuka secara resmi oleh Rektor UMI

Jumat, 21 Sep 2018 11:31Berita Sumut

Kapoldasu Besuk Lima Mahasiswa terluka Bentrok DPRDSU

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Agus Andrianto,SH menjenguk mahasiswa yang mengalami luka akibat unjuk rasa di depan Kantor DPRD Sumut

Jumat, 21 Sep 2018 11:26Berita Sumut

Titik Panas Mulai Terpantau di Sumut BBMKG

Satu titik panas (hotspot) di provinsi Sumatera Utara (Sumut), kembali ditemukan Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG).

Jumat, 21 Sep 2018 11:12Berita Sumut

Muspika Kec Bandar bersama APSI dan masyarakat Gotong Royong Perbaiki Jalan

Kota Perdagangan sebagai Barometernya Simalungun yang lebih dikenal Sampantao, Muspika bersama Instansi serta masyarakat mengadakan gotong royong memperpaiki jalan jalan dipusat kota sudah pada hancur dan berlubang dan sangat membahayakan bagi pengguna

Jumat, 21 Sep 2018 10:38Lifestyle

Konsumsi Teh di Pagi Hari Dapat Membahayakan Kesehatan

MASYARAKAT di sejumlah negara di Asia seperti Indonesia, India, dan Malaysia umumnya memulai hari mereka dengan secangkir kopi atau teh panas, sambil membaca koran dan menikmati sepotong roti panggang. Bagi sebagian orang, praktik seperti ini mungkin terl

Jumat, 21 Sep 2018 10:34Lifestyle

Inilah Tiga Zodiak yang Berpotensi Mengubah Dunia. Cek Disini, Apakah Kamu Salah Satunya?

BANYAK permasalahan yang menjadi perhatian negara-negara di dunia. Kemiskinan, kemacetan, pendidikan dan kesehatan masih perlu ditangani.

Jumat, 21 Sep 2018 10:22Lifestyle

Mau Melihat Jaring Laba-laba Raksasa? Datanglah ke Tempat Ini

BANYAK hewan yang dianggap menakutkan entah karena bentuknya, atau memang beracun. Salah satunya adalah laba-laba, selain karena bentuknya yang menakutkan banyak juga yang beracun.

Jumat, 21 Sep 2018 10:17Internasional

Untuk Ketiga Kalinya Shinzo Abe Pimpin LDP, Partai Berkuasa di Jepang

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Kamis menang untuk ketiga kali berturut-turut sebagai ketua Partai Demokrat Liberal (LDP) berkuasa.

Jumat, 21 Sep 2018 10:02Internasional

'Razia' Beragama, China Tutup Gereja Independen Terbesar

PENUTUPAN salah satu gereja independen terbesar di Beijing baru-baru ini dan tindakan keras terhadap jemaat di tempat lain di China, adalah bagian dari upaya yang lebih luas untuk menempatkan agama di bawah kendali Partai Komunis yang berkuasa, menurut pa

Jumat, 21 Sep 2018 09:54Internasional

Pilot Lupa Nyalakan Alat Pengatur Tekanan Udara, 30 Penumpang Alami Pendarahan

Kesalahan dari yang dilakukan pilot di kokpit menyebabkan lebih dari 30 penumpang pesawat Jet Airways India mengalami pendarahan dari telinga dan hidung mereka. Pilot dilaporkan lupa menyalakan alat pengatur tekanan kabin saat pesawat mengudara.

Jumat, 21 Sep 2018 09:51Nasional

Mahfud MD: Jika Hukum Ditegakkan, Lebih dari 50 Persen Persoalan Negara Dapat Diselesaikan

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD kembali menegaskan bahwa persoalan penerapan hukum di Indonesia saat ini amburadul, sehingga harus menjadi fokus perhatian seluruh pihak.

Jumat, 21 Sep 2018 09:47Nasional

Almisbat Adakan Lomba Potong Tempe Setipis Kartu ATM

Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Indonesia Hebat (Almisbat) menggelar perlombaan potong tempe setipis ATM di Kantor Badan Pengurus Nasional (BPN) Almisbat, Tebet Barat VIII, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2018).