• Home
  • Berita Sumut
  • BI & Pemko Medan Tandatangani Nota Kesepahaman Sektor Pertanian

BI & Pemko Medan Tandatangani Nota Kesepahaman Sektor Pertanian

Senin, 05 Mei 2014 20:08 WIB

Matatelinga - Medan, Pemko Medan dan Bank Indonesia melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama sektor pertanian di wilayah Kota Medan, Senin (5/5/2014). Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan guna menetapkan satu wilayah menjadi sentra holtikultura di Kota Medan. Diharapkan melalui langkah ini dapat meningkatkan produksi sayuran dan buah, khususnya komoditas holtikultura bawang merah.
                
Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan langsung Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Sumut- Aceh Difi A Djohansyah di ruang Kuala Deli  Kantor Bank Indonesia (BI) Wilayah IX Sumut Aceh  Jalan Balai Kota Medan.
               
Dijelaskan Eldin, penandatanganan nota kesepahaman  kerjasama sektor pertanian, terutama  peningkatan produksi bawang merah ini dilakukan karena perkembangan kondisi makro ekonomi Kota Medan saat ini tercatat menunjukkan tingkat inflasi yang cukup tinggi di awal tahun. Malah mencatatkan bawang merah sebagai salah satu komoditi penyumbang inflasi yang cukup signifikan.
                
“Untuk itulah nota kesepahaman ini dilakukan  agar kiranya masyarakat petani dapat kita fasilitasi dalam berbagai bentuk pelatihan, pendanaan dan pendampingan serta pengembangan  kelembagaan, khususnya dalam meningkatkan produktifitas bawang merah. Insya Allah kerjasama ini akan memberikan manfaat yang semakin luas kepada masyarakat, terutama yang kurang mampu ,” kata Eldin.
                
Mantan Sekda Kota Medan ini selanjutnya menyampaikan, berdasarkan Rancangan Umum Tata Ruang (RUTR) Kota Medan, di sebahagian kawasan Marelan telah ditetapkan sebagai pusat pengembangan pertanian holtikultura. Selain itu akan dilengkapi dengan pasar tradisional yang semakin baik dan kini dalam proses pembangunan.
                

Kepada Dinas Pertanian dan Keluatan Kota Medan, Eldin berpesan agar terus berkoordinasi  baik dengan SKPD  di lingkungan Pemko Medan maupun pihak BI guna memberhasilkan kerjasama yang telah dirancang dengan baik ini. Dengan demikian dapat diwujudkan secara nyata  dengan volume yang semakin luas nantinya.
                
“Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, saya berharap  akan membuka berbagai peluangkerjasama dengan BI di sektor lainnya pada masa yang akan datang, terutama dalam pengendalian inflkasi daerah, pembinaan UMKM dan program-program penaggulangan kemiskinan lainnya,” harapnya.
                
Selain bawang merah, Eldin juga menawarkan kerjasama pembudidayaan jambu air. Dia berharap pembudidayaan jambu air ini dapat membantu  penghasilan keluarga, sebab jambu air yang akan dibudidayakan  tak pernah putus berbuah. Termasuk, pembudiyaan jambu gelutuk (jambu biji) yang buahnya tanpa biji sedikitpun.
                
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Sumut- Aceh Difi A Djohansyah mengatakan,, selaran dengan upaya pengendalian inflasi, periode ini BI bersama Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan akan mengembangkan klaster bawang merah. Sebagaimana diketahuibawang merah merupakan komiditi yang memberikan pengaruh terhadap capaian inflasi di Provinsi Sumut dengan andil 0,51 persen.
                
Selain itu, jelas Didif,  bawang merah juga merupakan komiditas yang memiliki frukensi tinggi sebagai penyumbang inflasi. Untuk inflasi Kota Medan sendiri, kenaikan harga bawang merah telah menyebabkan inflasi sebanyak 7 kali pada tahun 2013. “Pilot project pengembangan klaster akan dilaksanakan di Kecamatan Medan Marelan seluas lebih kurang 5 hektar,” jelas Difi.
                
Ditambahkannya lagi, kelompok tani yang terlibat dalam program ini sebanyak 6 kelompok. Dia berharap melalui program ini produksi bawang merah dapat ditingkatkan. Dalam ruang lingkup yang lebih besar, gerakan menanam bawang merah pada gilirannya dapat berdampak pada ketersediaan pasokan yang mempengaruhi stabilitas harga.
                
“Penandatanganan nota kesepahaman ini tentunya menjadi langkah bagi kami dalam meningkatkan perekonomian di Kota Medan, khususnya sektor pertanian. Setelah penandatanganan ini, BI dan Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan akan  menindaklanjuti program ini dengan berbagai kegiatan seperti penanaman, studi banding, program pelatihan serta pemberdayaan kelompok tani,” paparnya. 


(Hendra/Mt-01)
T#g:NatalBanjirjambretkorupsiMedanpenyiksaan
Komentar
Sabtu, 23 Mar 2019 23:00Berita Sumut

Kapolda Sumut Nobar Film Pohon Terkenal Bersama Jajaran dan Media

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menggelar nonton bareng film Pohon Terkenal bersama jajaran Polda Sumut, Aktifis dan Media

Sabtu, 23 Mar 2019 22:45Berita Sumut

Wakil Wali Kota Dukung Perkembangan Digitalisasi Ekonomi Kreatif

Rahasia seorang entrepreneur yang sukses adalah berani menciptakan peluang, terus berinovasi dan berani mengambil resiko berdasarkan berbagai pertimbangan yang rasional

Sabtu, 23 Mar 2019 22:30Nasional

Panglima TNI Apresiasi Prajurit TNI-Polri Bantu Korban Banjir di Jayapura

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. sangat mengapresiasi prajurit TNI-Polri yang telah melakukan bantuan kemanusiaan

Sabtu, 23 Mar 2019 22:15Nasional

Panglima TNI Tinjau Posko Pengungsi Korban Bencana Banjir di Sentani

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Pol. Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. dan Gubernur Papua Lukas Enembe

Sabtu, 23 Mar 2019 18:29Berita Sumut

Baksos Mata Katarak dan Hernia Gratis Dibuka Secara Resmi oleh Jaksa Agung

Agung Republik Indonesia HM Prasetyo beserta isteri selaku Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Ros Ellyana Prasetyo melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara sekaligus membuka secara resmi bakti sosial operasi mata katarak dan hernia gratis di

Sabtu, 23 Mar 2019 17:06Berita Sumut

UAS Sempat Pikir HUT H Anif Pakai Tiup Lilin

Ustad Abdul Somad (UAS) menjadi orang-orang yang ditunggu-tunggu oleh ribuan masyarakat yang telah memadati halaman Mesjid Al Musanif Jalan Cemara, Medan Estate, Deli Serdang, Sabtu (23/3)

Sabtu, 23 Mar 2019 16:00Berita Sumut

Dadang Darmawan : Semua Caleg Harusnya Miliki Visi yang Sama

Pengamat politik, Dadang Darmawan Pasaribu, menyebut jika semua calon legislatif baik DPR maupun DPD harusnya memiliki visi yang sama. Yaitu seperti yang termaktub dalam alinea kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah

Sabtu, 23 Mar 2019 15:38Berita Sumut

Edy Rahmayadi : Ulang Tahun Biasanya Tiup Lilin, Masya Allah Ini Malah Membuat MTQ

Pelaksanaan MTQ ke 1 yang digelar Yayasan H Anif membuat Gubsu Edy Rahmayadi kagum. Kekaguman itu timbul lantaran pelaksanaan MTQ ini digelar juga untuk memperingati HUT H Anif.

Sabtu, 23 Mar 2019 15:21Berita Sumut

Kebakaran Siang Bolong Hanguskan 4 Rumah Warga di Kelurahan Babura

Sebanyak 4 unit rumah kontrakan warga di Jalan Sei Wampu Baru Dalam Pasar II Kelurahan Babura Kecamatan Medan Baru, terbakar, Sabtu (23/03/2019).

Sabtu, 23 Mar 2019 14:33Advertorial

Klinik dr. Geeta Terbaik di Medan

Klinik dr. Geeta adalah salah satu klinik terbaik dan terkenal di Kota Medan yang sudah berdiri Sejak 20 Tahun lamanya. Di klinik dr.Geeta, konsumen juga dapat berkonsultasi tentang perawatan apa yang cocok. Selain itu disini juga ditangani oleh dokte

Sabtu, 23 Mar 2019 14:15Berita Sumut

Besok, Slank Meriahkan Deklarasi Milenial Anti Narkoba di Sumut

Deklarasi Milenial Anti Narkoba yang digelar DPP Granat Pusat bekerjasama dengan Ditresnarkoba Poldasu pada Minggu (24/3) pagi akan dimeriahkan grup band Slank. Acara deklarasi ini akan dipusatkan di Lapangan Benteng dengan berbagai kegiatan.

Sabtu, 23 Mar 2019 12:55Berita Sumut

Hadiri KSI 4.0 di Jaktim, Soekirman Sampaikan Komitmen Perbaiki Sungai yang "Sakit"

Lebih dari seribuan orang dari berbagai daerah terdiri dari berbagai elemen dan komunitas pencinta sungai se-Indonesia tumpah ruah di Lokasi Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur untuk menghadiri acara Kongres Sungai Indonesia

Sabtu, 23 Mar 2019 12:38Berita Sumut

Sembari Terisak, Ijeck Minta Doakan MTQ Yayasan H. Anif Terus Terlaksana Hingga Akhir Hayat

Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Sumatera Utara tak kuat lagi menahan emosinya ketika menyampaikan kata sambutan di gelaran acara Yayasan Haji Anif di Mesjid Al Musanif jalan Cemara, Deli Serdang, Sabtu (23/2/2019).

Sabtu, 23 Mar 2019 12:16Nasional

Ini Tindak Lanjut Penanganan Mobil Pajero Ber-plat Nomor Dinas TNI 3005-00

Setelah melakukan penyelidikan awal di lingkungan internal TNI, POM TNI mengembangkan penyelidikan terhadap pihak-pihak terkait di lapangan. Tidak ditemukan indikasi keterlibatan prajurit TNI dalam kasus ini.

Sabtu, 23 Mar 2019 11:55Berita Sumut

Wagub Sumut Jamu Makan Malam UAS

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah menjamu makan malam Ustad Abdul Somad (UAS), di kediamannya komplek Cemara Asri, Jumat malam (22/3).

Sabtu, 23 Mar 2019 09:15Nasional

Danpuspom TNI Klarifikasi Video Mobil Plat Dinas 3005-00

Komandan Polisi Militer (Danpom) TNI, Mayjen TNI Dedy Iswanto, S.E. didampingi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Sisriadi menggelar jumpa pers