• Home
  • Berita Sumut
  • BI & Pemko Medan Tandatangani Nota Kesepahaman Sektor Pertanian

BI & Pemko Medan Tandatangani Nota Kesepahaman Sektor Pertanian

Senin, 05 Mei 2014 20:08 WIB

Matatelinga - Medan, Pemko Medan dan Bank Indonesia melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama sektor pertanian di wilayah Kota Medan, Senin (5/5/2014). Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan guna menetapkan satu wilayah menjadi sentra holtikultura di Kota Medan. Diharapkan melalui langkah ini dapat meningkatkan produksi sayuran dan buah, khususnya komoditas holtikultura bawang merah.
                
Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan langsung Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Sumut- Aceh Difi A Djohansyah di ruang Kuala Deli  Kantor Bank Indonesia (BI) Wilayah IX Sumut Aceh  Jalan Balai Kota Medan.
               
Dijelaskan Eldin, penandatanganan nota kesepahaman  kerjasama sektor pertanian, terutama  peningkatan produksi bawang merah ini dilakukan karena perkembangan kondisi makro ekonomi Kota Medan saat ini tercatat menunjukkan tingkat inflasi yang cukup tinggi di awal tahun. Malah mencatatkan bawang merah sebagai salah satu komoditi penyumbang inflasi yang cukup signifikan.
                
“Untuk itulah nota kesepahaman ini dilakukan  agar kiranya masyarakat petani dapat kita fasilitasi dalam berbagai bentuk pelatihan, pendanaan dan pendampingan serta pengembangan  kelembagaan, khususnya dalam meningkatkan produktifitas bawang merah. Insya Allah kerjasama ini akan memberikan manfaat yang semakin luas kepada masyarakat, terutama yang kurang mampu ,” kata Eldin.
                
Mantan Sekda Kota Medan ini selanjutnya menyampaikan, berdasarkan Rancangan Umum Tata Ruang (RUTR) Kota Medan, di sebahagian kawasan Marelan telah ditetapkan sebagai pusat pengembangan pertanian holtikultura. Selain itu akan dilengkapi dengan pasar tradisional yang semakin baik dan kini dalam proses pembangunan.
                

Kepada Dinas Pertanian dan Keluatan Kota Medan, Eldin berpesan agar terus berkoordinasi  baik dengan SKPD  di lingkungan Pemko Medan maupun pihak BI guna memberhasilkan kerjasama yang telah dirancang dengan baik ini. Dengan demikian dapat diwujudkan secara nyata  dengan volume yang semakin luas nantinya.
                
“Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, saya berharap  akan membuka berbagai peluangkerjasama dengan BI di sektor lainnya pada masa yang akan datang, terutama dalam pengendalian inflkasi daerah, pembinaan UMKM dan program-program penaggulangan kemiskinan lainnya,” harapnya.
                
Selain bawang merah, Eldin juga menawarkan kerjasama pembudidayaan jambu air. Dia berharap pembudidayaan jambu air ini dapat membantu  penghasilan keluarga, sebab jambu air yang akan dibudidayakan  tak pernah putus berbuah. Termasuk, pembudiyaan jambu gelutuk (jambu biji) yang buahnya tanpa biji sedikitpun.
                
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Sumut- Aceh Difi A Djohansyah mengatakan,, selaran dengan upaya pengendalian inflasi, periode ini BI bersama Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan akan mengembangkan klaster bawang merah. Sebagaimana diketahuibawang merah merupakan komiditi yang memberikan pengaruh terhadap capaian inflasi di Provinsi Sumut dengan andil 0,51 persen.
                
Selain itu, jelas Didif,  bawang merah juga merupakan komiditas yang memiliki frukensi tinggi sebagai penyumbang inflasi. Untuk inflasi Kota Medan sendiri, kenaikan harga bawang merah telah menyebabkan inflasi sebanyak 7 kali pada tahun 2013. “Pilot project pengembangan klaster akan dilaksanakan di Kecamatan Medan Marelan seluas lebih kurang 5 hektar,” jelas Difi.
                
Ditambahkannya lagi, kelompok tani yang terlibat dalam program ini sebanyak 6 kelompok. Dia berharap melalui program ini produksi bawang merah dapat ditingkatkan. Dalam ruang lingkup yang lebih besar, gerakan menanam bawang merah pada gilirannya dapat berdampak pada ketersediaan pasokan yang mempengaruhi stabilitas harga.
                
“Penandatanganan nota kesepahaman ini tentunya menjadi langkah bagi kami dalam meningkatkan perekonomian di Kota Medan, khususnya sektor pertanian. Setelah penandatanganan ini, BI dan Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan akan  menindaklanjuti program ini dengan berbagai kegiatan seperti penanaman, studi banding, program pelatihan serta pemberdayaan kelompok tani,” paparnya. 


(Hendra/Mt-01)
T#g:NatalBanjirjambretkorupsiMedanpenyiksaan
Komentar
Rabu, 24 Jul 2019 10:15Nasional

Bakamla RI/IDNCG Evaluasi Strategi Kamla

Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Gelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Monitoring Evaluasi Strategi Keamanan Laut, di Markas Besar Bakamla RI/IDNCG, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat

Rabu, 24 Jul 2019 10:00Nasional

Gempa 4,9 SR Guncang Bali

Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Gempa terjadi sekira pukul 08.29 WIB.

Rabu, 24 Jul 2019 09:53Berita Sumut

Bocah Hanyut di Sungai, Berhasil di Temukan Tim SAR Medan

Bocah bernama Dapa Al Rizki ,4, yang hanyut di aliran sungai Belawan,di Desa Paya Geli Dusun I Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang Selasa (23/7/2019) sore kemarin ditemukan tak bernyawa (tewas).

Rabu, 24 Jul 2019 09:45Ekonomi

Rupiah Melemah ke Rp14.022/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih melanjutkan tren pelemahan pada perdagangan hari ini. Rupiah kembali dekati level Rp14.000-an per USD

Rabu, 24 Jul 2019 09:30Bola

Drama Adu Pinalti, Madrid Kalahkan Arsenal

Real Madrid harus susah payah meraih kemenangan dari Arsenal di turnamen pramusim yang bertajuk International Champions Cup (ICC) 2019

Rabu, 24 Jul 2019 09:15Internasional

Setelah 10 Tahun Hilang, Pekerja Supermarket ini Ditemukan di Tokonya

Jasad seorang pria yang telah hilang sejak 2009 telah ditemukan di belakang lemari pendingin di sebuah supermarket tempatnya bekerja yang kini sudah tutup

Rabu, 24 Jul 2019 09:00Lifestyle

Nekat Berhubungan Badan di Dalam Mobil, Ini Kata Psikolog

Pasangan kekasih di Kupang, Nusa Tenggara Timur ditangkap oleh petugas Satpol PP pada Senin siang, 22 Juli 2019

Rabu, 24 Jul 2019 08:45Ekonomi

Wall Street Ditutup Menguat

Saham-saham di Wall Street reli dan berakhir dengan kenaikan cukup memuaskan pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB)

Rabu, 24 Jul 2019 07:30Bola

Zidane Tak Ambil Pusing Soal Isu Hengkangnya James Rodriguez

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, memberikan komentarnya mengenai kabar kepergian James Rodriguez pada bursa transfer musim panas ini

Rabu, 24 Jul 2019 07:15Internasional

WOW! Wanita Ini Ngaku Mengandung Bayi Alien

Seorang perempuan mengklaim telah melakukan perjalanan lintas waktu ke tahun 3500 untuk dihamili oleh alien

Rabu, 24 Jul 2019 07:00Bola

Kualifikasi II Liga Champions 2019-2020,ini Hasil Pertandingannya

Sebanyak lima pertandingan digelar pada Leg Pertama Kualifikasi II Liga Champions 2019-2020, Rabu (24/7/2019) malam WIB

Rabu, 24 Jul 2019 06:45Bola

Ac Milan: Tetap Rekrut Correa Meski Gagal Jual Andre Silva

AC Milan sejatinya sudah memiliki perencanaan untuk menjual penyerang yang dimilikinya, Andre Silva, ke AS Monaco

Rabu, 24 Jul 2019 06:30Lifestyle

Tersangka Kasus "Ikan Asin" Ajukan Penangguhan Penahanan

Farhat Abbas diketahui mengajukan penangguhan penahanan untuk Rey Utami

Rabu, 24 Jul 2019 06:15Bola

Jangan Lewatkan Pertandingan Juventus vs Inter Milan

Laga antara Juventus vs Inter Milan dipastikan berjalan menarik. Apalagi, kedua tim sama-sama tengah beradaptasi dengan juru taktik anyar. Juventus masih mencari bentuk di bawah kendali Maurizio Sarri, sementara Antonio Conte sedang mencari racikan yang p

Rabu, 24 Jul 2019 06:00Berita Sumut

Polisi Airud Poldasu Tangkap KM Pendawa Lima, Bawa Bawang Merah

Kapal Patroli KP ll 2028 miik Ditpolairud Polda Sumatera Utara dengank Kopadnya Bripka Asun Simanjuntak saat berpatroli rutin dikawasan perairan Langkat

Rabu, 24 Jul 2019 05:43Berita Sumut

Bocah Hanyut Saat Bermain Bersama Teman - Temannya di Sungai Sunggal

Tim SAR Kota Medan melakukan pencarian terhadap seorang anak ,4, diketahui bernama Dafa, yang hanyut saat bermain dekat Sungai Sunggal, Desa Paya Geli, Dusun 1 Kecamatan Sunggal, Selasa (23/7/2019).