• Home
  • Berita Sumut
  • BI & Pemko Medan Tandatangani Nota Kesepahaman Sektor Pertanian

BI & Pemko Medan Tandatangani Nota Kesepahaman Sektor Pertanian

Senin, 05 Mei 2014 20:08 WIB

Matatelinga - Medan, Pemko Medan dan Bank Indonesia melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama sektor pertanian di wilayah Kota Medan, Senin (5/5/2014). Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan guna menetapkan satu wilayah menjadi sentra holtikultura di Kota Medan. Diharapkan melalui langkah ini dapat meningkatkan produksi sayuran dan buah, khususnya komoditas holtikultura bawang merah.
                
Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan langsung Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Sumut- Aceh Difi A Djohansyah di ruang Kuala Deli  Kantor Bank Indonesia (BI) Wilayah IX Sumut Aceh  Jalan Balai Kota Medan.
               
Dijelaskan Eldin, penandatanganan nota kesepahaman  kerjasama sektor pertanian, terutama  peningkatan produksi bawang merah ini dilakukan karena perkembangan kondisi makro ekonomi Kota Medan saat ini tercatat menunjukkan tingkat inflasi yang cukup tinggi di awal tahun. Malah mencatatkan bawang merah sebagai salah satu komoditi penyumbang inflasi yang cukup signifikan.
                
“Untuk itulah nota kesepahaman ini dilakukan  agar kiranya masyarakat petani dapat kita fasilitasi dalam berbagai bentuk pelatihan, pendanaan dan pendampingan serta pengembangan  kelembagaan, khususnya dalam meningkatkan produktifitas bawang merah. Insya Allah kerjasama ini akan memberikan manfaat yang semakin luas kepada masyarakat, terutama yang kurang mampu ,” kata Eldin.
                
Mantan Sekda Kota Medan ini selanjutnya menyampaikan, berdasarkan Rancangan Umum Tata Ruang (RUTR) Kota Medan, di sebahagian kawasan Marelan telah ditetapkan sebagai pusat pengembangan pertanian holtikultura. Selain itu akan dilengkapi dengan pasar tradisional yang semakin baik dan kini dalam proses pembangunan.
                

Kepada Dinas Pertanian dan Keluatan Kota Medan, Eldin berpesan agar terus berkoordinasi  baik dengan SKPD  di lingkungan Pemko Medan maupun pihak BI guna memberhasilkan kerjasama yang telah dirancang dengan baik ini. Dengan demikian dapat diwujudkan secara nyata  dengan volume yang semakin luas nantinya.
                
“Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, saya berharap  akan membuka berbagai peluangkerjasama dengan BI di sektor lainnya pada masa yang akan datang, terutama dalam pengendalian inflkasi daerah, pembinaan UMKM dan program-program penaggulangan kemiskinan lainnya,” harapnya.
                
Selain bawang merah, Eldin juga menawarkan kerjasama pembudidayaan jambu air. Dia berharap pembudidayaan jambu air ini dapat membantu  penghasilan keluarga, sebab jambu air yang akan dibudidayakan  tak pernah putus berbuah. Termasuk, pembudiyaan jambu gelutuk (jambu biji) yang buahnya tanpa biji sedikitpun.
                
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Sumut- Aceh Difi A Djohansyah mengatakan,, selaran dengan upaya pengendalian inflasi, periode ini BI bersama Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan akan mengembangkan klaster bawang merah. Sebagaimana diketahuibawang merah merupakan komiditi yang memberikan pengaruh terhadap capaian inflasi di Provinsi Sumut dengan andil 0,51 persen.
                
Selain itu, jelas Didif,  bawang merah juga merupakan komiditas yang memiliki frukensi tinggi sebagai penyumbang inflasi. Untuk inflasi Kota Medan sendiri, kenaikan harga bawang merah telah menyebabkan inflasi sebanyak 7 kali pada tahun 2013. “Pilot project pengembangan klaster akan dilaksanakan di Kecamatan Medan Marelan seluas lebih kurang 5 hektar,” jelas Difi.
                
Ditambahkannya lagi, kelompok tani yang terlibat dalam program ini sebanyak 6 kelompok. Dia berharap melalui program ini produksi bawang merah dapat ditingkatkan. Dalam ruang lingkup yang lebih besar, gerakan menanam bawang merah pada gilirannya dapat berdampak pada ketersediaan pasokan yang mempengaruhi stabilitas harga.
                
“Penandatanganan nota kesepahaman ini tentunya menjadi langkah bagi kami dalam meningkatkan perekonomian di Kota Medan, khususnya sektor pertanian. Setelah penandatanganan ini, BI dan Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan akan  menindaklanjuti program ini dengan berbagai kegiatan seperti penanaman, studi banding, program pelatihan serta pemberdayaan kelompok tani,” paparnya. 


(Hendra/Mt-01)
T#g:NatalBanjirjambretkorupsiMedanpenyiksaan
Komentar
Senin, 25 Mei 2020 23:15Nasional

Pemprov Sumbar Bahas Persiapan Hadapi "New Normal"

Masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit melakukan rapat terbatas, terkait pembahasan rencana dan strategis pasca PSBB tahap II yang berakhir tanggal 29 Mei 2020.

Senin, 25 Mei 2020 22:45Internasional

Masa Corona, Arab Saudi Temukan Cara Beri Hadiah Idul Fitri

Semua pihak di Arab Saudi menggunakan cara inovatif untuk memberikan hadiah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi corona virus disease (covid-19).

Senin, 25 Mei 2020 22:00Berita Sumut

Penyaluran BST, BLT DD dan Bantuan JPS Jangan Sampai Salah Sasaran

Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem Drs. Parsaulian Tambunan, M.Pd, Senin (25/5/2020) menyampaikan apresiasinya terhadap aparat penegak hukum yang melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap pemanfaatan dana Covid-19. Dengan harapan,

Senin, 25 Mei 2020 21:30Berita Sumut

Berlebaran Ke Pesantren Al Kautsar : Indahnya Kebersamaan Dalam Keberagaman

Dengan mengedepankan protokol kesehatan, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin M.Si bersama jajarannya dan Tokoh Lintas Agama Martabe mengunjungi pesantren Al Kautsar di Jalan Pelajar Ujung, Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai untuk menyampaikan ucap

Senin, 25 Mei 2020 21:15Berita Sumut

Tokoh Masyarakat Sergai Apresiasi Kapolres Sergai Lakukan Penyekatan ke Objek Wisata

Sejumlah tokoh masyarakat Sergai menyampaikan apresiasinya terhadap kebijakan Kapolres Sergai yang melakukan penyekatan terhadap kendaraan bermotor. Upaya penyekatan yang dilakukan Polres Sergai untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap s

Senin, 25 Mei 2020 21:00Berita Sumut

Wisata Pantai di Batubara Ditutup Sementara Demi Menekan Penyebaran Corona

Kesempatan libur Idul Fitri 1441 H selalu dimanfaatkan orang untuk menjakin tali silaturahmi dan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada. Salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Batubara yakni Pantai Bunga, berada di kecamatan Tanjung Tiram dan s

Senin, 25 Mei 2020 20:44Bola

Van Persie : Van Gaal Menampar Saya Keras dengan Tangannya Yang Besar

Tamparan mendarat di pipi Van Persie karena eks penyerang Manchester United itu menolak instruksi Van Gaal di laga perempatfinal Piala Dunia 2014.

Senin, 25 Mei 2020 20:25Bola

Arsenal Gagal Dilewati Liverpool, Wenger Bahagia

Dalam 26 laga awal Liga Inggris 2019-2020, The Reds –julukan Liverpool– tampil dominan dengan koleksi 76 angka, hasil dari 25 menang, satu imbang dan tanpa kekalahan.

Senin, 25 Mei 2020 20:00Aceh

Kenapa Bupati Bener Mariah Syarkawi Mundur...?

Pasca banjir bandang, ancaman Wakil Bupati ke Bupati Aceh Tengah hingga peristiwa terakhir, mundurnya Bupati Bener Meriah, yang disampaikan di saat pelaksanaan Idul Fitri

Senin, 25 Mei 2020 19:30Berita Sumut

Kabid Humas Poldasu: Lebaran di Sumut Aman

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, mengungkapkan Perayaan Idul Fitri 1441 H di Sumatera Utara berjalan aman tanpa adanya gangguan.

Senin, 25 Mei 2020 19:00Berita Sumut

Ditlantas Tetap Fokus Monitor Pewisata di Jalur Prapat dan Brastagi

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut tetap fokus melakukan monitor kepada Pewisata yang mau ke daerah Prapat, Danau Toba dan Brastagi ,Tanah Karo

Senin, 25 Mei 2020 18:03Berita Sumut

Akhyar Tinjau Penyaluran Bansos Tahap II di Kelurahan Mabar

Hari kedua Idul Fitri tidak membuat Pelaksana Tugas (PLT) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berhenti untuk memastikan bantuan sosial (bansos) tahap II sampai kepada masyarakat yang tidak mampu terutama bagi yang terdampak Covid-19.

Senin, 25 Mei 2020 17:15Nasional

Ditengah Covid-19, Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Rayakan Lebaran Dengan Sederhana di Papua

Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di medan tugas dengan sederhana dan jauh dari keluarga tercinta serta ditengah pandemi covid-19

Senin, 25 Mei 2020 17:00Berita Sumut

Pemkab Tanah Karo Tutup Semua Obyek Wisata, Camat Berastagi Terjun Langsung Kelapangan

Libur lebaran idul fitri 2020 dihari kedua terlihat mulai dipadati sejumlah pengunjung di Kota Berastagi Kab. Tanah Karo, Sumatera Utara. Walau Pemkab. Tanah Karo belum membuka kembali seluruh obyek wisata di kota dingin tersebut.

Senin, 25 Mei 2020 16:30Berita Sumut

Mau Ke Danau Toba, Tunda Dulu Ya, Karena Masih Corona

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut tetap fokus melakukan monitor kepada Pewisata yang mau ke daerah Prapat, Danau Toba dan Brastagi ,Tanah Karo.

Senin, 25 Mei 2020 16:00Berita Sumut

Kadis PMD Terkejut Ada Isteri Kades Dapat BST, Citra Capah : Sudah Dipulangkan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Deliserdang, Drs. Citra Effendi Capah, MSP terkejut saat mendengar informasi ada isteri salah seorang Kepala Desa terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial J