BKSDA Sumut Sita Burung Enggang Dari Warga Labura

zul kifli Jumat, 08 Desember 2017 12:45 WIB
mtc/zul
Seekor burung langka yang dilindungi Undang-Undang NO 5 Tahun 1990, burung jenis Enggang Julung Emas diserahkan warga ke petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, Seksi Konservasi Wilayah III, Di Kelurahan Gunting Saga, Kec
MATATELINGA, Labura : Seekor burung langka yang dilindungi Undang-Undang NO 5 Tahun 1990, burung jenis Enggang Julung Emas diserahkan warga ke petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, Seksi Konservasi Wilayah III, Di Kelurahan Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

Burung enggang dengan bahasa Latin Rhyticeros Undulatus atau lebih dikenal dengan Rangkong Julang Emas berjenis kelamin betina  di serahkan ke petugas BBKSDA Sumatera Utara yang didampingi direktur eksekutif NGO lingkungan hidup time sumatera, dengan harapan burung langka yang dilindungi negara tersebut dapat hidup bebas berkembang biak di habitat aslinya.

Keberadaan burung langka tersebut bermula saat dua tahun yang lalu Surya Dharma yang berpropesi sebagai jurnalis TVRI saat sedang melakukan liputan perambahan ilegal dan kerusakan kawasan hutan bukit barisan, disekitar kawasan hutan konservasi, menemukan  se-ekor anak burung enggang dari tangan seorang warga sekitar, yang di duga pemburu dan pembalak liar di dalam hutan tersebut, setelah melakukan negoisasi burung tersebut dapat diamankan dan dipelihara hingga dewasa oleh surya dharma.

" Saat ditemukan dari tangan pemburu liar, kondisi anak enggang,/ rangkong tersebut sangat memprihatinkan tidak terawat dengan baik, makanya kita lakukan negoisasi agar burung tersebut bisa kita amankan" ungkap Surya kepada wartawan.

Sementara itu Fresli Parel Butar-Butar, selaku staf BBKSDA Sumut, seksi konservasi wialayah III menjelaskan bahwa mereka datang berdasarkan informasi yang disampaikan NGO Time, bahwa ada permintaan pemilik burung enggang julang emas untuk menyerahkan enggang ke BBKSDA Sumut. dengan melakukan edukasi dan mediasi N-G-O Time untuk meminta ke pemilik enggang menyerahkan ke BBKSDA.

Hal senada juga dikatakan Manager Program  Time, Fajar Alam,  bahwa kedatangan mereka dengan BBKSDA, berdasarkan informasi masyarkat yang memiliki enggang, dan akan menyerahkannya, maka team akan mengambil seekor enggang julung emas dari seorang warga akan menyerahkan burung enggang julung emas tersebut ke BKSDA untuk dilepaskan kealam bebas.

Setelah proses penyerahan burung enggang tersebut,  petugas BBKSDA langsung membawa ke lokasi karangtina hewan yang dilindungi di sibolangit Sumatera Utara, untuk dirawat dan diperiksa kesehatannya sebelum dilakukan pelepas liaran. (mtc/zul)
Editor: Faeza

T#g:bksdaburung enggangburung langka
Komentar
Jumat, 19 Okt 2018 19:30Berita Sumut

Kecewa Putusan Hakim, Wanita Korban Pencemaran Nama Baik Ini Minta Jaksa Banding

Korban kasus pencemaran nama baik lewat media sosial (Medsos) Facebook (FB) Feby Milenie mengaku kecewa dengan putusan majelis hakim PN Medan yang hanya memberikan hukuman 1 tahun penjara terhadap terdakwa Ahmad Faisal Nasution. Dia mengatakan hukuman itu

Jumat, 19 Okt 2018 19:21Berita Sumut

Para Jaringan Jambret ditangkap Polsek Medan Baru

Tim Pegasus 3C Polsek Medan Baru mengamankan 6 (enam) pelaku spesialis jambret/curas di Wilayah Hukum (Wilkum) Polrestabes Medan

Jumat, 19 Okt 2018 19:16Nasional

Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Posko Kogasgabpad dan Pemakaman Massal di Palu

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. beserta rombongan, meninjau secara langsung Posko Kogasgabpad, tenda pengungsian dan pemakaman massal yang berada di Kota Palu, Sigi dan Don

Jumat, 19 Okt 2018 19:16Nasional

Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Posko Kogasgabpad dan Pemakaman Massal di Palu

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. beserta rombongan, meninjau secara langsung Posko Kogasgabpad, tenda pengungsian dan pemakaman massal yang berada di Kota Palu, Sigi dan Don

Jumat, 19 Okt 2018 18:44Berita Sumut

Hendra DS: Karaoke Grand D'blues Minta Izinnya di Cabut

Pemko Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diminta mencabut izin tempat hiburan malam (THM) yang melanggar jam operasional dan diduga tempat penyalahgunaan narkoba.

Jumat, 19 Okt 2018 18:39Nasional

Dharma Pertiwi Bangun Sumur Solar Sel Untuk Korban Gempa Lombok

Ibu-ibu Dharma Pertiwi dibawah pimpinan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto beserta Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, PIA Ardhya Garini dan IKKT Pragati Wira Anggini telah menggalang dana untuk membangun sumur-sumur solar sel (tenaga surya panel) bagi war

Jumat, 19 Okt 2018 17:50Berita Sumut

Walikota Resmikan JDIH

Walikota Binjai, HM Idaham, melalui Sekretaris Daerah, M Mahfullah P Daulay, meresmikan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH). Peresmian JDIH dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, Camat dan Lurah, bertempat di Aula Balaikota, Jala

Jumat, 19 Okt 2018 17:45Berita Sumut

Parlaungan Simangunsong: Tingkatkan PAD Membangun Medan Lebih Baik

Kondisi pembangunan kota Medan dinilai Ketua Komisi D DPRD Medan Ir Parlaungan Simangunsong kurang maksimal. Seperti penataan parkir, perbaikan jalan, drainase, banjir, penataan reklame dan penataan estetika kota masih butuh penanganan serius.

Jumat, 19 Okt 2018 17:32Berita Sumut

Dua Pelaku Pembongkar Rumah Masuk Sel Polsek Medan Sunggal

Tim pegasus Polsek Medan sunggal mengungkap kasus pembongkaran rumah Perumahan Bougenville blok G no. 22 desa Medan krio kec. Sunggal kab. Deli Serdang dan meringkus dua pelakunya secara terpisah.

Jumat, 19 Okt 2018 16:51Berita Sumut

TPL Tampil Dengan Konsep Menarik dan Ramah Lingkungan

Pagelaran 8th Indonesia Climate Change Education Forum & Expo 2018 di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan (17-19 Oktober 2018), PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) perusahaan bubur kertas terbaik di Sumatera Utara, tampil dengan konsep

Jumat, 19 Okt 2018 16:45Berita Sumut

Ringkus 9 Orang Sindikat Narkoba Malaysia-Sumut, Polisi Sita 40,5 Kg Sabu

Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumatera Utara (Sumut) berhasil mengamankan 41,5 kg narkoba jenis sabu milik sindikat Malaysia, Asahan, Tanjungbalai, Aceh dan Medan.

Jumat, 19 Okt 2018 16:30Berita Sumut

Ada Pencucian Pipa, Distribusi Air Bersih di Sejumlah Kawasan Medan Utara Terganggu

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi melakukan pencucian Reservoir di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Hamparan Perak, pada Jumat (19/10/2018).

Jumat, 19 Okt 2018 16:19Berita Sumut

Kapolrestabes Medan dan Kapolsek Helvetia Makan Nasi Bungkus Bareng Abang Becak

Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto melaksanakan Jum'at Barokah yaitu berbagi nasi dan makan bersama abang becak di Pos Lantas jalan Gatot Subroto Simpang Pondok Kelapa Medan, Jum'at (19/10).

Jumat, 19 Okt 2018 16:00Berita Sumut

Bawaslu Sumut Hentikan Laporan Tentang Abyadi Siregar

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara akhirnya menghentikan laporan tentang Abyadi Siregar.

Jumat, 19 Okt 2018 15:35Berita Sumut

Sosialisasi Penertiban Terminal Liar Dimulai

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Drs Renward Parapat mengaku akan melakukan penertiban dan penataan terminal pool-pool bus liar yang ada di kota Medan. Penertiban diyakini guna mengurangi kemacetan dan memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Jumat, 19 Okt 2018 15:18Berita Sumut

10 Atlet Asian Para Games 2018 Berprestasi Asal Sumut Peroleh Tali Asih Total Rp 2,5 Miliar

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyerahkan penghargaan dan bonus (tali asih) dengan total Rp 2,5 miliar kepada 10 atlet National Paralympic Committee (NPC) asal Sumut yang berprestasi pada Asian Para Games 2018 Jakarta, di Rumah Dinas Guber