• Home
  • Berita Sumut
  • BPJSTK Serahkan Manfaat JKK Dan JKM kepada Ahli Waris 13 Non ASN Kemensos RI

BPJSTK Serahkan Manfaat JKK Dan JKM kepada Ahli Waris 13 Non ASN Kemensos RI

amelia Selasa, 16 April 2019 13:25 WIB
mtc/ist
BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) menunaikan pembayaran hak Ahli Waris 13 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kemensos RI. Hak tersebut berupa manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang diterima oleh ahli waris Alfin Datu Adam dengan nilai santunan
MATATELINGA, Medan : BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) menunaikan pembayaran hak Ahli Waris 13 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kemensos RI. Hak tersebut berupa manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang diterima oleh ahli waris Alfin Datu Adam dengan nilai santunan sebesar Rp 169 juta dan kepada 12 ahli waris penerima manfaat Jaminan Kematian(JKM) dengan total nilai sebesar Rp 288 juta yang diselenggarakan oleh BPJSTK kepada tenaga honorer atau non ASN Kemensos RI. Penyerahan manfaat JKM ini dilaksanakan di sela-sela Rapat Kerja Nasional Kemensos RI yang diselenggarakan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan pada Senin (15/4/2019).


Dalam siaran persnya disebutkan, sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 3 Tahun 2013, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) adalah seseorang yang diberi tugas, fungsi dan kewenangan oleh Kementerian Sosial dan/atau dinas/instansi sosial provinsi, dinas/instansi sosial Kabupaten/Kota selama jangka waktu tertentu untuk melaksanakan dan /atau membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial di setiap wilayah penugasan di kecamatan. TKSK ini memiliki tiga tugas pokok dalam kesehariannya yaitu sebagai koordinator, fasilitator dan administrator.

Terhitung awal kepesertaan pada Maret 2018 hingga Maret 2019, BPJSTK telah membayarkan manfaat kepada peserta TKSK ini sebesar Rp. 803 Juta dengan rincian sebesar Rp. 600 Juta utnuk pembayaran manfaat JKM dengan 25 kasus dan sisanya Rp. 203 Juta untuk manfaat JKK dengan 4 kasus.


BPJSTK terus memperluas cakupan kepesertaannya di Indonesia terutama pegawai pemerintahan non ASN. Tercatat sampai dengan periode Februari 2019, Kementerian Sosial RI telah melindungan tenaga kerja non ASN yang berada di jajarannya sebanyak 7.014 orang yang berada di seluruh Indonesia. Program perlindungan non ASN ini mencakupi perlindungan untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM).

Penyerahan manfaat Jaminan Kematian ini dilakukan langsung oleh Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita dengan didampingi Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto dan beberapa pejabat Kemensos RI. 

Dalam sambutannya, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, pekerjaan yang dilakukan oleh TKSK tentunya memiliki resiko, kepada mereka Kementerian Sosial RI telah bekerjasama dengan BPJSTK dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan agar mereka terlindungi dan memiliki rasa aman dalam melakukan pekerjaannya. "Selanjutnya seluruh pekerja Sosial Non ASN seperti pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) yang berada dibawah Kementerian Sosial RI akan diberikan perlindungan JKK dan JKM dari BPJS Ketenagakerjaan," ujar Mensos.


Menjadi komitmen BPJSTK dalam mengimplementasikan amanah undang-undang untuk memberikan perlindungan sosial bagi seluruh pekerja, khususnya pekerja dalam lingkungan pemerintahan yang belum tergolong dalam Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang RI NO. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang-Undang RI NO. 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto menyampaikan Komitmen yang dijalin ini merupakan tanggungjawab BPJS Ketenagakerjaan dan Kementerian Sosial RI dalam menjalankan amanah undang-undang untuk memberikan perlindungan sosial bagi pekerjanya, jumlah pegawai pemerintahan non ASN untuk TKSK ini tercatat sebanyak 7014 orang yang ditugaskan di seluruh kantor Kementerian Sosial RI di Indonesia.

Seperti diketahui sebelumnya, BPJSTK hadir dalam melengkapi perlindungan sosial bagi seluruh pekerja, terhitung mulai Tahun 2029 nanti seluruh pegawai Non ASN, Aparatur Sipil Negara hingga TNI dan Polri akan dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan dengan bergabungnya program perlindungan PT Tabungan Asuransi Pensiun (Persero) dan PT Asabri (Persero) menjadi satu dengan perlindungan BPJSTK. Hal ini merupakan amanah undang-undang yang harus diimplementasikan dengan baik bagi kesejahteraan pekerja dengan pengelolaan yang beranjak pada filosofi jaminan sosial yang nirlaba, tidak lagi berorientasikan pada profit keuntungan seperti yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebelumnya. 

"BPJS Ketenagakerjaan senantiasa hadir untuk memberikan kepastian perlindungan sesuai dengan prinsip sistem jaminan sosial nasional seperti gotong royong, nirlaba, keterbukaan, nirlaba  kepada seluruh pekerja Indonesia. Hal ini merupakan bukti nyata kehadiran negara dalam rangka membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera", tutup Agus. (mtc/amel)
Editor: Faeza

T#g:Ahli Waris 13 Non ASN Kemensos RIBPJSTKMatatelingaTerkini
Komentar
Selasa, 26 Mei 2020 09:45Nasional

Lulus Jadi Prajurit TNI AD, Cita-Cita Yusuf Rony Kabarjay Akhirnya Tercapai

Perjalanan panjang Yusuf Rony Kabarjay (20 th) seorang putra asli Papua dari Kampung Toray, Distrik Sota, akhirnya bisa lulus menjadi anggota TNI AD dalam pengumuman rekrutmen Secata PK Gel I tahun 2020 di Korem 174/ATW.

Selasa, 26 Mei 2020 09:15Berita Sumut

Polisi Perketat Penjagaan Perbatasan Pemkab Tanah Karo Dengan Pemkab Deli Serdang

Untuk terus memutus mata rantai penyebaran virus corona khusunya dikawasan Pemkab Tanah Karo, Sumatera Utara, sejumlah perketat pengamanan dan penjagaan di perbatasan antara Pemkab Tanah Karo dengan Pemkab Deli Serdang di Jl Jamin Ginting, tepat nya di De

Selasa, 26 Mei 2020 09:00Berita Sumut

Jaya Subur Sinuhaji Ditemukan Tewas Saat Lebaran Kedua

Jaya Subur Sinuhaji (54) warga Dusun III, Desa Doulu, Kec. Berastagi, Kab. Tanah Karo, Sumatra Utara ditemukan tidak bernyawa, Senin (25/5/2020) sekitar pukul 07.00 wib. Korban ditemukan dalam posisi terduduk dibawah gubuknya di perladangan Juma Kenjahe,

Selasa, 26 Mei 2020 07:45Berita Sumut

Dor...Dor, Kedua Betis Pelaku Curanmor di Kota Medan

Dua pelaku pencurian kenderaan bermotor roda dua (curanmor), beraksi di indekos Jalan Deli Tua Medan, Kota Medan, terpak dilumpuhkan personel Sat Reskrim Polrestabes Medan dengan timah panas.

Selasa, 26 Mei 2020 07:15Aceh

Selamatkan Anak dan Istri Terseret Ombak, Jiwanya Melayang

Salah seorang warga bernam Sulaiman ,40, warga Desa Buket Drien, Kecamatan Sungai Raya, Atim tenggelam di Pantai Kuala Paret, Desa Kuala Paret, Kec. Sungai Raya, Kab Atim

Selasa, 26 Mei 2020 07:00Berita Sumut

Kapolres Sidak Polsek Jajaran Polres Simalungun

Disela sela libur hari raya Idul Fitri, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo S.I.K didampingi Kasat Reskrim AKP Jerico L.Chandra dan Kasi Propam IPTU Alwan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke Polsek di jajaran wilkum Polres Simalungun. Dalam sidak

Selasa, 26 Mei 2020 06:30Bola

Kenapa Ashley Cole Memutuskan Tawaran Bergabung ke Chelsea

Ashley Cole akhirnya mengungkapkan apa yang menjadi alasan utama di balik keputusannya mengkhianati Arsenal. Cole menegaskan bahwa keputusannya meninggalkan Arsenal demi gabung dengan Chelsea bukanlah didasari faktor ekonomi.

Selasa, 26 Mei 2020 06:00Bola

Zlatan Ibrahimovic, Mengalami cedera Parah Dalam Latihan

Pihak klub memastikan pesepakbola berkebangsaan Swedia ini akan menjalani tes

Senin, 25 Mei 2020 23:15Nasional

Pemprov Sumbar Bahas Persiapan Hadapi "New Normal"

Masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit melakukan rapat terbatas, terkait pembahasan rencana dan strategis pasca PSBB tahap II yang berakhir tanggal 29 Mei 2020.

Senin, 25 Mei 2020 22:45Internasional

Masa Corona, Arab Saudi Temukan Cara Beri Hadiah Idul Fitri

Semua pihak di Arab Saudi menggunakan cara inovatif untuk memberikan hadiah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi corona virus disease (covid-19).

Senin, 25 Mei 2020 22:00Berita Sumut

Penyaluran BST, BLT DD dan Bantuan JPS Jangan Sampai Salah Sasaran

Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem Drs. Parsaulian Tambunan, M.Pd, Senin (25/5/2020) menyampaikan apresiasinya terhadap aparat penegak hukum yang melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap pemanfaatan dana Covid-19. Dengan harapan,

Senin, 25 Mei 2020 21:30Berita Sumut

Berlebaran Ke Pesantren Al Kautsar : Indahnya Kebersamaan Dalam Keberagaman

Dengan mengedepankan protokol kesehatan, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin M.Si bersama jajarannya dan Tokoh Lintas Agama Martabe mengunjungi pesantren Al Kautsar di Jalan Pelajar Ujung, Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai untuk menyampaikan ucap

Senin, 25 Mei 2020 21:15Berita Sumut

Tokoh Masyarakat Sergai Apresiasi Kapolres Sergai Lakukan Penyekatan ke Objek Wisata

Sejumlah tokoh masyarakat Sergai menyampaikan apresiasinya terhadap kebijakan Kapolres Sergai yang melakukan penyekatan terhadap kendaraan bermotor. Upaya penyekatan yang dilakukan Polres Sergai untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap s

Senin, 25 Mei 2020 21:00Berita Sumut

Wisata Pantai di Batubara Ditutup Sementara Demi Menekan Penyebaran Corona

Kesempatan libur Idul Fitri 1441 H selalu dimanfaatkan orang untuk menjakin tali silaturahmi dan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada. Salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Batubara yakni Pantai Bunga, berada di kecamatan Tanjung Tiram dan s

Senin, 25 Mei 2020 20:44Bola

Van Persie : Van Gaal Menampar Saya Keras dengan Tangannya Yang Besar

Tamparan mendarat di pipi Van Persie karena eks penyerang Manchester United itu menolak instruksi Van Gaal di laga perempatfinal Piala Dunia 2014.

Senin, 25 Mei 2020 20:25Bola

Arsenal Gagal Dilewati Liverpool, Wenger Bahagia

Dalam 26 laga awal Liga Inggris 2019-2020, The Reds –julukan Liverpool– tampil dominan dengan koleksi 76 angka, hasil dari 25 menang, satu imbang dan tanpa kekalahan.