• Home
  • Berita Sumut
  • BPJSTK Serahkan Manfaat JKK Dan JKM kepada Ahli Waris 13 Non ASN Kemensos RI

BPJSTK Serahkan Manfaat JKK Dan JKM kepada Ahli Waris 13 Non ASN Kemensos RI

amelia Selasa, 16 April 2019 13:25 WIB
mtc/ist
BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) menunaikan pembayaran hak Ahli Waris 13 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kemensos RI. Hak tersebut berupa manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang diterima oleh ahli waris Alfin Datu Adam dengan nilai santunan
MATATELINGA, Medan : BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) menunaikan pembayaran hak Ahli Waris 13 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kemensos RI. Hak tersebut berupa manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang diterima oleh ahli waris Alfin Datu Adam dengan nilai santunan sebesar Rp 169 juta dan kepada 12 ahli waris penerima manfaat Jaminan Kematian(JKM) dengan total nilai sebesar Rp 288 juta yang diselenggarakan oleh BPJSTK kepada tenaga honorer atau non ASN Kemensos RI. Penyerahan manfaat JKM ini dilaksanakan di sela-sela Rapat Kerja Nasional Kemensos RI yang diselenggarakan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan pada Senin (15/4/2019).


Dalam siaran persnya disebutkan, sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 3 Tahun 2013, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) adalah seseorang yang diberi tugas, fungsi dan kewenangan oleh Kementerian Sosial dan/atau dinas/instansi sosial provinsi, dinas/instansi sosial Kabupaten/Kota selama jangka waktu tertentu untuk melaksanakan dan /atau membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial di setiap wilayah penugasan di kecamatan. TKSK ini memiliki tiga tugas pokok dalam kesehariannya yaitu sebagai koordinator, fasilitator dan administrator.

Terhitung awal kepesertaan pada Maret 2018 hingga Maret 2019, BPJSTK telah membayarkan manfaat kepada peserta TKSK ini sebesar Rp. 803 Juta dengan rincian sebesar Rp. 600 Juta utnuk pembayaran manfaat JKM dengan 25 kasus dan sisanya Rp. 203 Juta untuk manfaat JKK dengan 4 kasus.


BPJSTK terus memperluas cakupan kepesertaannya di Indonesia terutama pegawai pemerintahan non ASN. Tercatat sampai dengan periode Februari 2019, Kementerian Sosial RI telah melindungan tenaga kerja non ASN yang berada di jajarannya sebanyak 7.014 orang yang berada di seluruh Indonesia. Program perlindungan non ASN ini mencakupi perlindungan untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM).

Penyerahan manfaat Jaminan Kematian ini dilakukan langsung oleh Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita dengan didampingi Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto dan beberapa pejabat Kemensos RI. 

Dalam sambutannya, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, pekerjaan yang dilakukan oleh TKSK tentunya memiliki resiko, kepada mereka Kementerian Sosial RI telah bekerjasama dengan BPJSTK dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan agar mereka terlindungi dan memiliki rasa aman dalam melakukan pekerjaannya. "Selanjutnya seluruh pekerja Sosial Non ASN seperti pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) yang berada dibawah Kementerian Sosial RI akan diberikan perlindungan JKK dan JKM dari BPJS Ketenagakerjaan," ujar Mensos.


Menjadi komitmen BPJSTK dalam mengimplementasikan amanah undang-undang untuk memberikan perlindungan sosial bagi seluruh pekerja, khususnya pekerja dalam lingkungan pemerintahan yang belum tergolong dalam Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang RI NO. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang-Undang RI NO. 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto menyampaikan Komitmen yang dijalin ini merupakan tanggungjawab BPJS Ketenagakerjaan dan Kementerian Sosial RI dalam menjalankan amanah undang-undang untuk memberikan perlindungan sosial bagi pekerjanya, jumlah pegawai pemerintahan non ASN untuk TKSK ini tercatat sebanyak 7014 orang yang ditugaskan di seluruh kantor Kementerian Sosial RI di Indonesia.

Seperti diketahui sebelumnya, BPJSTK hadir dalam melengkapi perlindungan sosial bagi seluruh pekerja, terhitung mulai Tahun 2029 nanti seluruh pegawai Non ASN, Aparatur Sipil Negara hingga TNI dan Polri akan dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan dengan bergabungnya program perlindungan PT Tabungan Asuransi Pensiun (Persero) dan PT Asabri (Persero) menjadi satu dengan perlindungan BPJSTK. Hal ini merupakan amanah undang-undang yang harus diimplementasikan dengan baik bagi kesejahteraan pekerja dengan pengelolaan yang beranjak pada filosofi jaminan sosial yang nirlaba, tidak lagi berorientasikan pada profit keuntungan seperti yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebelumnya. 

"BPJS Ketenagakerjaan senantiasa hadir untuk memberikan kepastian perlindungan sesuai dengan prinsip sistem jaminan sosial nasional seperti gotong royong, nirlaba, keterbukaan, nirlaba  kepada seluruh pekerja Indonesia. Hal ini merupakan bukti nyata kehadiran negara dalam rangka membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera", tutup Agus. (mtc/amel)
Editor: Faeza

T#g:Ahli Waris 13 Non ASN Kemensos RIBPJSTKMatatelingaTerkini
Komentar
Selasa, 07 Jul 2020 23:58Lifestyle

Vicky Prasetyo resmi menjadi tahanan Rutan Salemba

Vicky dikenakan Pasal 335 dan 310 KUHP juncto Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang ITE.

Selasa, 07 Jul 2020 23:45Ekonomi

Harga Emas Semakin Mengkilap Pada Perdagangan

Mendekati level psikologis US$ 1.800 gara-gara lonjakan kasus Covid-19 yang mendorong harapan akan langkah-langkah kebijakan moneter akomodatif lebih lanjut dan permintaan untuk logam safe-haven

Selasa, 07 Jul 2020 23:30Internasional

Tangki Berisikan Bensin Meledak, Empat Puluh Terluka

Sebuah truk tangki bensin terbalik dan meledak di Kolombia utara, dikabarkan tujuh orang terbakar hingga tewas

Selasa, 07 Jul 2020 23:15Aceh

Ayah Kandung dan Ibu Tiri Berurusan dengan Polisi, Diduga Menganiaya Anak

Pasangan ayah dan ibu tirinya, diduga menganiaya gadis remaja berstatus pelajar

Selasa, 07 Jul 2020 23:00Berita Sumut

Polsek Dolok Masihul Kawal Distribusi Penyaluran BLT DD Desa Tambak Cekur

Polsek Dolok Masihul Polres Serdang Bedagai melaksanakan pengamanan penyaluran BLT Dana Desa, di Desa Tambak Cekur, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (7/7/ 2020) pukul 09. 00 WIB.

Selasa, 07 Jul 2020 22:45Internasional

Juru Bicara Kepala Badan Antariksa Rusia Telah Ditangkap

Karena tuduhan pengkhianatan, seorang juru bicara kepala badan antariksa Rusia telah ditangkap

Selasa, 07 Jul 2020 22:30Aceh

Kenapa, Pasien Reaktif COVID-19 Asal Jatim, di Tolak Masyarakat..?

Dengan menggunakan mobil ambulans, seorang pasien reaktif COVID-19 asal Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, berinisial WA ,29, pada Selasa (7/7/2020), terpaksa dibawa ke Posko Tim Gugus Pencegahan dan Penanggulangan

Selasa, 07 Jul 2020 22:15Berita Sumut

Kapendam I/BB : TMMD 108 Wilayah Kodam I/BB Sebagai Bentuk Sinergitas TNI - Polri dan Masyarakat

Kegiatan program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 108 yang digelar di wilayah Kodam I Bukit Barisan bukan hanya membangun infrastruktur saja.Melainkan sebagai bentuk wujud sinergitas TNI, Polri dan masyarakat guna mewujudkan pembangunan

Selasa, 07 Jul 2020 22:00Nasional

Satgas Yonif 125 Dukung Dinas Kesehatan Merauke Dalam Pelatihan Kader Posyandu

Sadar akan pentingnya ketersediaan pelayanan kesehatan, Satgas Yonif 125/Simbisa bersama tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke menyelenggarakan Pelatihan Kader Posyandu di Balai Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Selasa, 07 Jul 2020 21:15Berita Sumut

Gelapkan Sepeda Motor, Pria Ini Terpaksa Nginap di Polsek

Modus pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang dilakukan, Taufik Lubis alias Tofik (38) sangat lucik. Dalam aksinya pelaku mengaku disuruh korban membawa sepeda motornya, namun justru membawanya kabur.

Selasa, 07 Jul 2020 21:00Berita Sumut

Bupati Sergai Silaturahmi Dengan Kapolres Bicarakan Persiapan Sambut Kunker Kapolda Sumut

Serdang Bedagai : Kapoldasu Irjen Irjen Pol. Martuani Sormin direncanakan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Serdang Bedagai, pada 9 Juli 2020 sekaligus mengecek Program Ketahanan Pangan.

Selasa, 07 Jul 2020 20:30Berita Sumut

Dhiyaul Hayati : Tindakan Tegas Satpol PP Diharapkan Mampu Mendongkrak PAD

Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Medan, Dhiyaul Hayati mengingatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) meningkatkan kinerjanya dalam upaya penindakan dan penertiban perundang undangan dalam upaya mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selasa, 07 Jul 2020 20:06Lifestyle

Perempuan ini Sholat Subuh Dalam Gerbong KRL Dalam Perjalanan

Viral di media sosial, seorang perempuan sholat subuh dalam gerbong Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline. Perempuan itu diduga berangkat dari Stasiun Bogor menuju Jakarta dan di tengah perjalanan menunaikan kewajiban kepada Allah SWT.

Selasa, 07 Jul 2020 19:17Berita Sumut

Jalin Silaturahmi, Kapolda Sumut Ajak HIMMAH Sumut Ikut Jaga Kamtibmas

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si silaturahmi dengan Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH) Sumut bertempat di ruang perjamuan Lt. II Mapolda Sumut, Selasa (07/07/20)

Selasa, 07 Jul 2020 18:09Nasional

Komandan Puspom TNI Serahkan Berkas Perkara Pembunuhan Anggota TNI ke Oditur Militer

Komandan Pusat Polisi Militer Tentara Nasional Indonesia (Danpuspom TNI) Mayjen TNI Eddy Rate Muis, S.H., M.H. menyerahkan langsung berkas penyidikan, barang bukti dan tersangka kasus pembunuhan anggota TNI dan pengrusakan di Hotel Mercure kepada Kepala O

Selasa, 07 Jul 2020 17:15Berita Sumut

Polres Tebingtinggi Monitoring Penyaluran BST Tahap 3

Untuk Penerima bantuan BST dikantor pos kota Tebing Tinggi hari Selasa (7/7/2020) merupakan warga Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), dengan jumlah penerima pada tahap 3 sebanyak 1.003 KK terbagi dalam 14 desa. Diantaranya Desa Paya Lombang sebanyak 239