Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba Dikukuhkan

Mtc/James Selasa, 23 Januari 2018 16:20 WIB
MATA TELINGA/JAMES P PARDEDE
Danau Toba
MATATELINGA, Medan : Wagubsu, Dr Nurhajizah Marpaung mengukuhkan personel Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba.
Pengukuhan yang digelar di ruang Kenanga kantor Gubsu, Selasa (23/1) ini dilakukan berdasarkan Pergub No. 88 tahun 2017 tentang Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba Provinsi Sumut.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kadis Lingkungan Hidup Sumut, Hidayati, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provsu dan personel Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba, Selasa (23/01/2018) di Kantor Gubsu Lantai 8 Jalan Diponegoro Medan.



"Dengan dikukuhkannya Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba ini, maka mari kita semua bekerja sama dan saling bahu membahu untuk menjalankannya dengan komitmen, konsisten dan konsekuen. Terpenting adalah komunikasi dan saling berkoordinasi," ujar Nurhajizah.

Lebih lanjut dikatakan Nurhajizah, Danau Toba merupakan warisan Tuhan, oleh karena itulah diharapkan dapat dijaga dan dilestarikan serta ditata dengan baik.  "Kita berharap Danau Toba bisa mendekati Bali. Sebab, hingga saat ini wisatawan mancanegara kalau ditanya Indonesia pasti jawabnya adalah Bali. Tentunya kita berharap ke depan, kalau wisatawan mancanegara ditanya Indonesia, jawabnya Danau Toba," papar Nurhajizah.



Untuk mencapai harapan ini, kata Nurhajizah maka masyarakat Sumut harus bangga dengan keberadaan Danau Toba. Seperti halnya masyarakat Bali yang bangga akan Bali. Namun, tentunya tidak hanya sekadar cukup berbangga, tapi Danau Toba harus dipelihara, dijaga kebersihannya dan ditata sehingga bisa lebih baik.

"Harus ada sinergitas 7 kabupaten/kota di daerah sekitar Danau Toba, semua akan kita sinergikan menjadi satu sehingga Danau Toba betul-betul layak untuk dikunjungi wisatawan," terang Nurhajizah.



Dalam kesempatan itu, Nurhajizah juga mengatakan, saat ini Pemprovsu telah mengajukan penambahan pembangunan pusat informasi Geopark Kaldera Toba kepada Menteri ESDM RI.

"Kita berharap masing-masing kabupaten/kota itu nanti ada pusat informasi tentang Geopark Kaldera Toba," katanya.



Sesuai dengan Pergub No. 88 tahun 2017 tentang Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba Provinsi Sumut telah ditetapkan susunan dan struktur organisasi yang terdiri dari ; Dewan Penasehat, Dewan Pengarah, Kelompok Pakar, Komisi Teknis yakni

Komisi Litbang, komisi konservasi, komisi edukasi, komisi promosi, komisi pemberdayaan masyarakat. Selain itu ditetapkan General Manager, Wakil General Manager I, Wakil General Manager II, Sekretariat dan Manager Geosite.



General Manager Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba yang juga Kadis Lingkungan Hidup Sumut, Hidayati menyebutkan kalau masa kerja Badan ini berlaku selama 3 tahun. Adapun tugas dan fungsi dari badan ini untuk mengelola kawasan Geopark Kaldera Toba dalam mencapai tujuan pembangunan Geopark Kaldera Toba.

Selain itu, lanjut Hidayati tugas dan fungsinya juga untuk mengelola kelestarian Geodiversity, Biodiversity dan Culturediversity di kawasan Geopark Kaldera Toba.

"Kita juga akan memberikan masukan, saran dan usulan kepada pemerintah daerah di kawasan Geopark Kaldera Toba," terang Hidayati. 
Editor: James P Pardede

T#g:Danau tobageoparkKaldera Toba
Komentar
Kamis, 26 Apr 2018 10:41Nasional

Berkunjung Ke Morowali, Moeldoko Temukan Ribuan Buruh CHina

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengaku telah berkunjung ke Morowali, Sulawesi Tengah untuk memantau pergerakan tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia yang belakangan menjadi polemik.

Kamis, 26 Apr 2018 10:33Ekonomi

OJK Wajibkan Bank Sistemik Miliki Convertible Bond Untuk Penerbitan Surat Utang

Bank yang masuk dalam kelompok bank berdampak sistemik bakal menerbitkan surat utang atau obligasi yang dapat diperhitungkan sebagai modal (convertible bond). Penerbitan surat utang tersebut dilakukan guna memenuhi aturan OJK yang mengadaptasi aturan inte

Kamis, 26 Apr 2018 10:28Berita Sumut

1.491 Personil Gabungan Bakal Tindak Pelanggar Lalulintas Selama Operasi Patuh Toba 2018

Polda Sumatera Utara sejak hari ini, 26 April 2018 hingga 9Mei 2018 akan menggelar Operasi Patuh Toba 2018. Dalam operasi ini, sebanyak 1.491 personil gabungan akan menindak setiap pelaku pelanggaran berlalulintas di wilayah hukum Polda Sumut.

Kamis, 26 Apr 2018 10:24Ekonomi

Mendag: Jangan Jual Beras Di Atas HET

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengakui harga beras di beberapa daerah rata-rata masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) pada awal bulan ini, di antaranya Yogyakarta, Lampung, dan Riau.

Kamis, 26 Apr 2018 10:10Ekonomi

Faktor Global Dan Tekanan Domestik Semakin Memperlemah Nilai Rupiah

Gejolak nilai tukar rupiah diperkirakan bakal berlanjut sepanjang kuartal kedua tahun ini. Selain faktor global, tekanan dari domestik diperkirakan bakal membuat rupiah melemah.

Kamis, 26 Apr 2018 10:06Ekonomi

IHSG Diprediksi Kian Anjlok Akibat Hasil Obligasi AS Menanjak

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih akan melemah pada perdagangan hari ini, Kamis (26/4). Aksi jual akan mewarnai pergerakan indeks akibat kenaikan imbal hasil (yield) obligasi Amerika Serikat (AS) bertenor 10 tahun.

Kamis, 26 Apr 2018 09:56Ekonomi

Ingin Pengurangan Pajak PPh, Darmin Sarankan Investasi Di Bawah 500 Milyar

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menargetkan meluncurkan aturan insentif pajak bagi pengusaha dengan investasi di bawah Rp500 miliar pada akhir bulan ini. Insentif pajak tersebut akan berbentuk pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) at

Kamis, 26 Apr 2018 09:44Berita Sumut

Soal Tudingan Mahasiswa, Kapolda Sumut Tegaskan Polri Tetap Netral di Pilkada Sumut

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Paulus Waterpauw membantah tudingan Presidium Dewan Mahasiswa Sumatera Utara yang menyebutkan institusinya tidak netral dalam pelaksanaan Pilgubsu. Paulus menegaskan bahwa Polri dipastikan akan

Kamis, 26 Apr 2018 09:40Internasional

Kim Jong-un Pantau Langsung Pemulangan Jasad Turis China Korban Kecelakaan Kereta Di Hwanghae Utara

Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, memantau langsung proses pemulangan jasad turis China korban kecelakaan bus akhir pekan lalu.

Kamis, 26 Apr 2018 09:00Berita Sumut

Warga Sumut Sambut Semangat Edy Bangun Stadion Utama

ascaterpilihnya Sumatera Utara sebagai tuan rumah bersama Provinsi Aceh, masyarakat Sumut menyambut hangat semangat calon Gubernur Edy Rahmayadi untuk memenuhi kebutuhan sebagai daerah pelaksanaan PON 2024.

Kamis, 26 Apr 2018 08:40Berita Sumut

Kepergok Curi Baterai Truk, Martin Babak Belur

Martin alias Ronald (28), warga Jalan Pancing 1, Lorong 1 ( Gang Melinjo) , Desa Sampali, Kec Percut Sei Tuan babak belur diamuk warga. Pasalnya pemuda ini kepergok mencuri baterai truk yang terparkir di pinggir Jalan Cemara, Desa Sampali, Kec Percut

Kamis, 26 Apr 2018 08:20Berita Sumut

SBY Senang Dengan Edy Rahmayadi

Partai Demokrat diyakini akan mendeklarasikan dukungannya kepada Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah (Eramas) pada Pilgubsu 2018.

Kamis, 26 Apr 2018 07:03Berita Sumut

Dzulmi Eldin: Mewujudkan Medan Zero Waste City

Guna mewujudkan Medan Zero Waste City diharapkan semua lini agar dapat berperan, akademisi, praktisi dan juga masyarakat secara luas juga harus berpartisipasi

Kamis, 26 Apr 2018 06:48Aceh

Disenyalir, Masih Ada Tiga Jenazah di Lokasi Ledakan

Dilaporkan masih ada tiga jenazah korban terjebak di sekitar sumur minyak ilegal yang meledak di Desa Pasir Putih, Ranto Pereulak, Aceh Timur

Kamis, 26 Apr 2018 06:33Lifestyle

Wanita Yang Sunat, Lebih Sensitif Dalam Berhubungan Seks

Melakukan sunat pada perempuan rupanya dianjurkan sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Ada manfaatnya yang dirasakan setiap kaum hawa, terutama dapat meningkatkan libido

Kamis, 26 Apr 2018 06:18Nasional

Panglima TNI : Apel Bersama Menunjukkan Kesamaan Gender di Institusi TNI-Polri

Panglima TNI : Apel Bersama Menunjukkan Kesamaan Gender di Institusi TNI-Polri