Bahar Adexinal Siap Majukan SKFS-Sumut

amrizal Minggu, 10 September 2017 09:01 WIB
(Mtc/ist)
Sosok seniman dan jurnalis Baharuddin Saputra, SH (Bahar Adexinal), pria kelahiran Tangerang, Banten pada tanggal 25 Desember 1966 memiliki cita-cita luhur memajukan dunia perfilman Indonesia muncul sebagai kandidat kuat Ketua Umum SKFS-Sumut dalam kepen
MATATELINGA, Medan:  Sosok seniman dan jurnalis Baharuddin Saputra, SH  (Bahar Adexinal), pria kelahiran Tangerang, Banten pada tanggal 25 Desember 1966 memiliki cita-cita luhur memajukan dunia perfilman Indonesia muncul sebagai kandidat kuat Ketua Umum SKFS-Sumut dalam kepengurusan mendatang.

Seperti diketahui, pasca dideklarasikan pada Jumat 8 September 2017 di Hotel Four Points By Sheraton Medan, Serikat Kritikus Film Sumatera Utara (SKFS-Sumut) diharapkan membawa angin segar bagi perfilman di Sumatera Utara.

Baharuddin sendiri sejak usia 2 tahun menjadi orang Medan dan hingga kini terasa betul karakter Medan melekat di dirinya. Dia senang memotret dan menulis sejak SMP, dimulai dari cerita anak, puisi, dan artikel , tulisannya dimuat pada Harian Analisa, Waspada , Mimbar Umum, Bukit Barisan, Analog, dan Andalas, serta Medan Bisnis. Serta majalah Satya Bhakti Polda Sumut.

Cerpennya yang berjudul "Pistol" pernah di muat di Harian Analog, terpilih sebagai salah satu Cerpen dalam antologi MUARA III Pertemuan Penyair Indonesia-Malaysia, Dialog Utara IX tahun 2001.

Puisinya "Air Mata langitku" yang pernah dimuat di Harian Analisa,terpilih sebagai puisi Parade Baca Puisi Pejabat, Birokrat dan Sastrawan Sumatera Utara pada antologi "Indonesia Berbisik" diterbitkan oleh DKSU tahun 1999.

Aktif dalam Gerakan Pramuka di Kwarcab Medan dan Kwardasu pada bidang kehumasan. Sehari-hari bekerja sebagai PNS pada Humas Polrestabes Medan.

Selain menulis cerpen dan puisi, ia juga menulis skenario dan sutradara sinetron , serta menulis naskah monolog dan pantomime, menjadi aktor sekaligus pengatur laku. Pernah pula terpilih sebagai deklamor terbaik  di Medan.

Tercatat pernah menjadi redaktur budaya di Harian Analog dan Harian Andalas yang terbit di Medan. Mantan Pemimpin Redaksi Majalah "Seruan". Majalah "Satya Dharma",  Majalah "Target" dan mendirikan  serta menjadi Pemred Media Mitra Kamtibmas.

Cerbungnya yang berjudul "Ning, Wo Aini" pernah dimuat di Harian Andalas. Sedangkan novelnya  "Imago" , juga antologi puisi "Lagu Kehidupan" serta antologi cerpen "Lagu dari Medan" sedang proses  untuk segera terbit.

Pernah menjadi sekretaris Komunitas Sastra Indonesia (KSI) Medan, dan Pemimpin Redaksi Majalah HORAS Jurnal Sastra Indonesia yang terbit di Medan.Sejak 2006 menjadi pendiri dan Pemimpin Redaksi Tabloid Media Mitra kamtibmas Polresta Medan, Juga sebagai Direktur News Sumut TV Online.

Dalam dunia acting, bergabung sebagai anggota Teater Pelajar TBSU sejak tahun 1983, kemudian bergabung dengan teater Imago Medan, Tetaer Nasional Medan, dan mendirikan Teater Senyum Medan, ikut bermain dalam berbagai Pementasan teater sebaai actor dan stage manager, beberapa kali dipercaya sebagai supervisor dalam keiatan seni budaya di Medan, sebagai aktor pentas, sinetron, pantomime dan deklamator andalan kota medan, juga menulis scenario sinetron, pentas dan monolog.

Beberapa sinetron  yang dibintangi, "Tersesat", "Sang Ayah","jebakan pintu tertutup", "Gadis", "operasi gali semprul", Abah Kosim", "Bah Jurod", "Pretty Dream Come True","Ulos Simalakama", "Sibolang".

Aktifitasnya sebagai Sekretaris umum Forum Komunikasi Insan Film  Sumut,  mantan Ketua Panitia Sosialisasi Kongres Parfi Pusat di Sumut, Pemimpin Lembaga Seni Budaya "Senyum Production" Medan, Komite Sinematografi/Multimedia Dewan Kesenian Medan dan di Ormas sebagai Pendiri Paguyuban banten Sumatera Utara (PABANSU).

Dikaruniai sepasang buah hati Ziyad Fawad Saputra dan Asri Ayuningtias. Dirinya ingin menjadi orang film yang membuat gairah perfilman di Sumatera Utara terutama di Medan bangkit terus sehingga dapat mengangkat citra perfimlan nasional. Dengan visi menjadikan Sumut terutama Medan kota Film dan penyelenggara Festival film Indonesia dan dunia. (Mtc/rel)
Editor: Faeza

T#g:SKFS-Sumutprofil
loading...
Related News
Loading...
Komentar
Jumat, 20 Jul 2018 11:54Ekonomi

Rupiah Terkapar, IHSG Betah di Zona Merah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diramal bakal betah di teritori negatif pada akhir pekan ini, Jumat (20/7), akibat pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Jumat, 20 Jul 2018 11:52Ekonomi

Pasar Dagang Dibuka Dengan Rupiah Lunglai ke Level Rp14.515

Nilai tukar rupiah bergerak melemah pada perdagangan pagi hingga ke level Rp14.515 per dolar Amerika Serikat (AS).

Jumat, 20 Jul 2018 11:47Ekonomi

Data Bappenas, Ada 69 Juta Orang Miskin di Indonesia

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan pemerintah masih memiliki tugas besar, meski angka kemiskinan saat ini mampu ditekan di bawah 10 persen. Pasalnya, hingga kini masih banyak masyarakat yang rentan jatu

Jumat, 20 Jul 2018 11:40Berita Sumut

Harga Ayam di Medan Capai Rp 38 Ribu, Ini Penyebabnya

Harga ayam di Kota Medan mencapai Rp 38 ribu. Kenaikan ini mulai terasa sejak sebelum lebaran. Sebelum lebaran, harga ayam potong masih di angka Rp 25 ribu. Setelah lebaran, harga ayam di angka Rp 27 ribu. Hingga sampai minggu lalu, harganya berada di an

Jumat, 20 Jul 2018 11:20Berita Sumut

Aksi Begal Kembali Merajalela, Kapolda Sumut Sampaikan Hal Ini

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauwa angkat bicara soal merajalelanya kembali aksi begal. Dia mengatakan kebijakannya yang bertindak tegas terhadap para pelaku begal masih berlaku.

Jumat, 20 Jul 2018 11:00Berita Sumut

BMKG Deteksi 56 Titik Panas di Sumut

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan mencatat bahwa ada sekitar 56 titik panas (hot spot) yang ada di Sumatera Utara (Sumut). BMKG juga mencatat bahwa Juli ini merupakan puncak kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumut.

Jumat, 20 Jul 2018 10:48Nasional

Bakamla RI Tingkatkan Kemampuan Awak Kapal Patroli di Wilayah Perairan Barat

Perairan wilayah barat Indonesia khususnya Selat Malaka memiliki tingkat kerawanan dari tindak kejahatan di laut. Mewaspadai hal tersebut Bakamla RI berupaya meningkatkan kemampuan awak kapal patroli Bakamla yang berada di Pangkalan Kapal Patroli Zona Mar

Jumat, 20 Jul 2018 10:33Berita Sumut

Massa Ganti Presiden dan Relawan Jokowi Sama-sama Deklarasi di Taman Sri Deli, Ini yang Dilakukan Polisi

Pada Minggu (22/7/2018), dua aksi yang saling bertolak belakang akan di gelar di seputaran Taman Sri Deli Medan. Keduanya yakni Deklarasi Deklarasi Ganti Presiden 2019. Sedangkan dua di antaranya dari kelompok Deklarasi Relawan Jokowi dua Periode serta Si

Jumat, 20 Jul 2018 10:17Berita Sumut

Rakornis TP PKK Asahan Untuk Mewujudkan Masyarakat yang Berkualitas

Rapat Kordinasi Tehnis (Rakornis) Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan yang dilaksanakan pada Rabu (18/7/2018) di aula Perpustakaan dengan nara sumber dari Kadis Peternakan, Kadis Perpustakaan dan kearsipan serta dinas Ketahanan Pangan dengan tujuan agar

Jumat, 20 Jul 2018 10:02Berita Sumut

KPK Ultimatum Tersangka Suap Bupati Labuhanbatu untuk Serahkan Diri

Komisi Pemberantasan Korupsi mengeluarkan ultimatum untuk salah seorang tersangka kasus suap Bupati Labuhanbatu bernama Umar Ritonga yang hingga saat ini belum mentyerahkan diri. Umar Ritonga merupakan salah satu pihak swasta yang diduga melakukan penyuap

Jumat, 20 Jul 2018 08:20Nasional

Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Wakil Perdana Menteri Singapura

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima kunjungan kehormatan Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Koordinator Keamanan Nasional Republik Singapura Yang Mulia Teo Chee Hean di ruang tamu Panglima TNI Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat

Jumat, 20 Jul 2018 08:05Berita Sumut

Pangdam I/BB: Raih Hasil Yang Terbaik Lomba Tembak PIala Kasad

Meraih hasil yang terbaik pada lomba tembak piala Kasad yang disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, S.I.P., pada upacara pelepasan kontingen lomba tembak piala Kasad Tahun 2018

Jumat, 20 Jul 2018 07:50Berita Sumut

Antusias Warga dan Polri Saksikan Film 22 Menit

Pemutaran film 22 Menit di XXI Center Point Medan hari pertama, dipadati ratusan warga dan polri,

Jumat, 20 Jul 2018 07:35Berita Sumut

PSI Yakin Rebut 10 Kursi di DPRD Medan

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kini menjadi sorotan publik. Debut perdana pada Pemilu 2019 mendatang, PSI banyak mendaftarkan para Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) dari kaum muda, baik di tingkat DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kot

Jumat, 20 Jul 2018 07:20Berita Sumut

Mengedepankan Strategi Pencegahan dan Penindakan dan Pelanggaran Yang Cepat dan Profesional

Bawaslu Sumut 2018-2023 Mengedepankan Strategi Pencegahan dan Penindakan dan Pelanggaran Yang Cepat dan Profesional

Jumat, 20 Jul 2018 07:05Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Dzikir & Doa Bersama

Pemko Medan menggelar dzikir dan doa bersama di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (19/7/2018). Ribuan umat Muslim menghadiri kegiatan yang digelar dalam rangka untuk memperingati Hari Jadi Kota Medan ke-428,