• Home
  • Berita Sumut
  • Batara Kris Chandra Pangaribuan Ketua BEM UMI Medan Periode 2017-2019

Batara Kris Chandra Pangaribuan Ketua BEM UMI Medan Periode 2017-2019

mes Rabu, 19 April 2017 16:29 WIB
Pelatihan Jurnalistik pada acara Mubes KBM UMI Medan di Bangun Dolok Parapat
MATA TELINGA-MEDAN. Batara Kris Chandra Pangaribuan dari Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan terpilih menjadi Ketua BEM UMI Medan untuk masa jabatan 2017-2019.

Demikian disampaikan Wakil Rektor III Jhoni Maslan Hutapea, Rabu (19/4/2017). Batara terpilih pada acara Musyawarah Besar Keluarga Besar Mahasiswa (Mubes KBM) Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan di Bangun Dolok Parapat. Acara di Bangun Dolok kemarin diawali dengan registrasi setelah seluruh peserta dari lima fakultas (Kedokteran, Ekonomi, Sastra, Pertanian dan Ilmu Komputer) sampai di lokasi acara. Setiap fakultas mengutus 20 orang utusannya untuk ikut dalam Mubes dan sudah termasuk pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa dari tiap fakultas.
Mubes yang digelar selama 4 hari 3 malam tersebut bertujuan untuk memilih Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Periode 2017-2019. Selain bertujuan untuk memilih Ketua BEM yang baru, Mubes juga membahas tetang tata tertib sidang, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang sebelumnya sudah dimusyawarahkan.

Setelah semua peserta didata ulang, acara pertama ibadah bersama sekaligus pembukaan acara Mubes yang digelar di aula Bangun Dolok Parapat, Minggu (29 Maret 2017) lalu.

"Mahasiswa kita harapkan memanfaatkan acara Mubes ini untuk belajar berorganisasi. Aktif dalam berorganisasi juga menjadi salah satu modal penting dalam memenangkan persaingan perolehan kerja karena sudah punya jejaring yang kuat dan relasi yang lumayan banyak," katanya.

Rektor UMI Medan Ir. Pantas Simanjuntak, MM dalam arahannya menyampaikan bahwa kampus sangat mendukung kegiatan kemahasiswaan termasuk dengan aktifnya organisasi kemahasiswaan seperti BEM. Ke depan, dengan terbentuknya kepengurusan BEM yang baru, segala bentuk kegiatan kemahasiswaan yang ada agar diaktifkan kembali, termasuk dengan kegiatan kerohanian.

"Dengan aktif dalam berbagai kegiatan di kampus, mahasiswa akan terhindar dari kejahatan narkoba yang sekarang sudah menyebar sampai ke kampus dan sekolah. Akibat dari narkoba ini, kejahatan lain seperti begal juga menjadi marak. Harapan kita, mahasiswa UMI tidak ada yang terlibat narkoba dan begal karena sudah aktif dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan. Bangkitkan potensimu dengan berbagai kegiatan positif," tandas Pantas Simanjuntak yang selanjutnya memukul gong sebagai pertanda acara Mubes KBM UMI Medan resmi dibuka.

Selain membahas AD/ART dan Rancangan Program Kerja, seluruh peserta juga mendapatkan pencerahan dengan mengikuti Seminar Keorganisasian dan Etos Kerja yang dibawakan Guru Etos Bregma Silitonga yang menekankan pentingnya komitmen dalam memanajemeni waktu.

Malam harinya, ada materi tentang Pengenalan Dasar Jurnalistik dan Teknik Menulis Artikel/Opini yang dibawakan wartawan media online James P Pardede. Dalam materi pelatihan ini, mahasiswa diajak untuk membangkitkan potensi yang ada di dalam diri masing-masing.

"Semua orang bisa menulis, tapi tidak semua orang bisa menulis dengan baik dan tulisannya bisa dimuat di media cetak, jurnal atau majalah. Ketika minat menulis sudah muncul, tidak tertutup kemungkinan untuk menulis buku," papar James Pardede.

Keesokan harinya, Selasa (21 Maret 2017), pemateri yang juga Wakil Rektor IV Sevendy Napitupulu menyampaikan materinya tentang Organisasi dan Kepemimpinan. Dalam materinya, Sevendy Napitupulu menekankan pentingnya kerjasama tim dalam sebuah organisasi.  Menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi juga harus mampu mengubah orang-orang yang sama-sama bekerja menjadi sebuah tim yang kuat.

"Kefektifan organisasi tergantung pada perilaku organisasi. Jadi acuannya adalah perilaku organisasi, bukan perilaku individu, atau sikap dan motivasi, bahkan pengetahuan tentang tugas dan pekerjaan dalam organisasi," tandasnya.

Pengetahuan juga harus didukung oleh sikap dan motivasi, kemudian perilaku individu. Tetapi perilaku individu akan memberi makna untuk organisasi ketika dia menjadi perilaku organisasi. Disinilah peran kepemimpinan mengubah perilaku individu menjadi perilaku organisasi.
Editor: James Pardede

T#g:BEM UMIJames P PardedeUMI Medan
Komentar
Rabu, 14 Nov 2018 20:30Berita Sumut

Korban Tewas Keempat Longsor Nisel Kembali Ditemukan

Korban keempat akibat tanah longsor yang terjadi di Dusun Dua, Desa Suka Maju Mohili, Gomo, Nias Selatan (Nisel), ditemukan Tim SAR gabungan.

Rabu, 14 Nov 2018 20:15Ekonomi

Kurs Jisdor turun 1% menjadi Rp 14.895 per dollar AS

Kurs Jisdor turun 1% menjadi Rp 14.895 per dollar AS.. Bank Indonesia masih menunggu data domestik di mana kurs tengah rupiah melemah cukup dalam kemarin.

Rabu, 14 Nov 2018 20:00Berita Sumut

Balitbang Kaji Potensi dan Daya Tarik Wisata Kota Medan

Pengembangan bidang pariwisata merupakan suatu hal yang perlu dilakukan oleh Pemko Medan mengingat potensi wisata Kota Medan sendiri sangat besar. Untuk mengembangan pariwisata dibutuhkan berbagai pendukung untuk memperlancar jalannya kegiatan

Rabu, 14 Nov 2018 19:45Lifestyle

Beli Produk Harus Mengantisipasi Kemanan dan Kesehatan

Masyarakat dalam mengakses produk yang diinginkan sangat mudah sekarang ini, Namun, harus lebih hati hati. Pasalnya, produsen "kalengan" semakin mudah menjangkau pasarnya. Tentu dengan mengabaikan sisi keamanan dan kesehatan

Rabu, 14 Nov 2018 19:30Berita Sumut

Dua Rekannya Berhasil Kabur, Sedangkan Dirinya Babak Belur Pukuli Warga

Sepandai pandai tupai melompat, sekali kali akan jatuh ketanah. Kata kiasan ini, pantas dilontar terhadap tersangka jambret handpone milik salah seorang pengemudi ojek online.

Rabu, 14 Nov 2018 19:15Berita Sumut

Pemko Medan Tak Terbebani Pencapaian Target PAD

Dengan dicabutnya Perda Kota Medan No. 5 Tahun 2016 tentang Retribusi Izin Gangguan, Pemko Medan tidak terbebani dalam pencapaian target PAD Kota Medan. Sebab, langkah-langkah antisipatif sudah dilakukan Pemko Medan dengan mengoptimalkan potensi PAD pada

Rabu, 14 Nov 2018 19:00Aceh

Kenali Lebih Dekat Alat Pantau Kamla di SPKKL Aceh

Sejumlah pelajar dan taruna dan taruni dari beberapa sekolah dan akademi berkunjung ke SPKKL Aceh untuk melihat dan mengenal lebih dekat tugas yang dijalankan Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh, di Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Be

Rabu, 14 Nov 2018 18:53Berita Sumut

Akhyar & 2 Wakil Ketua DPRD Medan Tinjau Terminal Amplas

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama dua Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli dan Ikhwan Ritonga serta salah seorang anggota DPRD Medan T Aswin ST meninjau Terminal Terpadu Amplas (TTA), Rabu (14/11) petang. Peninjauan dilakukan untuk mel

Rabu, 14 Nov 2018 18:43Lifestyle

Pria dan Wanita Memiliki Beberapa Persamaan

Meskipun ada banyak perbedaan biologis antara pria dan wanita, pada dasarnya pria memiliki beberapa persamaan dengan wanita. Setiap ciptaan tuhan khususnya Manusia yang ada di dunia ini pasti memiliki persamaan, walaupun tidak secara keseluruhan.

Rabu, 14 Nov 2018 18:38Bola

Luka Modric Merasa Optimis Klubnya Menjuarai Liga Champions 2018-2019

Dalam persaingan memburu gelar juara Liga Champions musim 2018-2019, gelandang Real Madrid, Luka Modric memberikan komentar terkait peluang klubnya. Modric optimis Madrid bakal kembali menjadi juara Liga Champions di musim ini.

Rabu, 14 Nov 2018 18:22Berita Sumut

Bupati Soekirman Sampaikan Komitmen Junjung Tinggi dan Peduli HAM

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didaulat sebagai Keynote Speaker pada acara Festival Hak Asasi Manusia (HAM) Indonesia Tahun 2018 bertempat di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Rabu (14/11). Festival tersebut mengangkat tema Merawat Keberag

Rabu, 14 Nov 2018 18:00Berita Sumut

APBD 2019 Pemkab Sergai Diproyeksikan Rp 1.5 Trilyun

APBD Pemkab Serdangbedagai pada tahun 2019 diproyeksi sebesar Rp 1.570.104.307.000. Jumlah itu didominasi anggaran Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 56,50%.

Rabu, 14 Nov 2018 17:30Berita Sumut

Personel Satpol PP Terluka Dilempar Batu Saat Bongkar Bangunan Kios di Jalan Gedung Arca

Tim gabungan Pemko Medan membongkar 8 unit bangunan kios di halaman Perguruan Al Ittihadiyah Jalan Gedung Arca, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Rabu (14/11). Meski berhasil meratakan seluruh bangunan kios dengan tanah namun pembongkaran se

Rabu, 14 Nov 2018 17:15Berita Sumut

Penambahan Anggaran e KTP Rp 3 M di Disdukcapil Dinilai Penting

Anggota DPRD Medan Anton Panggabean yang tergabung di panitia khusus (Pansus) R APBD Pemko Medan TA 2019 mendukung penambahan anggaran Rp 3 Miliar untuk pengadaan tinta dan film e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan. Penam

Rabu, 14 Nov 2018 17:00Berita Sumut

Warga Dua Desa di Kecamatan Lau Baleng Minta Dishut Sumut Tinjau Ulang Penerbitan SK HKM

Puluhan warga Desa Desa Laugarut dan Desa Pintu Angin, mendatangi kantor Dinas Kehutanan Sumut di Jln SM Raja, Medan, Rabu (14/11) siang. Mereka meminta klarifikasi soal terbitnya SK hutan kemasyarakatan (HKM) di dua desa tersebut.

Rabu, 14 Nov 2018 16:30Berita Sumut

Wanita Pengutil di Medan Mall Ditangkap

Polsek Medan Kota mengamankan seorang wanita karena kedapatan mencuri pakaian di pusat perbelanjaan Medan Mall Jalan MT Haryono Medan