• Home
  • Berita Sumut
  • Batara Kris Chandra Pangaribuan Ketua BEM UMI Medan Periode 2017-2019

Batara Kris Chandra Pangaribuan Ketua BEM UMI Medan Periode 2017-2019

mes Rabu, 19 April 2017 16:29 WIB
Pelatihan Jurnalistik pada acara Mubes KBM UMI Medan di Bangun Dolok Parapat
MATA TELINGA-MEDAN. Batara Kris Chandra Pangaribuan dari Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan terpilih menjadi Ketua BEM UMI Medan untuk masa jabatan 2017-2019.

Demikian disampaikan Wakil Rektor III Jhoni Maslan Hutapea, Rabu (19/4/2017). Batara terpilih pada acara Musyawarah Besar Keluarga Besar Mahasiswa (Mubes KBM) Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan di Bangun Dolok Parapat. Acara di Bangun Dolok kemarin diawali dengan registrasi setelah seluruh peserta dari lima fakultas (Kedokteran, Ekonomi, Sastra, Pertanian dan Ilmu Komputer) sampai di lokasi acara. Setiap fakultas mengutus 20 orang utusannya untuk ikut dalam Mubes dan sudah termasuk pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa dari tiap fakultas.
Mubes yang digelar selama 4 hari 3 malam tersebut bertujuan untuk memilih Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Periode 2017-2019. Selain bertujuan untuk memilih Ketua BEM yang baru, Mubes juga membahas tetang tata tertib sidang, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang sebelumnya sudah dimusyawarahkan.

Setelah semua peserta didata ulang, acara pertama ibadah bersama sekaligus pembukaan acara Mubes yang digelar di aula Bangun Dolok Parapat, Minggu (29 Maret 2017) lalu.

"Mahasiswa kita harapkan memanfaatkan acara Mubes ini untuk belajar berorganisasi. Aktif dalam berorganisasi juga menjadi salah satu modal penting dalam memenangkan persaingan perolehan kerja karena sudah punya jejaring yang kuat dan relasi yang lumayan banyak," katanya.

Rektor UMI Medan Ir. Pantas Simanjuntak, MM dalam arahannya menyampaikan bahwa kampus sangat mendukung kegiatan kemahasiswaan termasuk dengan aktifnya organisasi kemahasiswaan seperti BEM. Ke depan, dengan terbentuknya kepengurusan BEM yang baru, segala bentuk kegiatan kemahasiswaan yang ada agar diaktifkan kembali, termasuk dengan kegiatan kerohanian.

"Dengan aktif dalam berbagai kegiatan di kampus, mahasiswa akan terhindar dari kejahatan narkoba yang sekarang sudah menyebar sampai ke kampus dan sekolah. Akibat dari narkoba ini, kejahatan lain seperti begal juga menjadi marak. Harapan kita, mahasiswa UMI tidak ada yang terlibat narkoba dan begal karena sudah aktif dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan. Bangkitkan potensimu dengan berbagai kegiatan positif," tandas Pantas Simanjuntak yang selanjutnya memukul gong sebagai pertanda acara Mubes KBM UMI Medan resmi dibuka.

Selain membahas AD/ART dan Rancangan Program Kerja, seluruh peserta juga mendapatkan pencerahan dengan mengikuti Seminar Keorganisasian dan Etos Kerja yang dibawakan Guru Etos Bregma Silitonga yang menekankan pentingnya komitmen dalam memanajemeni waktu.

Malam harinya, ada materi tentang Pengenalan Dasar Jurnalistik dan Teknik Menulis Artikel/Opini yang dibawakan wartawan media online James P Pardede. Dalam materi pelatihan ini, mahasiswa diajak untuk membangkitkan potensi yang ada di dalam diri masing-masing.

"Semua orang bisa menulis, tapi tidak semua orang bisa menulis dengan baik dan tulisannya bisa dimuat di media cetak, jurnal atau majalah. Ketika minat menulis sudah muncul, tidak tertutup kemungkinan untuk menulis buku," papar James Pardede.

Keesokan harinya, Selasa (21 Maret 2017), pemateri yang juga Wakil Rektor IV Sevendy Napitupulu menyampaikan materinya tentang Organisasi dan Kepemimpinan. Dalam materinya, Sevendy Napitupulu menekankan pentingnya kerjasama tim dalam sebuah organisasi.  Menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi juga harus mampu mengubah orang-orang yang sama-sama bekerja menjadi sebuah tim yang kuat.

"Kefektifan organisasi tergantung pada perilaku organisasi. Jadi acuannya adalah perilaku organisasi, bukan perilaku individu, atau sikap dan motivasi, bahkan pengetahuan tentang tugas dan pekerjaan dalam organisasi," tandasnya.

Pengetahuan juga harus didukung oleh sikap dan motivasi, kemudian perilaku individu. Tetapi perilaku individu akan memberi makna untuk organisasi ketika dia menjadi perilaku organisasi. Disinilah peran kepemimpinan mengubah perilaku individu menjadi perilaku organisasi.
Editor: James Pardede

T#g:BEM UMIJames P PardedeUMI Medan
Komentar
Rabu, 20 Feb 2019 12:36Berita Sumut

Kapolda Sumut Ta'ziah ke Rumah Jurnalis Senior di Medan

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto melayat ke rumah duka Almarhum H Baharuddin yang tutup usia 75 tahun di jalan Pendidikan Gang Sempurna (Starban) Medan Polonia.

Rabu, 20 Feb 2019 12:21Berita Sumut

Terkendala Cuaca, Pencarian Nelayan Teripang Hilang Perairan Sibolga Resmi Dihentikan

Pencarian terhadap seorang lagi nelayan teripang yang hilang di perairan Sibolga, Selasa (13/2) lalu akhirnya secara resmi dihentikan. Selain karena waktu pencarian sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) SAR, cuaca buruk juga menjadi kendala utama.

Rabu, 20 Feb 2019 12:06Berita Sumut

HUT ke -5, RSU Royal Prima Sudah Melantai di Bursa Efek Indonesia

Dalam rangka peringatan hari ulang tahunnya yang ke-5 tahun, Rumah Sakit Umum (RSU) Royal Prima Medan, terus melakukan pembenahan dan memaksimalkan pelayanan untuk masyarakat di Sumatera Utara.

Rabu, 20 Feb 2019 11:53Berita Sumut

Komplotan Pencuri Mobil Diringkus Polisi

Unit Reskrim Polsek Delitua meringkus tiga kawanan pelaku pencurian kendaraan jenis mobil. Ketiga tersangka dilaporkan mencuri mobil Mitsubishi L 300 milik Robinta Sembiring Depari yang terparkir di depan warung kopi Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Lau Ci

Rabu, 20 Feb 2019 11:37Berita Sumut

Heboh di Kisaran Timur, Permen Buat Anak Tidur Berjam-jam

Camat Kisaran Timur Irwandi menghimbau kepada seluruh warganya untuk membeli jajanan anak khususnya jajanan jenis permen (bombon) yang banyak di jual di pasaran. Pasalnya ada jenis permen yang dijual di pasaran setelah di konsumsi mengakibatkan anak dapa

Rabu, 20 Feb 2019 10:09Berita Sumut

Pusaka Indonesia Duga Djarum Eksploitasi Anak untuk Promosi Rokok

Yayasan Pusaka Indonesia (YPI) menuding pihak perusahaan rokok Djarum di duga telah melakukan eksploitasi terhadap setidaknya 23.000 anak usia 6-15 tahun yang mengikuti audisi beasiswa Djarum.

Rabu, 20 Feb 2019 09:54Ekonomi

Rupiah Terus Menguat di Level Rp14.040/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semakin menguat di pembukaan perdagangan hari ini. Rupiah kini berada di level Rp14.000-an per USD.

Rabu, 20 Feb 2019 09:39Lifestyle

Sekian Tahun Berlalu, Akhirnya Angkat Bicara, Deddy Corbuzier Ungkap Alasannya Bercerai

Deddy Corbuzier dikenal sebagai sosok yang jarang membicarakan kehidupan pribadinya di depan publik. Namun dalam sebuah acara, ayah satu anak itu justru membeberkan alasannya bercerai dengan Kalina Oktarani.

Rabu, 20 Feb 2019 09:24Lifestyle

Ingin Tau Suasana Dapur Gedung Putih AS, Yuk Intip Rahasinya

Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan White House atau Gedung Putih. Ya, kediaman enam lantai dengan luas tanah yang besar ini adalah pusat dari cabang eksekutif pemerintahan Amerika Serikat (AS). Tak hanya digunakan sebagai tempat kerja, Gedung Put

Rabu, 20 Feb 2019 09:09Lifestyle

Seks Bisa Jadi Penyelamat Pernikahan Kamu, Berikut 5 Alasannya

Bisa dibilang hubungan seksual menjadi unsur penting dalam keintiman dan keharmonisan sebuah rumah tangga. Seks adalah hal yang menyenangkan dan bisa menjadi penentu hubungan Anda.

Rabu, 20 Feb 2019 08:54Ekonomi

Harga Emas Meroket ke Level Tertinggi

Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup pada level tertinggi selama 10 bulan terakhir.

Rabu, 20 Feb 2019 08:39Nasional

Viral, Peristiwa E-Tilang Menggelitik Warga Net

Penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau e-tilang di Kota Solo, Jawa Tengah, membuat para pengguna jalan panik. Sistem baru tersebut telah menjerat beberapa pengendara yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas.

Rabu, 20 Feb 2019 08:24Lifestyle

Viral, Kakak Rela Jual Adik Kandungnya Sendiri

Sebagai kakak beradik, sudah sepantasnya Anda saling menyayangi satu sama lain. Pasalnya kakak maupun adik adalah orang terdekat yang bisa membantu segala macam kesulitan yang sedang Anda hadapi.

Rabu, 20 Feb 2019 08:12Ekonomi

Perang Dagang AS-China Mereda Buat Dolar Melemah

Indeks dolar AS melemah pada akhir perdagangan 19 Februari 2019. Kurs dolar AS justru melemah saat investor optimis perang dagang AS-China akan mereda.

Rabu, 20 Feb 2019 07:57Bola

Messi Tak Berkutik Lawan Lyon

Barcelona harus meraih hasil kurang menjanjikan ketika melakoni leg pertama babak 16 Besar Liga Champions musim 2018-2019. Melawan Olympique Lyon, "Blaugrana" julukan Barca harus puas bermain 0-0 hingga laga usai.

Rabu, 20 Feb 2019 07:32Bola

Pertandingan Liverpool vs Bayern Munich, Sama Kuat

Bermain di depan pendukung yang memadati Anfield membuat Sadio Mane dan kolega memulai laga dengan lebih percaya diri. Serbuan perdana Liverpool datang dari sayap kanan, di mana Alexander-Arnold mengirim umpan silang ke kotak penalti Bayern, namun bola be