• Home
  • Berita Sumut
  • Batara Kris Chandra Pangaribuan Ketua BEM UMI Medan Periode 2017-2019

Batara Kris Chandra Pangaribuan Ketua BEM UMI Medan Periode 2017-2019

mes Rabu, 19 April 2017 16:29 WIB
Pelatihan Jurnalistik pada acara Mubes KBM UMI Medan di Bangun Dolok Parapat
MATA TELINGA-MEDAN. Batara Kris Chandra Pangaribuan dari Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan terpilih menjadi Ketua BEM UMI Medan untuk masa jabatan 2017-2019.

Demikian disampaikan Wakil Rektor III Jhoni Maslan Hutapea, Rabu (19/4/2017). Batara terpilih pada acara Musyawarah Besar Keluarga Besar Mahasiswa (Mubes KBM) Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan di Bangun Dolok Parapat. Acara di Bangun Dolok kemarin diawali dengan registrasi setelah seluruh peserta dari lima fakultas (Kedokteran, Ekonomi, Sastra, Pertanian dan Ilmu Komputer) sampai di lokasi acara. Setiap fakultas mengutus 20 orang utusannya untuk ikut dalam Mubes dan sudah termasuk pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa dari tiap fakultas.
Mubes yang digelar selama 4 hari 3 malam tersebut bertujuan untuk memilih Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Periode 2017-2019. Selain bertujuan untuk memilih Ketua BEM yang baru, Mubes juga membahas tetang tata tertib sidang, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang sebelumnya sudah dimusyawarahkan.

Setelah semua peserta didata ulang, acara pertama ibadah bersama sekaligus pembukaan acara Mubes yang digelar di aula Bangun Dolok Parapat, Minggu (29 Maret 2017) lalu.

"Mahasiswa kita harapkan memanfaatkan acara Mubes ini untuk belajar berorganisasi. Aktif dalam berorganisasi juga menjadi salah satu modal penting dalam memenangkan persaingan perolehan kerja karena sudah punya jejaring yang kuat dan relasi yang lumayan banyak," katanya.

Rektor UMI Medan Ir. Pantas Simanjuntak, MM dalam arahannya menyampaikan bahwa kampus sangat mendukung kegiatan kemahasiswaan termasuk dengan aktifnya organisasi kemahasiswaan seperti BEM. Ke depan, dengan terbentuknya kepengurusan BEM yang baru, segala bentuk kegiatan kemahasiswaan yang ada agar diaktifkan kembali, termasuk dengan kegiatan kerohanian.

"Dengan aktif dalam berbagai kegiatan di kampus, mahasiswa akan terhindar dari kejahatan narkoba yang sekarang sudah menyebar sampai ke kampus dan sekolah. Akibat dari narkoba ini, kejahatan lain seperti begal juga menjadi marak. Harapan kita, mahasiswa UMI tidak ada yang terlibat narkoba dan begal karena sudah aktif dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan. Bangkitkan potensimu dengan berbagai kegiatan positif," tandas Pantas Simanjuntak yang selanjutnya memukul gong sebagai pertanda acara Mubes KBM UMI Medan resmi dibuka.

Selain membahas AD/ART dan Rancangan Program Kerja, seluruh peserta juga mendapatkan pencerahan dengan mengikuti Seminar Keorganisasian dan Etos Kerja yang dibawakan Guru Etos Bregma Silitonga yang menekankan pentingnya komitmen dalam memanajemeni waktu.

Malam harinya, ada materi tentang Pengenalan Dasar Jurnalistik dan Teknik Menulis Artikel/Opini yang dibawakan wartawan media online James P Pardede. Dalam materi pelatihan ini, mahasiswa diajak untuk membangkitkan potensi yang ada di dalam diri masing-masing.

"Semua orang bisa menulis, tapi tidak semua orang bisa menulis dengan baik dan tulisannya bisa dimuat di media cetak, jurnal atau majalah. Ketika minat menulis sudah muncul, tidak tertutup kemungkinan untuk menulis buku," papar James Pardede.

Keesokan harinya, Selasa (21 Maret 2017), pemateri yang juga Wakil Rektor IV Sevendy Napitupulu menyampaikan materinya tentang Organisasi dan Kepemimpinan. Dalam materinya, Sevendy Napitupulu menekankan pentingnya kerjasama tim dalam sebuah organisasi.  Menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi juga harus mampu mengubah orang-orang yang sama-sama bekerja menjadi sebuah tim yang kuat.

"Kefektifan organisasi tergantung pada perilaku organisasi. Jadi acuannya adalah perilaku organisasi, bukan perilaku individu, atau sikap dan motivasi, bahkan pengetahuan tentang tugas dan pekerjaan dalam organisasi," tandasnya.

Pengetahuan juga harus didukung oleh sikap dan motivasi, kemudian perilaku individu. Tetapi perilaku individu akan memberi makna untuk organisasi ketika dia menjadi perilaku organisasi. Disinilah peran kepemimpinan mengubah perilaku individu menjadi perilaku organisasi.
Editor: James Pardede

T#g:BEM UMIJames P PardedeUMI Medan
Komentar
Sabtu, 24 Feb 2018 07:34Nasional

Tim Polri dan Bea Cukai Galkan 3 Ton Sabu Masuk ke Indonesia

Pengecekan dilakukan di seluruh bagian kapal, termasuk bagian freezer oleh Tim Polri dan Bea-Cukai, memeriksa muatan kapal berbendera Taiwan yang diduga membawa sabu dalam jumlah besar di Kepulauan Riau.

Sabtu, 24 Feb 2018 07:19Berita Sumut

Danrem 022/PT Kunjungi Pulau Berhala

Danrem 022/PT Kol Arm Khoirul Hadi melakukan kunjungan kerja ke Pulau Berhala Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara

Sabtu, 24 Feb 2018 07:04Nasional

Panglima TNI : Jaga dan Tingkatkan Kekompakan TNI dan Polri

Soliditas dan sinergitas antara TNI-Polri harus terus dijaga dan ditingkatkan, yang sudah bagus dibuat lebih bagus lagi, supaya rakyat Indonesia tahu bahwa TNI dan Polri selalu kompak dalam satu kesatuan untuk menjaga Ibu Pertiwi agar tidak diganggu oleh

Sabtu, 24 Feb 2018 06:49Berita Sumut

Di Hadapan Gubernur NTB, Edy Rahmayadi Yakin Bawa Sumut Bermartabat

Tokoh dan alumni Al Azhar Mesir menggelar silaturahmi, Jumat (23/2/2018) di Medan. Silaturahmi bertema: Menatap Indonesia Baru Bersama Tuan Guru Bajang.

Sabtu, 24 Feb 2018 06:34Berita Sumut

GNPF MUI Deklarasi Dukung ERAMAS di Pilgub Sumut

Tokoh dan alumni Al Azhar Mesir menggelar silaturahmi, Jumat (23/2/2018) di Medan. Silaturahmi bertema: Menatap Indonesia Baru Bersama Tuan Guru Bajang

Sabtu, 24 Feb 2018 06:19Berita Sumut

Wagubsu Nurhajizah : PKH Ikut Berkontribusi Dalam Penanggulangan Kemiskinan

Menteri Sosial Idrus Marham bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) DR. Hj. Nurhajizah Marpaung SH, MH secara simbolis menyerahkan bantuan non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Deli Serdang

Sabtu, 24 Feb 2018 06:04Berita Sumut

Silaturahmi Alumni Al Azhar: Dihadiri Gubernur NTB Hingga Cagubsu Edy Rahmayadi

Tokoh dan alumni Al Azhar Mesir menggelar silaturahmi, Jumat (23/2/2018) di Medan. Silaturahmi bertema: Menatap Indonesia Baru Bersama Tuan Guru Bajang.

Jumat, 23 Feb 2018 19:55Berita Sumut

Tio Handoko Terpilih Jadi Ketum SP Bun PTPN III Periode 2018 2022

Tio Handoko terpilih dan dikukuhkan menjadi Ketua Umum SP Bun PTPN III (Persero) pada Musyawarah Luar Biasa Serikat Pekerja Perkebunan Tingkat Perusahaan (MUSLUBSERJATIP) PTPN III (Persero)

Jumat, 23 Feb 2018 19:48Berita Sumut

Gubsu Rotasi Delapan Pejabat Pratama Pemprovsu

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. HT. Erry Nuradi, MSi merotasi delapan pejabat struktural Tingkat Pratama di lingkungan Pemprovsu. Rotasi ini ditandai dengan pengukuhan delapan pejabat tersebut setelah mendapat persetujuan Komisi Aparatur Sipil Neg

Jumat, 23 Feb 2018 19:45Berita Sumut

BPBD Kota Medan Raih Penghargaan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menerima penghargaan sebagai BPBD Kabupaten/ Kota

Jumat, 23 Feb 2018 19:42Berita Sumut

Wali Kota Gelar Pengajian Dengan Pimpinan OPD Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menggelar pengajian bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Jumat, 23 Feb 2018 19:39Berita Sumut

Gubsu Kukuhkan Effendy Pohan Jadi Pjs Bupati Padang Lawas

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. HT Erry Nuradim MSi mengukuhkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provsu Effendy Pohan sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Padang Lawas

Jumat, 23 Feb 2018 19:37Berita Sumut

Walikota Terima Audensi Inti Sumut

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, MSi, menerima audiensi Pengurus Daerah Perhimpunan Indonesia Tionghoa

Jumat, 23 Feb 2018 19:32Nasional

Panglima TNI : PPRC TNI Siap Digerakkan ke Berbagai Wilayah NKRI

Tantangan tugas TNI kedepan tidak semakin ringan dihadapkan dengan fenomena global yang menghadirkan berbagai bentuk ancaman kedaulatan negara. Hal ini menuntut kesiapsiagaan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI yang tinggi, untuk selalu siap setiap s

Jumat, 23 Feb 2018 17:30Berita Sumut

Dorr, Begal Ini Lumpuh Dipelor Polisi

Sat Reskrim Polrestabes Medan melumpuhkan seorang tersangka spesialis bandit jalanan berinisial DS alias DY (28) warga Jalan Gurilla, Medan Timur. Polisi terpaksa menembak kaki tersangka karena mencoba kabur saat petugas berupaya meringkus tersangka.

Jumat, 23 Feb 2018 16:46Berita Sumut

Lomba Perkemahan Pramuka Prestasi ke XII Se Sumatera Tahun 2018 Resmi Dibuka

Lomba Perkemahan Pramuka Prestasi (LPPP) Ke-XII Tahun 2018 Se-Sumatera kembali digelar, Jumat (23/2) di Open Stage PRSU, Jl. Gatot Subroto Medan. Kegiatan LPPP dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Negeri Medan Prof. Dr. Sahar Siagian, M.Pd dengan dita