• Home
  • Berita Sumut
  • Bawa 55 Kg Sabu dan 10 Ribu Butir Ekstasi, Hendri Dituntut Mati

Bawa 55 Kg Sabu dan 10 Ribu Butir Ekstasi, Hendri Dituntut Mati

faeza Rabu, 14 Agustus 2019 21:11 WIB
Mtc/ist
Jaksa Penuntut Umum (JPU) Henny Meirita meminta agar majelis hakim menjatuhkan hukuman mati kepada Hendri Yosa warga Desa Blang Cut, Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe, Aceh. Pria ini dinilai bersalah membawa sabu 55 kg dan 10.000 pil ekstasi.
MATATELINGA, Medan: Jaksa Penuntut Umum (JPU) Henny Meirita meminta agar majelis hakim menjatuhkan hukuman mati kepada Hendri Yosa warga Desa Blang Cut, Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe, Aceh. Pria ini dinilai bersalah membawa sabu 55 kg dan 10.000 pil ekstasi.




[adx]


Tuntutan terhadap Hendri Yosa dibacakan dalam persidangan yang dipimpin Dominggus Silaban di Pengadilan Negeri Medan, Rabu (14/8/2019).

JPU menyatakan terdakwa terbukti melanggar pasal Pidana Pasal 114 (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.


"Meminta Mejelis Hakim yang mempersidangkan menghukum terdakwa karena terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pidana Pasal 114 (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan hukuman mati," tutur JPU Henny. 

Dalam pertimbangannya , JPU mempertimbangkan hal yang memberatkan terdakwa antara lain terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkotika.

"Hal yang meringankan karena terdakwa karena berterus terang selama persidangan," cetusnya.



[adx]


Usai mendengar nota tuntutan JPU, majelis hakim menunda persidangan sepekan mendatang untuk agenda mendengarkan pembelaan terdakwa.

Dikutip dari dakwaan, bahwa Hendri ditangkap pada 19 Februari 2019 subuh pukul 00.30 WIB di pinggir jalan Lintas Medan Banda Aceh tepatnya di SPBU AKR Kec. Besitang  Kab. Langkat.

Kejadian ini berawa; pada 18 Februari 2019, sekitar pukul 03.00 WIB, Hendri dihubungi oleh ADI (DPO) yang mengatakan terdakwa disuruh pergi ke Kuala untuk ambil sabu sama si NEK (DPO).

Lalu terdakwa langsung berangkat  ke Kuala dengan menggunakan  sepeda motor, saat  tiba di Kuala pinggir pantai terdakwa bertemu si NEK. Lalu terdakwa mengambil tas paket sabu dan ekstasi namun karena paket tasnya banyak ada sebanyak 5 tas dan tidak bisa dengan sekali membawa dengan sepeda motor sehingga terdakwa membawanya dua kali jemput.

Jemputan pertama terdakwa membawa 4 tas, setelah empat tas terdakwa bawa ke rumah. Kemudian terdakwa kembali lagi mengambil 1 tas koper lagi dan membawanya.

Setelah 5 tas tersebut semuanya terdakwa ambil kemudian ia menyimpannya di rumah sambil menunggu perintah lebih lanjut dari ADI.



[adx]

Selanjutnya sekitar pukul 11.00 WIB terdakwa dihubungi ADI dan  menyuruh terdakwa mengantarkan barang 5 buah tas yang berisi paket saabu dan pil ekstasi ke Medan.

Lalu sekitar pukul 18.00 WiB, terdakwa berangkat dari rumah dengan sepeda motor ke pinggir jalan lintas dengan membawa 5 tas.

Terdakwa menitipkan tas di warung pinggir jalan lintas, setelah 5 tas terkumpul terdakwa titip sepeda motor terdakwa di warung tersebut, dan selanjutnya sekitar pukul 19.00 WIb, terdakwa menyetop Bus Simpati Star dan langsung berangkat menuju ke Medan.

Lalu pada 19 Februari 2019, sekitar pukul 00.30 WIB, saat tiba di Besitang tepatnya SPBU AKR pinggir Jalan lintas Medan-Banda Aceh kemudian Bus berhenti dan tiba-tiba ada beberapa orang naik ke Bus lalu melakukan pemeriksaan kepada terdakwa.

Lalu dilakukan pemeriksaan oleh petugas kemudian menemukan paket narkotika jenis saabu dan ekstasi yang terdakwa bawa.

Selanjutnya terdakwa langsung diamankan ke kantor Ditresnarkoba Polda Sumut dimana terhadap barang bukti setelah dilakukan penimbangan dan penghitungan dengan disaksikan terdakwa  tas tersebut keseluruhannya berisi 55 bungkus plastik dalam kemasan warna hijau dan kuning keemasan sabu seberat 55.000 gram dan berisi 10.000 butir pil ekstasi warna orange gambar ikan yang keseluruhannya seberat 2.922 gram. (mtc)

Editor: faeza

T#g:Jaringan NarkobaMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPN MedanTerkiniTravelokabawa 55Kg sabutuntutan mati
Komentar
Selasa, 26 Mei 2020 22:45Lifestyle

Cantiknya Seo Ye Ji di Foto Psycho But It's Okay

Setelah merilis foto dari Kim Soo Hyun, giliran teaser Seo Ye Ji yang dirilis tim Psycho But It's Okay. Tiga foto yang memperlihatkan karakter Seo Ye Ji dirilis oleh drama tvN tersebut.

Selasa, 26 Mei 2020 22:45Berita Sumut

DPW Garnita Malahayati NasDem Sumut Kembali Gelar Baksos Sumbang APD ke Rumah Sakit

Salah satu bentuk kepedulian terhadap pandemi Covid-19, DPW Garnita Malahayati NasDem Provinsi Sumatera Utara kembali mengadakan kegiatan bakti sosial penyerahan bantuan APD, Masker dan Sabun cuci tangan yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Na

Selasa, 26 Mei 2020 22:15Berita Sumut

Breaking; Pertikaian di Tapsel, Warga 'Alami Luka Tembak, Polisi Terluka'

Dikabarkan, empat orang warga mengalami luka tembak senapan angin, akibat 'perang' dua desa di Tapsel, hingga dikabarkan mencekam.

Selasa, 26 Mei 2020 22:00Nasional

Jangan Bicara New Normal, Kalau Arti dan Skemanya Belum Paham

Berbagai kalangan saat ini tengah ramai membicarakan New Normal. Tidak heran, sebab New Normal diwacanakan akan mulai dilakukan pada Juni 2020.

Selasa, 26 Mei 2020 21:45Bola

Lambert: Timo Werner Cocok Bergabung ke Liverpool dengan Kecepatannya

Lambert percaya kecepatan penyerang RB Leipzig untuk akan cocok skuad asuhan Jurgen Klopp.

Selasa, 26 Mei 2020 21:30Nasional

Ratusan Rumah Terendam Banjir, Perabotan Rumah Hanyut

Akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Paciran dan sekitarnya di Kabupaten Lamongan, air laut pun naik dan membuat ratusan rumah terendam banjir.

Selasa, 26 Mei 2020 21:00Nasional

6 Terduga Teroris Jaringan JAD Ditangkap di Solo

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri, menangkap pelaku terduga terorisme dari sebuah kost-kostan di RT 05 RW 01, Losari, Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Senin 25 Mei 2020.

Selasa, 26 Mei 2020 20:45Berita Sumut

Kasubbid Penmas: Poldasu Sedang Mengumpulkan Keterangan di Lapangan

Dugaan penyelewengan dana bantuan sosial (bansos) COVID-19 di Medan, Pematang Siantar, Toba, Samosir, dan Deli Serdang, Penyidik Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) masih melakukan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket

Selasa, 26 Mei 2020 20:30Lifestyle

Popularitas Selebgram Tante Erni 'Mencuri' Perhatian Semua Kalangan

Berselancar di dunia maya, popularitas selebgram Ernie si Tante Pemersatu Bangsa makin viral ketika foto di Instagramnya mendapat komentar dari Hotman Paris. Lantas bagaimana reaksi suami Ernie?

Selasa, 26 Mei 2020 20:00Nasional

Kasad berikan THR kepada Personel AD di RSKI

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada seluruh personel RSIK Covid-19 Pulau Galang Batam

Selasa, 26 Mei 2020 19:30Berita Sumut

Mau Lapor Kasus Hukum, Kejati Sumut Siapkan Sipelakudumas Berbasis Android

Untuk menyahuti keinginan masyarakat dalam memperoleh kepastian hukum dan mendapatkan informasi terkait penegakan hukum di Sumateta Utara, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) meluncurkan aplikasi pengaduan masyarakat berbasis Android yang bisa

Selasa, 26 Mei 2020 19:05Berita Sumut

Hari Ketiga Lebaran, Dapur Umum Polres Tanjungbalai Bagikan Nasi Bungkus

Hari ketiga Lebaran 1441 H, Polres Tanjung Balai bagikan nasi bungkus sebanyak 70 bungkus. Polres Tanjungbalai tetap melakukan kegiatan dapur umum secara sukarela untuk disalurkan kepada masyarakat kurang mampu terdampak Covid-19 di Wilayah Hukum Polres T

Selasa, 26 Mei 2020 18:13Berita Sumut

Memanfaatkan Lebaran 1441 Hijriah, " Nyolong" Sawit Tujuh Ton

Biasanya orang memanfaatkan situasi lebaran datang kerumah famili bermaaf maafan serta ke tetangga. Tetapi, pemuda berinisial M alias Jarwo ,25, warga Dusun Tambunan A, Kecamatan Serapit

Selasa, 26 Mei 2020 18:02Berita Sumut

Berkunjung ke Polres Simalungun, Dr Hinca Panjaitan : Polisi Tidak Boleh Sakit

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K., menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi III Dr.Hinca I. Panjaitan XIII, SH, MH, ACCS dalam Reses Kepolisian, Aulla Andar Siahaan Polres Simalungun, Jln.Jhon Horaliam Pematang Raya Simalungun, Selasa (26

Selasa, 26 Mei 2020 17:03Nasional

Jumlah Pasien Sembuh Virus Corona di Jambi Terus Bertambah

Dari data Senin malam, jumlah pasien Covid-19 yang sembuh menjadi 15 orang, dari sebelumnya 13 pasien. Kasus pasien sembuh dari Covid-19 di Provinsi Jambi terus bertambah.

Selasa, 26 Mei 2020 16:54Berita Sumut

Wagub Berharap Pansus Covid-19 DPRD Sumut Dapat Mengawasi Kinerja GTPP Sumut

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi terbentuknya Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Sumut.