• Home
  • Berita Sumut
  • Bawa 55 Kg Sabu dan 10 Ribu Butir Ekstasi, Hendri Dituntut Mati

Bawa 55 Kg Sabu dan 10 Ribu Butir Ekstasi, Hendri Dituntut Mati

faeza Rabu, 14 Agustus 2019 21:11 WIB
Mtc/ist
Jaksa Penuntut Umum (JPU) Henny Meirita meminta agar majelis hakim menjatuhkan hukuman mati kepada Hendri Yosa warga Desa Blang Cut, Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe, Aceh. Pria ini dinilai bersalah membawa sabu 55 kg dan 10.000 pil ekstasi.
MATATELINGA, Medan: Jaksa Penuntut Umum (JPU) Henny Meirita meminta agar majelis hakim menjatuhkan hukuman mati kepada Hendri Yosa warga Desa Blang Cut, Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe, Aceh. Pria ini dinilai bersalah membawa sabu 55 kg dan 10.000 pil ekstasi.






Tuntutan terhadap Hendri Yosa dibacakan dalam persidangan yang dipimpin Dominggus Silaban di Pengadilan Negeri Medan, Rabu (14/8/2019).

JPU menyatakan terdakwa terbukti melanggar pasal Pidana Pasal 114 (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.


"Meminta Mejelis Hakim yang mempersidangkan menghukum terdakwa karena terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pidana Pasal 114 (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan hukuman mati," tutur JPU Henny. 

Dalam pertimbangannya , JPU mempertimbangkan hal yang memberatkan terdakwa antara lain terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkotika.

"Hal yang meringankan karena terdakwa karena berterus terang selama persidangan," cetusnya.





Usai mendengar nota tuntutan JPU, majelis hakim menunda persidangan sepekan mendatang untuk agenda mendengarkan pembelaan terdakwa.

Dikutip dari dakwaan, bahwa Hendri ditangkap pada 19 Februari 2019 subuh pukul 00.30 WIB di pinggir jalan Lintas Medan – Banda Aceh tepatnya di SPBU AKR Kec. Besitang  Kab. Langkat.

Kejadian ini berawa; pada 18 Februari 2019, sekitar pukul 03.00 WIB, Hendri dihubungi oleh ADI (DPO) yang mengatakan terdakwa disuruh pergi ke Kuala untuk ambil sabu sama si NEK (DPO).

Lalu terdakwa langsung berangkat  ke Kuala dengan menggunakan  sepeda motor, saat  tiba di Kuala pinggir pantai terdakwa bertemu si NEK. Lalu terdakwa mengambil tas paket sabu dan ekstasi namun karena paket tasnya banyak ada sebanyak 5 tas dan tidak bisa dengan sekali membawa dengan sepeda motor sehingga terdakwa membawanya dua kali jemput.

Jemputan pertama terdakwa membawa 4 tas, setelah empat tas terdakwa bawa ke rumah. Kemudian terdakwa kembali lagi mengambil 1 tas koper lagi dan membawanya.

Setelah 5 tas tersebut semuanya terdakwa ambil kemudian ia menyimpannya di rumah sambil menunggu perintah lebih lanjut dari ADI.




Selanjutnya sekitar pukul 11.00 WIB terdakwa dihubungi ADI dan  menyuruh terdakwa mengantarkan barang 5 buah tas yang berisi paket saabu dan pil ekstasi ke Medan.

Lalu sekitar pukul 18.00 WiB, terdakwa berangkat dari rumah dengan sepeda motor ke pinggir jalan lintas dengan membawa 5 tas.

Terdakwa menitipkan tas di warung pinggir jalan lintas, setelah 5 tas terkumpul terdakwa titip sepeda motor terdakwa di warung tersebut, dan selanjutnya sekitar pukul 19.00 WIb, terdakwa menyetop Bus Simpati Star dan langsung berangkat menuju ke Medan.

Lalu pada 19 Februari 2019, sekitar pukul 00.30 WIB, saat tiba di Besitang tepatnya SPBU AKR pinggir Jalan lintas Medan-Banda Aceh kemudian Bus berhenti dan tiba-tiba ada beberapa orang naik ke Bus lalu melakukan pemeriksaan kepada terdakwa.

Lalu dilakukan pemeriksaan oleh petugas kemudian menemukan paket narkotika jenis saabu dan ekstasi yang terdakwa bawa.

Selanjutnya terdakwa langsung diamankan ke kantor Ditresnarkoba Polda Sumut dimana terhadap barang bukti setelah dilakukan penimbangan dan penghitungan dengan disaksikan terdakwa  tas tersebut keseluruhannya berisi 55 bungkus plastik dalam kemasan warna hijau dan kuning keemasan sabu seberat 55.000 gram dan berisi 10.000 butir pil ekstasi warna orange gambar ikan yang keseluruhannya seberat 2.922 gram. (mtc)

Editor: faeza

T#g:Jaringan NarkobaMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPN MedanTerkiniTravelokabawa 55Kg sabutuntutan mati
Komentar
Jumat, 15 Nov 2019 19:01Berita Sumut

Mayarakat Kota Medan, Beri Dukungan Kinerja Kepolisian Jajaran Poldasu

Masyarakat Kota Medan terus memberikan dukungan terhadap kinerja kepolisian untuk melawan paham radikal dan terorisme, pasca terjadinya bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan.

Jumat, 15 Nov 2019 18:30Berita Sumut

Bawaslu Kabupaten Asahan Sosialisasikan Pilkada Serentak ke Jurnalis

Guna merajut sinergitas Bawaslu Kabupaten Asahan bersama jurnalis menggelar acara Sosialisasi Pengawasan dan Pencegahan Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Asahan Tahun 2020, Jum'at (15/11/2019) di hotel Marina Kisaran .

Jumat, 15 Nov 2019 18:15Berita Sumut

Bom Bunuh Diri di Maporestabes Medan, Kakak Beradik di Sicanang Diamankan Polisi

Dua orang warga lingkungan 20 Jalan Sentosa Barat Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan yang diduga terkait dengan pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan diamankan petugas Polda Sumatera pada Kamis malam (14/11/2019) sekitar pukul 22.30 wib. Sa

Jumat, 15 Nov 2019 18:01Berita Sumut

Tuahman Purba Prihatin Dengan Pembuangan Bangkai Babi ke Sungai

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sumut dr.Tuahman F Purba menyampaikan keprihatinannya terhadap sikap oknum-oknum yang membuang bangkai babi ke sungai, ke danau dan info terbaru ada yang buang bangkai babi ke pinggir jalan dengan cara membungkusnya dalam goni.

Jumat, 15 Nov 2019 18:00Lifestyle

Chef Renata Buat Saksang Guiness di Medan

Saksang identik dengan makanan yang dibuat dengan babi dan anjing. Namun oleh chef Renata Moeloek, Saksang dibuat dari daging sapi.

Jumat, 15 Nov 2019 17:45Nasional

Momen saat Panglima TNI Jadi Juri Lomba Memasak Nasi Goreng

Ada hal unik dan menarik pada pelaksanaan Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture Tahun 2019 yaitu “Lomba Memasak Nasi Goreng” yang diikuti oleh para Atase Pertahanan dan Isteri dari negara-negara sahabat.

Jumat, 15 Nov 2019 17:28Berita Sumut

Hasil Pra Studi Kelayakan PLTGU Diserahkan, Gubsu Harap Groundbreaking Terlaksana Secepatnya

Menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) pada Agustus 2019 lalu, PT Hanlim Power Indonesia (HPI) telah

Jumat, 15 Nov 2019 17:14Berita Sumut

16 Pelajar Kota Medan Ikuti Program Pertukaran Pelajar Ke Gwangju

Sebanyak 16 pelajar asal Kota Medan akan mengikuti program pertukaran pelajar (student exchange program) ke kota Gwangju, Korea Selatan . Kegiatan ini digelar dalam rangka mempererat hubungan sister city antara Kota Medan dengan Kota Gwangju. Rencananya,

Jumat, 15 Nov 2019 16:36Berita Sumut

Polsek Medan Baru Sosialisasikan Larangan Ternak Kaki Empat

Kapolsek Medan Baru yang diwakili oleh Wakapolsek AKP Uli Lubis SH, bersama tiga pilar menyampaikan sosialisasi tentang larangan pemeliharaan ternak kaki empat. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Sei Putih Tengah Kec. Medan Petisah, Jumat (1

Jumat, 15 Nov 2019 15:59Berita Sumut

Bupati Soekirman Resmikan BUMDes Bersama Kecamatan Bintang Bayu

BUMDes Bersama " Bintang Harapan" Kecamatan Bintang Bayu diresmika langsung Bupati Sergai Soekirman, Jumat, 15 November 2019.

Jumat, 15 Nov 2019 15:14Berita Sumut

Medan Bersih Sampah Bukan Mimpi

Masalah pentingnya menjaga kebersihan kembali menjadi salah satu topik utama yang ditekankan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ketika melaksanakan Safari Jumat di Masjid Baabul Falah Jalan Karya Bakti Lingkungan IX, Kelurahan

Jumat, 15 Nov 2019 14:57Berita Sumut

Bupati Soekirman Buka Rakerda PKK Sergai

Bupati Soekirman membuka Rakerda PKK Sergai di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat 15 November 2019.

Jumat, 15 Nov 2019 14:30Berita Sumut

Polda Sumut dan 3 Perguruan Tinggi di Medan Jalin Kerjasama Peningkatan SDM

Polda Sumatera Utara dan rektor dari tiga perguruan tinggi di Medan menjalin kerjasama dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM). Tiga universitas yang terlibat dalam kerjasama itu yakni, USU, UNIMED dan UMSU.

Jumat, 15 Nov 2019 14:15Berita Sumut

Kepergok Korban, Maling Motor di Kos-kosan Berhasil Diringkus Polisi

Seorang maling sepeda motor yang beraksi di kos-kosan Jalan Jati III Gang Ampera, Kelurahan Teladan Timur, Kecamatan Medan Kota berhasil diringkus polisi. Namun seorang rekannya berhasil kabur dan kini tengah diburu pihak kepolisian.

Jumat, 15 Nov 2019 14:00Berita Sumut

Korupsi Anggaran HUT Pemkab, Kaban Kesbangpol Paluta Dituntut 2 Tahun Penjara

Kaban Kesbang Pol Kabupaten Paluta Mahlil Rambe (58) dituntut dua tahun penjara oleh penuntut umum Tipikor Kejari Paluta dalam persidangan di Ruang Cakra1 Pengadilan Tipikor Medan, Kamis (14/11). Selain Mahlil, Juntan Harahap selaku Pejabat Pelaksana Tekn

Jumat, 15 Nov 2019 12:40Berita Sumut

Polri Selidiki Keterlibatan Istri Bomber di Polrestabes Medan

Polri terus mendalami kasus teror bom bunuh diri yang dilakukan oleh ‎Rabbial Muslim Nasution (24) di Markas Komando Polrestabes Medan, Rabu (14/11). Teranyar, tim gabungan Polri tengah menyelidiki dugaan keterlibatan DA, istri pelaku dalam insi