Bawaslu Sumut Tanggapi Pro Kontra Surat Edarannya

robby Sabtu, 19 Mei 2018 17:15 WIB
mtc/rooby
Tidak bisa dipungkiri, dengan beredarnya surat nomor B-1601/K.Bawaslu-Prov.su/PM-00.01/05/2018 tgl 16/5/2018 perihal penyampaian kesepakatan bersama dalam melakukan kampanye selama bulan Ramadhan 1439H/2018, telah menimbulkan reaksi dan tanggapan dari ber
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Medan: Tidak bisa dipungkiri, dengan beredarnya surat nomor B-1601/K.Bawaslu-Prov.su/PM-00.01/05/2018 tgl 16/5/2018 perihal penyampaian kesepakatan bersama dalam melakukan kampanye selama bulan Ramadhan 1439H/2018, telah menimbulkan reaksi dan tanggapan dari berbagai kalangan.

Menindaklanjuti situasi yang berkembang, Bawaslu Sumut berinisiatif melakukan konferensi pers di kantor Bawaslu Sumut jl. H. Adam Malik Medan 19/5/18.

Konferensi pers dilakukan langsung oleh Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R. Rasaan didampingi Hardi Munthe.

Dalam konferensi pers tsb, Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R. Rasaan menyatakan dengan tegas bahwa surat yang telah beredar di masyarakat bukan merupakan surat resmi dari Bawaslu.

"Itu surat yang salah, walau memang sudah sempat saya tandatangani dan di stempel. Namun belum di edaran kapada pihak manapun masih bersifat internal,". Terang nya.

Lebih lanjut dijelaskan Syafrida, bahwa Bawaslu Sumut baru akan mengeluarkan surat resmi rencananya hari ini Sabtu 19/5/2018 kemudian akan dikirimkan kepada masing-masing paslon terutama, serta pihak terkait lainnya.

Surat yang dikeluarkan Bawaslu Sumut merupakan hasil keputusan rapat bersama para stakeholder yang dihadiri oleh perwakilan masing-masing paslon serta tokoh lintas agama.

"pada prinsipnya tidak mungkin berani menyampaikan hal-hal diluar dari yang disampaikan saat rapat di hotel Tiara 14/5/18 lalu,".

Soal Materi yg dianggap menista agama tidak benar, Syafrida menjelaskan bahwa, dalam hal ini Bawaslu tidak mempunyai kewenangan sampai sejauh itu, yang dilarang terkait kampanye diluar jadwal, di tempat ibadah dan mengucapkan ucapan selamat di media massa dan media lainnya.

"Contohnya, penyebaran Jadwal imsakiah boleh saja, tapi yang tidak boleh dibagi kan di rumah ibadah, tidak boleh ada photo dan nomor urut paslon,".

Selanjutnya, tidak boleh Kuliah atau ceramah berisi kampanye bersifat mengajak untuk memilih. Tapi kalau ceramah menyampaikan kepada jemaah untuk memilih pemimpin sesuai ajaran atau syariah Islam boleh saja.

Selanjutnya Hardi Munthe menambahkan, apa yang dilakukan oleh Bawaslu Sumut ini, bersifat antisipasi guna mencegah adanya potensi dari pihak paslon tertentu yang memanfaatkan rumah ibadah sebagai tempat kampanye.

"Larangan ini bukan hanya berlaku di rumah ibadah tertentu saja, melainkan berlaku di setiap rumah ibadah,". Jelas nya.

"Sesuai amanat UU nomor 7 thn 2017, Bawaslu wajib melakukan pencegahan,".

Bawaslu juga sudah sesuai prosedur, sebelum dikeluarkan surat resmi, pasca rapat tgl 14 Mei 2018 di hotel Tiara, Bawaslu menunggu tanggapan dari pihak paslon dan pihak lain, baik berupa sanggahan atau pun masukan. Namun hingga hari ini tidak ada yang datang, sehingga Bawaslu Sumut hari ini (Sabtu 19/5/18) akan mengedarkan dan mengirimkan kepada paslon.

"Soal ucapan selamat bukan hanya saat ramadhan saja. Hari-hari besar lainnya juga tidak boleh,". Terang nya.

Menanggapi pertanyaan wartawan tentang apakah isi di surat yang beredar di mayarakat sama dengan yang akan di edarkan, Syafrida R. Rasaan menjelaskan, memang isi surat sama, namun nomornya tidak sama, yang beredar surat yang salah dan bukan dikeluarkan resmi oleh Bawaslu Sumut.

"Bahkan kita sudah konfirmasi kepada pihak paslon nomor urut 1, dan mereka menyatakan belum menerima surat apapun dari Bawaslu,".

Syafrida berharap, melalui media, agar disampaikan kepada seluruh tokoh masayarakat, dan tokoh agama di Sumut, sesungguhnya tidak ada niat Bawaslu untuk mendiskreditkan atau menghalangi umat Islam untuk beribadah. Dan, bagi penyebar surat, Bawalsu Sumut tidak akan melakukan tindakan apapun.

Terkait polemik yang beredar soal begitu responsifnya Bawaslu menyikapi masalah potensi kampanye yang dilakukan di rumah ibadah, sementara masalah lainnya yang sudah dilaporkan tidak seperti ini respon Bawaslu. Dimana seolah Bawaslu merespon apabila potensi itu menguntungkan salahsatu paslon yang melakukan kampanye di rumah ibadah untuk meningkatkan elektabilitas nya, Syafrida mempersilahkan siapa saja berasumsi demikian, namun Bawaslu Sumut dalam hal ini tetap berprinsip bahwa apa yg dilakukan Bawaslu Sumut bukan sepihak dari Bawaslu semata melainkan ini kata atau amanat regulasi yang ada pasal 9 UU nomor 10 tahun 2016, dan hasil rapat 14/5/2018 lalu.

"Jikalau nanti ada yang datang atau soal yang akan melakukan unjuk rasa ke Bawaslu, kami siap menerima dan menjawab. Namun mohon maaf, dikarenakan kami berhalangan karena mengikuti test selesai anggota Bawaslu, kemungkinan yang menanggapi nanti Sekretaris Bawaslu,". Paparnya.(mtc/robby)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Selasa, 21 Agu 2018 22:51Berita Sumut

ASN Pemkab.Asahan Qurban 95 Ekor Hewan Ternak Lembu dan 30 Ekor Kambing

Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Asahan pada hari raya Idhul Adha 1439 H

Selasa, 21 Agu 2018 22:05Berita Sumut

Bus Sentosa Masuk Jurang Di Tobasa,8 Meninggal, 14 Selamat

Pencarian korban kecelakaan bus Sentosa yang terperosok kedalam jurang di Desa Lumban Rau Tengah diantara Kecamatan Habinsaran dan Kecamatan Nassau Km 24 25, Kabupaten Toba Samosir

Selasa, 21 Agu 2018 21:50Berita Sumut

BD Narkoba Diduga Berlindung Dibalik Kalapas

Proses pembinaan para narapidana nampaknya tak se seram yang dibayangkan. Apalagi terhadap para gembong narkoba perusak generasi bangsa, disebut-sebut kerap mendapatkan keistimewaan di Lapas Narkotika Klas III Langkat

Selasa, 21 Agu 2018 21:41Berita Sumut

Komisi A DPRD Medan BKOW Sumut Layak Pertahankan Lahan Wisma Kartini

Ketua Komisi A DPRD Medan,Andi Lumban Gaol SH menyampaikan dukungan sepenuhnya terhadap Badan Kerjasama Organisasi Wanita(BKOW) Sumut yang mempertahankan lahan Wisma Kartini,untuk tetap dijadikan sebagai tempat berhimpunya Organisasi Wanita di Sumut

Selasa, 21 Agu 2018 21:30Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sedekahkan 13 Ekor Lembu di Hari Raya Idul Adha 1439 H

Sambut Hari Raya Idul Adha 1439 H Tahun 2018 ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sedekahkan 13 ekor Lembu kepada masyarakat yang berada disekitar Sumber Air dan Instalasi Pengolahan Air PDAM Tirtanadi

Selasa, 21 Agu 2018 21:26Berita Sumut

Polda Sumut Tetapkan Dua Tersangka

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) resmi menetapkan 2 orang tersangka dalam kasus Operasi Tangkap Tangan

Selasa, 21 Agu 2018 21:00Berita Sumut

Dua Pegawai BP2RD Gelapkan Uang Negara Rp 31 Juta

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) akhirnya memberikan keterangan resmi terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan terhadap dua pegawai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Meda

Selasa, 21 Agu 2018 20:52Berita Sumut

Dinas Pariwisata Petakan Potensi Industri Kreatif di Medan

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata tengah melakukan pemetaan potensi ekonomi kreatif di ibu kota Sumatra Utara ini

Selasa, 21 Agu 2018 19:05Berita Sumut

Dinas PPKB & PP PA Asahan Kurban Tiga Ekor Lembu

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB & PP PA) Kabupaten Asahan, dalam rangka menyambut kedatangan hari raya Idhul Adha 1439 H, menyembelih tiga ekor lembu yang berkualitas baik serta seh

Selasa, 21 Agu 2018 16:40Berita Sumut

Produksi Padi Sumut Diharapkan Capai 7 Ton/Tahun

Program Upaya Khusus (Upsus) Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) diharapkan dapat meningkatkan produksi padi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Produksi padi tahun 2017 yang mencapai 5,1 ton diharapkan terus meningkat menjadi 7 ton/tahun.

Selasa, 21 Agu 2018 16:00Berita Sumut

Protes Azan Hingga Picu Keributan, Meiliana Dihukum 18 Bulan Penjara

Perbuatan Meiliana ,44, yang memprotes suara azan hingga memicu kerusuhan SARA di Tanjungbalai pada dua tahun lalu diganjar dengan 1 tahun 6 bulan penjara. Putusan ini sama dengan tuntutan yang diajukan oleh tim JPU dari Kejari Tanjungbalai.

Selasa, 21 Agu 2018 15:30Berita Sumut

Pemprovsu Dukung Pengumpulan Koleksi Kayu Indonesia

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung kegiatan pengumpulan koleksi kayu yang ada di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi sumbangsih kepada berbagai kalangan termasuk akademisi, industri, dan masyarakat.

Selasa, 21 Agu 2018 14:30Berita Sumut

Mayjen TNI MS Fadillah : "Mauliate Godang Rekan Media"

Pangdam I BB Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah mengucapkan Mauliate Godang atas sambutan dan penerimaan dari teman-teman media yang ada di jajaran Kodam I Bukit Barisan. Penegasan ini disampaikan Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadh

Selasa, 21 Agu 2018 14:00Berita Sumut

Bajing Loncat di Jalan Letsu Ditangkap

Seorang pelaku bajing loncat yang kerap beraksi di kawasan Jalan Letda Sujono, Medan diringkus tim Pegasus Polrestabes Medan. Tersangka berinisial SK ,31, ini diringkus setelah aksinya menjarah sebuah truk viral di media sosial.

Selasa, 21 Agu 2018 13:29Berita Sumut

Sobek-sobek Alqur'an, Brigadir Tommy Dituntut 16 Bulan Penjara

Brigadir Tomi, oknum anggota Polri yang menjadi terdakwa dalam kasus penistaan agama dituntut dengan hukuman 1 tahun dan 4 bulan penjara.

Selasa, 21 Agu 2018 12:55Berita Sumut

Soekirman Minta Peserta Gala Siswa Indonesia Tiru Semangat Joni si Pemanjat Tiang Bendera

Bupati Sergai Ir H Soekirman resmi membuka Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat SMP se-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Tahun 2018 berlangsung sukses bertempat di Stadion Mini Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Senin (20/8) sore.