Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H

Bawaslu Sumut Tanggapi Pro Kontra Surat Edarannya

robby Sabtu, 19 Mei 2018 17:15 WIB
mtc/rooby
Tidak bisa dipungkiri, dengan beredarnya surat nomor B-1601/K.Bawaslu-Prov.su/PM-00.01/05/2018 tgl 16/5/2018 perihal penyampaian kesepakatan bersama dalam melakukan kampanye selama bulan Ramadhan 1439H/2018, telah menimbulkan reaksi dan tanggapan dari ber
MATATELINGA, Medan: Tidak bisa dipungkiri, dengan beredarnya surat nomor B-1601/K.Bawaslu-Prov.su/PM-00.01/05/2018 tgl 16/5/2018 perihal penyampaian kesepakatan bersama dalam melakukan kampanye selama bulan Ramadhan 1439H/2018, telah menimbulkan reaksi dan tanggapan dari berbagai kalangan.

Menindaklanjuti situasi yang berkembang, Bawaslu Sumut berinisiatif melakukan konferensi pers di kantor Bawaslu Sumut jl. H. Adam Malik Medan 19/5/18.

Konferensi pers dilakukan langsung oleh Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R. Rasaan didampingi Hardi Munthe.

Dalam konferensi pers tsb, Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R. Rasaan menyatakan dengan tegas bahwa surat yang telah beredar di masyarakat bukan merupakan surat resmi dari Bawaslu.

"Itu surat yang salah, walau memang sudah sempat saya tandatangani dan di stempel. Namun belum di edaran kapada pihak manapun masih bersifat internal,". Terang nya.

Lebih lanjut dijelaskan Syafrida, bahwa Bawaslu Sumut baru akan mengeluarkan surat resmi rencananya hari ini Sabtu 19/5/2018 kemudian akan dikirimkan kepada masing-masing paslon terutama, serta pihak terkait lainnya.

Surat yang dikeluarkan Bawaslu Sumut merupakan hasil keputusan rapat bersama para stakeholder yang dihadiri oleh perwakilan masing-masing paslon serta tokoh lintas agama.

"pada prinsipnya tidak mungkin berani menyampaikan hal-hal diluar dari yang disampaikan saat rapat di hotel Tiara 14/5/18 lalu,".

Soal Materi yg dianggap menista agama tidak benar, Syafrida menjelaskan bahwa, dalam hal ini Bawaslu tidak mempunyai kewenangan sampai sejauh itu, yang dilarang terkait kampanye diluar jadwal, di tempat ibadah dan mengucapkan ucapan selamat di media massa dan media lainnya.

"Contohnya, penyebaran Jadwal imsakiah boleh saja, tapi yang tidak boleh dibagi kan di rumah ibadah, tidak boleh ada photo dan nomor urut paslon,".

Selanjutnya, tidak boleh Kuliah atau ceramah berisi kampanye bersifat mengajak untuk memilih. Tapi kalau ceramah menyampaikan kepada jemaah untuk memilih pemimpin sesuai ajaran atau syariah Islam boleh saja.

Selanjutnya Hardi Munthe menambahkan, apa yang dilakukan oleh Bawaslu Sumut ini, bersifat antisipasi guna mencegah adanya potensi dari pihak paslon tertentu yang memanfaatkan rumah ibadah sebagai tempat kampanye.

"Larangan ini bukan hanya berlaku di rumah ibadah tertentu saja, melainkan berlaku di setiap rumah ibadah,". Jelas nya.

"Sesuai amanat UU nomor 7 thn 2017, Bawaslu wajib melakukan pencegahan,".

Bawaslu juga sudah sesuai prosedur, sebelum dikeluarkan surat resmi, pasca rapat tgl 14 Mei 2018 di hotel Tiara, Bawaslu menunggu tanggapan dari pihak paslon dan pihak lain, baik berupa sanggahan atau pun masukan. Namun hingga hari ini tidak ada yang datang, sehingga Bawaslu Sumut hari ini (Sabtu 19/5/18) akan mengedarkan dan mengirimkan kepada paslon.

"Soal ucapan selamat bukan hanya saat ramadhan saja. Hari-hari besar lainnya juga tidak boleh,". Terang nya.

Menanggapi pertanyaan wartawan tentang apakah isi di surat yang beredar di mayarakat sama dengan yang akan di edarkan, Syafrida R. Rasaan menjelaskan, memang isi surat sama, namun nomornya tidak sama, yang beredar surat yang salah dan bukan dikeluarkan resmi oleh Bawaslu Sumut.

"Bahkan kita sudah konfirmasi kepada pihak paslon nomor urut 1, dan mereka menyatakan belum menerima surat apapun dari Bawaslu,".

Syafrida berharap, melalui media, agar disampaikan kepada seluruh tokoh masayarakat, dan tokoh agama di Sumut, sesungguhnya tidak ada niat Bawaslu untuk mendiskreditkan atau menghalangi umat Islam untuk beribadah. Dan, bagi penyebar surat, Bawalsu Sumut tidak akan melakukan tindakan apapun.

Terkait polemik yang beredar soal begitu responsifnya Bawaslu menyikapi masalah potensi kampanye yang dilakukan di rumah ibadah, sementara masalah lainnya yang sudah dilaporkan tidak seperti ini respon Bawaslu. Dimana seolah Bawaslu merespon apabila potensi itu menguntungkan salahsatu paslon yang melakukan kampanye di rumah ibadah untuk meningkatkan elektabilitas nya, Syafrida mempersilahkan siapa saja berasumsi demikian, namun Bawaslu Sumut dalam hal ini tetap berprinsip bahwa apa yg dilakukan Bawaslu Sumut bukan sepihak dari Bawaslu semata melainkan ini kata atau amanat regulasi yang ada pasal 9 UU nomor 10 tahun 2016, dan hasil rapat 14/5/2018 lalu.

"Jikalau nanti ada yang datang atau soal yang akan melakukan unjuk rasa ke Bawaslu, kami siap menerima dan menjawab. Namun mohon maaf, dikarenakan kami berhalangan karena mengikuti test selesai anggota Bawaslu, kemungkinan yang menanggapi nanti Sekretaris Bawaslu,". Paparnya.(mtc/robby)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Senin, 18 Jun 2018 18:18Berita Sumut

Kapolda Sumut Resmikan Pos Pol. AIRUD di Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw Senin siang (18/6/2018),sekira pukul 11.07.wib, melakukan kunjungan kerja ke Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan. Dengan menggunakan helikopter dinas yang mendarat di bandara lasondre pulau telo

Senin, 18 Jun 2018 18:06Internasional

Kerusuhan di LP Risdon Australia, Empat Petugas Luka Parah

Kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Risdon di Hobart Australia , mengakibatkan empat petugas LP terluka parah

Senin, 18 Jun 2018 17:38Bola

Mourinho: Diatas Kertas Inggris Sangat Unggul, Tetapi Tunisia Bisa Saja Menang....!!!!

Jelang pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 yang mempertemukan antara Tim Nasional (Timnas) Inggris melawan Tunisia

Senin, 18 Jun 2018 17:08Berita Sumut

Api Melalap Rumah Miliknya Prapanca

Belum lagi hilang dari ingatan kebakatan di kampung Kubur, kini terjadi lagi kebakaran di Jalan Bunga Ncole Lingkungan V Kelurahan Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan

Senin, 18 Jun 2018 09:14Lifestyle

Justin Bieber Tak Segan Pamer Kemesraan

Justin Bieber kini tak lagi segan pamer kemesraan dengan Hailey Baldwin. Keduanya tepergok menghabiskan waktu bersama di tempat publik di New York, AS pada Minggu (17/6).

Senin, 18 Jun 2018 08:59Lifestyle

Piala Dunia 2018, Politisi Rusia Serukan Aturan Bercinta

Politikus Rusia Tamara Pletnyova memberi peringatan kepada perempuan lokal Rusia untuk tak bercinta dengan pria non-kulit putih selama Piala Dunia 2018.

Senin, 18 Jun 2018 08:44Internasional

Kunjungi Mosul, Angelina Jolie: Ini Kerusakan Terparah yang Penah Saya Lihat

Utusan khusus badan pengungsi PBB (UNHCR) Angelina Jolie mengunjungi kota terbesar kedua Irak, Mosul, Sabtu (16/6).

Senin, 18 Jun 2018 08:29Internasional

Pangeran Kamboja Alamai Kecelakaan Mobil

Pangeran Kamboja Norodom Ranariddh dikabarkan mengalami luka-luka serius dalam kecelakaan mobil di Kota Sihanoukville, Minggu (17/6). Adapun istrinya meninggal dunia.

Senin, 18 Jun 2018 08:14Internasional

Capres Turki Tampil di TV, Sampaikan Pidato Dari Balik Penjara

Politisi sekaligus kandidat presiden Turki, Selahattin Demirtas, tampil di TV dari balik sel penjara untuk menyampaikan pidato celaan terhadap rezim pemerintah. Hal itu dilakukannya menjelang pemilu presiden yang akan digelar pekan depan.

Senin, 18 Jun 2018 07:59Nasional

JK Tegaskan Tak Lagi Berlaga di Bursa Pemilu

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku lebih memilih beristirahat ketimbang kembali mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Senin, 18 Jun 2018 07:46Nasional

Venue Asian Games Dipastikan Siap Pakai Pada Juli Mendatang

Chief de Mission Asian Games 2018 Komisaris Jenderal Syafruddin menyatakan seluruh venue atau arena pertandingan akan tuntas secara keseluruhan pada awal Juli.

Senin, 18 Jun 2018 07:31Nasional

Puisi Karangan Sukmawati Berujung Protes, PA 212 Minta Polisi Tegas

Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin tidak terima dengan keputusan polisi yang menghentikan penyelidikan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Sukmawati Soekarnoputri terkait puisi berjudul Ibu Indonesia.

Senin, 18 Jun 2018 07:16Berita Sumut

Samuel Situmorang Berharap Pelaku Pengeroyokan Ditangkap

Samuel Situmorang ,43, warga Desa Lumban Bulbul Kecamatan Balige Toba Samosir diduga menjadi korban pengeroyokan oleh tiga orang bersaudara

Senin, 18 Jun 2018 07:01Bola

Swiss Mampu Mempertahankan Bermain Imbang Lawan Brasil

Babak pertama dimulai dengan tempo yang tidak terlalu cepat dan tampak kedua tim saling membaca permainan masing-masing. Kendati demikian, Brasil dengan keunggulan kualitas individu yang dimilikinya mampu memegang bola lebih banyak untuk menguasai jalanny

Senin, 18 Jun 2018 06:54Berita Sumut

Pengedar Narkotika Dibekuk Polisi

Seorang lelaki yang dikenal dengan nama panggilan DS ,31, warga Jalan Sei Sibalam Kelurahan Muara Sentosa Kecamatan sei Tualang Raso Tanjung Balai merupakan seorang pengedar narkotika jenis sabhu yang sering memperdagangkan barang haram tersebut didaerah

Senin, 18 Jun 2018 06:40Bola

Jerman Harus Mengakui Kekuatan Timnas Meksiko di Lapangan Hijau

Bertanding di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (17/6/2018), Jerman mendapat perlawanan sengit dari Meksiko sejak kick off. Juara bertahan Piala Dunia itu bahkan tertinggal 0-1 lewat gol Lozano pada menit ke-35, yang bertahan hingga istirahat