• Home
  • Berita Sumut
  • Beraksi Puluhan Kali di Kawasan Terminal, Tiga Bandit Tua Ini Lumpuh Didor Polisi

Beraksi Puluhan Kali di Kawasan Terminal, Tiga Bandit Tua Ini Lumpuh Didor Polisi

Faeza Selasa, 24 April 2018 20:15 WIB
Matatelinga
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Medan: Petugas Unit Reskrimum Polsek Patumbak, terpaksa memberi tindakan tegas terukur kebagian kaki tiga dari empat tersangka pencurian dengan kekerasan (curas/perampokan) yang telah berusia lanjut (tua) karena melakukan perlawanan dan berusaha kabur.

Kapolsek Patumbak, Kompol Yasir Ahmadi didampingi Kanit Reskrim, Iptu Ainul Yaqin menjelaskan, keempatnya ditangkap atas dasar laporan korban, Ramot Br Butar-Butar (80), warga Jalan Udin Sutan, Kabupaten Batu Bara dengan bukti LP / 261   / IV /2018 /Sek Patumbak.

"Peristiwa itu terjadi di Jalan SM Raja simpang Alfalah pada Sabtu (21/4) sore. Para tersangka beraksi dengan modus operandi berpura-pura menawarkan obat urut (pijat)," terang Yasir, Selasa (24/4).

Adapun keempat tersangka, Haikal (47), warga Brayan Bengkel Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli, Toge Silaban (50), warga Jalan Tangkul Gang Mulio, Medan Tembung, Marudut Sihombing (40), warga Keresahan, Kabupaten Simalungun dan Leo Dumoli Manulang (51), Jalan Selamat Ketaren.

Peristiwa itu diawali kepergian korban bersama cucunya naik angkot dari simpang Amplas menuju Mandala. Di tempat kejadian perkara (TKP), korban ditawari salah seorang tersangka obat urut.

Meski tak diberi izin, seorang tersangka langsung mengurut sambil memaksa mengambil cincin emas dari jari tangan korban sehingga membuat luka. Setelah itu kabur dan korban membuat laporan ke Mapolsek Patumbak.

Atas laporan itu, petugas melakukan penyelidikan hingga mendapati tiga tersangka yang menjadi target operasi (TO) tengah menaiki angkot di bawah Fly Over Amplas diduga sedang mencari mangsa berikutnya  diikuti 1 unit mobil jenis Xenia.

Petugas kemudian menguntit ke Simpang Limun dan terlihat seorang di antara tersangka turun dari angkot, lansung naik ke mobil pribadi yang membuntuti.

"Petugas memepet mobil tersebut dan ketika disergap, para tersangka lompat dan melarikan diri hingga dilakukan pengejaran dengan tembakan peringatan," terang Yasir.

Namun, para tersangka tetap memilih kabur hingga terpaksa diberi tindakan tegas terukur ke bagian kaki dua tersangka. Petugas kemudian mengejar dua tersangka lain yang sedang menumpangi angkot.

Sampai di Jalan SM Raja, persis di depan Taman Makam Pahlawan (TMP), dua tersangka yang dalam pengejaran juga berupaya melarikan diri, hingga seorangnya terpaksa ditembak.

"Selanjutnya ketiga tersangka diboyong ke RS Bhayangkara guna pengobatan. Sedangkan seorang perampok lagi diamankan ke komando," pungkas Yasir.

Kepada penyidik, para tersangka mengaku sudah lima kali beraksi dengan cara yang sama terhadap penumpang angkot di wilayah hukum Polsek Patumbak. Mereka juga pernah melakukan aksi serupa di kawasan terminal hingga 20 sampai 25 kali seperti di Kecamatan Amplas, Pinang Baris dan Binjai.

"Para tersangka ini sudah puluhan kali beraksi di berbagai tempat dengan sejumlah laporan yang kita terima. Di Polsek Patumbak ada  empat, yakni LP/64/I/ 2018 /Sek Patumbak, LP/249/ IV /2018/Sek Patumbak, LP / 261  / IV / 2018 / Sek Patumbak dan LP / 262    / IV / 2018 / Sek Patumbak," timpal Yaqin.

Dari tersangka disita barang bukti lima lembar uang pecahan Rp 100.000,-, 26 lembar selebaran kertas ukuran sedang/brosur pengobatan atau kusuk teraphy dan totok saraf, satu pisau, satu unit mobil Xenia silver nomor polisi BK 1107 ZP.

Mereka dijerat pasal 365 KUHPidana tentang curas dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:polsek Patumbakkomplotan perampokkrminal
Komentar
Selasa, 21 Agu 2018 23:33Berita Sumut

Kedatangan Kapolda Sumut Agus Andrianto Disambut Pj Gubsu

Kedatangan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH disambut Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Utara (Sum

Selasa, 21 Agu 2018 23:29Berita Sumut

Bupati Asahan Melantik Jabatan Sekertaris Daerah

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang MAP melantik Taufik Zainal Abidin Siregar memangku jabatan Sekertaris daerah, setelah selama kurun waktu tiga bulan lamanya Taufik ZA sebgai pelaksana tehnis

Selasa, 21 Agu 2018 22:59Nasional

Panglima TNI : Paskibraka 2018 Mampu Teruskan Estafet Perjuangan dan Kepemimpinan Bangsa

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2018 diyakini mampu meneruskan estafet perjuangan dan kepemimpinan bangsa di masa mendatang dalam rangka mengisi kemerdekaan dengan pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita luhur bangsa

Selasa, 21 Agu 2018 22:55Berita Sumut

Wakil Wali Kota & Unsur Forkopimda Takbiran di Balai Kota

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah

Selasa, 21 Agu 2018 22:51Berita Sumut

ASN Pemkab.Asahan Qurban 95 Ekor Hewan Ternak Lembu dan 30 Ekor Kambing

Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Asahan pada hari raya Idhul Adha 1439 H

Selasa, 21 Agu 2018 22:05Berita Sumut

Bus Sentosa Masuk Jurang Di Tobasa,8 Meninggal, 14 Selamat

Pencarian korban kecelakaan bus Sentosa yang terperosok kedalam jurang di Desa Lumban Rau Tengah diantara Kecamatan Habinsaran dan Kecamatan Nassau Km 24 25, Kabupaten Toba Samosir

Selasa, 21 Agu 2018 21:50Berita Sumut

BD Narkoba Diduga Berlindung Dibalik Kalapas

Proses pembinaan para narapidana nampaknya tak se seram yang dibayangkan. Apalagi terhadap para gembong narkoba perusak generasi bangsa, disebut-sebut kerap mendapatkan keistimewaan di Lapas Narkotika Klas III Langkat

Selasa, 21 Agu 2018 21:41Berita Sumut

Komisi A DPRD Medan BKOW Sumut Layak Pertahankan Lahan Wisma Kartini

Ketua Komisi A DPRD Medan,Andi Lumban Gaol SH menyampaikan dukungan sepenuhnya terhadap Badan Kerjasama Organisasi Wanita(BKOW) Sumut yang mempertahankan lahan Wisma Kartini,untuk tetap dijadikan sebagai tempat berhimpunya Organisasi Wanita di Sumut

Selasa, 21 Agu 2018 21:30Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sedekahkan 13 Ekor Lembu di Hari Raya Idul Adha 1439 H

Sambut Hari Raya Idul Adha 1439 H Tahun 2018 ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sedekahkan 13 ekor Lembu kepada masyarakat yang berada disekitar Sumber Air dan Instalasi Pengolahan Air PDAM Tirtanadi

Selasa, 21 Agu 2018 21:26Berita Sumut

Polda Sumut Tetapkan Dua Tersangka

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) resmi menetapkan 2 orang tersangka dalam kasus Operasi Tangkap Tangan

Selasa, 21 Agu 2018 21:00Berita Sumut

Dua Pegawai BP2RD Gelapkan Uang Negara Rp 31 Juta

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) akhirnya memberikan keterangan resmi terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan terhadap dua pegawai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Meda

Selasa, 21 Agu 2018 20:52Berita Sumut

Dinas Pariwisata Petakan Potensi Industri Kreatif di Medan

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata tengah melakukan pemetaan potensi ekonomi kreatif di ibu kota Sumatra Utara ini

Selasa, 21 Agu 2018 19:05Berita Sumut

Dinas PPKB & PP PA Asahan Kurban Tiga Ekor Lembu

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB & PP PA) Kabupaten Asahan, dalam rangka menyambut kedatangan hari raya Idhul Adha 1439 H, menyembelih tiga ekor lembu yang berkualitas baik serta seh

Selasa, 21 Agu 2018 16:40Berita Sumut

Produksi Padi Sumut Diharapkan Capai 7 Ton/Tahun

Program Upaya Khusus (Upsus) Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) diharapkan dapat meningkatkan produksi padi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Produksi padi tahun 2017 yang mencapai 5,1 ton diharapkan terus meningkat menjadi 7 ton/tahun.

Selasa, 21 Agu 2018 16:00Berita Sumut

Protes Azan Hingga Picu Keributan, Meiliana Dihukum 18 Bulan Penjara

Perbuatan Meiliana ,44, yang memprotes suara azan hingga memicu kerusuhan SARA di Tanjungbalai pada dua tahun lalu diganjar dengan 1 tahun 6 bulan penjara. Putusan ini sama dengan tuntutan yang diajukan oleh tim JPU dari Kejari Tanjungbalai.

Selasa, 21 Agu 2018 15:30Berita Sumut

Pemprovsu Dukung Pengumpulan Koleksi Kayu Indonesia

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung kegiatan pengumpulan koleksi kayu yang ada di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi sumbangsih kepada berbagai kalangan termasuk akademisi, industri, dan masyarakat.