MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Berita Sumut
  • Beraksi Puluhan Kali di Kawasan Terminal, Tiga Bandit Tua Ini Lumpuh Didor Polisi

Beraksi Puluhan Kali di Kawasan Terminal, Tiga Bandit Tua Ini Lumpuh Didor Polisi

Faeza Selasa, 24 April 2018 20:15 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan: Petugas Unit Reskrimum Polsek Patumbak, terpaksa memberi tindakan tegas terukur kebagian kaki tiga dari empat tersangka pencurian dengan kekerasan (curas/perampokan) yang telah berusia lanjut (tua) karena melakukan perlawanan dan berusaha kabur.

Kapolsek Patumbak, Kompol Yasir Ahmadi didampingi Kanit Reskrim, Iptu Ainul Yaqin menjelaskan, keempatnya ditangkap atas dasar laporan korban, Ramot Br Butar-Butar (80), warga Jalan Udin Sutan, Kabupaten Batu Bara dengan bukti LP / 261   / IV /2018 /Sek Patumbak.

"Peristiwa itu terjadi di Jalan SM Raja simpang Alfalah pada Sabtu (21/4) sore. Para tersangka beraksi dengan modus operandi berpura-pura menawarkan obat urut (pijat)," terang Yasir, Selasa (24/4).

Adapun keempat tersangka, Haikal (47), warga Brayan Bengkel Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli, Toge Silaban (50), warga Jalan Tangkul Gang Mulio, Medan Tembung, Marudut Sihombing (40), warga Keresahan, Kabupaten Simalungun dan Leo Dumoli Manulang (51), Jalan Selamat Ketaren.

Peristiwa itu diawali kepergian korban bersama cucunya naik angkot dari simpang Amplas menuju Mandala. Di tempat kejadian perkara (TKP), korban ditawari salah seorang tersangka obat urut.

Meski tak diberi izin, seorang tersangka langsung mengurut sambil memaksa mengambil cincin emas dari jari tangan korban sehingga membuat luka. Setelah itu kabur dan korban membuat laporan ke Mapolsek Patumbak.

Atas laporan itu, petugas melakukan penyelidikan hingga mendapati tiga tersangka yang menjadi target operasi (TO) tengah menaiki angkot di bawah Fly Over Amplas diduga sedang mencari mangsa berikutnya  diikuti 1 unit mobil jenis Xenia.

Petugas kemudian menguntit ke Simpang Limun dan terlihat seorang di antara tersangka turun dari angkot, lansung naik ke mobil pribadi yang membuntuti.

"Petugas memepet mobil tersebut dan ketika disergap, para tersangka lompat dan melarikan diri hingga dilakukan pengejaran dengan tembakan peringatan," terang Yasir.

Namun, para tersangka tetap memilih kabur hingga terpaksa diberi tindakan tegas terukur ke bagian kaki dua tersangka. Petugas kemudian mengejar dua tersangka lain yang sedang menumpangi angkot.

Sampai di Jalan SM Raja, persis di depan Taman Makam Pahlawan (TMP), dua tersangka yang dalam pengejaran juga berupaya melarikan diri, hingga seorangnya terpaksa ditembak.

"Selanjutnya ketiga tersangka diboyong ke RS Bhayangkara guna pengobatan. Sedangkan seorang perampok lagi diamankan ke komando," pungkas Yasir.

Kepada penyidik, para tersangka mengaku sudah lima kali beraksi dengan cara yang sama terhadap penumpang angkot di wilayah hukum Polsek Patumbak. Mereka juga pernah melakukan aksi serupa di kawasan terminal hingga 20 sampai 25 kali seperti di Kecamatan Amplas, Pinang Baris dan Binjai.

"Para tersangka ini sudah puluhan kali beraksi di berbagai tempat dengan sejumlah laporan yang kita terima. Di Polsek Patumbak ada  empat, yakni LP/64/I/ 2018 /Sek Patumbak, LP/249/ IV /2018/Sek Patumbak, LP / 261  / IV / 2018 / Sek Patumbak dan LP / 262    / IV / 2018 / Sek Patumbak," timpal Yaqin.

Dari tersangka disita barang bukti lima lembar uang pecahan Rp 100.000,-, 26 lembar selebaran kertas ukuran sedang/brosur pengobatan atau kusuk teraphy dan totok saraf, satu pisau, satu unit mobil Xenia silver nomor polisi BK 1107 ZP.

Mereka dijerat pasal 365 KUHPidana tentang curas dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:polsek Patumbakkomplotan perampokkrminal
Komentar
Kamis, 23 Mei 2019 06:00Bola

Maldini: Tidak Ada Istilah Kawan

Direktur Pengembangan AC Milan, Paolo Maldini, memastikan akan obyektif dalam penilaian kinerja

Rabu, 22 Mei 2019 23:11Berita Sumut

Meski Sibuk Pengamanan Aksi, Polsek Adakan Buka Puasa Bersama

Disela-sela pengamanan aksi unjukrasa di kantor KPU Sumut, personil gabungan TNI -Polri menyempatkan diri bersilatuhrahmi dengan mengelar buka puasa bersama dengan massa pengunjukrasa yang menjalankan ibadah puasa, Rabu (22/5/2019).

Rabu, 22 Mei 2019 22:56Nasional

Panglima TNI : TNI Mendukung Penuh Polri Dalam Menjaga Keamanan Negara

Pasca pengumuman hasil pemilihan Presiden tahun 2019 yang telah diumumkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 21 Mei 2019, Selasa dini hari, situasi keamanan di Ibu Kota negara tidak kondusif yang ditandai dengan tindakan anarkis d

Rabu, 22 Mei 2019 22:41Berita Sumut

Ribuan Massa Demo di Depan Bawaslu Sumut, Membubarkan diri dengan Tertib

Ribuan massa yang melakukan orasi hingga malam hari yang dilakukan didepan Kantor Bawaslu Sumut di Jalan Adam Malik, Medan, akhirnya membuabrkan diri dengan damai, Rabu (22/5/2019)

Rabu, 22 Mei 2019 22:26Berita Sumut

Pemuda Bawa 'Senpi' Ebohkan Para Pendemo

Massa yang berunjuk rasa di depan Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara yang berada di Jalan Adam Malik seketika heboh. Dimana, petugas berhasil mengamankan seorang pria yang diduga membawa senjata api.

Rabu, 22 Mei 2019 22:11Berita Sumut

Buka Puasa Bersama MQS, Gubernur Sebut Kaum Wanita Tiang Negara

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyebutkan bahwa kaum wanita (emak-emak) adalah tiang negara. Karena itu diharapkan agar kaum perempuan (para istri) untuk terus mendukung kaum laki-laki (para suami), khususnya yang bekerja untuk bangsa dan

Rabu, 22 Mei 2019 21:56Berita Sumut

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemprov Sumut akan Bangun Sekolah di Nias Selatan

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Kabupaten Nias Selatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut segera membangun sekolah. Ini salah satu wujud keseriusan Pemprov Sumut membangun pendidikan di daerah ini

Rabu, 22 Mei 2019 21:41Berita Sumut

Pemudik memadati Kapal Kelud dengan Pengamanan Ketat Petugas

Kapal KM Kelud yang baru sandar didermaga Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan Kota Medan,yang baru turun dari atas kapal, Rabu (22/5/2019) siang, mendapat pengamanan esxtra ketat oleh sejumlah petugas.

Rabu, 22 Mei 2019 21:26Berita Sumut

Ini Harapan KNPI Padangsidempuan untuk Presiden RI Terpilih

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Padang Sidempuan, Andi Lumalo Harahap mengatakan kepada presiden terpilih agar kedepannya dapat menjalankan roda pemerintahan yang semakin bagus.

Rabu, 22 Mei 2019 21:13Berita Sumut

Kapolrestabes dan Dandim Salat Tarawih Bareng Massa Demonstran Depan Kantor Bawaslu Sumut

Seribuan massa di Medan hingga malam ini masih bertahan di seputaran Kantor Badan Pengawasan Pemilihan Umum, Rabu (22/5/2019). Tidak hanya berbuka puasa bersama dan salat maghrib berjamaah, massa juga menunaikan salat Tarawih berjamaah di sana.

Rabu, 22 Mei 2019 20:55Berita Sumut

Ucapkan Selamat Buat Jokowi, FKUB Asahan Minta Warga Jaga Keharmonisan Berbangsa dan Bernegara

MATATELINGA,  Asahan: Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama Kabupaten Asahan H Humaidi S Pane meminta semua pihak untuk menghormati keputusan resmi KPU RI terhadap pemenang pemilu. Kalau pun ada t

Rabu, 22 Mei 2019 17:14Berita Sumut

Gubernur: Buatlah yang Terbaik untuk Masyarakat

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik dr Khainir Akbar Yusuf Sp A sebagai Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan, Rabu (22/5/2019), di Aula Raja Inal Siregar Lantai II Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro No 30 Medan. Pelantikan in

Rabu, 22 Mei 2019 16:59Berita Sumut

BPJS Ketenagakerjaan Makin Tingkatkan Manfaatnya

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan semakin meningkatkan manfaat untuk para pekerja. Kini, tak hanya pekerja lokal yang bisa mendapatkan manfaat jaminan sosial tenaga kerja, pekerja migran juga akan mendapatkan manfaat dari program J

Rabu, 22 Mei 2019 16:44Berita Sumut

Bupati Soekirman Beri Ucapan Selamat Pada Kaisar Baru Jepang Naruhito

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman memberikan ucapan selamat kepada Kaisar Naruhito sebagai Kaisar Jepang yang baru. Ucapan selamat tersebut ditandai dengan pembubuhan nama dan tanda tangan pada buku ucapan selamat di Kediaman Resmi Konsul Jen

Rabu, 22 Mei 2019 16:29Berita Sumut

Kantor Bawaslu Sumut di Gruduk Mahasiswa IMM

Untuk sekian kalinya Kantor Bawaslu Sumut didatangi pendemo. Kali ini, puluhan mahasiswa yang tergabung dalan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menggelar aksi 22 Mei di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut.

Rabu, 22 Mei 2019 16:14Nasional

Polisi Gelangan Puluhan Orang Diduga Provokator 22 Mei 2019

Kepolisian Polda Metro Jaya, menngelandang puluhan orang terduga provokator aksi 22 Mei 2019 ke Markas Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) siang. Mereka yang kebanyakan masih berusia belia itu berjalan kaki secara beriringan dengan pengawala