Meriahkan HUT ke-71 Provinsi Sumut,

Biro Humas Launching Lagu Dendang Delapan Etnik Sumut

Mtc Senin, 15 April 2019 20:32 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan:   Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke -71 Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut meluncurkan lagu dan video klip "Dendang Delapan Etnik Sumut". Lagu kompilasi dari delapan etnis asli Sumatera Utara ini dimaksud untuk menumbuhkan kembali rasa cinta Sumatera Utara sebagai daerah multi entnik yang harmonis dalam keberagaman.



Pemutaran lagu dan video klip dilaksanakan menjelang Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka HUT ke-71 Provinsi Sumut di gedung DPRD Sumut, Senin (15/4). Pemutaran lagu tersebut mendapat tanggapan antusias dari hadirin yaitu Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah dan para tamu asing.

Dalam video yang berdurasi sembilan menit tersebut, ada delapan lagu daerah yang dinyanyikan, yakni Selayang Pandang mewakili Suku Melayu, Famili Teksi mewakili Suku Karo, Pos Ni Uhur  mewakili Simalungun, Tirismo La mewakili Pakpak, Ketabo mewakili suku Mandailing, Kijom mewakili Angkola, Maena mewakili Nias dan lagu Munpat Taluktuk mewakili Suku Batak Toba.



Ikut tampil mengisi suara dalam video Dendang 8 Etnik Sumut tersebut, Gubernur Edy Rahmayadi dan Wagub Musa Rajekshah. "Sumatera Utara, anugerah Illahi, tanahnya subur, sumber daya alamnya melimpah. Beragam etnis hidup damai berdampingan, kaya bahasa, kaya adat istiadat, menyatu dalam khasanah budaya," ujar Gubernur Edy Rahmayadi menjadi pembuka lagu.

Sedangkan Wagub Musa Rajekshah berujar tentang semangat pantang menyerah yang menjadi karakter warga Sumut. "Mengikat hidup tiada menyerah. Tekun bekerja,  hidup sejahtera, mulia berbudaya," ujarnya.



Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas S Sitorus mengatakan bahwa pihaknya berharap lagu dan video klip ini bisa menggambarkan tentang kekayaan alam, adat dan budaya Sumatera Utara tidak hanya kepada warga Sumut, namun juga masyarakat umum.

"Semoga ini memperkaya khasanah lagu daerah, semua etnik dengan ragam budayanya ditampilkan, semoga banyak yang menonton dan menjadi penambah semangat dan kecintaan untuk anak muda di Sumut," tuturnya.

Kabag Pelayanan Media dan Informasi Biro Humas Harvina Zuhra menambahkan untuk aransemen musik pihaknya bekerja sama dengan para personel Band Sanga Patumpang yaitu Yusuf N Silaban, Flora Hasugian, David Simanungkalit dan Ade Putra Pasaribu.

Harvina menjelaskan, ide awalnya adalah ketika Humas Sumut ingin membuat video klip tentang pesona budaya Sumatera Utara, namun kesulitan menemukan lagu yang didalamnya ada unsur seluruh etnis asli. "Ternyata kami tidak menemukan ada lagu yang mengkombinasikan seluruh etnis asli Sumut. Itu kemudian menjadi alasan kami bekerja sama dengan musisi lokal untuk membuat aransemen lagu yang didalamnya masuk unsur seluruh etnis asli Sumut," jelas Harvina.

Video lagu kompilasi dari delapan etnik tersebut pun kembali diputarkan saat acara Resepsi Hari Jadi ke-71 Provinsi Sumut di Aula Gubernuran, pada hari yang sama. Beberapa tamu kehormatan dan perwakilan dari organisasi masyarakat pun silih berganti mengisi ruangan, tidak sedikit pula yang bernyanyi dan menari mengikuti irama saat menonton video tersebut.

Pujian pun langsung diberikan ketika melihat video tersebut, salah satunya adalah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisbudpar) Sumut Wan Hidayati. "Bagus sekali, jadi videonya itu memberikan informasi secara aktual tentang ragam budaya yang ada di Sumut, para konsulat konsulat yang hadir pun menyampaikan ke saya memuji video tersebut, dimana mampu memberi gambaran-gambaran tentang Sumatera Utara secara menyeluruh," ujar Kadisbudpar.

Di akhir, Kadisbudpar pun menitipkan harapan di HUT-71 Provinsi Sumut kali ini. "Sebagai ajang untuk memamerkan budaya di Sumut, HUT-71 Provinsi Sumut kita diberikan kekuatan baru dan semakin bersemangat untuk memperkenalkan pada dunia, ini loh potensi alam dan budaya Sumut," ucapnya.

Nah, Untuk dapat menonton video Senandung Etnik Sumut, bisa langsung dilihat pada akun instagram @humassumut atau bisa juga mengunjungi Chanel Youtube HumasSumut.
Editor: Amrizal

T#g:Humas PemprovsuHut ke 71MatatelingaPemprovsuTerkini
Komentar
Senin, 25 Mei 2020 09:00Bola

Leipzig Menaklukkan Lawannya 3 - 0

Tidak butuh waktu lama bagi Leipzig untuk menggandakan keunggulan mereka. Pada menit ke-23, sundulan Yussuf Poulsen yang memaksimalkan umpan silang Marcel Sabitzer, menggetarkan jala gawang Mainz

Senin, 25 Mei 2020 08:43Berita Sumut

Keluarga Binaan Lapas Rantauprapat, Gunakan Online Saat Berkunjung

Bagi keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk mencegah penyebaran COVID-19 di daerah Lembaga Permasyarakatan Klas II A Rantauprapat menerapkan kunjungan online sementara melalui sosial media.

Senin, 25 Mei 2020 08:31Internasional

Perbatasan Spanyol, Sudah di Buka bagi Turis atau Wisatawan

Kabarnya Spanyol akan membuka kembali perbatasannya untuk turis atau wisatawan pada Juli 2020.

Senin, 25 Mei 2020 08:02Nasional

Gempa Berskala Magnitudo 5,1 Guncang Wilayah Samudra

Gempa bumi tektonik berskala magnitudo 5,1 yang terjadi pada 24 Mei 2020 pukul 14.11 WIB di wilayah Samudera Hindia, selatan Pulau Jawa, tidak berpotensi menimbulkan tsunami

Senin, 25 Mei 2020 07:54Nasional

Kunci Memutus Matarantai Covid-19, Jubir Pemerintah Apresiasi Masyarakat Aeh

Kunci penyelesaian masalah Covid-19 di Bumi Serambi Makkah adalah adanya masyarakat yang patuh dengan anjuran pemerintah dan melaksanakannya dengan baik

Senin, 25 Mei 2020 07:49Berita Sumut

210 Napi Lapas Pancurbatu Terima Remisi Idul Fitri

Mementerian Hukum & HAM memberikan remisi Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2020 M kepada narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Napi Lapas) II-A Pancurbatu sebanyak 210 orang.

Senin, 25 Mei 2020 07:38Berita Sumut

Buruh Bangunan Gantung Diri di Ruangan Kelas SD

Masyarakat Nagori Mancuk dihebohkan dengan penemuan mayat seorang laki-laki diduga buruh bangunan yang tewas gantung diri di dalam sebuah ruangan kelas SD Negeri 0941584 Dolok Sinumbah Nagori Mancuk Kecamatan Hutabayu Raja

Senin, 25 Mei 2020 07:23Nasional

Kabar Gembira, Dua Dokter Terinfeksi Virus Corona Sudah Sembuh

Dua dokter di Kota Mojokerto, Jawa Timur yang sempat dikabarkan positif terinfeksi virus corona, kini dinyatakan sembuh, setelah hasil uji swab menunjukkan hasil sudah negatif Covid-19.

Senin, 25 Mei 2020 07:08Aceh

Kenapa Warganet Mengecam Tindakan Kedua Polisi..?

Warganet mengecam tindakan kedua polisi. Dua oknum polisi menganiaya seorang pria gangguan jiwa hingga terluka di Gampong (Desa) Bagok Sa, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur.

Senin, 25 Mei 2020 06:00Internasional

Kembali dari Karantina, Dapat rezeki Nomplok 2 Kg Emas

Selama pandemi Covid-19 terkadang membosankan dan orang tua sulit membuat anak-anak terhibur, selama menjalani hari-hari dalam suasana lockdown atau karantina wilayah.

Minggu, 24 Mei 2020 19:15Internasional

Erdogan: Umat Manusia Alami Ujian Berat Krisis Corona

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyampaikan pesan Idul Fitri dan mengimbau publik untuk merayakan festival Muslim di dalam rumah, karena pandemi coronavirus COVID-19.

Minggu, 24 Mei 2020 18:30Nasional

Lebaran di Tengah Suasana Banjir dan Wabah Corona

Suasana lebaran di Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tampak berbeda. Masyarakat setempat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah dua bencana sekaligus, wabah Covid-19 dan bencana banjir.

Minggu, 24 Mei 2020 17:30Berita Sumut

Check Point Di Jalinsum, Polres Sergai Putar Balik Lagi Ratusan Kendaraan

Polres Serdang Bedagai bersama TNI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan Check Point di Tiga Lokasi Jalinsum Medan-Tebing Tinggi, Tepatnya di Pos Pam Perbaungan, Pos Pam Seibamban dan Pospam Dolok Masihul dalam kegiatan terse

Minggu, 24 Mei 2020 17:30Nasional

Kepala Desa di Buol Dikeroyok Usai Sholat Id

Beredar video seorang Kepala Desa Bulaguding, Kecamatan Gadung, Kabupaten Buol, Sulawesi Selatan dikeroyok jemaah masjid usai melaksanakan salat Idul Fitri 1441 H pada Minggu (24/5/2020).

Minggu, 24 Mei 2020 17:00Ekonomi

Kementrian Sosial dan UKM, Membantu KUKM di Masa Virus Corona Saat ini

Untuk membantu KUKM yang kesulitan di masa pandemi virus corona saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM memfasilitasi Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) untuk bertemu langsung dengan pembelinya (buyer)

Minggu, 24 Mei 2020 16:45Internasional

Vaksin Buatan Tiongkok Katanya Ampuh Tangkal Corona

Info terbaru menyampaikan, bahwa vaksin virus corona atau Covid-19 yang dikembangkan oleh Tiongkok diklaim menunjukkan hasil yang positif, setelah diuji coba kepada 100 orang. Hasil uji coba menunjukkan vaksin mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap C