MARHABAN YA RAMADHAN

Boydo: Tunggu Apalagi, Kontrak Sudah Berakhir

Mtc/rel Jumat, 08 Maret 2019 15:26 WIB
Google
MATATELINGA, Medan:   Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan direkomandasikan Komisi C DPRD Medan, untuk mengambil paksa bangunan Pasar Kampung Lalang yang direvitalisasi oleh kontraktor PT Budi Mangun KSO. Sebab, meski telah habis masa kontrak dan diberi waktu tambahan untuk menyelesaikan beberapa hal pada proyek senilai Rp26 miliar lebih tersebut, ternyata tak juga menyerahkan kepada Dinas Perkim-PR Medan.



Ketua Komisi C DPRD Medan Boydo HK Panjaitan mengaku, minggu depan akan menanyakan kepada Pemko Medan bagaimana proses Profesional Hand Over (PHO) atau serah terima dari kontraktor kepada Dinas Perkim-PR Medan. Soalnya, saat ini masih dalam masa waktu tambahan sesuai dengan kesepakatan dalam pertemuan dengan instansi terkait.

"Kalau proses PHO belum juga beres minggu ini, kita panggil Pemko Medan untuk hadir dan memberi penjelasan bagaimana prosesnya. Nantinya, kita tegaskan harus diambil paksa dan kita sudah ultimatum kepada Dinas Perkim-PR," katanya, Jumat (8/3/2019).



Tambah Boydo, pihaknya juga memanggil Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman untuk hadir. Hal itu terkait koordinasi pengambilan paksa. "Kita juga akan panggil Sekda untuk hadir pada pekan depannya lagi, karena pekan depan kemungkinan tidak bisa hadir lantaran kabarnya ada Musrenbang," ucapnya.

Ia menyebutkan, Pemko Medan tak perlu menunggu lama lagi kontraktor untuk menyerahkannya. Apalagi, kontrak kerja proyek ini sudah habis masanya. "Mau tunggu apalagi? Jangan biarkan berlarut-larut. Kontraknya kan sudah berakhir, prosedurnya seperti itu. Seingat saya Oktober (2018) kontrak kerjanya berakhir, tapi ditambah lagi waktu dengan adanya adendum 2. Namun, ternyata waktu adendum berakhir tapi belum juga serah terima. Jadi, seharusnya bisa diambil paksa apa yang sudah menjadi aset Pemko Medan," pungkasnya.



Senada disampaikan Sekretaris Komisi C DPRD Medan, Dame Duma Sari Hutagalung. Kata Dame, Pemko Medan harus mengambil sikap tegas. "Pedagang jangan dikorbankan lagi, karena bagi mereka yang penting bisa berjualan di dalam pasar. Makanya, dibutuhkan ketegasan Pemko," ujarnya.

Sebut Dame, akibat tak dioperasikan pasar itu maka pedagang mengeluarkan biaya untuk sewa lapak di luar pasar. Padahal, seharusnya Pemko Medan menyediakan tempat penampungan sementara bagi pedagang ketika bangunan pasar dalam tahap pembangunan.

Sementara, Pelaksana Teknis Kepala Dinas Perkim-PR Medan Benny Iskandar terkesan bungkam dan menutup diri. Berkali-kali dihubungi dan dikirimkan pesan singkatnya ke nomor ponselnya hingga beberapa hari belakangan, tak ada respon sedikitpun. Bahkan, ketika didatangi di kantornya tak berada di tempat.

Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman mengatakan, pihaknya masih menunggu kesadaran dan memberi waktu kepada kontraktor untuk menyerahkannya secara baik-baik. "Kita ingin bagaimana supaya pedagang bisa masuk segera. Oleh karena itu, dicari upaya lain misalnya diambil paksa. Akan tetapi, upaya lain ini jangan pula kita menegak hukum namun melanggar hukum," kata Wiriya.

Untuk itu, sebut Wiriya, Pemko Medan tidak mau konyol. Karenanya, dilakukan kajian terlebih dahulu secara mendalam. "Kami harus mengkaji lagi dasar hukum apa, dan ketentuan apa yang bisa memaksa kontraktor supaya menyerahkan (kepada Dinas Perkim-PR Medan)," ujarnya.

Diketahui, serah terima bangunan Pasar Kampung Lalang yang direncanakan Selasa (5/3) batal dilakukan. Alasannya, kontraktor PT Budi Mangun KSO belum menyelesaikan beberapa hal yang menjadi kewajibannya. Seperti, pengadaan genset dan sound system yang sudah dipasang namun belum sesuai speknya sehingga harus diganti. Oleh karena itu, diberi waktu tambahan 3x24 jam terhitung 5 Maret untuk menyelesaikan kekurangan-kekurangan tersebut.
Editor: Amrizal

T#g:komisi C DPRD MedanMatatelingapasar marelanSekda Kota MedanTerkini
Komentar
Senin, 27 Mei 2019 19:30Berita Sumut

Polda Sumut Amankan Seorang Terduga Makar

Tim gabungan Direktorat Krimum Polda Sumut mengamankan salah seorang pria yang diduga terlibat dalam upaya makar.

Senin, 27 Mei 2019 19:00Berita Sumut

Bermoduskan Rental Mobil Dua Pelaku Perampokan Di Door Polisi

Dua pelaku perampokan mobil dengan modus rental, berhasil di bekuk Sat.Reskrim Polres Asahan dan Polsek Prapat Janji dengan menghadiahi timah panas pada kedua betis kedua pelaku, Senin (27/5/2019) sekira pukul 14.30 Wib.

Senin, 27 Mei 2019 18:45Berita Sumut

Polres Pelabuhan Belawan Tangkap Penyebar Video Running Teks, Hina Presiden

Dengan kerja keras yang dilakukan oleh Satuan reskrim Polres Pelabuhan Belawan terhadap pelaku penyebaran video penghinaan Kepala negara di running teks SPBU Marelan, akhirnya terungkap.

Senin, 27 Mei 2019 18:29Berita Sumut

Heriansyah "Tak Memenuhi" Panggilan Poldasu

Heriansyah, warga Jalan Balaidesa Perumahan La Tahzan Desa Marindal II Kecamatan Patumbak, tidak memenuhi panggilan ke Polda Sumut, untuk dimintai keterangan terkait dugaan kasus makar. Padahal sesuai di surat panggilan, penasehat Gerakan Nasional Kedaul

Senin, 27 Mei 2019 18:15Berita Sumut

SAR Medan Kerahkan 100 Personil Dukung Kelancaran Libur Lebaran

Kantor SAR Medan ikut mempersiapkan personil dan perlengkapan operasional untuk membantu kelancaran arus mudik lebaran 2019. Kesiapan ini mereka tegaskan saat menggelar apel Gelar Pasukan Siaga SAR Ketupat Toba 2019 di Kantor SAR Medan, Jalan Jamin Ginti

Senin, 27 Mei 2019 18:00Berita Sumut

Dua Warga di Palas Diserang Harimau Selama Mei 2019 , Satu Tewas

Sepanjang bulan Mei 2019, terdapat dua orang warga di Kabupaten Padanglawas (Palas) diserang Harimau. Satu diantaranya meninggal dunia. Data ini disampaikan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara Hotmauli Sianturi

Senin, 27 Mei 2019 17:45Berita Sumut

Pemprov Sumut Bangun PDU Sampah dan Alat Monitor Online Kualitas Air Danau Toba

Untuk meningkatkan pengelolaan sampah dan limbah, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan membangun Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah dan alat monitor online kualitas air Danau Toba.

Senin, 27 Mei 2019 17:30Berita Sumut

Pendapatan Daerah Provinsi Sumut Terealisasi 97,43%, Gubsu Sampaikan Apresiasi ke Semua Pihak

Pendapatan Daerah Provinsi Sumut pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2018 terealisasi sebesar Rp 12.703.056.587.890 atau 97,43% dari Rp 13.037.539.478.554 yang ditargetkan. Atas capaian tersebut, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Ra

Senin, 27 Mei 2019 17:15Berita Sumut

Pemko Medan Lakukan Kerjasama dengan 8 Perusahaan Penyedia Makanan dan Minuman

Pemko Medan melakukan kerjasama dengan 8 perusahaan penyedia makanan dan minuman yang berada dilingkungan Kota Medan. Penandatanganan ini dilakukan guna mewujudkan reformasi birokrasi menuju Good Governance dan Clean Governance dalam tata Pemerintah, sala

Senin, 27 Mei 2019 17:00Berita Sumut

Kapolres Pelabuhan Belawan Serahkan Bingkisan Lebaran untuk Personil

Bertempat di lapangan Apel Mapolres Pelabuhan Belawan Jalan Raya Pelabuhan No.1 Belawan, Polres Pelabuhan Belawan melaksanakan kegiatan upacara bendera sekaligus penyerahan bingkisan Lebaran Idul Fitri 1440 H kepada perwakilan personil Polres Pelabuhan Be

Senin, 27 Mei 2019 16:45Berita Sumut

Gubernur Sumut Serahkan 1028 SK Pengangkatan CPNS Formasi 2018

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyerahkan 1028 Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) daerah Formasi 2018 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Senin (27/5/2019) di Lapangan Futsal Gedung Sport Center Pancing,

Senin, 27 Mei 2019 16:20Berita Sumut

Wali Kota Buka Puasa Bersama dan Serahkan Sertifikat Tanah Masjid Al Musabbihin

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH buka puasa bersama dengan ratusan masyarakat di Masjid Al Musabbihin Komplek Taman Setia Budi Indah (tasbih) I, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Minggu (26/5/2019). Di sela-sela acara buka pua

Senin, 27 Mei 2019 16:00Berita Sumut

Jelang Lebaran, Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Medan Relatif Stabil

Sembilan hari jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Medan Khairul Syahnan ST MAP meninjau dua pasar tradisionil di Kota Medan. Selain mengecek harga, pe

Senin, 27 Mei 2019 15:23Berita Sumut

Teror Harimau Kembali Landa Palas, Seorang Warga Kritis Diterkam

Teror Harimau kembali terjadi di Kabupaten Padanglawas (Palas), Sumatera Utara. Seorang warga di Desa Pagaranbira, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padanglawas (Palas) kritis diterkam hewan belang tersebut usai berbuka puasa pada Minggu (26/5) kemarin.

Senin, 27 Mei 2019 14:20Berita Sumut

Warga Minta Polisi dan Dishub Tertibkan Kendaraan Berat Parkir "Seenaknya" di Kawasan Jalan KL Yos Sudarso

Warga pengguna Jalan KLY Sudarso resah karena setiap pagi dan petang banyak alat alat berat parkir disepanjang jalan dan mengganggu arus Lalulintas. Sementara petugas Polisi Lalulintas dan Dinas Perhubungan terkesan tutup mata.

Senin, 27 Mei 2019 14:00Berita Sumut

Antisipasi Terulangnya Insiden KM Sinar Bangun, Ini Langkah yang Dilakukan BPODT dan Pihak Lainnya di Danau Toba

Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) bersama sejumlah pihak terkait sudah melakukan kesiapan pelayanan liburan Lebaran tahun 2019. Persiapan ini juga dilakukan untuk mengantisipasi terulang kembali insiden kapal motor Sinar Bangun yang tenggelam&am