• Home
  • Berita Sumut
  • Buku 'Kita Telah Mati', Keresahan Dadang Darmawan akan Degradasi Pancasila

Buku 'Kita Telah Mati', Keresahan Dadang Darmawan akan Degradasi Pancasila

faeza/rel Minggu, 19 Agustus 2018 17:29 WIB
mtc/ist
Dadang Darmawan Pasaribu, mantan aktivis dan merupakan salah seorang bakal calon anggota DPD RI asal Sumatera Utara
MATATELINGA, Medan: Dadang Darmawan Pasaribu, mantan aktivis dan merupakan salah seorang bakal calon anggota DPD RI asal Sumatera Utara akan merilis buku berjudul 'Kita Telah Mati. Buku ini akan mengupas soal ideologi Pancasila lewat kacamata kritis. 

Rencananya, peluncuran buku akan digelar di Kampus Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) USU pada Senin (20/8/2018). Lokasi itu dipilih karena itu merupakan tempat dimana Dadang sehari-hari mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar. 

Acara launching itu sekaligus digelar bersamaan dengan bedah buku. Sejumlah aktivis, dosen, pegiat sosial dan organisasi mahasiswa dan NGO akan terlibat membedah buku milik aktivis gerakan sosial itu. 

Dadang Darmawan mengatakan, buku itu ditulis berkat dorongan pemikirannya soal Pancasila. Dia resah dan galau melihat Pancasila yang semakin terdegradasi. 

Dalam bukunya, Dadang akan menguak semuanya. Seperti sejarah yang dilewatinya selama hidup di dunia gerakan. Dia tidak mau, lintasan sejarah dalam benak pikirannya hilang begitu saja. 

"Kita menyadari, pikiran mengenai kehidupan pasti terus terjadi pergejolakan. Namun itu hilang dan lenyap begitu saja. Lewat buku ini, kita bisa mengenang memori, sejarah yang pernah terjadi," kata Dadang, Minggu (19/8). 

Dua tahun Dadang menghabiskan waktunya untuk menulis. Dukungan dari kerabat begitu kuat hingga buku tersebut rampung.

Namun dia membantah kalau peluncuran bukunya itu dikaitkan dengan pencalonan dirinya sebagai senator. Dia tidak ingin, masyarakat berpikir bahwa peluncuran buku besok hanya untuk mendongkrak popularitasnya. 

"Niatnya bukan karena saya maju DPD. Buku ini saya tulis jauh sebelum saya memutuskan maju ke DPD," tukasnya. 

Buku yang ditulis Dadang, memantik komentar dari Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik. Mantan aktivis HMI itu mengapresiasi tilisan Dadang. 

Kata Taufan, konten buku tersebut mengupas banyak sisi. Mulai dari Politik, agama, manusia, bahkan Tuhan dikupas secara mendalam. 

"Buku ini berisi kegelisahan panjang aktivis-intelektual Muslim, Dadang Darmawan . Kegelisahan penulis terasa menghujam ke lubuk pemikiran dan kegetiran ide yang parah dan bahkan seolah tak menyisakan harapan," ujar Taufan. 

Dadang pun mengajak masyarakat, mahasiswa dan organisasi gerakan datang ke peluncuran bukunya. Dia berharap, buku ini bisa menjadi refleksi kepada pembacanya, bahwa nilai Pancasila sudah semakin tergerus. 

Untuk diketahui, dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Dadang Darmawan Pasaribu menempati urutan pertama sebagai calon senator termiskin. Hartanya tercatat minus Rp 158 juta. Namun dia tidak khawatir. Bagi mantan Ketua Badko HMI Sumut itu uang bukan penentu dan segalanya. 

"Tuhan dan teman adalah modal kita. Sehingga kita optimis meski menjadi semut yang melawan para 'gajah-gajah' politik," tandasnya. 

(mtc/rel)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Rabu, 14 Nov 2018 19:10Berita Sumut

Pemko Medan Tak Terbebani Pencapaian Target PAD

Dengan dicabutnya Perda Kota Medan No. 5 Tahun 2016 tentang Retribusi Izin Gangguan, Pemko Medan tidak terbebani dalam pencapaian target PAD Kota Medan. Sebab, langkah-langkah antisipatif sudah dilakukan Pemko Medan dengan mengoptimalkan potensi PAD pada

Rabu, 14 Nov 2018 19:00Aceh

Kenali Lebih Dekat Alat Pantau Kamla di SPKKL Aceh

Sejumlah pelajar dan taruna dan taruni dari beberapa sekolah dan akademi berkunjung ke SPKKL Aceh untuk melihat dan mengenal lebih dekat tugas yang dijalankan Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh, di Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Be

Rabu, 14 Nov 2018 18:53Berita Sumut

Akhyar & 2 Wakil Ketua DPRD Medan Tinjau Terminal Amplas

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama dua Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli dan Ikhwan Ritonga serta salah seorang anggota DPRD Medan T Aswin ST meninjau Terminal Terpadu Amplas (TTA), Rabu (14/11) petang. Peninjauan dilakukan untuk mel

Rabu, 14 Nov 2018 18:43Lifestyle

Pria dan Wanita Memiliki Beberapa Persamaan

Meskipun ada banyak perbedaan biologis antara pria dan wanita, pada dasarnya pria memiliki beberapa persamaan dengan wanita. Setiap ciptaan tuhan khususnya Manusia yang ada di dunia ini pasti memiliki persamaan, walaupun tidak secara keseluruhan.

Rabu, 14 Nov 2018 18:38Bola

Luka Modric Merasa Optimis Klubnya Menjuarai Liga Champions 2018-2019

Dalam persaingan memburu gelar juara Liga Champions musim 2018-2019, gelandang Real Madrid, Luka Modric memberikan komentar terkait peluang klubnya. Modric optimis Madrid bakal kembali menjadi juara Liga Champions di musim ini.

Rabu, 14 Nov 2018 18:22Berita Sumut

Bupati Soekirman Sampaikan Komitmen Junjung Tinggi dan Peduli HAM

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didaulat sebagai Keynote Speaker pada acara Festival Hak Asasi Manusia (HAM) Indonesia Tahun 2018 bertempat di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Rabu (14/11). Festival tersebut mengangkat tema Merawat Keberag

Rabu, 14 Nov 2018 18:00Berita Sumut

APBD 2019 Pemkab Sergai Diproyeksikan Rp 1.5 Trilyun

APBD Pemkab Serdangbedagai pada tahun 2019 diproyeksi sebesar Rp 1.570.104.307.000. Jumlah itu didominasi anggaran Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 56,50%.

Rabu, 14 Nov 2018 17:30Berita Sumut

Personel Satpol PP Terluka Dilempar Batu Saat Bongkar Bangunan Kios di Jalan Gedung Arca

Tim gabungan Pemko Medan membongkar 8 unit bangunan kios di halaman Perguruan Al Ittihadiyah Jalan Gedung Arca, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Rabu (14/11). Meski berhasil meratakan seluruh bangunan kios dengan tanah namun pembongkaran se

Rabu, 14 Nov 2018 17:15Berita Sumut

Penambahan Anggaran e KTP Rp 3 M di Disdukcapil Dinilai Penting

Anggota DPRD Medan Anton Panggabean yang tergabung di panitia khusus (Pansus) R APBD Pemko Medan TA 2019 mendukung penambahan anggaran Rp 3 Miliar untuk pengadaan tinta dan film e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan. Penam

Rabu, 14 Nov 2018 17:00Berita Sumut

Warga Dua Desa di Kecamatan Lau Baleng Minta Dishut Sumut Tinjau Ulang Penerbitan SK HKM

Puluhan warga Desa Desa Laugarut dan Desa Pintu Angin, mendatangi kantor Dinas Kehutanan Sumut di Jln SM Raja, Medan, Rabu (14/11) siang. Mereka meminta klarifikasi soal terbitnya SK hutan kemasyarakatan (HKM) di dua desa tersebut.

Rabu, 14 Nov 2018 16:30Berita Sumut

Wanita Pengutil di Medan Mall Ditangkap

Polsek Medan Kota mengamankan seorang wanita karena kedapatan mencuri pakaian di pusat perbelanjaan Medan Mall Jalan MT Haryono Medan

Rabu, 14 Nov 2018 16:15Berita Sumut

Catat!!!, Belum Punya KTP? Tanggal 3-6 Desember Ada Pembuatan KTP Cepat di Sumut

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan pemerintah kabupaten/kota se Sumatera Utara akan menggelar kegiatan pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan sistem cepat pada awal Desember 2018 mendatang.

Rabu, 14 Nov 2018 16:00Berita Sumut

Jabatan Kepala Bakamla RI Resmi Diserahterimakan

Tiga hari setelah pelantikan Laksdya TNI Taufiqoerrochman, S.E. sebagai Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Ka Bakamla RI) yang baru oleh Menkopolhukam Wiranto, kini dilaksanakan memorandum serah terima jabatan dari Kepala Bakamla lama kepad

Rabu, 14 Nov 2018 15:45Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Juara I Lomba Menembak HUT ke 73 Brimob

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto,SH,SIK,MSi menghadiri Hut Korps Brimob Polri ke 73 di lapangan Apel Brimobda Sumut jalan K.H Wahid Hasim No 3i Kelurahan merdeka kecamatan medan Baru,Rabu 14 November 2018

Rabu, 14 Nov 2018 15:30Berita Sumut

Pemkab Asahan Gelar Bursa Inovatif Desa 2018

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang,MAP melalui Sekdakab.Asahan Tauzik ZA Siregar S.Sos.MAP, secara resmi membuka Bursa Inovasi Desa. Kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan program pembangunan yang ada di Kabupaten Asahan khususnya yang berad

Rabu, 14 Nov 2018 15:15Berita Sumut

Pangdam I/BB Tutup Pelaksanaan TMMD ke 103 di Sumbar

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah secara resmi menutup pelaksanaan TMMD ke 103 Kodim 1307/TD pada hari Selasa, (13/11-2018) di lokasi TMMD Desa Saruaso, Kec. Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.