Bulan Ini, Dua Seksi Tol Medan-Binjai Dioperasionalkan

Amr/rel Rabu, 06 September 2017 20:26 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan: Pembangunan jalan tol Medan-Binjai sudah mulai rampung. Bahkan ditargetkan dalam bulan ini untuk seksi 2 yakni Helvetia-Sei Semayang dan seksi 3 Sei Semayang-Binjai akan diresmikan dan dioperasionalkan. Sementara untuk seksi 1, Tanjung Mulia-Helvetia masih menunggu proses pembebasan lahan yang ditargetkan akan selesai pada Oktober ini.
 

Hal ini terungkap saat Wagubsu, Dr. Nurhajizah Marpaung melakukan peninjauan langsung jalan tol Medan-Binjai, Rabu (6/9/2017). Hadir dalam peninjauan itu staf ahli Gubsu bidang ekonomi, keuangan, pembangunan, aset dan Sumber Daya Alam (SDA), Binsar Situmorang, Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol PT Hutama Karya, Rizal Sutjipto serta tim dari PT Hutama Karya dan Kanwil BPN Sumut. 
 
"Kita berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mempercayakan kepada PT Hutama Karya untuk membuat jalan tol Medan- Binjai. Meski saat ini belum selesai semuanya, tapi kita optimis ini akan selesai cepat," ujar Nurhajizah.
 
Nurhajizah juga mengimbau kepada masyarakat yang selama ini masih belum bersedia diganti rugi lahannya untuk wilayah seksi 1 dan seksi 2, diharapkan bisa bersedia menerima proses ganti rugi. Sebab, menurutnya pembangunan jalan tol ini bukan untuk kepentingan siapa-siapa, melainkan untuk kepentingan masyarakat Sumut.
 

"Makanya mari kita imbau bersama, insya allah bagi saudara kita yang belum membuka hati untuk memberikan lahannya. Kita imbau bersama supaya masyarakat mau merelakan tanahnya dan menerima pergantian uang yang kita berikan. Daripada konsinyasi di pengadilan kan lebih baik menerima ganti rugi. Sebab, untuk yang di seksi II Sei Semayang ini tinggal 9 persil lagi yang belum, yang lainnya kan sudah selesai semua," ujar Nurhajizah.
 
Peninjauan jalan tol dimulai dari memasuki gerbang jalan tol Medan-Helvetia, menuju gerbang jalan tol Medan-Sei Semayang. Setelah melintasi gerbang jalan tol Sei-Semayang, Wagubsu langsung meninjau lahan masyarakat yang masih terdapat 9 persil lagi yang belum dapat dibebaskan di wilayah tersebut. Kemudian peninjauan dilakukan menuju gerbang tol Binjai (Megawati). Di gerbang tol Megawati ini, Wagubsu dan rombongan melihat kantor tol Megawati dan meninjau proses pemantauan jalan tol dari layar monitor dan pemantauan gerbang tol sekaligus melihat kesiapan mobil derek gratis. 
 
Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol PT Hutama Karya, Rizal Sutjipto mengatakan, pembangunan jalan tol Medan-Binjai ini sudah dimulai sejak ground breaking dilakukan pada April 2015 lalu.
 

Diakui Rizal, prosesnya memang mengalami kendala karena lambatnya proses pembebasan lahan. Terutama untuk pembebasan lahan seksi 1 Tanjung Mulia-Helvetia, karena masih terdapat sebanyak 378 KK lagi yang belum dibebaskan. Sementara untuk seksi 2 Helvetia-Sei Semayang masih terdapat 9 persil yang belum dibebaskan, sementara untuk seksi 3 sudah selesai pembangunan. 
 
"Intinya kita berharap untuk pembebasan lahan ini ada win-win solution. Artinya, tidak ada yang dirugikan dan jangan merugikan. Untuk seksi 1 ini masih banyak yang belum dibebaskan ada 378 KK lagi, kalau yang di Sei Semayang, ada  9 persil lagi tapi itu sudah masuk proses konsinyasi dan tinggal menunggu keputusan pengadilan. Untuk seksi 2 dan seksi 3 kami rencanakan bulan ini mau kami resmikan dan dioperasionalkan," ujar Rizal.
 
Dikatakan Rizal, kalau proses pembebasan lahan pada seksi 1 dapat selesai pada bulan Oktober 2017 ini, maka ditargetkannya Juni 2018, keseluruhan jalan tol Medan-Binjai sudah dapat dioperasionalkan. "Kalau pembebasan lahan bisa selesai Oktober ini, kita targetkan Juni tahun depan keseluruhannya sudah bisa dioperasionalkan," terang Rizal.
 

Sementara itu, staf ahli Gubsu bidang ekonomi, keuangan, pembangunan, aset dan Sumber Daya Alam (SDA), Binsar Situmorang mengatakan, untuk seksi 2 dan seksi 3 yang akan dioperasionalkan pada bulan Agustus ini tinggal menunggu proses audit kelayakan operasional jalan tol.
"Bulan ini memang untuk seksi 2 dan seksi 3 kita targetkan akan diresmikan dan dioperasionalkan, sekarang ini tinggal menunggu proses audit dari badan pengatur jalan tol yang melaksanakan pengujian layak fungsi dan layak operasional jalan tol Medan-Binjai ini," terang Binsar.
 
Diberitakan sebelumnya, pembangunan jalan tol Medan Binjai untuk seksi 1, Tanjung Mulia-  Helvetia dilakukan dengan panjang 6.071 Km dengan kebutuhan lahan 36,66 hektar. Untuk seksi 2 Helvetia- Sei Semayang panjang 9,051 Km dengan kebutuhan lahan 46,36 ha. Selanjutnya untuk seksi 3, Sei Semayang-Binjai dengan panjang 10.319 Km dengan kebutuhan lahan 61,04 ha. Secara keseluruhan panjang luas lahan yang harus dibebaskan 25,441 Ha dengan kebutuhan lahan 144,06 Ha. Pembangunan ini jalan tol ini secara keseluruhan membutuhkan dana sekitar Rp1,1 triliun.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g: Dua Seksi Tol Medan-Binjai DioperasionalkanBulan Inimatatelinga.commatatelinga comMedanSumut
Komentar
Rabu, 21 Feb 2018 13:33Berita Sumut

Pedagang Pasar Gambir tentang Edy Rahmayadi: Biasanya Kami Lihat dari Kalender

Calon Gubsu nomor urut 1 Edy Rahmayadi kembali mengunjungi pasar tradisional. Yang dikunjungi kali ini adalah Pasar Gambir di Pasar 8 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Rabu (21/2/2018).

Rabu, 21 Feb 2018 12:46Berita Sumut

Kasus Pencemaran Nama Baik Bupati Asahan Masih Proses Penyidikan

Polres Asahan hingga saat ini masih mendalami kasus dugaan pencemaran nama baik Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang yang dilakukan akun facebook bernama Putra Hutasuhut. Polisi menyebutkan kasus ini sudah dalam tahap penyidikan.

Rabu, 21 Feb 2018 08:45Berita Sumut

Tepis Isu Tangkap Lepas, Polres Asahan Ringkus Kecubung Sang Bandar Narkoba Asahan

Satres Narkoba Polres Asahan kembali meringkus Samsul Arif Sitorus alias Bung Roma alias Kecubung, bandar narkoba yang kerap beraksi di wilayah hukum Polres Asahan. Penangkapan ini juga menepis isu tangkap lepas tersangka di Polres Asahan.

Rabu, 21 Feb 2018 06:55Berita Sumut

DKPP Gelar Sidang Tiga Kasus Etik Pilkada Di Bawaslu Sumut

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu( DKPP) menggelar sidang tiga berkas aduan ( laporan ) pelanggaran etika Pilkada di Bawaslu Sumut

Rabu, 21 Feb 2018 06:48Berita Sumut

Wagubsu : Walikota dan BPN Segera Terbitkan Sertifikat Tanah di Seluruh Kota Sibolga

Wagubsu Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung SH, MH mengatakan agar Pemerintah Kota dan BPN membuat semua bidang tanah yang ada di Kota Sibolga khususnya bersertifika

Rabu, 21 Feb 2018 04:39Berita Sumut

Bupati Karo Secara Resmi Membuka Rapat Harmonisasi Program Kerja TP. PKK

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH membuka secara resmi rapat harmonisasi program kerja TP. PKK se Kabupaten Karo Tahun 2018, di jambur Pemkab Karo

Selasa, 20 Feb 2018 22:54Berita Sumut

Antisipasi Bentrokan Antar Warga, Kapolres Tapsel Gelar Bakti Sosial

Petugas Polres Tapanuli Selatan, Detasemen C Brimob Poldasu, Prajurit Kodim 0212/TS, beserta warga Kecamatan Batang Angkola

Selasa, 20 Feb 2018 22:51Berita Sumut

Bupati Ir H Soekirman : Pentingnya Kesehatan Bagi Masa depan

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menerima 324 Mahasiswa yang akan melakukan Pengalaman Belajar Lapangan

Selasa, 20 Feb 2018 22:46Berita Sumut

Walikota Medam Terima Kunker Komisis II DPRD Kota Jambi

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin diwakili Kepala BPKAD Kota Medan Ir. Irwan Ritonga menerima kunjungan kerja Komisi II DPRD

Selasa, 20 Feb 2018 22:40Nasional

Kegiatan Super Medical Camp Indobatt XXIII-L Mendapat Tempat Dihati Masyarakat Lebanon

Pasukan Garuda Satgas Indobatt (Indonesian Battalion) Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon)

Selasa, 20 Feb 2018 22:31Berita Sumut

Dua Karyawan RM Padang Raya Disekap dan Babak Belur Dianiaya Gerombolan Preman

aksi kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan sekelompok preman masih kerap terjadi dan terkesan tidak tersentuh hukum

Selasa, 20 Feb 2018 16:30Berita Sumut

Kapolres Asahan Jadi Irup Peringatan HKN 2018

Pemerintah Kabupaten Asahan memperingati Hari Kesadaran Nasional (HKN) 2018 di alun alun kota Kisaran, Senin (19/2/2018). Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kapolres Asahan AKBP.Qobul Syahrin Ritonga,SIK.M.Si.

Selasa, 20 Feb 2018 16:15Berita Sumut

KJRI Dengan Kapoldasu Bahas TPPO

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching, Jahar Gultom audensi di Poldasu langsung diterima Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw

Selasa, 20 Feb 2018 16:00Berita Sumut

Antisipasi Kejadian di Jawa, Orang Gila di Medan Juga Dirazia Polisi

Polsek Sunggal bersama Dinas Sosial Pemko Medan menggelar razia gelandangan pengemis (gepeng) dan orang gila, Selasa (20/2/2018). Razia ini melibatkan 30 an orang petugas gabungan.

Selasa, 20 Feb 2018 15:45Berita Sumut

Bupati Asahan Serahkan 80 Unit Kendaraan Dinas Kepala Desa

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang,MAP menyerahkan 80 unit kendaraan roda dua kepada 80 orang kepala desa. Bantuan ini dari bantuan hibah Pemerintah Propinsi Sumatera Utara, Senin (19/2/2018) di rumah dinas Bupati Asahan.

Selasa, 20 Feb 2018 15:00Berita Sumut

Sidang Sengketa Pilgub JR Saragih Dikawal 557 Polisi

Untuk mengamankan jalannya sidang perdana terkait gugatan sengketa Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) terhadap pasangan Jopinus Ramli (JR) Saragih dan Ance Selian di Kantor Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sumut, Jalan Adam Malik, Medan. Ratusan persone