Bulan Ini, Dua Seksi Tol Medan-Binjai Dioperasionalkan

Amr/rel Rabu, 06 September 2017 20:26 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan: Pembangunan jalan tol Medan-Binjai sudah mulai rampung. Bahkan ditargetkan dalam bulan ini untuk seksi 2 yakni Helvetia-Sei Semayang dan seksi 3 Sei Semayang-Binjai akan diresmikan dan dioperasionalkan. Sementara untuk seksi 1, Tanjung Mulia-Helvetia masih menunggu proses pembebasan lahan yang ditargetkan akan selesai pada Oktober ini.
 

Hal ini terungkap saat Wagubsu, Dr. Nurhajizah Marpaung melakukan peninjauan langsung jalan tol Medan-Binjai, Rabu (6/9/2017). Hadir dalam peninjauan itu staf ahli Gubsu bidang ekonomi, keuangan, pembangunan, aset dan Sumber Daya Alam (SDA), Binsar Situmorang, Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol PT Hutama Karya, Rizal Sutjipto serta tim dari PT Hutama Karya dan Kanwil BPN Sumut. 
 
"Kita berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mempercayakan kepada PT Hutama Karya untuk membuat jalan tol Medan- Binjai. Meski saat ini belum selesai semuanya, tapi kita optimis ini akan selesai cepat," ujar Nurhajizah.
 
Nurhajizah juga mengimbau kepada masyarakat yang selama ini masih belum bersedia diganti rugi lahannya untuk wilayah seksi 1 dan seksi 2, diharapkan bisa bersedia menerima proses ganti rugi. Sebab, menurutnya pembangunan jalan tol ini bukan untuk kepentingan siapa-siapa, melainkan untuk kepentingan masyarakat Sumut.
 

"Makanya mari kita imbau bersama, insya allah bagi saudara kita yang belum membuka hati untuk memberikan lahannya. Kita imbau bersama supaya masyarakat mau merelakan tanahnya dan menerima pergantian uang yang kita berikan. Daripada konsinyasi di pengadilan kan lebih baik menerima ganti rugi. Sebab, untuk yang di seksi II Sei Semayang ini tinggal 9 persil lagi yang belum, yang lainnya kan sudah selesai semua," ujar Nurhajizah.
 
Peninjauan jalan tol dimulai dari memasuki gerbang jalan tol Medan-Helvetia, menuju gerbang jalan tol Medan-Sei Semayang. Setelah melintasi gerbang jalan tol Sei-Semayang, Wagubsu langsung meninjau lahan masyarakat yang masih terdapat 9 persil lagi yang belum dapat dibebaskan di wilayah tersebut. Kemudian peninjauan dilakukan menuju gerbang tol Binjai (Megawati). Di gerbang tol Megawati ini, Wagubsu dan rombongan melihat kantor tol Megawati dan meninjau proses pemantauan jalan tol dari layar monitor dan pemantauan gerbang tol sekaligus melihat kesiapan mobil derek gratis. 
 
Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol PT Hutama Karya, Rizal Sutjipto mengatakan, pembangunan jalan tol Medan-Binjai ini sudah dimulai sejak ground breaking dilakukan pada April 2015 lalu.
 

Diakui Rizal, prosesnya memang mengalami kendala karena lambatnya proses pembebasan lahan. Terutama untuk pembebasan lahan seksi 1 Tanjung Mulia-Helvetia, karena masih terdapat sebanyak 378 KK lagi yang belum dibebaskan. Sementara untuk seksi 2 Helvetia-Sei Semayang masih terdapat 9 persil yang belum dibebaskan, sementara untuk seksi 3 sudah selesai pembangunan. 
 
"Intinya kita berharap untuk pembebasan lahan ini ada win-win solution. Artinya, tidak ada yang dirugikan dan jangan merugikan. Untuk seksi 1 ini masih banyak yang belum dibebaskan ada 378 KK lagi, kalau yang di Sei Semayang, ada  9 persil lagi tapi itu sudah masuk proses konsinyasi dan tinggal menunggu keputusan pengadilan. Untuk seksi 2 dan seksi 3 kami rencanakan bulan ini mau kami resmikan dan dioperasionalkan," ujar Rizal.
 
Dikatakan Rizal, kalau proses pembebasan lahan pada seksi 1 dapat selesai pada bulan Oktober 2017 ini, maka ditargetkannya Juni 2018, keseluruhan jalan tol Medan-Binjai sudah dapat dioperasionalkan. "Kalau pembebasan lahan bisa selesai Oktober ini, kita targetkan Juni tahun depan keseluruhannya sudah bisa dioperasionalkan," terang Rizal.
 

Sementara itu, staf ahli Gubsu bidang ekonomi, keuangan, pembangunan, aset dan Sumber Daya Alam (SDA), Binsar Situmorang mengatakan, untuk seksi 2 dan seksi 3 yang akan dioperasionalkan pada bulan Agustus ini tinggal menunggu proses audit kelayakan operasional jalan tol.
"Bulan ini memang untuk seksi 2 dan seksi 3 kita targetkan akan diresmikan dan dioperasionalkan, sekarang ini tinggal menunggu proses audit dari badan pengatur jalan tol yang melaksanakan pengujian layak fungsi dan layak operasional jalan tol Medan-Binjai ini," terang Binsar.
 
Diberitakan sebelumnya, pembangunan jalan tol Medan Binjai untuk seksi 1, Tanjung Mulia-  Helvetia dilakukan dengan panjang 6.071 Km dengan kebutuhan lahan 36,66 hektar. Untuk seksi 2 Helvetia- Sei Semayang panjang 9,051 Km dengan kebutuhan lahan 46,36 ha. Selanjutnya untuk seksi 3, Sei Semayang-Binjai dengan panjang 10.319 Km dengan kebutuhan lahan 61,04 ha. Secara keseluruhan panjang luas lahan yang harus dibebaskan 25,441 Ha dengan kebutuhan lahan 144,06 Ha. Pembangunan ini jalan tol ini secara keseluruhan membutuhkan dana sekitar Rp1,1 triliun.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g: Dua Seksi Tol Medan-Binjai DioperasionalkanBulan Inimatatelinga.commatatelinga comMedanSumut
Komentar
Jumat, 24 Nov 2017 21:03Nasional

TNI Ikuti Kongres Kesehatan Militer Dunia di India

Delegasi Indonesia dalam hal ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dipimpin oleh Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS., mengikuti Kongres Kesehatan Dunia/International Committee on Military Medicine (ICMM) di Vigy

Jumat, 24 Nov 2017 20:50Berita Sumut

Kunjungan ke Langkat, Jokowi juga Bagikan 9.000 Sertifikat Tanah

Kunjungan kerja ke Kabupaten Langkat, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) juga membagikan 9.000 sertifikat tanah kepada masyarakat Sumatera Utara. Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan Alun-alun Tengku Amir Hamzah, Stabat, Kabupaten L

Jumat, 24 Nov 2017 20:37Berita Sumut

Panwaslih dan PPK Medan Area Targetkan Partisipasi Pemilih 70 Persen

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Sumatera Utara akan digelar tahun depan (2018), banyaknya calon kepala daerah yang akan maju sudah mulai terlihat. Khususnya di Kota Medan, yang merupakan lahan subur dan diminati oleh peserta kontestan Pilkada.

Jumat, 24 Nov 2017 20:15Berita Sumut

Presiden Jokowi Serahkan KIP dan PKH di Langkat

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk siswa yatim dan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada masyarakat di gedung Serba Guna Langkat Berseri, Stabat, Kabupaten Langkat, Jumat (24/11/2017).

Jumat, 24 Nov 2017 19:57Berita Sumut

Ring Road Tidak Ditutup, Polisi akan Rekayasa Lalu Lintas saat Kirab Budaya

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menyatakan, tidak melakukan penutupan arus lalu lintas selama prosesi Kirab Budaya Ngunduh Mantu pernikahan Bobby Nasution-Kahiyang Ayu, putri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (26/11) mendatang.

Jumat, 24 Nov 2017 18:55Berita Sumut

Wali Kota Pantau 3 Lokasi Pembangunan Jalur Pedestrian

Pembangunan jalur pedestrian mendapat perhatian serius Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi. Sebab, keberadaan jalur yang diperuntukkan bagi para pejalan kaki ini sangat penting karena merupakan bagian dari pengembangan kota

Jumat, 24 Nov 2017 17:33Berita Sumut

Wow, Polsek Bangun Ringkus 5 Warga Sedang Pesta Narkoba

Personil Polsek Bangun Polres Simalungun menangkap 5 orang warga dari kawasan Pasar Marihat Bukit Huta III Kecamatan Gunungmalela kab Simalungun lantaran kedapatan tengah pesta narkoba. Saat penggrebekan, polisi menemukan sejumlah barang bukti berupa ala

Jumat, 24 Nov 2017 16:30Berita Sumut

Pelaku Curat Kawakan di Simalungun Roboh Dipelor Polisi

Heri Sihotang alias Heri Tapel (35), pelaku pencurian dengan pemberatan yang kerap beraksi di wilayah hukum Polres Simalungun dilumpuhkan polisi. Dia berusaha kabur saat penangkapan berlangsung.

Jumat, 24 Nov 2017 16:00Berita Sumut

Saat Kunker Presiden di Medan, Gempa SU Demo Kantor Gubsu Kritisi PDAM

Puluhan massa dari Gerakan Masyarakat Peduli Air Sumatera Utara (GEMPA SU) berunjuk rasa di di depan pagar kantor Gubsu jalan Diponegoro Medan, Jumat (24/11/2017). Namun aksi massa yang mengkritisi kinerja PDAM Tirtanadi ini sempat dilarang oleh petugas k

Jumat, 24 Nov 2017 15:30Berita Sumut

Tak Tahu Diuntung, Sudah Diberi Tempat Tinggal, Supir Angkot Ini Malah Curi Motor Pasangan Kumpul Kebonya

Danil Armanysah (35) warga Jalan Setia Kawan Desa Sunggal Kanan Kecamatan Sunggal, Deliserdang harus meringkuk di sel tahanan Polsek Sunggal. Pria yang kesehariannya berprofesi sebagai supir angkot ini ditangkap karena mencuri sepeda motor milik Juliati (

Jumat, 24 Nov 2017 15:00Berita Sumut

Kapolri Pastikan Arus Lalin Saat Resepsi Bobby-Kahiyang Lancar

Arus lalu lintas pada saat resepsi pernikahan Bobby-Kahiyang dipastikan lancar. Jaminan ini disampaikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian saat berkunjung ke Mapolrestabes Medan, Jumat (24/11/2017) siang.

Jumat, 24 Nov 2017 13:00Berita Sumut

Dinkes Asahan Cegah Malaria Dengan Insektisida.

Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dalam saat ini tengah menggalakkan program fogging untuk menanggulangi dan mencegah penyebaran penyakit malaria.

Jumat, 24 Nov 2017 12:30Berita Sumut

Acara Adat Bobby-Kahiyang Dimulai Dengan Menyembelih Kerbau

Prosesi pernikahan adat Mandailing antara Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu berlangsung di Kompleks Taman Setia Budi Indah I Bukit Hijau Regency No. 123 sejak pagi tadi Jumat, 24 November 2017 hingga Sabtu, 25 November 2017.

Jumat, 24 Nov 2017 12:00Berita Sumut

Wali Kota Lantik Staf Ahli & Dirut RSUD Dr Pirngadi

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melantik dua pejabat di lingkungan Pemko Medan, Jumat (24/11). Kedua pejabat yang dilantik itu akan menduduki jabatan struktutral, khususnya eselon II dan Dirur RSUD Dr Pirngadi Medan. Selanjutnya, kedua pe

Jumat, 24 Nov 2017 11:56Berita Sumut

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Silangit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Bandara Silangit, Siborong-borong, Tapanuli Utara (Taput), Jumat (24/11/2017), untuk meresmikan Bandara Silangit menjadi Bandara Internasional.

Jumat, 24 Nov 2017 11:00Berita Sumut

Tandatangannya Dipalsukan untuk Pencairan Dana, Sekretaris Golkar Tobasa Lapor Polsi

Sekretaris Partai Golkar Tobasa, Bonari Tambunan melaporkan salah seorang pengurus partai, Senin, (20/11/2017) kemarin. Laporan ini terkait adanya dugaan oknum pengurus partai yang memalsukan tanda tangan dirinya sekaitan untu pencairan dana bantuan dari