• Home
  • Berita Sumut
  • Bupati Ir. Soekirman : MTQ dan FSQ Bangun Karakter Bangsa Yang Unggul dan Mulia

Bupati Ir. Soekirman : MTQ dan FSQ Bangun Karakter Bangsa Yang Unggul dan Mulia

Amr/rel Senin, 16 April 2018 20:23 WIB
Matatelinga
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bersama unsur Forkopimda tengah meninjau stand pameran pada pembukaan MTQ XIV dan FSQ XV Kabupaten Sergai yang dipusatkan di alun-alun Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan
MATATELINGA, Pegajahan:  Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XIV dan Festival Seni Qasidah (FSQ) XV Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang dipusatkan di alun-alun Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Senin (16/4) berlangsung khidmad dan meriah. Acara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Ir. H. Soekirman dengan diawali pawai ta'aruf  dan pemukulan beduk  disaksikan ribuan masyarakat dari berbagai daerah.

 Turut hadir dalam perhelatan akbar tersebut Ketua DPRD H.Syahlan Siregar, ST, Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos, S.IK, M.Si, Kakan Kemenag Sergai DR.H.M Syafii MA,Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. drg. Khairani Hadi Winarno, Ketua MUI H.Luckman Yahya, Ketua FKUB Drs. H. Irfan El Fuadi Lubis, Danramil, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat se-Sergai, tokoh agama,tokoh masyarakat serta ribuan hadirin yang hadir dari unsur masyarakat, para kafilah dan peserta pawai ta'aruf dari 17 kecamata se-Sergai.

Mengawali sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan bahwa melalui kegiatan MTQ dan FSQ ini, kita semua khususnya umat Islam akan termotivasi untuk meningkatkan pemahaman,penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu juga diharapkan dengan adanya kegiatan ini hubungan harmonis masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat lebih meningkat.

Sebagaimana yang tertuang dalam tema penyelenggaraan MTQ yaitu" Dengan  MTQ XIV  Kabupaten Sergai tahun 2018 kita gali potensi,minat dan bakat generasi Qur'ani yang unggul dan berkelanjutan di Kabupaten Serdang Bedagai" dan tema FSQ "Dengan semangat  FSQ XV Tahun 2018 kita jadikan  Serdang Bedagai sebagai bumi pengembangan prestasi seni dan budaya Islam" maka diharapkan dengan penyelenggaraan kegiatan ini dapat meningkatkan persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa serta mensinergikan antara pemerintah dan masyarakat untuk memacu lajunya pembangungan Sergai, kata Bupati.

Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman mengharapkan kegiatan ini dapat membangun karakter bangsa yang unggul dan mulia. " Bangsa yang semakin menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta terus berinovasi, berkreasi dan bekerja keras untuk mecapai cita-cita dan prestasi. Ajang ini juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk menjaring qari-qariah yang unggul untuk mewakili Kabupaten Sergai menuju MTQ tingkat provinsi dan dapat mengharumkan nama Tanah Bertuah Negeri Beradat, pungkas Soekirman.

Sementara Ketua DPRD Sergai H Syahlan Siregar, ST menyampaikan dengan kegiatan MTQ dan FSQ ini diharapkan mampu memberikan kontribusi peningkatan kualitas keimanan dan pemahaman yang benar dan mendalam akan isi kandungan Al-Quran agar umat islam tidak mudah terpengaruh kedalam hal-hal negatif yang mungkin dapat menyesatkannya, kata Syahlan.

Sebelumnya Panitia Penyelenggara MTQ XIV dan FSQ XV Tahun 2018 yang disampaikan oleh DR.H.M Syafii MA melaporkan maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan seni baca Al-Qur'an sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat dalam hal meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian mengembangkan seni budaya yang islami untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita pada Allah SWT.

Sedangkan untuk cabang-cabang yang diperlombakan terdiri dari MTQ dengan jumlah peserta  sebanyak 594 orang dan 17 group,yaitu cabang Tilawatil Al- Qur'an, cabang Hifzil Al-Qur'an, cabang Tafsir Al-Qur'an, cabang Fahmil Qur'an, cabang Syarhil Qur'an, cabang Khattil Qur'an, cabang M2IQ. Sedangkan untuk FSQ terdiri dari cabang Vokalis anak-anak, Vokalis Remaja, Vokalis Dewasa, Grup Qasidah Remaja, Grup Qasidah Dewasa, ungkap Kakan Kemenag.

Disela-sela kegiatan, Bupati Ir. H. Soekirman bersama dengan unsur Foekopimda meninjau stand pameran yang ada di lokasi kegiatan berlangsung.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:Matatelingapemkab Sergei
Komentar
Selasa, 25 Sep 2018 10:30Lifestyle

Jangan Sembunyikan Preceraian dari Anak. Lakukan 5 Cara Ini Agar Mereka Mengerti

PERCERAIAN adalah sebuah malapetaka bagi setiap pasangan yang telah menikah di muka bumi ini. Namun terkadang, masalah yang tidak dapat dihindari pun menjadi alasan seseorang untuk bercerai. Hal ini tidaklah mudah bahkan bisa dibilang cukup rumit apalagi

Selasa, 25 Sep 2018 10:15Nasional

Kasus Korupsi 9 Naga Akan Segera Disidang, Adik Zulkifli Hasan Ikut Terseret

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas penyidikan pemilik CV 9 Naga, Gilang Ramadhan ke tahap penuntutan. Pengusaha di Lampung Selatan tersebut akan segera disidang terkait kasus dugaan suap yang menyeret adik Zulkifli Hasan, Zainuddi

Selasa, 25 Sep 2018 10:00Nasional

Ini Tahapan Pemilu yang Wajib Anda Ketahui

TAHAPAN formal Pemilu 2019 yang meliputi pemilihan presiden dan wakilnya, anggota DPR serta DPD, telah resmi dimulai dengan kampanye, sejak Minggu (23/9), dan akan berpuncak pada hari pencoblosan, Jumat 19 April 2019.

Selasa, 25 Sep 2018 09:45Berita Sumut

Keindahan Danau Toba Kini Bisa Dinikmati Lewat Google Street View

Menyambut Hari Pariwisata Dunia 27 September 2018 Layanan Google Street View Special Collect Danau Toba resmi diluncurkan di Hotel Niagara, Kabupaten Simalungun hari ini 25/7. Grand Launching ini dihadiri oleh petinggi Google Asia Pacific maupun Google In

Selasa, 25 Sep 2018 09:30Berita Sumut

Kaca Mobil Dipecah Saat Tambal Ban, Amirullah Kehilangan Rp 75 Juta

Pelaku pencurian dengan modus pecah kaca mobil saat sedang menambal ban terjadi di kota Kisaran,Senin (24/9/2018) sekira pukul 11.30 Wib di jalan Jend.A.Yani Kelurahan Sendang Sari Kisaran Barat, tepatnya di bengkel Sumber Hdup.

Selasa, 25 Sep 2018 09:09Nasional

Pesan Tiket di Lion Air, Ternyata Dapat 'Bangku Tempel'

Seorang pengguna jasa maskapai Lion Air, Satwika mendadak viral setelah meluapkan kekesalannya atas pelayanan maskapai tersebut tidak sesuai dengan harapan.

Selasa, 25 Sep 2018 07:06Bola

Jagan Lupa Saksikan Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs China

Turnamen segitiga ini sengaja digelar sebagai pemanasan jelang Piala Asia U-19 2018 yang akan digelar di Indonesia. Karena itu, turnamen tersebut sangat penting bagi Garuda Asia untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah.

Selasa, 25 Sep 2018 06:42Bola

Kenapa Dua Megabintang Tidak Hadir Malam Penghargaan...?

Memilih absen dari malam penghargaan The Best FIFA Football Awards 2018 di London, Inggris yang dilakukan dua megabintang sepakbola, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Keputusan tersebut mengundang kritik dari berbagai pihak, terutama pelaku sepakbola

Selasa, 25 Sep 2018 05:21Nasional

Cara Perindo Tangkal Money Politic & Hoaks

Partai Perindo menyebar satgas khusus untuk menangkal kampanye hitam. Ketua DPP Partai Perindo, Dwi Badarmanto mengatakan, Partai Perindo berkomitmen memerangi segala bentuk kampanye hitam yang dapat mencederai pemilu serentak.

Senin, 24 Sep 2018 20:56Berita Sumut

KTP Warga Medan Perjuangan Tak Kunjung Selesai

Masyarakat mengeluhkan pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kecamatan Medan Perjuangan. Selain merasa dipersulit, warga juga merasa heran pengurusan KTP bisa lama sekali bahkan sampai beberapa tahun tidak kunjung selesai

Senin, 24 Sep 2018 20:52Nasional

Panglima TNI : Prajurit TNI-Polri Harus Dapat Meredam Isu Jelang Pemilu 2019

Dalam rangka mengantisipasi upaya-upaya yang memecah belah bangsa melalui berbagai isu-isu yang tidak bertanggung jawab dan dapat mengancam stabilitas nasional menjelang Pemilu 2019, seluruh prajurit TNI-Polri tidak boleh terbawa arus tersebut dan harus d

Senin, 24 Sep 2018 19:31Berita Sumut

Dampak Permen Soal Alat Tangkap Ikan, 400 ABK di Belawan Menganggur

Sebanyak 400 orang ABK (Anak Buah Kapal) ikan pukat teri yang berpangkalan di Sundari Jalan TM Pahlawan Kelurahan Belawan l Kecamatan Medan Belawan menjadi pengangguran akibat dampak Permen 71.

Senin, 24 Sep 2018 19:08Berita Sumut

Kapolres Nisel Pimpin Sertijab Kapolsek Pulau-Pulau Batu

Polres Nias Selatan menggelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolsek Pulau-Pulau Batu (Tello) di Aula Simuk Polres Nias Selatan, Jalan Moh. Hatta, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara Senin (24/09) siang. Bertindak selaku inspektu

Senin, 24 Sep 2018 18:33Berita Sumut

DPRD Medan Minta Walikota Bongkar Bangunan di Merdeka Walk

DPRD Kota Medan meminta agar Walikota Dzulmi Eldin bertindak tegas membongkar bangunan di seputaran lapangan Merdeka Medan. Pasalnya, keberadaan bangunan restoran dan cafe ditegarai merusak taman ruang terbuka hijau (RTH).

Senin, 24 Sep 2018 18:10Berita Sumut

Sistem Informasi Gistaru Diluncurkan untuk Tingkatkan Kualitas Tata Ruang

Untuk meningkatkan kualitas rencana tata ruang di Indonesia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional telah meluncurkan Sistem Informasi Geografis Tata Ruang (Gistaru) yang memungkinkan setiap orang dapat mengakses rencana tata ruang

Senin, 24 Sep 2018 17:56Berita Sumut

Lagi, Pos Lantas dan Papan Reklame di Medan Belawan Ditertibkan

Pemko Medan kembali melanjutkan penataan di Kecamatan Medan Belawan dengan menurunkan tim gabungan, Senin (24/9). Papan reklame bermasalah dan bangunan kios tanpa izin yang di bangun di atas parit maupun pinggiran rel kereta api yang selama ini membuat ke