• Home
  • Berita Sumut
  • Bupati Sergai H Soekirman: SPBE Wujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Modern

Bupati Sergai H Soekirman: SPBE Wujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Modern

qoqo Kamis, 28 Maret 2019 16:35 WIB
mtc/ist
Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merupakan salah satu daerah dari 616 Instansi Pemerintah yang terdiri dari Instansi Pusat, Pemerintah Daerah dan Kepolisian Republik Indonesia menerima hasil evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dari K
MATATELINGA, Medan: Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merupakan salah satu daerah dari 616 Instansi Pemerintah yang terdiri dari Instansi Pusat, Pemerintah Daerah dan Kepolisian Republik Indonesia menerima hasil evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Repormasi Birokrasi (Kemenpan-RB).


Hasil evaluasi ini langsung diserahkan oleh Wakil Presiden RI Muhammad Jussuf Kalla kepada para Kepala Daerah bertempat di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (28/3). Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sergai H Ikhsan, AP saat mendampingi Bupati Sergai Ir H Soekirman menghadiri acara penerimaan hasil evaluasi SPBE langsung dari Jakarta.

Perhelatan akbar tersebut mengusung tema " Mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang Terpadu dan Menyeluruh untuk Mencapai Birokrasi dan Pelayanan Publik yang Berkinerja Tinggi," turut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri PANRB Syafruddin, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas RI Bambang PS Brodjonegoro, jajaran Kementrian, Kepolisian dan para Gubernur serta Kepala Daerah penerima hasil evaluasi SPBE.  


Bupati Soekirman disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa hingga saat ini Pemkab Sergai telah berkomitmen mengimplementasikan SPBE agar dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efesien, transparan dan akuntabel bagi masyrakat.

" Dengan implementasi SPBE ini akan menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dan penguatan terhadap tata kelola pada setiap pemerintahan," ujar Bupati.

Mengenai Perpres Nomor 95 Tahun 2018 seperti yang disampaikan oleh Menteri PANRB, Pemkab Sergai sangat menyambut baik, karena Perpres ini akan menggiring kita untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan modern karena semua pelayanan birokrasi berbasis digitalisasi.


Hal ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berpartisipasi dalam tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) yaitu memantau setiap pelayanan publik, sejauh mana kinerja pemerintah di birokrasi. Sedangkan ruang lingkup yang dievaluasi mencakup tata kelola SPBE, layanan SPBE dan Kebijakan SPBE, ujar Soekirman.

Sedangkan Wapres RI Muhammad Jusuf Kalla usai menyerahkan hasil evaluasi SPBE menyampaikan bahwa dalam era digitalisasi kecepatan pelayanan dan teknologi menjadi kunci sistem pemerintahan yang berhasil.

Wapres berpendapat bahwa pada era digitalisasi, perilaku masyarakat dan pelayanan banyak berubah dalam berbagai sector baik hal perizinan, perbankan maupun perpajakan. Hal ini tentu membutuhkan system pengelolaan digital yang baik dari suatu institusi, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat yang juga harus dilakukan.


Jusuf Kalla berharap ada jaringan komunikasi nasional yang dapat mengintegrasikan informasi baik antar kementrian, lembaga, hingga pemerintah daerah. Kedepan harapannya adalah bagaimana suatu bangsa bis alebih terpadu, lebih efisien, lebih cepat serta komunikasi layanan bisa lebih baik da nada standarisasi, papar Wapres RI.

Sementara itu Menteri PANRB Syafruddin menyampaikan bahwa Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 terdapat sejumlah mekanisme tata kelola perkembangan negara di seluruh dunia sedang memasuki masa transisi super cepat.

Percepatan transformasi teknologi saat ini memasuki era revolusi 4.0, semakin tinggi perubahan teknologi merupakan kekuatan besar, maka teridentifikasi bahwa sesungguhnya kunci kesiapan pemerintah adalah bagaimana menyerap teknologi, katan Menpan.

Dalam forum tersebut disampaikan oleh Menpan Syafruddin, bagaimana membangun iklim pemerintahan dari pusat hingga ke daerah agar mampu mengambil peluang positif yang ditawarkan dengan kehadiran teknologi.

" Kami sungguh menyadari percepatan yang dihadirkan oleh teknologi, kita tidak ingin ketinggalan. Indonesia harus segera melakukan lompatan yang progresif dan masif membangun sistem pemerintahan berbasis teknologi," kata Menteri.

Berkaitan dengan evaluasi SPBE, tentu akan memberikan potret tentang kondisi faktual penerapan SPBE di instansi pusat dan daerah. Melalui evaluasi ini akan didapat data pelaksana SPBE nasional yang nantinya akan digunakan dalam penyusunan kebijakan dan penentuan arah strategis pembangunan SPBE yang efektif, efesien, menyeluruh dan berkesinambungan, kata Menteri. 

Hasil evaluasi ini juga bukan untuk mencari siapa yang terbaik, melainkan untuk memacu agar pemerintah daerah mulai menggunakan SPBE. Hal ini juga guna mendorong agar semua pemerintah pusat maupun daerah, lembaga di pusat maupun daerah menggunakan SPBE.

Oleh karenanya momentum ini sekaligus bentuk sosialisasi dan penyamaan pandangan bahwa hari ini akan menjadi memontum penting transformasi pemerintahan berbasis elektronik, pungkas Menteri PANRB. (mtc/qoqo)

Editor: Faeza

T#g:Bupati Sergai H SoekirmanMatatelingaTerkiniPemkab Sergai
Komentar
Sabtu, 17 Agu 2019 19:54Berita Sumut

Gojek Hidupkan UMKM & Serap Hampir 2 Juta Tenaga Kerja

Pemko Medan sangat apresiasi serta mendukung penuh perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 yang diselenggarakan Gojek di Istana Maimun Medan

Sabtu, 17 Agu 2019 19:47Nasional

Ikut Upacara HUT RI, Wapres JK Berpakaian Adat Aceh

Upacara HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta jadi ajang promosi pakaian adat nusantara. Jika Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Klungkung, Bali, Wakil Presiden Jusuf Kalla tampak gagah dalam balutan pakaian adat Aceh le

Sabtu, 17 Agu 2019 19:39Berita Sumut

Warga Jalan Karya Pasar IV Marindal -1 Siap Dukung Polri Berantas Narkoba

Masyarakat Jalan Karya Pasar IV Marindal-1 Kecamatan Patumbak Deli Serdang menyatakan siap mendukung Polri.khususnya Polsek Patumbak dalam hal pemberantasan narkoba. Hal itu terbukti ada bebera spanduk yang terpasang dengan tulisan "Warga Jalan Kary

Sabtu, 17 Agu 2019 19:13Berita Sumut

Upacara HUT ke-74 RI di Kota Binjai

Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 berlangsung khidmat dan lancar, ratusan masyarakat terlihat memadati Lapangan Merdeka Binjai untuk menyaksikan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Sabtu (17/8)

Sabtu, 17 Agu 2019 18:45Berita Sumut

Ini Kemeriahan Perayaan HUT RI di POS Medan

Setiap kali memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus selalu ditunggu-tunggu di lingkungan sekolah PrimeOne School Medan, karena akan ada beberapa perlombaan yang digelar untuk memeriahkan

Sabtu, 17 Agu 2019 18:25Internasional

Hadang Demonstran, Militer China Berlatih Menggunakan Garpu Listrik

Militer China terlihat berlatih menggunakan perangkat garpu raksasa yang bertujuan untuk mengendalikan unjuk rasa yang berujung rusuh. Mengutip Mirror, Sabtu (17/8/2019) senjata tersebut diyakini bisa melancarkan listrik dalam upaya untuk meredam segala a

Sabtu, 17 Agu 2019 17:45Lifestyle

Ternyata, Zodiak Ini Merasa Lebih Bahagia saat Jomblo!

Saat usia muda, banyak orang berharap memiliki seorang atau sesosok pasangan. Mereka membutuhkannya karena beragam alasan, bisa karena mereka membutuhkan perhatian dari orang lain alias haus kasih sayang sehingga tak betah jadi jomblo.

Sabtu, 17 Agu 2019 17:38Berita Sumut

Irup HUT Kemerdekaan RI, Manajer Kebun Bukit Lima Apresiasi Pemanen

Dalam rangka pelaksanaan HUT ke 74 Kemerdekaan RI yang mengusung tema SDM Unggul Indonesia Maju, Unit Usaha Kebun Bukit Lima Kecamatan Bosar maligas, Simalungun sabtu (17/08) juga menggelar berbagai kegiatan perlombaan di lapangan bola kaki kebun,

Sabtu, 17 Agu 2019 17:23Berita Sumut

Peserta Upacara HUT Kemerdekaan ke 74 RI di Kabupaten Simalungun Kenakan Pakaian Adat

Pemerintah Kabupaten Simalungun menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia dengan memakai pakaian adat dari daerah asal masing-masing. Upacara dilaksanakan di Lapangan SLTP Negeri 1 Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Si

Sabtu, 17 Agu 2019 17:08Berita Sumut

Ini Rangkaian Peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI di Kabupaten Sergai

Plh. Bupati Sergai H Darma Wijaya memimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT ke-74 RI Tahun 2019 di Lapangan Bola Kaki Desa Firdaus Kec Sei Rampah, Sabtu (17/8). Peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih di Kabupaten Serdang Be

Sabtu, 17 Agu 2019 16:49Berita Sumut

Dolok Panjaitan Sumbang Rp 15 Juta Untuk Olahraga SIlaen

Dolok M Panjaitan menyumbang 15 juta rupiah untuk pembinaan sepakbola Kecamatan Silaen Kabupaten Toba Samosir. Sumbangan ini diberikan untuk membantu para pemain agar lebih bersemangat dalam permainan sepakbola.

Sabtu, 17 Agu 2019 15:44Berita Sumut

Meriahkan HUT RI, PTPN IV Kebun Gunung Bayu Gelar Berbagai Perlombaan

Manajemen PTPN IV Unit Usaha Kebun Gunung Bayu Kecamatan Bosar Maligas, Simalungun bersama PKS menggelar berbagai jenis perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Sabtu,(17/08).

Sabtu, 17 Agu 2019 15:29Berita Sumut

Ini Pasar Terbersih dan Terjorok Versi PD Pasar Medan

Perayaan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar Perusahaan Daerah (PD) Pasar di halaman kantor PD Pasar Lantai 3 Pasar Petisah Medan berlangsung meriah, Sabtu (17/8). Selain melaksanakan upacara bendera, acara juga diisi dengan serangkaian

Sabtu, 17 Agu 2019 15:14Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Upacara Peringati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI

Pemko Medan menggelar upacara penaikan bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Benteng, Medan, Sabtu (17/8). Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bertindak sebagai inspektur upacara, sedang

Sabtu, 17 Agu 2019 14:56Berita Sumut

Irup HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Plt Bupati Asahan Apresiasi Regu Paskibra

Pemerintah Kabupaten Asahan memperingati HUT Kemerdekaan ke 74 RI di alun-alun kota Kisaran, Sabtu 17 Agustus 2019. Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Plt.Bupati Asahan H.Surya sementara pasukan pengibar bendera dipimpin Letda (Inf) S.Manalu yang

Sabtu, 17 Agu 2019 14:40Berita Sumut

Semarak HUT Kemerdekaan ke 74 RI di Kebun Mayang

Seluruh karyawan dan Karpim, PTPN IV Unit Usaha Kebun Mayang, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun memeriahkan HUT Kemerdekaan ke 74 RI dengan menggelar jalan santai, Sabtu (17/8). Selain itu, acara tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai perlo