• Home
  • Berita Sumut
  • Bupati Sergai Hadiri Pertunjukan Rakyat HUT ke 13 Rumah Datuk Pengembara

Bupati Sergai Hadiri Pertunjukan Rakyat HUT ke 13 Rumah Datuk Pengembara

qoqo Jumat, 06 Desember 2019 12:20 WIB
Mtc/ist
Bupati Sergai Ir H Soekirman menghadiri pertunjukan rakyat dalam rangka HUT ke 13 Rumah Datuk Pengembara di Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (5/12). Hadir dalam acara itu Dandim 0204/DS Letkol (Inf) Syamsul Arifin, anggota DPRD Maryanto dan S
MATATELINGA, Sergai: Bupati Sergai Ir H Soekirman menghadiri pertunjukan rakyat dalam rangka HUT ke 13 Rumah Datuk Pengembara di Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (5/12). Hadir dalam acara itu Dandim 0204/DS Letkol (Inf) Syamsul Arifin, anggota DPRD Maryanto dan Suriadi, Kadis Kominfo Drs H Akmal AP M.Si, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM, Kadis Pora Parbud Sudarno, S.Sos, Kabag Umum Setdakab M. Syafransyah Putra Nasution, S.STP, Camat Pantai Cermin Erfin Fachrurrazi, S.STP, Pendiri Yayasan Rumah Datuk Pengembara Iswanto Browo, Tokoh Seni Budaya, Tokoh Agama, Kepala Desa Kota Pari Abdul Khoir, serta ratusan masyarakat sekitar.




Pendiri Yayasan Rumah Datuk Pengembara, Iswanto Browo menyampaikan kehormatan dan rasa bangga atas kehadiran Bupati, Forkompimda serta masyarakat pada acara ini.
Kegiatan ini dalam rangka HUT ke-13 Rumah Datuk Pengembara yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Rangkaian kegiatan yang digelar selama 8 hari 8 malam mulai 5 s/d 12 Desember 2019 ini terdiri dari bakti sosial sunat massal, pembagian sembako kepada kaum dhuafa, serta hiburan rakyat atraksi kuda lumping, wayang kulit, barongsai, ludruk, reog ponorogo, lomba cerdas cermat lomba tarian kreasi, penampilan musik tradisional, pesta kembang api serta banyak lagi atraksi dalam rangka wujud syukur kepada Tuhan YME serta usaha melestarikan budaya daerah yang ada di Kabupaten Sergai ini.

Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan dalam kesempatan itu khusus kepada Forkompimda pada 13 November 2019 lalu diundang di Sentul oleh Presiden Jokowi yang berpesan untuk 5 tahun kedepan SDM Indonesia yang Unggul dan juga mengembangkan budaya bangsa.

Setelah pidato Presiden telah disebutkan telah dibangun jalan tol, bandara, stasiun kereta api,namun pertumbuhan ekonomi masih belum banyak sebab banyaknya peraturan yang berbelit-belit. Pada akhirnya dengan adanya peraturan yang berbelit-belit maka kita tidak dapat menang dan unggul dari negara lain.




"Jadi kita semua yang hadir disini agar membantu negara kita agar menjadi negara yang unggul dengan membantu menumbuhkan kebudayaan yaitu kebiasaan yang baik seperti berpantun. Jangan dikira berpantun itu kurang kerjaan, namun lebih dari itu, filosofi dari pantun tersebut sangat dalam dengan mengedepankan adat budaya sebagai jati diri bangsa Indonesia,"bebernya.

Kalau tidak ada Yayasan Datuk Pengembara ini, maka tarian-tarian serta budaya tradisional yang akan dan telah kita lihat tadi tidak akan dapat kita saksikan. Datuk Pengembara hingga kini telah 13 tahun melestarikan budaya, semua seni budaya dilestarikan dan ditumbuhkan dengan biayanya sendiri. Untuk itu saya rasa pantas Pemkab Sergai memberikan predikat Bapak Budaya kepada Bapak Iswanto Browo atas jasa-jasanya tersebut.



"Mari kita doakan Pendiri Yayasan Datuk Pengembara ini senantiasa sehat dan murah rezeki agar dapat selalu melestarikan budaya di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini. Sebab melalui pertunjukan kesenian seperti ini Pemkab Sergai merasa dibantu dalam usaha melestarikan seni dan budaya dengan tidak mengeluarkan anggaran apapun. Dengan pertunjukan seni ini diharapkan dapat menarik minat wisatawan berkunjung ke Sergai agar dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat khususnya para pedagang disekitar lokasi kegiatan,"tukasnya.

Kegiatan diisi dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda dibukanya kegiatan dirangkai dengan menanam pohon bersama serta penyerahan bingkisan kepada kaum dhuafa. (mtc/qoqo)

Editor: faeza

T#g:Berita Sumutbliblimatatelinga.commatatelinga comTerkiniTravelokaPemkab Sergaisergai
Komentar
Rabu, 29 Jan 2020 14:31Internasional

Wabah Korona, Korban Tewas Capai 132 Orang, 5.974 Kasus Terkonfirmasi

Korban meninggal dunia akibat wabah virus korona di China telah naik menjadi 132 kematian, sementara otoritas kesehatan mengonfirmasi lebih dari 5.900 kasus, bertambah 1.459 kasus dari hari sebelumnya.

Rabu, 29 Jan 2020 14:16Berita Sumut

Amir Yanto Terima Kunjungan Ombudsman RI Perwakilan Sumut

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menerima kunjungan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara di kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara sekaligus berkoordinasi dalam percepatan penyelesaian laporan masyarakat dan pencegahan terjadinya maladmin

Rabu, 29 Jan 2020 14:01Berita Sumut

Airnya Bercampur Kehitam-Hitaman, Pemko Diminta Gandeng PT KIM Mengatasinya

Hujan lebat yang terjadi di kota Medan, mengakibatkan banjir di sejumlah daerah di Sumatera Utara dan termasuk kota Medan

Rabu, 29 Jan 2020 13:52Berita Sumut

Dakwaan Kabur, Arlius Zebua Minta Hakim Hentikan Perkara Dugaan Penipuan Kliennya

Arlius Zebua SH, MH

Rabu, 29 Jan 2020 13:46Berita Sumut

Hadir Ditengah Masyarakat, Kapolsek Medan Timur Evakuasi Anak SD

Warga yang ada di Jalan Veteran Komplek PJKA Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Kecamatan Medan Timur terdampak banjir, saat hujan deras mengguyur kota Medan, Rabu (29/1/2020) dini hari.

Rabu, 29 Jan 2020 13:22Berita Sumut

Ketua DPRD Medan Hasyim SE, Menerima Kunjungan Kosul Singapura

Konsul Jenderal Singapura Richard Grosse melakukan silaturahmi dengan pimpinan DPRD Kota Medan

Rabu, 29 Jan 2020 13:07Berita Sumut

Gubernur Edy Perintahkan BPBD Sumut Bantu dan Dampingi Masyarakat Tapteng

Mendengar kabar banjir merendam tujuh desa/kelurahan di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu (29/1/2020) dini hari, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bergerak cepat dengan memerintahkan Kepala Badan Penanggulangan Bencan

Rabu, 29 Jan 2020 12:52Nasional

Panglima TNI : Rapim TNI Mantapkan Soliditas dan Profesionalitas TNI

Rapat Pimpinan (Rapim) TNI sebagai forum menguatkan jalinan komunikasi yang harmonis, guna menyamakan persepsi, memantapkan soliditas profesionalitas TNI dan penyampaian berbagai ide dan gagasan cerdas demi kemajuan TNI, sehingga di masa mendatang akan le

Rabu, 29 Jan 2020 12:37Berita Sumut

Kerap Mengedarkan Narkoba, Rasakan dinginnya Terali Besi

Polsek Teluk Nibung meringkus pengedar Narkoba tersangka berinisial HH ,32, di Jalan Subur, lingkungan 4, Kel. Kuala Silo Bestari, kota Tanjung Balai, dengan barang bukti 10 paket sabu-sabu seberat 0,39 gram

Rabu, 29 Jan 2020 12:22Berita Sumut

Puluhan Adademisi Diedukasi Masalah Kependudukan

Puluhan akademisi dari tiap Kabupaten/Kota di Sumatera Utara (Sumut) dilatih mengedukasi pelajar tentang kependudukan.

Rabu, 29 Jan 2020 12:07Berita Sumut

Ketua Pansus RTRW di Percayakan Pada Dedy Aksyari dan Hendra DS

Ketua Dedy Aksyari Nasution dan Hendra DS Wakil Ketua yang dpercaya sebagai Panitia Khusus (Pansus) Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) DPRD Kota Medan.

Rabu, 29 Jan 2020 11:21Berita Sumut

Banjir Bandang Tapteng, Enam Orang Meninggal Dunia

Terkait banjir bandang di Kecamatan Barus dan Kecamatan Andam Dewi yang terjadi pada Selasa kemarin, (28/1/2020) melanda Tapteng, jumlah korban meninggal dunia terus bertambah

Rabu, 29 Jan 2020 11:06Berita Sumut

Kapolres Tapteng turun langsung dan kerahkan personil bantu warga Korban Banjir

Kapolres Tapteng turun langsung dan kerahkan personil bantu warga Korban Banjir, Rabu (29/1/ 2020) pukul 01.30 wib di Tapanuli Tengah mengalami Banjir di beberapa Kecamatan karena hujan yg curah sejak hari Selasa.

Rabu, 29 Jan 2020 10:52Berita Sumut

MPC PP Kota Medan Jalin Silahturahim Bersama Kejari Medan

Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Medan bersilahturahim mengunjungi Kejaksaan Negeri Medan, Rabu (29/1/2020).

Rabu, 29 Jan 2020 10:08Berita Sumut

Rabu Bersinar Koramil Sibolangit

Anggota Koramil 03/Sibolangit, Kodim 0204/Deli Serdang, Rabu (29/1/2020) pagi melaksanakan program Rabu Bersinar. Dalam program tersebut, anggota TNI-AD ini memberikan penyuluhan tentang bahaya penyalah gunaan narkotika kepada sejumlah pelajar di Desa Ban

Rabu, 29 Jan 2020 09:45Berita Sumut

TP PKK Kabupaten Asahan Gelar Rakornis

Tim Penggerak PKK kabupaten Ashan baru pertama kali menggelar Rakornis sejak PKK abupaten Asahan dikendalikan oleh Hj.Titiek Sugiarty Surya, pelaksanaan Rapat Koordinasi Tehnis (Rakornis) di gelar diAula Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (28/1/202