• Home
  • Berita Sumut
  • Buron Satu Tahun, Calo CPNS Tapteng Berhasil Diamankan di Medan

Buron Satu Tahun, Calo CPNS Tapteng Berhasil Diamankan di Medan

Mtc/James Senin, 15 April 2019 17:15 WIB
MATA TELINGA/JAMES P PARDEDE
Kajari Sibolga Timbul Pasaribu didampingi Kasi Penkum Kejatisu Sumanggar Siagian menghadirkan terpidana Happy Rosnani Sinaga saat konprensi pers di Kejati Sumut, Senin (15/4)
MATATELINGA, Medan: Buron selama satu tahun, Heppy Rosnani Sinaga, terpidana kasus penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah (Tapteng) diringkus tim gabungan Kejari Sibolga dan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) yang dipimpin langsung Asintel Kejatisu Leo Simanjuntak berhasil diamankan Minggu (14/4) malam di kediaman keluarganya, Komplek Pondok Surya, Jalan Sejahtera, Kecamatan Medan Helvetia.


Kepala Kejaksaan Negeri Sibolga Timbul Pasaribu, SH, MH didampingi Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejatisu Sumanggar Siagian, SH, MH dalam konprensi pers dengan sejumlah wartawan di Kantor Kejati Sumut, Senin (15/4/2019) mengatakan, sebelum diringkus, pihaknya sudah mengamati gerak-gerik terpidana.

"Sejak Minggu siang kami pantau. Setelah kami yakin, langsung kami eksekusi. Hari ini langsung kami bawa ke Sibolga untuk selanjutnya ditahan di Rutan Sibolga," kata Timbul Pasaribu..

Perempuan berusia 36 tahun itu, didakwa secara bersama-sama dengan mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Raja Bonaran Situmeang, karena melakukan penipuan perekrutan CPNS di lingkungan Pemkab Tapteng pada Tahun 2013. Korban bernama Lumongga Hutapea diimingi-imingi terdakwa bisa lulus tes CPNS dengan menyetor uang sebesar Rp 160 juta.



Namun meski telah memberikan sejumlah uang, korban ternyata tidak lolos CPNS. Korban pun melapor dan Happy diadili.Pengadilan Negeri (PN) Sibolga yang kemudian menghukum calo CPNS ini dengan 10 bulan penjara.

Namun, Jaksa mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Medan. Kemudian pada September 2016, PT Medan menghukum Happy dengan hukuman 2 tahun penjara. Berstatus sebagai tahahan rumah sejak penyidikan, Happy kemudian mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Namun, pada 6 April 2018, kasasi itu ditolak oleh Mahkamah Agung.



"Mei 2018, saat kita hendak mengeksekusi, terpidana terus menghindar. Keberadaannya pun tidak diketahui lagi saat itu. Lantas pada Juli 2018, kita keluarkan DPO kepada yang bersangkutan. Selama dalam pelarian, terpidana diketahui tidak mempunyai aktivitas apapun. Dia hanya bersembunyi di rumah keluarganya," tandas Timbul Pasaribu..

Setelah urusan serah terima dan administrasi selesai, kata Kasipenkum Sumanggar Siagian terpidana langsung dibawa ke Sibolga. Keberadaan terpidana sangat penting dalam kasus penipuan CPNS di Tapteng yang melibatkan mantan Bupati Tapteng.

"Terpidana juga akan dihadirkan ke pengadilan untuk bersaksi terhadap terdakwa mantan Bupati (Raja Bonaran Situmeang) yang saat ini proses sidangnya tengah berlangsung," kata Sumanggar.
Editor: James P Pardede

T#g:Happy Rosnani SinagaKejari SibolgaKejati SumutMatatelingaSumanggar SiagianTerkini
Komentar
Kamis, 28 Mei 2020 22:45Nasional

Ini Alasan Kemendikbud Tak Memundurkan Jadwal Tahun Ajaran Baru

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tak memundurkan jadwal tahun ajaran baru 2020/2021. Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Hamid Muhammad, menyebut pemundura

Kamis, 28 Mei 2020 22:15Nasional

365 TKI Tiba Di Tanah Air, Terkonfirmasi Positif COVID-19

Menjelang bakal diterapkannya protokol tatanan “New Normal” dalam masa pandemi wabah corona ini, nasib para pekerja migran juga tak luput dari sorotan. Kalangan yang biasa disebut dengan Tenaga Kerja Indonesia atau TKI itu menjadi aspek yang c

Kamis, 28 Mei 2020 22:01Berita Sumut

Bupati Labuhanbatu Serahkan BLT DD Untuk 172 KK Di Desa Sei Kasih

Di Desa Sei Kasih Kecamatan Bilah Hilir, Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT serahkan BLT Dana Desa secara simbolis kepada 172 Kepala Keluarga, dari 939 KK yang tinggal di Desa

Kamis, 28 Mei 2020 21:46Berita Sumut

Polisi Labuhanbatu Kembangkan Ternak Lalat Dengan Hasil 20juta/Bulan

Apresiasi diberikan kapolres labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK. MH kepada salah seorang personilnya Aiptu H. Solihin yang berhasil menambah penghasilan disaat wabah virus corona (covid-19), dengan cara beternak lalat BSF

Kamis, 28 Mei 2020 21:31Berita Sumut

Penarik Betor Jiwa Melayang di Tangan Teman Sendiri

Seorang penarik becak motor (Betor), Ramadhani (35) warga Jalan Karya Jaya Gang Eka Lembah Kecamatan Medan Johor tewas ditikam oleh temannya sendiri di Jalan Eka Karya Gang Eka Kencana

Kamis, 28 Mei 2020 21:16Berita Sumut

Masa Belajar di Rumah Diperpanjang Hingga 14 Juni 2020

Harusnya, Jumat (29/5/2020) siswa sudah bisa mengikuti proses belajar mengajar kembali di sekolah. Namun, berdasarkan surat Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan Nomor : 420/.SMP/2019, masa belajar di rumah diperpanjan

Kamis, 28 Mei 2020 21:01Ekonomi

Penyaluran Elpiji Naik, Konsumsi BBM Turun

Satuan tugas Ramadhan, Idul Fitri dan Covid-19 (Rafico) Pertamina mendata penyaluran elpiji 3 kg subsidi selama H-3 sampai H+3 lebaran 2020 menunjukkan konsistensi tren meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya. Penyaluran di periode tersebut pada tahun in

Kamis, 28 Mei 2020 20:57Nasional

Kasal Berikan Exit Briefing kepada Prajurit Kogabwilhan I

Mengakhiri jabatannya sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. memberikan Exit Briefing kepada prajurit Kogabwilhan I, bertempat di kantor perwaki

Kamis, 28 Mei 2020 19:52Berita Sumut

Pemprov Sumut Segera Bebaskan Lahan Benteng Putri Hijau

Komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) untuk menyelematkan situs bersejarah di daerah ini akan segera direalisasikan dengan melakukan pengadaan (pembebasan) lahan Benteng Putri Hijau.

Kamis, 28 Mei 2020 18:48Nasional

Panglima TNI Terima Audiensi Dirut PT KAI

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi menerima audiensi Ditektur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur

Kamis, 28 Mei 2020 17:45Berita Sumut

Tak Ada Kata Berhenti, Polres Sergai Tetap Himbau Masyarakat Cegah Corona

Banyak hal dilakukan oleh jajaran Kepolisian Polres Serdang Bedagai dalam melakukan himbauan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai.

Kamis, 28 Mei 2020 17:15Berita Sumut

Ini Tanggapan GTPP Covid-19 Sumut Terkait Hilangnya Sampel Swab Anak PDP

Menanggapi hilangnya sampel swab anak PDP, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut menganggap wajar hilangnya spesimen swab test anak 12 tahun yang menjadi PDP di RS Pirngadi tersebut.

Kamis, 28 Mei 2020 17:00Berita Sumut

Kapolsek Medan Baru Bagikan Face Mask Kepada Personil

Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah H.Tobing SIK MH, membagikan face mask kepada personil Polsek Medan Baru yang melaksanakan tugas di lapangan, Kamis, 28 Mei 2020.

Kamis, 28 Mei 2020 16:45Berita Sumut

Saling Tikam, Pengendara dan Pengidap Gangguan Jiwa di Sunggal Tewas

Seorang pengendara sepeda motor terlibat aksi saling tikam dengan seorang pengidap gangguan jiwa di Sunggal, Deli Serdang, Sumut, Kamis (28/5) siang. Akibat pertarungan itu pengendara motor dan pengidap gangguan jiwa tersebut meninggal dunia.

Kamis, 28 Mei 2020 16:30Berita Sumut

Polda Sumut Perpanjang Masa Operasi Ketupat Toba 2020

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara memperpanjang masa Operasi Ketupat Toba 2020 hingga 7 Juni mendatang.

Kamis, 28 Mei 2020 16:15Berita Sumut

Kepala Ombudsman RI : Kerja Tenaga Kesehatan Ceroboh, Sampel Anak PDP Untuk Tes Swab Hilang

Kepala Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut), Abyadi Siregar merasa kaget luar biasa, begitu mendapat penjelasan tentang hilangnya sampel atau specimen untuk swab test seorang anak PDP yang dirawat di RS Pirngadi Medan. Hal ini menjadi peny