• Home
  • Berita Sumut
  • Chairuman Harahap : Presiden Jokowi Juga Harus Diberi Marga Siregar

Chairuman Harahap : Presiden Jokowi Juga Harus Diberi Marga Siregar

Faeza Rabu, 22 November 2017 08:15 WIB
mtc/ist
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi yang bergelar Patuan Raja Parlindungan Siregar memberi nasehat kepada putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang yang diberi marga Siregar.
MATATELINGA, Medan: Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi yang bergelar Patuan Raja Parlindungan Siregar memberi nasehat kepada putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang yang diberi marga Siregar.

Penabalan marga dilakukan melalui sidang adat di kediaman paman Muhammad Bobby Afif Nasution, Doli Sinomba Siregar di Jalan STM Ujung Medan, Selasa (21/11/2017) kemarin.

"Seluruh raja-raja yang hadir di sidang adat, khususnya keluarga besar Bapak Almarhum Erwin Nasution, dalam kesempatan ini kami juga merasa senang dan bangga atas kehadiran raja-raja yang hadir dari berbagai daerah, termasuk mora, kahanggi dan anak boru," ujar Erry yang diminta menyampaikan sambutan dalam sidang adat tersebut sebagai tokoh bergelar Patuan Raja Parlindungan Siregar.

Sebelum Kahiyang Ayu dinobatkan sebagai Boru Siregar oleh raja adat dari marga tersebut, Tengku Erry pun menyampaikan bahwa dirinya sebagai putra Sumatera Utara yang dianggap bagian dari keluarga besar Siregar, turut menyaksikan dan mendukung agar Raja Panusunan Bulung Siregar dapat merestui Putri Presiden RI Joko Widodo itu memakai marga Siregar.

"Tentunya kami dari Raja Sipirok turut menyaksikan dan mendukung agar Raja Panusunan Bulung dapat merestui dengan setulus hati. Kami juga berharap setelah penabalan marga Siregar ini, putri kami Kahiyang Ayu dapat menjiwai sebagai Boru Regar (Siregar) dan mudah-mudahan juga akan mencintai Sumatera Utara dan kita semuanya," ujar Tengku Erry.

Erry pun mendoakan agar pasangan Bobby-Kahiyang menjadi keluarga yang rukun. ''Semoga kerukunan senantiasa terbina antara pasangan pengantin dengan seluruh keluarga, saudara, sahabat dan masyarakat. Tentunya menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah sebagai pasangan yang diridhoi Allah SWT. Apalagi saat ini, Kahiyang menjadi bagian dari keluarga besar warga Sumatera Utara, sehingga merupakan satu hal yang membanggakan,'' ucap Erry.

Selain Erry, sejumlah raja-raja yang mewakili berbagai marga seperti Hasibuan, Harahap, Dalimunthe, Nasution, Rangkuti, Siregar dan lainnya juga menyampaikan hal senada. Pada intinya, mereka tidak keberatan dan mendukung pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu di kediaman Doli Sinomba Siregar yang merupakan paman atau tulang dalam panggilan adat Mandailing, yakni kakak kandung Ibu dari Muhammad Bobby Afif Nasution.

"Kami sampaikan kepada Raja Panusunan Bulung, agar Bapak Joko Widodo juga diberikan Marga Siregar karena wajar dan otomatis ayahanda Kahiyang diberikan Siregar walaupun saat ini beliau tidak hadir. Karena itu biasa kita lakukan, sepanjang adat. Saya atas nama marga Harahap mengusulkan agar Kahiyang dan Bapak Joko Widodo diberikan marga Siregar," ucap Chairuman Harahap mewakili marganya.

Kahiyang Ayu Siregar alam kesempatan itu tak lupa bersyukur dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada keluarga besar Siregar dan raja-raja adat. "Semoga saya bisa mengamalkan apa yang disampaikan para raja-raja. Semoga kami bisa jadi keluarga sakinah, mawaddah dan warrahmah dan semoga saya dapat amalkan marga ini," ujarnya.

Turut hadir Menko Perekonomian Darmin Nasution ikut hadir saat sidang adat pemeberian marga kepada Kahiyang Ayu. Dirinya pun duduk mendampingi Bobby sebagai perwakilan keluarga bersama Erwan Nasution, yang merupakan adik kandung almarhum ayahanda Bobby Nasution.

"Jadi karena ibunya Bobby itu boru Siregar, jadi keluarga Nasution datang ke rumah Siregar minta supaya diberi marga Siregar kepada Kahiyang. Mudah-mudahan membawa berkah dan membawa kehormatan. Tugas Bobby, ajarilah adat kepada istrimu," sebut Darmin.

Usai dinobatkan bermarga Siregar, Kahiyang Ayu pun diarak menuju halaman rumah untuk dilakukan prosesi adat upah-upah dengan tari tor-tor persembahan oleh raja-raja adat Mandailing termasuk Raja Panusunan Bulung Siregar. Selanjutnya kedua pasangan suami istri itu, diantar menuju kendaraan untuk dilepas menuju kediaman marga Nasution disaksikan ratusan undangan dan warga sekitar yang antusias hadir sejak pagi hingga siang hari.(mtc)

Editor: Faeza

T#g:kahiyangmarga siregarPresiden JokowiTabal marga
Komentar
Sabtu, 20 Apr 2019 12:49Berita Sumut

Gugur Usai PAM TPS, Aiptu Jonter Dapat Kenaikan Pangkat

Polri memberikan kenaikan pangkat luar biasa kepada Aiptu Jonter Siringoringo, anggota Satreskrim Polres Dairi yang gugur usai mengawal pemungutan suara di TPS. Upacara kenaikan pangkat rencananya akan digelar hari ini, Sabtu (20/4/2019 ) di Mapolres Da

Sabtu, 20 Apr 2019 12:26Berita Sumut

Dua Kecamatan di Medan Pinjam Gedung Simpan Kotak Surat Suara

Dua dari 21 kecamatan yang ada di Medan terpaksa meminjam gedung untuk menyimpang kotak surat suara Pemilu 2019. Langkah ini dilakukan karena aula kecamatan tidak mampu menampung kotak suara.

Sabtu, 20 Apr 2019 12:11Berita Sumut

Kodam I/BB Berlakukan Status Siaga 1 Seluruh Jajaran

Kodam I/Bukit Barisan memberlakukan status Siaga 1 kepada seluruh jajarannya yang meliputi empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kepri).

Sabtu, 20 Apr 2019 11:48Berita Sumut

Soal Banjir Rob, Warga Belawan Tagih Janji Walikota

Dulu saat berkampanye di Medan Utara khususnya di Kota Belawan H Zulmi Eldin Msi berjanji akan memasang Turap di sepanjang pantai agar air pasang ROB tidak merendam perumahan warga.

Sabtu, 20 Apr 2019 10:27Berita Sumut

Polri Berduka, Personil Satreskrim Polres Dairi Gugur Usai Kelelahan Jaga TPS

Jajaran Polri berduka kehilangan salah seorang personilnya yang bertugas mengawal TPS di Kabupaten Dairi. Aiptu Jonter Siringoringo (51) diketahui gugur setelah menjalankan tugas mengawal tempat pemungutan suara (TPS) di Tiga Baru, Kecamatan Pegagan Hil

Sabtu, 20 Apr 2019 10:00Lifestyle

Tak Semua Berhati Mulia, Berikut 6 Wanita Tangguh yang Diabadikan Namanya dalam Al Qur'an

Sejak zaman nabi, perempuan punya peranan besar dalam kehidupan. Mereka dijadikan panutan bagi banyak orang karena pengalaman hidupnya menyentuh.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:45Lifestyle

3 Selebriti Ini Ungkap Pacaran Settingan Vicky Prasetyo

Nama Vicky Prasetyo dalam dunia hiburan selebriti memang dikenal sosok yang kontroversial, apalagi bicara soal kisah asmara dengan deretan publik figur.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:32Berita Sumut

Pasutri Embat Tas Milik Istri Supir PT.BSP DiKepung Massa

Warga komplek PT.Bakrie Sumatera Plantitions (BSP) mendadak ramai dan berhamburan keluar rumah setelah mendengar teriakan "Maling ...maling...jambret..",Jum'at (19/4/2019).

Sabtu, 20 Apr 2019 09:30Ekonomi

Tertekan Poundsterling, Indeks Dolar AS Melemah

Indeks dolar AS menurun pada akhir perdagangan 19 April 2019. Dolar melemah di tengah pound Inggris yang lebih kuat

Sabtu, 20 Apr 2019 09:15Ekonomi

Harga Pangan Naik Bawang Putih Rp50.000/Kg Jelang Bulan Puasa

Menjelang bulan suci Ramadan, sejumlah harga bahan pokok mulai merangkak naik di pasar-pasar tradisional. Di antaranya harga bawang putih yang harganya sudah naik.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:00Nasional

TKN Tolak Rekonsiliasi dengan Prabowo

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin menolak rekonsiliasi atau pemulihan hubungan dengan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Sabtu, 20 Apr 2019 08:45Lifestyle

Dikabarkan Menikah, Jessica Iskandar Ungkap Kebenarannya

Jessica Iskandar akhirnya mengungkap rencana pernikahan dengan Richard Kyle. Dalam acara yang dia pandu bersama Nia Ramadhani

Sabtu, 20 Apr 2019 08:30Lifestyle

Billy Syahputra Gandeng Wanita Baru, Nikita Mirzani Beberkan Rahasianya

Nikita Mirzani memberikan bocoran soal kedekatan Billy Syahputra dengan seorang perempuan lain

Sabtu, 20 Apr 2019 08:15Bola

Jelang Kontra Liverpool, Cardiff Siap Persulit Langkah Liverpool

Manajer Cardiff City, Neil Warnock, mengakui bahwa laga melawan Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris musim 2018-2019

Sabtu, 20 Apr 2019 08:00Nasional

Jokowi-Ma'ruf 54,91% dan Prabowo-Sandi 45,09% di Real Count KPU 4,6%

Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan penghitungan suara pemilihan presiden dan wakil presiden 2019. Hingga Pukul 07.30 WIB

Sabtu, 20 Apr 2019 07:45Bola

Begini Respons Koulibaly, Usai Rumor ke Gabungannya ke Manchester United Kian Genjar

Bek andalan Napoli, Kalidou Koulibaly, memberikan tanggapan mengenai rumor yang mengatakan