• Home
  • Berita Sumut
  • Chairuman Harahap : Presiden Jokowi Juga Harus Diberi Marga Siregar

Chairuman Harahap : Presiden Jokowi Juga Harus Diberi Marga Siregar

Faeza Rabu, 22 November 2017 08:15 WIB
mtc/ist
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi yang bergelar Patuan Raja Parlindungan Siregar memberi nasehat kepada putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang yang diberi marga Siregar.
MATATELINGA, Medan: Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi yang bergelar Patuan Raja Parlindungan Siregar memberi nasehat kepada putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang yang diberi marga Siregar.

Penabalan marga dilakukan melalui sidang adat di kediaman paman Muhammad Bobby Afif Nasution, Doli Sinomba Siregar di Jalan STM Ujung Medan, Selasa (21/11/2017) kemarin.

"Seluruh raja-raja yang hadir di sidang adat, khususnya keluarga besar Bapak Almarhum Erwin Nasution, dalam kesempatan ini kami juga merasa senang dan bangga atas kehadiran raja-raja yang hadir dari berbagai daerah, termasuk mora, kahanggi dan anak boru," ujar Erry yang diminta menyampaikan sambutan dalam sidang adat tersebut sebagai tokoh bergelar Patuan Raja Parlindungan Siregar.

Sebelum Kahiyang Ayu dinobatkan sebagai Boru Siregar oleh raja adat dari marga tersebut, Tengku Erry pun menyampaikan bahwa dirinya sebagai putra Sumatera Utara yang dianggap bagian dari keluarga besar Siregar, turut menyaksikan dan mendukung agar Raja Panusunan Bulung Siregar dapat merestui Putri Presiden RI Joko Widodo itu memakai marga Siregar.

"Tentunya kami dari Raja Sipirok turut menyaksikan dan mendukung agar Raja Panusunan Bulung dapat merestui dengan setulus hati. Kami juga berharap setelah penabalan marga Siregar ini, putri kami Kahiyang Ayu dapat menjiwai sebagai Boru Regar (Siregar) dan mudah-mudahan juga akan mencintai Sumatera Utara dan kita semuanya," ujar Tengku Erry.

Erry pun mendoakan agar pasangan Bobby-Kahiyang menjadi keluarga yang rukun. ''Semoga kerukunan senantiasa terbina antara pasangan pengantin dengan seluruh keluarga, saudara, sahabat dan masyarakat. Tentunya menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah sebagai pasangan yang diridhoi Allah SWT. Apalagi saat ini, Kahiyang menjadi bagian dari keluarga besar warga Sumatera Utara, sehingga merupakan satu hal yang membanggakan,'' ucap Erry.

Selain Erry, sejumlah raja-raja yang mewakili berbagai marga seperti Hasibuan, Harahap, Dalimunthe, Nasution, Rangkuti, Siregar dan lainnya juga menyampaikan hal senada. Pada intinya, mereka tidak keberatan dan mendukung pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu di kediaman Doli Sinomba Siregar yang merupakan paman atau tulang dalam panggilan adat Mandailing, yakni kakak kandung Ibu dari Muhammad Bobby Afif Nasution.

"Kami sampaikan kepada Raja Panusunan Bulung, agar Bapak Joko Widodo juga diberikan Marga Siregar karena wajar dan otomatis ayahanda Kahiyang diberikan Siregar walaupun saat ini beliau tidak hadir. Karena itu biasa kita lakukan, sepanjang adat. Saya atas nama marga Harahap mengusulkan agar Kahiyang dan Bapak Joko Widodo diberikan marga Siregar," ucap Chairuman Harahap mewakili marganya.

Kahiyang Ayu Siregar alam kesempatan itu tak lupa bersyukur dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada keluarga besar Siregar dan raja-raja adat. "Semoga saya bisa mengamalkan apa yang disampaikan para raja-raja. Semoga kami bisa jadi keluarga sakinah, mawaddah dan warrahmah dan semoga saya dapat amalkan marga ini," ujarnya.

Turut hadir Menko Perekonomian Darmin Nasution ikut hadir saat sidang adat pemeberian marga kepada Kahiyang Ayu. Dirinya pun duduk mendampingi Bobby sebagai perwakilan keluarga bersama Erwan Nasution, yang merupakan adik kandung almarhum ayahanda Bobby Nasution.

"Jadi karena ibunya Bobby itu boru Siregar, jadi keluarga Nasution datang ke rumah Siregar minta supaya diberi marga Siregar kepada Kahiyang. Mudah-mudahan membawa berkah dan membawa kehormatan. Tugas Bobby, ajarilah adat kepada istrimu," sebut Darmin.

Usai dinobatkan bermarga Siregar, Kahiyang Ayu pun diarak menuju halaman rumah untuk dilakukan prosesi adat upah-upah dengan tari tor-tor persembahan oleh raja-raja adat Mandailing termasuk Raja Panusunan Bulung Siregar. Selanjutnya kedua pasangan suami istri itu, diantar menuju kendaraan untuk dilepas menuju kediaman marga Nasution disaksikan ratusan undangan dan warga sekitar yang antusias hadir sejak pagi hingga siang hari.(mtc)

Editor: Faeza

T#g:kahiyangmarga siregarPresiden JokowiTabal marga
Komentar
Rabu, 14 Nov 2018 18:53Berita Sumut

Akhyar & 2 Wakil Ketua DPRD Medan Tinjau Terminal Amplas

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama dua Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli dan Ikhwan Ritonga serta salah seorang anggota DPRD Medan T Aswin ST meninjau Terminal Terpadu Amplas (TTA), Rabu (14/11) petang. Peninjauan dilakukan untuk mel

Rabu, 14 Nov 2018 18:43Lifestyle

Pria dan Wanita Memiliki Beberapa Persamaan

Meskipun ada banyak perbedaan biologis antara pria dan wanita, pada dasarnya pria memiliki beberapa persamaan dengan wanita. Setiap ciptaan tuhan khususnya Manusia yang ada di dunia ini pasti memiliki persamaan, walaupun tidak secara keseluruhan.

Rabu, 14 Nov 2018 18:38Bola

Luka Modric Merasa Optimis Klubnya Menjuarai Liga Champions 2018-2019

Dalam persaingan memburu gelar juara Liga Champions musim 2018-2019, gelandang Real Madrid, Luka Modric memberikan komentar terkait peluang klubnya. Modric optimis Madrid bakal kembali menjadi juara Liga Champions di musim ini.

Rabu, 14 Nov 2018 18:22Berita Sumut

Bupati Soekirman Sampaikan Komitmen Junjung Tinggi dan Peduli HAM

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didaulat sebagai Keynote Speaker pada acara Festival Hak Asasi Manusia (HAM) Indonesia Tahun 2018 bertempat di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Rabu (14/11). Festival tersebut mengangkat tema “ Merawat Keberag

Rabu, 14 Nov 2018 18:00Berita Sumut

APBD 2019 Pemkab Sergai Diproyeksikan Rp 1.5 Trilyun

APBD Pemkab Serdangbedagai pada tahun 2019 diproyeksi sebesar Rp 1.570.104.307.000. Jumlah itu didominasi anggaran Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 56,50%.

Rabu, 14 Nov 2018 17:30Berita Sumut

Personel Satpol PP Terluka Dilempar Batu Saat Bongkar Bangunan Kios di Jalan Gedung Arca

Tim gabungan Pemko Medan membongkar 8 unit bangunan kios di halaman Perguruan Al Ittihadiyah Jalan Gedung Arca, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Rabu (14/11). Meski berhasil meratakan seluruh bangunan kios dengan tanah namun pembongkaran se

Rabu, 14 Nov 2018 17:15Berita Sumut

Penambahan Anggaran e KTP Rp 3 M di Disdukcapil Dinilai Penting

Anggota DPRD Medan Anton Panggabean yang tergabung di panitia khusus (Pansus) R APBD Pemko Medan TA 2019 mendukung penambahan anggaran Rp 3 Miliar untuk pengadaan tinta dan film e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan. Penam

Rabu, 14 Nov 2018 17:00Berita Sumut

Warga Dua Desa di Kecamatan Lau Baleng Minta Dishut Sumut Tinjau Ulang Penerbitan SK HKM

Puluhan warga Desa Desa Laugarut dan Desa Pintu Angin, mendatangi kantor Dinas Kehutanan Sumut di Jln SM Raja, Medan, Rabu (14/11) siang. Mereka meminta klarifikasi soal terbitnya SK hutan kemasyarakatan (HKM) di dua desa tersebut.

Rabu, 14 Nov 2018 16:30Berita Sumut

Wanita Pengutil di Medan Mall Ditangkap

Polsek Medan Kota mengamankan seorang wanita karena kedapatan mencuri pakaian di pusat perbelanjaan Medan Mall Jalan MT Haryono Medan

Rabu, 14 Nov 2018 16:15Berita Sumut

Catat!!!, Belum Punya KTP? Tanggal 3-6 Desember Ada Pembuatan KTP Cepat di Sumut

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan pemerintah kabupaten/kota se Sumatera Utara akan menggelar kegiatan pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan sistem cepat pada awal Desember 2018 mendatang.

Rabu, 14 Nov 2018 16:00Berita Sumut

Jabatan Kepala Bakamla RI Resmi Diserahterimakan

Tiga hari setelah pelantikan Laksdya TNI Taufiqoerrochman, S.E. sebagai Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Ka Bakamla RI) yang baru oleh Menkopolhukam Wiranto, kini dilaksanakan memorandum serah terima jabatan dari Kepala Bakamla lama kepad

Rabu, 14 Nov 2018 15:45Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Juara I Lomba Menembak HUT ke 73 Brimob

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto,SH,SIK,MSi menghadiri Hut Korps Brimob Polri ke 73 di lapangan Apel Brimobda Sumut jalan K.H Wahid Hasim No 3i Kelurahan merdeka kecamatan medan Baru,Rabu 14 November 2018

Rabu, 14 Nov 2018 15:30Berita Sumut

Pemkab Asahan Gelar Bursa Inovatif Desa 2018

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang,MAP melalui Sekdakab.Asahan Tauzik ZA Siregar S.Sos.MAP, secara resmi membuka Bursa Inovasi Desa. Kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan program pembangunan yang ada di Kabupaten Asahan khususnya yang berad

Rabu, 14 Nov 2018 15:15Berita Sumut

Pangdam I/BB Tutup Pelaksanaan TMMD ke 103 di Sumbar

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah secara resmi menutup pelaksanaan TMMD ke 103 Kodim 1307/TD pada hari Selasa, (13/11-2018) di lokasi TMMD Desa Saruaso, Kec. Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

Rabu, 14 Nov 2018 14:59Berita Sumut

Ini Harapan Kapoldasu untuk Korps Brimob di HUT ke 73

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto menyampaikan sejumlah harapan dalam HUT ke-73 Brimob yang jatuh pada 14 November 2018.

Rabu, 14 Nov 2018 14:30Berita Sumut

Di Jakarta, Walikota Binjai Berbagi Pengetahuan tentang Kota Cerdas

Walikota Binjai HM Idaham SH Msi menjadi narasumber pada Forum Berbagi Pengetahuan (knowledge sharing) Transformasi Pemerintahan Berbasis Digital dan Kota Cerdas, berlangsung Ruang Rapat Soegijanto Soegijoko 1-2, Bappenas, Jakarta Pusat, Selasa (13/11