• Home
  • Berita Sumut
  • DPRD Setujui Ranperda Pencegahan & Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan dan Pemukiman Kumuh Jadi Perda

DPRD Setujui Ranperda Pencegahan & Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan dan Pemukiman Kumuh Jadi Perda

Amr/rel Senin, 21 Januari 2019 17:48 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:   DPRD Kota Medan akhirnya menyetujui Ranperda Kota Medan Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh ditetapkan menjadi Perda dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan Jalan kapten Maulana Lubis, Senin (21/1/2019). Sebelum penandatanganan persetujuan dilakukan, Rapat Paripurna diawali dengan penyampaian laporan Panitia Khusus (Pansus) serta pendapat seluruh fraksi di DPRD Medan.



Persetujuan ditandai dengan penandatangan/pengambilan keputusan bersama antara Pimpinan DPRD Medan dengan Kepala Daerah Kota Medan. Penandatanganan dilakukan oleh Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung dan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH.

Perubahan Ranperda tentang pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh menjadi Perda Kota Medan merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011. Dalam pasal 94 ayat 3 dijelaskan bahwa pemerintah daerah diwajibkan untuk melaksanakan pencegahan dan peningkatan kualita sterhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh.

Oleh karenanya tegas Wali Kota, keberadaan Perda ini sangat dibutuhkan guna menjamin hak setiap warga Kota Medan untuk mendapatkan tempat tinggal dan lingkungan hidup yang sehat. Ditambah lagi dengan meningkatnya jumlah penduduk serta semakin padat dan kumuhnya perumahan dan kawasan permukiman, jelasnya, sangat berpotensi menjadikan kawasan permukiman yang berfungsi sebagai lingkungan hunian dirasa menjadi semakin tidak layak huni.



"Kondisi perumahan dan kawasan permukiman yang tidak layak huni tersebut dianggap dapat menurunkan kualitas hidup, menghambat perkembangan dan pertumbuhan masyarakat. Guna mengantisipasi hal tersebut, maka perlu dibuat kebijakan dan peraturan untuk menjamin hak masyarakat untuk hidup secara layak," kata Wali Kota.

Apalagi bilang Wali Kota, memasuki era otonomi daerah, kegiatan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman di daerah terus meningkat baik kuantitas, kualitas maupun kompleksitasnya.

Wali Kota selanjutnya mengungkapkan, substansi mendasar dilakukannya perubahan Ranperda ini meliputi pengawasan dan pengendalian serta pemberdayaan masyarakat, perencanaan, pelaksanaan peningkatan kualitas, serta pengelolaan yang harus dirumuskan dalam suatu lingkup pengaturan.



Dengan disetehuinya perubahan itu, Wali Kota pun menyampaikan ucapan rasa terima kasihnya kepada Pansus DPRD Medan dan seluruh perangkat daerah terkait karena telah mencurahkan perhatian yang besar untuk membahas serta memberi saran dan masukan guna terwujudnya perubahan Ranperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh menjadi Perda Kota Medan.

"Dengan diberlakukannya Perda itu nantinya, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan tempat tinggal warga Kota Medan secara menyeluruh,"  pungkas Wali Kota dalam rapat paripurna yang juga dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Wirya Alrahman, perwakilan OPD di lingkungan Pemko Medan serta anggota DPRD Medan.



Sebelum pengesahan dilakukan, rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung diawali dengan laporan hasil pembahasan panitia khusus DRPRD Medan. Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan pendapat setiap fraksi-fraksi DPRD Medan atas Ranperda Kota Medan Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh. Dari total sembilan fraksi yang ada, semuanya menyetujui perubahan tersebut.

Seperti yang disampaikan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melalui Zulkifli Lubis, perubahan tersebut dinilai sangat penting. Melalui Perda ini seluruh komponen Pemko Medan dapat bersatu dan bekerjasama secara amanah guna mengentaskan rumah kumuh dan permukiman kumuh di Kota Medan.



Dikatakannya, hal itu  sesuai dengan visi dan misi Pemko Medan ingin menjadikan Medan kota multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan Religius. Atas dasar itulah kata Zulkifli, Fraksi PPP menerima dan menyetujui Ranperda ini untuk ditetapkan menjadi Perda.

"Dengan hadirnya Perda ini nantinya akan menjadi pemicu dan alat dorong yang kuat bagi Pemko Medan dalam rangka mewujudkan Medan Rumah Kita yang benar-benar menjadi rumah bagi semua sehingga seluruh penghuninya akan merasa aman, nyaman dan bahagia tinggal di kota ini,'' ujar Zulkifli.
Editor: Amrizal

T#g:blibliDPRD MedanMatatelingaParipurnaTerkiniTraveloka
Komentar
Sabtu, 30 Mei 2020 21:29Berita Sumut

Pemprov Sumut Siapkan Wisma Atlet Untuk Tenaga Medis Covid-19

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meninjau kesiapan Wisma Atlet Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut di Jalan Willem Iskandar, Deliserdang yang akan digunakan untuk penginapan tenaga medis yang menangani Corona Virus Disease (Cov

Sabtu, 30 Mei 2020 21:14Nasional

Soal Logo Covid -19, RSO Ikut Mengecam

Presiden National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari mengecam adanya logo Olimpiade digabungkan dengan gambar virus Corona atau Covid pada sampul sebuah majalah.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:49Nasional

Inovasi Teknologi Cegah COVID-19, TNI AD Gunakan Helmet Thermal KC Wearable

Pertegas komitmennya dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, TNI AD akan menggunakan helm berteknologi terbaru helmet thermal KC wearable.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:25Ekonomi

Pergerakan NIlai Tukar Rupiah berhasil di Tutup, Menguat Akhir Depan

Dipengaruhi oleh perkembangan hubungan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:10Ekonomi

Hari ini Harga Emas Naik Rp 1.000 Menjadi Rp 914.000 per gram

Biasanya harga per gram emas Antam akan berbeda tergantung berat batangnya. Logam Mulia Antam menjual emas dan perak batangan dalam beberapa ukuran berat (misalnya 1 gram, 2 gram, dan 500 gram).

Sabtu, 30 Mei 2020 19:52Lifestyle

Bila Anda ke Jepang, Jangan Ketinggalan Mencicipi Makan Jepang

Di Jepang tidak cuma Kota Osaka yang terkenal dengan kuliner dan jajanannya.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:37Berita Sumut

Horeee,,, Pelayanan SIM, STNK, dan BPKB Dibuka Kembali

Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) kembali dibuka.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:22Internasional

Pemulangan 4.800 TKI Indonesia, Pakai Dana Malaysia Apa Dana Indonesia..?

Sebanyak 4.800 Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) yang berada di Depo Tahanan Imigrasi (DTI) Malaysia akan dipulangkan secara bertahap.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:07Berita Sumut

Akhyar Kunjungi Anak Kurang Gizi, Pastikan Pelayanan Kesehatan Berjalan Baik

Mendengar kabar bahwa salah satu warganya mengalami kekurangan gizi, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi langsung mendatangi warga tersebut

Sabtu, 30 Mei 2020 18:22Berita Sumut

Akhyar Tekankan Jangan Ada Bantuan yang Tumpang Tindih

Bantuan Sosial (bansos) tahap II terus digulirkan kepada masyarakat Kota Medan yang membutuhkan terutama yang terdampak Covid-19.

Sabtu, 30 Mei 2020 18:07Berita Sumut

Akhyar Ingatkan Seluruh Kantor Pelayanan Pemerintahan Terapkan Protokol Kesehatan

Penyaluran bantuan sosial (bansos) tahap kedua Pemko Medan kepada masyarakat berupa 20kg beras dan 2kg gula pasir terus dipantau langsung Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi

Sabtu, 30 Mei 2020 17:52Berita Sumut

Akhyar Minta Warga Dilayani Dengan Baik

Proses penyaluran bantuan tahap kedua dari Pemko Medan kepada warga yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Lingkungan VI dan XII, Kelurahan Pasar Merah, Kecamatan Medan Area berlangsung tertib dan lancar

Sabtu, 30 Mei 2020 17:37Internasional

Tindakan Polisi Amerika Serikat (AS) Terhadap Pers Kembali Disorot

Sebuah rekaman yang memperlihatkan seorang reporter dan kru kamera stasiun televisi lokal ditembak peluru merica dari jarak dekat oleh polisi saat melaporkan demonstrasi yang memprotes kematian George Floyd di Kentucky

Sabtu, 30 Mei 2020 17:12Nasional

Ingin Tahu Jumlah Pasien Sembuh Memecahkan Rekor Selama Virus Corona

Jumlah pasien sembuh itu memecahkan rekor selama pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia.

Sabtu, 30 Mei 2020 16:22Berita Sumut

Soal Dugaan Penyelewengan Dana Bansos Corona, Polisi Sudah Periksa Pejabat di 5 Kabupaten/Kota di Sumut

Direktur Ditkrimsus Polda Sumut Kombes Pol Rony Santama mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat pemerintahan di 5 kabupaten/kota yang diduga melakukan penyelewengan dana bantuan sosial (bansos) Covid-19. Namun, dirinya be

Sabtu, 30 Mei 2020 16:00Aceh

Para Angkutan Umum Diperbolehkan Masuk Aceh, Tapi.....?

Para angkutan umum diperbolehkan masuk Aceh kembali pada 5 Juni 2020 jam 00.00, hal tersebut dikatakan Dirlantas Polda Aceh Kombes. Pol. Dicky Sondani.