• Home
  • Berita Sumut
  • DPRD Setujui Ranperda Pencegahan & Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan dan Pemukiman Kumuh Jadi Perda

DPRD Setujui Ranperda Pencegahan & Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan dan Pemukiman Kumuh Jadi Perda

Amr/rel Senin, 21 Januari 2019 17:48 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:   DPRD Kota Medan akhirnya menyetujui Ranperda Kota Medan Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh ditetapkan menjadi Perda dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan Jalan kapten Maulana Lubis, Senin (21/1/2019). Sebelum penandatanganan persetujuan dilakukan, Rapat Paripurna diawali dengan penyampaian laporan Panitia Khusus (Pansus) serta pendapat seluruh fraksi di DPRD Medan.



Persetujuan ditandai dengan penandatangan/pengambilan keputusan bersama antara Pimpinan DPRD Medan dengan Kepala Daerah Kota Medan. Penandatanganan dilakukan oleh Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung dan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH.

Perubahan Ranperda tentang pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh menjadi Perda Kota Medan merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011. Dalam pasal 94 ayat 3 dijelaskan bahwa pemerintah daerah diwajibkan untuk melaksanakan pencegahan dan peningkatan kualita sterhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh.

Oleh karenanya tegas Wali Kota, keberadaan Perda ini sangat dibutuhkan guna menjamin hak setiap warga Kota Medan untuk mendapatkan tempat tinggal dan lingkungan hidup yang sehat. Ditambah lagi dengan meningkatnya jumlah penduduk serta semakin padat dan kumuhnya perumahan dan kawasan permukiman, jelasnya, sangat berpotensi menjadikan kawasan permukiman yang berfungsi sebagai lingkungan hunian dirasa menjadi semakin tidak layak huni.



"Kondisi perumahan dan kawasan permukiman yang tidak layak huni tersebut dianggap dapat menurunkan kualitas hidup, menghambat perkembangan dan pertumbuhan masyarakat. Guna mengantisipasi hal tersebut, maka perlu dibuat kebijakan dan peraturan untuk menjamin hak masyarakat untuk hidup secara layak," kata Wali Kota.

Apalagi bilang Wali Kota, memasuki era otonomi daerah, kegiatan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman di daerah terus meningkat baik kuantitas, kualitas maupun kompleksitasnya.

Wali Kota selanjutnya mengungkapkan, substansi mendasar dilakukannya perubahan Ranperda ini meliputi pengawasan dan pengendalian serta pemberdayaan masyarakat, perencanaan, pelaksanaan peningkatan kualitas, serta pengelolaan yang harus dirumuskan dalam suatu lingkup pengaturan.



Dengan disetehuinya perubahan itu, Wali Kota pun menyampaikan ucapan rasa terima kasihnya kepada Pansus DPRD Medan dan seluruh perangkat daerah terkait karena telah mencurahkan perhatian yang besar untuk membahas serta memberi saran dan masukan guna terwujudnya perubahan Ranperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh menjadi Perda Kota Medan.

"Dengan diberlakukannya Perda itu nantinya, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan tempat tinggal warga Kota Medan secara menyeluruh,"  pungkas Wali Kota dalam rapat paripurna yang juga dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Wirya Alrahman, perwakilan OPD di lingkungan Pemko Medan serta anggota DPRD Medan.



Sebelum pengesahan dilakukan, rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung diawali dengan laporan hasil pembahasan panitia khusus DRPRD Medan. Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan pendapat setiap fraksi-fraksi DPRD Medan atas Ranperda Kota Medan Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh. Dari total sembilan fraksi yang ada, semuanya menyetujui perubahan tersebut.

Seperti yang disampaikan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melalui Zulkifli Lubis, perubahan tersebut dinilai sangat penting. Melalui Perda ini seluruh komponen Pemko Medan dapat bersatu dan bekerjasama secara amanah guna mengentaskan rumah kumuh dan permukiman kumuh di Kota Medan.



Dikatakannya, hal itu  sesuai dengan visi dan misi Pemko Medan ingin menjadikan Medan kota multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan Religius. Atas dasar itulah kata Zulkifli, Fraksi PPP menerima dan menyetujui Ranperda ini untuk ditetapkan menjadi Perda.

"Dengan hadirnya Perda ini nantinya akan menjadi pemicu dan alat dorong yang kuat bagi Pemko Medan dalam rangka mewujudkan Medan Rumah Kita yang benar-benar menjadi rumah bagi semua sehingga seluruh penghuninya akan merasa aman, nyaman dan bahagia tinggal di kota ini,'' ujar Zulkifli.
Editor: Amrizal

T#g:blibliDPRD MedanMatatelingaParipurnaTerkiniTraveloka
Komentar
Rabu, 24 Jul 2019 10:15Nasional

Bakamla RI/IDNCG Evaluasi Strategi Kamla

Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Gelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Monitoring Evaluasi Strategi Keamanan Laut, di Markas Besar Bakamla RI/IDNCG, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat

Rabu, 24 Jul 2019 10:00Nasional

Gempa 4,9 SR Guncang Bali

Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Gempa terjadi sekira pukul 08.29 WIB.

Rabu, 24 Jul 2019 09:53Berita Sumut

Bocah Hanyut di Sungai, Berhasil di Temukan Tim SAR Medan

Bocah bernama Dapa Al Rizki ,4, yang hanyut di aliran sungai Belawan,di Desa Paya Geli Dusun I Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang Selasa (23/7/2019) sore kemarin ditemukan tak bernyawa (tewas).

Rabu, 24 Jul 2019 09:45Ekonomi

Rupiah Melemah ke Rp14.022/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih melanjutkan tren pelemahan pada perdagangan hari ini. Rupiah kembali dekati level Rp14.000-an per USD

Rabu, 24 Jul 2019 09:30Bola

Drama Adu Pinalti, Madrid Kalahkan Arsenal

Real Madrid harus susah payah meraih kemenangan dari Arsenal di turnamen pramusim yang bertajuk International Champions Cup (ICC) 2019

Rabu, 24 Jul 2019 09:15Internasional

Setelah 10 Tahun Hilang, Pekerja Supermarket ini Ditemukan di Tokonya

Jasad seorang pria yang telah hilang sejak 2009 telah ditemukan di belakang lemari pendingin di sebuah supermarket tempatnya bekerja yang kini sudah tutup

Rabu, 24 Jul 2019 09:00Lifestyle

Nekat Berhubungan Badan di Dalam Mobil, Ini Kata Psikolog

Pasangan kekasih di Kupang, Nusa Tenggara Timur ditangkap oleh petugas Satpol PP pada Senin siang, 22 Juli 2019

Rabu, 24 Jul 2019 08:45Ekonomi

Wall Street Ditutup Menguat

Saham-saham di Wall Street reli dan berakhir dengan kenaikan cukup memuaskan pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB)

Rabu, 24 Jul 2019 07:30Bola

Zidane Tak Ambil Pusing Soal Isu Hengkangnya James Rodriguez

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, memberikan komentarnya mengenai kabar kepergian James Rodriguez pada bursa transfer musim panas ini

Rabu, 24 Jul 2019 07:15Internasional

WOW! Wanita Ini Ngaku Mengandung Bayi Alien

Seorang perempuan mengklaim telah melakukan perjalanan lintas waktu ke tahun 3500 untuk dihamili oleh alien

Rabu, 24 Jul 2019 07:00Bola

Kualifikasi II Liga Champions 2019-2020,ini Hasil Pertandingannya

Sebanyak lima pertandingan digelar pada Leg Pertama Kualifikasi II Liga Champions 2019-2020, Rabu (24/7/2019) malam WIB

Rabu, 24 Jul 2019 06:45Bola

Ac Milan: Tetap Rekrut Correa Meski Gagal Jual Andre Silva

AC Milan sejatinya sudah memiliki perencanaan untuk menjual penyerang yang dimilikinya, Andre Silva, ke AS Monaco

Rabu, 24 Jul 2019 06:30Lifestyle

Tersangka Kasus "Ikan Asin" Ajukan Penangguhan Penahanan

Farhat Abbas diketahui mengajukan penangguhan penahanan untuk Rey Utami

Rabu, 24 Jul 2019 06:15Bola

Jangan Lewatkan Pertandingan Juventus vs Inter Milan

Laga antara Juventus vs Inter Milan dipastikan berjalan menarik. Apalagi, kedua tim sama-sama tengah beradaptasi dengan juru taktik anyar. Juventus masih mencari bentuk di bawah kendali Maurizio Sarri, sementara Antonio Conte sedang mencari racikan yang p

Rabu, 24 Jul 2019 06:00Berita Sumut

Polisi Airud Poldasu Tangkap KM Pendawa Lima, Bawa Bawang Merah

Kapal Patroli KP ll 2028 miik Ditpolairud Polda Sumatera Utara dengank Kopadnya Bripka Asun Simanjuntak saat berpatroli rutin dikawasan perairan Langkat

Rabu, 24 Jul 2019 05:43Berita Sumut

Bocah Hanyut Saat Bermain Bersama Teman - Temannya di Sungai Sunggal

Tim SAR Kota Medan melakukan pencarian terhadap seorang anak ,4, diketahui bernama Dafa, yang hanyut saat bermain dekat Sungai Sunggal, Desa Paya Geli, Dusun 1 Kecamatan Sunggal, Selasa (23/7/2019).