MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Berita Sumut
  • Demi Belajar Mengaji, Mantan Qoriah Internasional Ini Rela Tempuh Jarak 200 KM

Demi Belajar Mengaji, Mantan Qoriah Internasional Ini Rela Tempuh Jarak 200 KM

faeza Minggu, 07 Oktober 2018 17:45 WIB
mtc/ist
mantan qoriah asal Palu, Sulawesi Tengah, Masriah Abdul Gani.

MATATELINGA, Medan: Ibarat sebuah ungkapan, Man Jadda Wajada, Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil, inilah yang dilakukan salah seorang mantan qoriah asal Palu, Sulawesi Tengah, Masriah Abdul Gani. Peraih peringkat ketiga juara tilawah mewakili Indonesia di MTQ Internasional yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia tahun 1994 ini, ternyata memiliki tantangan yang luar biasa untuk mampu melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran dengan baik.


Saat ditemui disela-sela kegiatan lomba Tilawah Alquran tingkat Anak yang digelar di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (7/10/2018), Masriah mengungkapkan bahwa ia merupakan pemenang Tilawah Alquran pada MTQN di Palu, Sulawesi Tengah tahun 1993. Kemudian  tahun berikutnya meraih peringkat ketiga untuk tingkat internasional. Ia berhasil membawa harum nama Sulteng di tingkat internasional. Meski belum berhasil menjadi terbaik pertama, di tahun 1995, Masriah kembali berlaga di internasional. Hasilnya, ia meraih satu peringkat lebih atas dari sebelumnya yakni peringkat dua tingkat internasional. 


Prestasi yang diraih Masriah patut diteladani. Terutama kerja kerasnya yang tak kenal lelah. Masriah mengisahkan bahwa ia harus menempuh jarak 200 kilometer untuk belajar mengaji. Baginya menggali ilmu dengan ustaz di kampung tempat tinggalnya masih belum cukup. Ia memperdalam ilmu mengaji lagi hingga ke kota Palu. Sejak SMP, Masriah sudah tinggal di Palu untuk belajar mengaji dengan Ustaz Mahmud Lamalundu. Dari SMP hingga ia menikah, ia tak berhenti belajar mengaji, berlatih menyanyikan lantunan ayat Alquran, belajar tajwid, hingga fashahah.


Dari kecil hingga SMP, Masriah tinggal di Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigimoutong, Sulawesi Tengah. Dari kampungnya itu ke Palu berjarak 200 kilometer. "Yang melatih dasar saya mengaji itu ayah saya Abdul Gani. Kemudian belajar dengan Ustaz Jabir Saus. Selanjutnya SMP sampai menikah saya belajar mengaji di Palu. Di sana akhirnya saya juara MTQ nasional," ucap qori yang saat ini berprofesi sebagai PNS di Kementerian Agama Sulteng.

Prinsip ia adalah mendatangi guru mengaji, bukan guru yang mendatangi kita. "Ini yang tidak ada dengan anak sekarang. Kami dulu aktif mendatangi guru mengaji. Kalau perlu bayar mahal, bayar. Beda dengan anak-anak saat ini," ucapnya.


Dari juara yang ia raih, Masriah akhirnya diberangkatkan ke Tanah Suci, Mekkah oleh pemerintah. Kesempatan yang tak ia sangka sebelumnya. Ibu dengan empat orang anak ini juga diangkat menjadi PNS di Kementerian Agama dari hasil prestasinya tersebut.


 'Seharusnya saat ini pemerintah juga lebih bisa memperhatikan hadiah para juara qori dan qoriah kita. Saya yang dua tahun juara di internasional hadiahnya masih belum sebanding dengan atlet-atlet Asian Games. Semoga ke depan qori dan qoriah kita yang memperoleh prestasi di internasional mendapatkan hadiah dan bonus yang cukup besar juga," ucapnya.


Dalam kesempatan itu, Ia berpesan agar peserta yang mengikuti ajang MTQN XXVII ini dapat terus dan terus belajar mengaji dan membumikan Alquran. 


"Secara kualitas sebenarnya untuk tilawah bagus-bagus. Terutama saat mereka menyanyikan (melantunkan) ayat suci Alquran tersebut. Hanya saja sebenarnya masih bisa lebih bagus lagi dari qori dan qoriah tahun-tahun lalu, mengingat fasilitas dan pembelajaran qori dan qoriah saat ini lebih mudah dan memadai," kata qoriah kelahiran 1969 tersebut. (mtc)

Editor: faeza

T#g:Mantan qariah internasionalMasriah abdul ganimtqn 27
Komentar
Senin, 20 Mei 2019 18:45Berita Sumut

Kapolres Asahan bersama Ketua Bhayangkari Cabang Asahan Berbagi Takjil dan Gelar Buka Puasa Bersama

Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Asahan Ny. Dodot Faisal Napitupulu, membagikan takjil untuk berbuka puasa kepada warga di persimpangan tugu jalan imam bonjol kota Kisaran, Senin (20/5/2019).

Senin, 20 Mei 2019 18:30Berita Sumut

DPRD Kota Medan: Merger Sekolah Perlu Pengkajian

Komisi II DPRD Kota Medan minta Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Pendidikan untuk melakukan pengkajian yang matang dalam rencana Penggabungan (Regrouping) 12 Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kota Medan.

Senin, 20 Mei 2019 18:15Berita Sumut

Edy Rahmayadi Bakal Pugar dan Renovasi Taman Makam Pahlawan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahyamadi bersama rombongan Forkopimda Sumut dan tokoh masyarakat mengadakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan SM Raja Medan, Senin (20/5/2019), dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke

Senin, 20 Mei 2019 18:15Berita Sumut

Pelabuhan Belawan Lama, Direndam Air

Dermaga milik PT Pelindo l Cabang Belawan dikawasan Jalan Stasiun tepatnya Pelabuhan Belawan Lama kopak kapik dan berlobang digenangi air pasang dan air hujan ini tanpa adanya perhatian.

Senin, 20 Mei 2019 18:00Berita Sumut

Pertama Kali Kunker ke Gunungsitoli, Ijeck : Semoga Memberikan Manfaat Pada Masyarakat

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah melakukan kunjungan kerja ke Gunungsitoli, Senin (20/5). Wagub bertatap muka dan bersilahturahmi dengan Forkopimda dan OPD Pemko Gunungsitoli.

Senin, 20 Mei 2019 17:45Berita Sumut

Gelar Operasi Pekat, Jajaran Polda Sumut Ringkus 1.239 Tersangka

Selama pelaksanaan Operasi Pekat Toba mulai 3 sampai dengan 17 Mei, jajaran Polda Sumut berhasil mengungkap 870 kasus tindak pidana dengan 1.239 tersangka.

Senin, 20 Mei 2019 17:30Berita Sumut

Belasan Anggota Geng Motor Penyerang SMAN 5 Medan Diciduk Polisi

Belasan anggota geng motor yang menyerang dan merusak SMA Negeri 5 Medan pada Rabu (8/5/2019) lalu berhasil diciduk polisi. Total ada 12 orang yang diringkus, termasuk ketua komplotan geng motor yang bernama 234SC Medan Area.

Senin, 20 Mei 2019 17:15Berita Sumut

Masyarakat Diimbau Tetap Bersatu Setelah Pesta Demokrasi

Seluruh rakyat Indonesia diimbau untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan setelah pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2019. Serta bersama-sama menunggu pengumuman hasil Pemilu pada 22 Mei 2019.

Senin, 20 Mei 2019 17:00Berita Sumut

Disisa Masa Jabatan, Irsal Fikri Dorong Pemko Medan Bangun Rumah Singgah bagi ODHA

Pemerintah Kota (Pemko) Medan diminta untuk membangun Rumah Singgah khusus bagi Orang Dengan Penderita HIV/AIDS (ODHA). Terkait penganggaranya, DPRD Medan siap untuk mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Rumah Singgah tersebut.

Senin, 20 Mei 2019 16:45Berita Sumut

Edy Imbau Masyarakat Dewasa Sikapi Hasil Pemilu

Jelang pengumuman hasil Pemilu pada 22 Mei 2019 mendatang, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengimbau seluruh masyarakat Sumut agar dewasa menyikapi apapun yang menjadi hasil nantinya. Bagaimanapun, Sumut merupakan rumah bersama yang harus di

Senin, 20 Mei 2019 16:30Berita Sumut

Soal Pembatalan PBI BPJS, DPRD Wacanakan Interpelasi Walikota Medan

Terkait proses pembatalan 12 ribu warga Medan menjadi peserta Program Bantuan Iuran Badan Penyelanggaran Jaminan Sosial (PBI BPJS) Kesehatan, Komisi II DPRD Medan berencana melakukan hak interpelasi kepada Walikota Medan.

Senin, 20 Mei 2019 16:15Berita Sumut

Irup Harkitas, Plt Bupati Asahan Sampaikan Pesan Menkominfo

Plt Bupati Asahan H.Surya, BSc bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 111, Senin (20/5/2019) di halalaman kantor bupati Asahan.

Senin, 20 Mei 2019 16:00Berita Sumut

Wali Kota Sahur Bersama Ratusan Masyarakat di Masjid Al Amin

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH kembali melaksanakan Safari Subuh, Senin (20/5/2019). Di dampingi Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM beserta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di

Senin, 20 Mei 2019 15:45Berita Sumut

Jadi Irup Harkitnas 2019, Gubsu Ajak Masyarakat Bangkitkan Semangat Gotong Royong

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019 menjadi momen bagi seluruh rakyat Indonesia untuk membangkitkan semangat persatuan dan gotong-royong. Hal itu penting dalam upaya mengisi pembangunan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indon

Senin, 20 Mei 2019 15:28Berita Sumut

Tanggapi Aksi 22 Mei, Polda Sumut : Masyarakat Jangan Resah, Kondisi di Sumut Kondusif

Polda Sumatera Utara memastikan kondisi di Sumatera Utara kondusif menjelang tanggal 22 Mei 2019 mendatang. Polisi memberikan jaminan kenyamanan bagi warga yang beraktifitas.

Senin, 20 Mei 2019 15:00Berita Sumut

13.002 Personil Polri Disiagakan Saat Aksi 22 Mei di Medan

Polda Sumatera Utara mengerahkan 13.002 personil Polri untuk mengantisipasi adanya aksi unjuk rasa pada tanggal 22 Mei 2019 mendatang. Fokus pengamanan akan dilakukan di Kantor Bawaslu dan KPU Sumut.