• Home
  • Berita Sumut
  • Demo di Kantor Wali Kota, Pedagang Pasar Pringgan Tidak Ingin Dikelola Pihak Swasta

Demo di Kantor Wali Kota, Pedagang Pasar Pringgan Tidak Ingin Dikelola Pihak Swasta

amrizal Senin, 16 April 2018 19:00 WIB
mtc/ist
Seratusan pedagang Pasar Pringgan untuk ketiga kalinya melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Wali Kota Medan, Senin (16/4). Aksi ini sebagai buntut belum dipenuhinya tuntutan pedagang yang mendesak Pemko Medan mengganti pengelola pasar itu.
MATATELINGA, Medan: Seratusan pedagang Pasar Pringgan untuk ketiga kalinya melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Wali Kota Medan, Senin (16/4). Aksi ini sebagai buntut belum dipenuhinya tuntutan pedagang yang mendesak Pemko Medan mengganti pengelola pasar itu.

Pedagang Pasar Pringgan, Kamsi Sihotang mengatakan, pihaknya tidak ingin Pasar Pringgan kembali dikelola pihak swasta. Sebab, pedagang telah jerah dengan pengelolaan pihak swasta.

"Kami mau menuntut hak kami sebagai pedagang Pringgan. Kami sudah 20 tahun dikelola PT IRA, sekarang sudah masuk PD Pasar ke tempat kami, mau diserahkan pula ke PT Parbens. Kemarin sudah dipasang plang PT Parbens, kami cabut. Karena, penyerahan ke PT Parbens tanpa kami ketahui. Tapi tiba-tiba sudah masuk,"ujarnya di sela-sela aksi.

Kamsi menjelaskan, selama pihak swasta PT IRA mengelola, pasar tidak terawat. Namun, sesaat dipegang PD Pasar perubahan signifikan terjadi. Pasar tampak dirawat, kebersihan pun sangat terjaga.

"Kemarin kami bayar Rp 30 juta ke PD Pasar. Kami pun dapat sertifikat, kami asli pedagang situ dikasi sertifikat. Memang sudah bagus pasar kami. Tapi ini saat kami sudah bayar, mereka masuk. Kami tidak mau dikelola pihak swasta. Kami rasa lebih bagus PD Pasar. Kami mau PD Pasar yang mengelola, jangan pihak swasta,"ungkapnya.

Para pedagang pun menyampaikan kekhawatirannya, apabila pihak swasta masuk, mereka akan dipungut biaya lagi di luar retribusi.

Sebab, lanjut Kamsi, sudah ada kabar bahwa PT Parbens akan memungut Rp 50 sampai Rp 100 juta pada pedagang.

"Kami khawatir, nanti PT Parbens itu minta duit lagi. Sudah ada kabar kami mau dikutip Rp 50 sampai Rp 100 juta lagi,"terangnya.

Hal senada disampaikan Pedagang Pasar Pringgan, Rosnani Boru Tarigan. Ia menyatakan, apabila dikelola pihak swasta, sudah terbukti tidak memberikan kebaikan.

 "Kami tak mau dilkelola PT Parbens," katanya dengan tegas.

Para pedagang ini, telah melakukan aksi serupa lebih dari tiga kali sejak Februari 2018 lalu. Tuntutan mereka sama, yakni mengganti pengelolaan pasar itu dari pihak swasta ke pemerintah.

"Kami minta Pemko menunjuk PD Pasar sebagai pengelola," kata pedagang.

Dalam melakukan aksinya, pedagang mendobrak pintu gerbang kantor Wali Kota, dan menuntut Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menjumpai pedagang.

"Kami menuntut hak-hak kami. Selama ini Eldin tak pernah merespons tuntutan kami," teriak mereka.

Anggota Komisi C DPRD Medan, Mulia Asri Rambe mengatakan, permasalahan pengelolaan Pasar Pringgan harus diperjelas dengan detail. Sebab, ada hal-hal yang belum terang benderang yang tidak dipahami pedagang.

Menurutnya, PD Pasar tidak ada hak untuk meminta sejumlah uang dengan alasan sertifikat. Sebab, PD pasar merupakan BUMD yang sudah jelas dananya ditampung dalam APBD.

"Itu harus dipahami dulu. Selain retribusi, tidak ada boleh pungutan lain pada pedagang. Kenapa PD Pasar minta Rp 30 juta? Gak boleh. Ini ada permainan PD Pasar. Tidak mungkin mereka (PD Pasar) tidak mengetahui kalau ini akan diberikan pada PT Parbens. Pedagang ini yang dijadikan korban sama mereka,"katanya. (mtc/amr)
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Selasa, 24 Apr 2018 19:00Berita Sumut

Ketua TP PKK Provsu Apresiasi Pengenalan Tanggap Bencana Anak Usia Dini

Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ny. Hj. Evi Diana Erry Nuradi, mengapresiasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumut yang telah mengenalkan upaya tanggap bencana kepada anak u

Selasa, 24 Apr 2018 18:31Berita Sumut

Panglima TNI : Bangun TNI Yang Modern Mengedepankan Kesamaan Gender

Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI) terus berupaya meningkatkan kualitas lembaganya dan keluaran hasil didik yang mampu menjawab tuntutan dan tantangan tugas TNI kedepan. Untuk itu, melalui lembaga pendidikan Sesko TNI inilah s

Selasa, 24 Apr 2018 18:16Ekonomi

Tenaga Kerja Asing Yang Tidak Trampil Bakal Diberi Sanksi Oleh Kemenaker

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memastikan tenaga kerja asing (TKA) yang dapat masuk ke Indonesia hanya yang memiliki keterampilan dan memenuhi syarat pendidikan. Hal ini menjadi wajib, meski sudah ada aturan baru berupa Peraturan Presiden Nomor 2

Selasa, 24 Apr 2018 18:05Ekonomi

Sri Mulyani Curhat Soal Perang Dagang Di Spring Meeting IMF

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kekhawatirannya terhadap perang dagang antara Amerika Serikat dengan China, termasuk risiko kenaikan suku bunga acuan The Federal Reserve, yang membuat Indonesia harus lebih waspada menjaga momentum per

Selasa, 24 Apr 2018 16:52Berita Sumut

Harta Kekayaan Calon Kepala Daerah: Sihar Tertinggi, Djarot Terendah

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sihar Sitorus tercatat memiliki kekayaan terbanyak dibandingkan calon lainnya, dengan jumlah Rp 350.887.340.551.

Selasa, 24 Apr 2018 16:52Berita Sumut

Mendagri akan Beri Sanksi kepada Kepala Daerah yang Melanggar Aturan

"Kalau memang ada laporan, saya minta untuk dipertimbangkan atau segera diganti," sebut Tjahjo Kumolo, Selasa (24/4/2018), menanggapi perihal perekrutan tenaga pendukung ataupun tenaga honorer yang dilakukan oleh Pemprovsu dalam Anggaran Tahun

Selasa, 24 Apr 2018 16:15Berita Sumut

Optimis Sumut Jadi Tuan Rumah PON, Edy Bakal Bangun Stadion di Kualanamu

Sesuai rencana, hari ini, Selasa (24/4/2018) penetapan daerah pelaksanaan PON 2024 akan diumumkan. Provinsi Sumatera Utara dan Aceh berduet untuk menjadi tuan rumah event olahraga terbesar di Indonesia itu.

Selasa, 24 Apr 2018 16:00Nasional

Bakamla RI Cermati Perpindahan Zat Radioaktif Melalui NKRI

Berkembangnya isu perpindahan zat radioaktif secara ilegal melalui laut Indonesia menuju Korea Utara, mencuri perhatian Bakamla RI dalam upaya pengamanan potensi radiasi di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia. Hal ini dibahas dalam kunjungan Directo

Selasa, 24 Apr 2018 15:43Berita Sumut

Coca-Cola Amatil Indonesia Tanam Mangrove Di Peringatan Hari Bumi

Dalam rangka peringatan Hari Bumi, Coca-Cola Amatil Indonesia NSO Medan bekerjasama pramuka belawan melakukan aksi tanam 3000 pohon mangrove .

Selasa, 24 Apr 2018 15:37Berita Sumut

Estafet, Sihar Terima Keluhan Warga 3 Desa

Persoalan jembatan penghubung, kondisi kerusakan jalan, perlengkapan dan peralatan nelayan tradisional menjadi keluhan yang dilontarkan warga Desa Karang Gading Kec Labuhan Deli Kabupatrn Deliserdang, Desa Pantai Gading dan Desa Selotong Kecmatan Secangg

Selasa, 24 Apr 2018 15:15Nasional

Panglima TNI Tinjau Gladi Upacara Militer Apel Bersama Wanita TNI

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Ketua Umum Dharma Pertiwi dan para Asisten Panglima TNI serta Kabalakpus TNI menghadiri Gladi Bersih Upacara Militer Apel Bersama Wanita TNI, Polwan dan wanita komponen bangsa, yang bertemakan “Wan

Selasa, 24 Apr 2018 15:00Nasional

16 CPNS Baru Perkuat Kapal Patroli Bakamla RI

Sedikitnya 16 personel Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) turut memperkuat kapal patroli Bakamla RI di Batam. Ke-16 Pegawai baru tersebut berdinas di KN. Bintang Laut – 4801 berjumlah empat orang, sementara 11 CPNS lainnya diproyeksikan sebagai ABK dari KN

Selasa, 24 Apr 2018 14:13Berita Sumut

Viral di Medsos, Pengendara Motor Peremas Payudara Siswi SMA Diringkus

Pelaku pelecehan seksual terhadap sejumlah pelajar SMA yang viral di media sosial akhirnya dibekuk polisi. Dalam aksinya pelaku yang menggunakan sepeda motor meremas payudara siswi SMA. Aksinya ini terekam sebuah kamera dan menjadi viral di media sosial.

Selasa, 24 Apr 2018 13:30Berita Sumut

Mendagri dan KPK Beri Petuah untuk Seluruh Cakada di Sumut

Pimpinan KPK Saut Situmorang dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberi pembekalan kepada para pasangan calon kepala daerah yang bertarung dalam Pilkada di Sumatera Utara, Selasa 24 April 2018 di Aula Raja Inal Kantor Pemprov Sumut.

Selasa, 24 Apr 2018 13:15Berita Sumut

Malam Ini Jalur ke Brastagi akan Dialihkan, Ini Jalur Alternatif yang Disiapkan

Satlantas Tanah Karo mulai Selasa (24/4/2018) pukul 23.00 Wib akan mengalihkan arus lalu lintas menuju Kota Brastagi dan sebaliknya. Pengalihan arus lalu lintas berkaitan dengan perbaikan saluran drainase melintang (cross drain) di badan jalan nasional

Selasa, 24 Apr 2018 12:07Berita Sumut

FITRA Sumut Nilai Biro Humas Pemrprovsu Langgar SE Mendagri No. 814.1/169/SJ

Dua bulan terakhir, proses penerimaan dan perekrutan tenaga pendukung di jajaran Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, mendapat reaksi dari Direktur Eksekutif Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran Sumatera Utara (FITRA Sumut) Rurita Ningrum.