• Home
  • Berita Sumut
  • Demo di Kantor Wali Kota, Pedagang Pasar Pringgan Tidak Ingin Dikelola Pihak Swasta

Demo di Kantor Wali Kota, Pedagang Pasar Pringgan Tidak Ingin Dikelola Pihak Swasta

amrizal Senin, 16 April 2018 19:00 WIB
mtc/ist
Seratusan pedagang Pasar Pringgan untuk ketiga kalinya melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Wali Kota Medan, Senin (16/4). Aksi ini sebagai buntut belum dipenuhinya tuntutan pedagang yang mendesak Pemko Medan mengganti pengelola pasar itu.
MATATELINGA, Medan: Seratusan pedagang Pasar Pringgan untuk ketiga kalinya melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Wali Kota Medan, Senin (16/4). Aksi ini sebagai buntut belum dipenuhinya tuntutan pedagang yang mendesak Pemko Medan mengganti pengelola pasar itu.

Pedagang Pasar Pringgan, Kamsi Sihotang mengatakan, pihaknya tidak ingin Pasar Pringgan kembali dikelola pihak swasta. Sebab, pedagang telah jerah dengan pengelolaan pihak swasta.

"Kami mau menuntut hak kami sebagai pedagang Pringgan. Kami sudah 20 tahun dikelola PT IRA, sekarang sudah masuk PD Pasar ke tempat kami, mau diserahkan pula ke PT Parbens. Kemarin sudah dipasang plang PT Parbens, kami cabut. Karena, penyerahan ke PT Parbens tanpa kami ketahui. Tapi tiba-tiba sudah masuk,"ujarnya di sela-sela aksi.

Kamsi menjelaskan, selama pihak swasta PT IRA mengelola, pasar tidak terawat. Namun, sesaat dipegang PD Pasar perubahan signifikan terjadi. Pasar tampak dirawat, kebersihan pun sangat terjaga.

"Kemarin kami bayar Rp 30 juta ke PD Pasar. Kami pun dapat sertifikat, kami asli pedagang situ dikasi sertifikat. Memang sudah bagus pasar kami. Tapi ini saat kami sudah bayar, mereka masuk. Kami tidak mau dikelola pihak swasta. Kami rasa lebih bagus PD Pasar. Kami mau PD Pasar yang mengelola, jangan pihak swasta,"ungkapnya.

Para pedagang pun menyampaikan kekhawatirannya, apabila pihak swasta masuk, mereka akan dipungut biaya lagi di luar retribusi.

Sebab, lanjut Kamsi, sudah ada kabar bahwa PT Parbens akan memungut Rp 50 sampai Rp 100 juta pada pedagang.

"Kami khawatir, nanti PT Parbens itu minta duit lagi. Sudah ada kabar kami mau dikutip Rp 50 sampai Rp 100 juta lagi,"terangnya.

Hal senada disampaikan Pedagang Pasar Pringgan, Rosnani Boru Tarigan. Ia menyatakan, apabila dikelola pihak swasta, sudah terbukti tidak memberikan kebaikan.

 "Kami tak mau dilkelola PT Parbens," katanya dengan tegas.

Para pedagang ini, telah melakukan aksi serupa lebih dari tiga kali sejak Februari 2018 lalu. Tuntutan mereka sama, yakni mengganti pengelolaan pasar itu dari pihak swasta ke pemerintah.

"Kami minta Pemko menunjuk PD Pasar sebagai pengelola," kata pedagang.

Dalam melakukan aksinya, pedagang mendobrak pintu gerbang kantor Wali Kota, dan menuntut Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menjumpai pedagang.

"Kami menuntut hak-hak kami. Selama ini Eldin tak pernah merespons tuntutan kami," teriak mereka.

Anggota Komisi C DPRD Medan, Mulia Asri Rambe mengatakan, permasalahan pengelolaan Pasar Pringgan harus diperjelas dengan detail. Sebab, ada hal-hal yang belum terang benderang yang tidak dipahami pedagang.

Menurutnya, PD Pasar tidak ada hak untuk meminta sejumlah uang dengan alasan sertifikat. Sebab, PD pasar merupakan BUMD yang sudah jelas dananya ditampung dalam APBD.

"Itu harus dipahami dulu. Selain retribusi, tidak ada boleh pungutan lain pada pedagang. Kenapa PD Pasar minta Rp 30 juta? Gak boleh. Ini ada permainan PD Pasar. Tidak mungkin mereka (PD Pasar) tidak mengetahui kalau ini akan diberikan pada PT Parbens. Pedagang ini yang dijadikan korban sama mereka,"katanya. (mtc/amr)
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Jumat, 14 Des 2018 19:00Berita Sumut

Forlispar Prioritaskan Aspek Ekonomi untuk Publikasikan Danau Toba

Para pekerja media yang tergabung dalam Forum Jurnalis Pariwisata (Forlispar) akan menjadikan aspek ekonomi sebagai salah satu perspektif yang akan dikedepankan dalam publikasi-publikasi terkait dengan Danau Toba.

Jumat, 14 Des 2018 18:45Berita Sumut

Dua Pegawai BPK Dianiaya Kontraktor saat Bertugas di Nias

Dua pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menjadi korban pemukulan saat memeriksa proyek pembangunan di Nias Utara. Aksi pemukulan terhadap dua pejabat negara itu dilakukan sejumlah orang, termasuk kontraktor yang menjadi rekanan proyek.

Jumat, 14 Des 2018 18:30Berita Sumut

Pemkab Sergai Terima DIPA 2019 Sebesar Rp 1,3 T

Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2019. DIPA langsung diserahkan Gubsu Edy Rahmayadi kepada Bupati Sergai Soekirman di Aula Raja Inal Siregar, Komplek Kantor Gubsu di Medan, Jumat (14/12/2018).

Jumat, 14 Des 2018 18:15Berita Sumut

Pemko Medan Peroleh Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2018

Kota Medan terpilih menjadi salah satu dari 50 kabupaten/kota se-Indonesia yang terpilih mendapatkan Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2018 dari pemerintah pusat melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia di Nusant

Jumat, 14 Des 2018 18:00Berita Sumut

Perairan Nias dan Aceh Berpotensi Diterjang Gelombang Setinggi 4 Meter

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir kemungkinan potensi gelombang tinggi di perairan Nias dan Aceh. Masyarakat terutama nelayan diminta meningkatkan kewaspadaan.

Jumat, 14 Des 2018 17:47Berita Sumut

Polda Sumut Kerahkan Dua Pertiga Pasukan Jaga Keamanan Natal dan Tahun Baru 2019

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menurunkan 15 ribu personel di jajaran Polda Sumut Untuk mengamankan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Jumlah ini merupakan dua pertiga pasukan Polri yang ada di Sumatera Utara.

Jumat, 14 Des 2018 17:33Berita Sumut

Shalat Jumat di Binjai, Kapolda Sumut Ajak Jamaah Jaga Persatuan Dan Kesatuan NKRI

Kapolda Sumatera Irjen Pol Agus Andrianto melaksanakan safari jumat di Masjid Nurul Iman, di jalan Gunung Bendahara, Kelurahan Puji Jadi, Binjai Selatan, Binjai, Sumatera Utara.

Jumat, 14 Des 2018 17:15Berita Sumut

KPU Labura Sosialisasi Pemilu 2019 Pada Penyandang Disabilitas

KPU Labura Melaksanakan Sosialisasi Pemilu 2019 pada Penyandang Disabilitas di Aula KPU Labura, Jum'at (14/12). Pantauan Wartawan, Peserta yang hadir berjumlah 30 orang.

Jumat, 14 Des 2018 17:00Berita Sumut

10 Bulan Tugas di Perbatasan Papua, 450 Satgas Pamtas Yonif 121/MK Tiba Belawan

Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah diwakili Irdam I/BB, Kolonel Inf Wisnu Sidharta memimpin upacara penyambutan Satgas Yonif 121/Macan Kumbang dalam rangka purna tugas operasi pengamanan perbatasan darat RI-Papua New Guinea (

Jumat, 14 Des 2018 16:45Berita Sumut

Bea Cukai Belawan Amankan Barang Ilegal Diselundupkan Lewat KM Kelud

Puluhan karton berisi pakaian bekas,rokok tanpa cukai dan keramik diamankan petugas Bea dan Cukai saat baru turun dari atas kapal KM Kelud di Pelabuhan Belawan Jumat pagi (14/12). Rencananya barang-barang itu diselundupkan dari Batam ke Belawan.

Jumat, 14 Des 2018 16:15Berita Sumut

Pedagang Pasar Tavip Binjai : Kami Puas Kinerja Kapolda Sumut

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto bersilaturahmi dengan pedagang dan abang tukang becak di pasar Tavip, Kota Binjai. Ini merupakan program kerja 100 hari kedua pasca dilantik menjadi orang nomor satu di Polda Sumut.

Jumat, 14 Des 2018 16:00Berita Sumut

Jembatan Putus, Belasan Warga Hanyut Terbawa Air Sungai Bilah

Sebuah rambin (jembatan gantung) putus disapu air, Jumat (14/12/2018) di Desa Tebing Linggahara, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu sekira Jam 09.00 wib. Diperkirakan sebanyak 12 orang warga menjadi korban.

Jumat, 14 Des 2018 14:15Berita Sumut

Sidang Lanjutan Korupsi IPA Martubung, Asisten Operasional Gugup Saat Ditanya Kontrak dan Addendum

Asisten Operasional PDAM Tirtanadi Aulia Natalian dan Abdul Hakim tampak kebingungan saat memberikan keterangan dalam kasus dugaan korupsi pekerjaan Engginering Procurement Contruction (EPC) pembangunan IPA Martubung PDAM Tirtanadi Sumatera Utara senilai

Jumat, 14 Des 2018 14:00Berita Sumut

Camat Rahuning dan Kapolsek Pulau Raja Santuni Warga Kurang Mampu

Dalam rangka mewujudkan serta mengimplementasikan visi Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri, Putra Camat Rahuning bersama Iptu Rianto bersama perangkat desa yang ada serta GM Puja Kesuma kecamatan Pulau Raja, melaksanakan giat Jum'at Barok

Jumat, 14 Des 2018 13:30Berita Sumut

Disnaker Asahan Peroleh Sertifikat ISO

Dinas Ketenagakerjaan Pemerintah Kabupaten Asahan menerima sertifikat International Organization For Standardization (ISO) dari Dirjend Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan kesempatan Kerja.

Jumat, 14 Des 2018 13:15Berita Sumut

Residivis Pelaku Pembobol ATM BRI Marindal Diringkus Polisi

Tim Pegasus Sat Reskrim Polrestabes Medan meringkus pembobol uang tunai Rp 200 Juta dari ATM Bank BRI Unit Marindal di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Amplas.