• Home
  • Berita Sumut
  • Demo di Kantor Wali Kota, Pedagang Pasar Pringgan Tidak Ingin Dikelola Pihak Swasta

Demo di Kantor Wali Kota, Pedagang Pasar Pringgan Tidak Ingin Dikelola Pihak Swasta

amrizal Senin, 16 April 2018 19:00 WIB
mtc/ist
Seratusan pedagang Pasar Pringgan untuk ketiga kalinya melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Wali Kota Medan, Senin (16/4). Aksi ini sebagai buntut belum dipenuhinya tuntutan pedagang yang mendesak Pemko Medan mengganti pengelola pasar itu.
MATATELINGA, Medan: Seratusan pedagang Pasar Pringgan untuk ketiga kalinya melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Wali Kota Medan, Senin (16/4). Aksi ini sebagai buntut belum dipenuhinya tuntutan pedagang yang mendesak Pemko Medan mengganti pengelola pasar itu.

Pedagang Pasar Pringgan, Kamsi Sihotang mengatakan, pihaknya tidak ingin Pasar Pringgan kembali dikelola pihak swasta. Sebab, pedagang telah jerah dengan pengelolaan pihak swasta.

"Kami mau menuntut hak kami sebagai pedagang Pringgan. Kami sudah 20 tahun dikelola PT IRA, sekarang sudah masuk PD Pasar ke tempat kami, mau diserahkan pula ke PT Parbens. Kemarin sudah dipasang plang PT Parbens, kami cabut. Karena, penyerahan ke PT Parbens tanpa kami ketahui. Tapi tiba-tiba sudah masuk,"ujarnya di sela-sela aksi.

Kamsi menjelaskan, selama pihak swasta PT IRA mengelola, pasar tidak terawat. Namun, sesaat dipegang PD Pasar perubahan signifikan terjadi. Pasar tampak dirawat, kebersihan pun sangat terjaga.

"Kemarin kami bayar Rp 30 juta ke PD Pasar. Kami pun dapat sertifikat, kami asli pedagang situ dikasi sertifikat. Memang sudah bagus pasar kami. Tapi ini saat kami sudah bayar, mereka masuk. Kami tidak mau dikelola pihak swasta. Kami rasa lebih bagus PD Pasar. Kami mau PD Pasar yang mengelola, jangan pihak swasta,"ungkapnya.

Para pedagang pun menyampaikan kekhawatirannya, apabila pihak swasta masuk, mereka akan dipungut biaya lagi di luar retribusi.

Sebab, lanjut Kamsi, sudah ada kabar bahwa PT Parbens akan memungut Rp 50 sampai Rp 100 juta pada pedagang.

"Kami khawatir, nanti PT Parbens itu minta duit lagi. Sudah ada kabar kami mau dikutip Rp 50 sampai Rp 100 juta lagi,"terangnya.

Hal senada disampaikan Pedagang Pasar Pringgan, Rosnani Boru Tarigan. Ia menyatakan, apabila dikelola pihak swasta, sudah terbukti tidak memberikan kebaikan.

 "Kami tak mau dilkelola PT Parbens," katanya dengan tegas.

Para pedagang ini, telah melakukan aksi serupa lebih dari tiga kali sejak Februari 2018 lalu. Tuntutan mereka sama, yakni mengganti pengelolaan pasar itu dari pihak swasta ke pemerintah.

"Kami minta Pemko menunjuk PD Pasar sebagai pengelola," kata pedagang.

Dalam melakukan aksinya, pedagang mendobrak pintu gerbang kantor Wali Kota, dan menuntut Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menjumpai pedagang.

"Kami menuntut hak-hak kami. Selama ini Eldin tak pernah merespons tuntutan kami," teriak mereka.

Anggota Komisi C DPRD Medan, Mulia Asri Rambe mengatakan, permasalahan pengelolaan Pasar Pringgan harus diperjelas dengan detail. Sebab, ada hal-hal yang belum terang benderang yang tidak dipahami pedagang.

Menurutnya, PD Pasar tidak ada hak untuk meminta sejumlah uang dengan alasan sertifikat. Sebab, PD pasar merupakan BUMD yang sudah jelas dananya ditampung dalam APBD.

"Itu harus dipahami dulu. Selain retribusi, tidak ada boleh pungutan lain pada pedagang. Kenapa PD Pasar minta Rp 30 juta? Gak boleh. Ini ada permainan PD Pasar. Tidak mungkin mereka (PD Pasar) tidak mengetahui kalau ini akan diberikan pada PT Parbens. Pedagang ini yang dijadikan korban sama mereka,"katanya. (mtc/amr)
Editor: Faeza

T#g:
loading...
Loading...
Komentar
Jumat, 20 Jul 2018 11:47Ekonomi

Data Bappenas, Ada 69 Juta Orang Miskin di Indonesia

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan pemerintah masih memiliki tugas besar, meski angka kemiskinan saat ini mampu ditekan di bawah 10 persen. Pasalnya, hingga kini masih banyak masyarakat yang rentan jatu

Jumat, 20 Jul 2018 11:40Berita Sumut

Harga Ayam di Medan Capai Rp 38 Ribu, Ini Penyebabnya

Harga ayam di Kota Medan mencapai Rp 38 ribu. Kenaikan ini mulai terasa sejak sebelum lebaran. Sebelum lebaran, harga ayam potong masih di angka Rp 25 ribu. Setelah lebaran, harga ayam di angka Rp 27 ribu. Hingga sampai minggu lalu, harganya berada di an

Jumat, 20 Jul 2018 11:20Berita Sumut

Aksi Begal Kembali Merajalela, Kapolda Sumut Sampaikan Hal Ini

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauwa angkat bicara soal merajalelanya kembali aksi begal. Dia mengatakan kebijakannya yang bertindak tegas terhadap para pelaku begal masih berlaku.

Jumat, 20 Jul 2018 11:00Berita Sumut

BMKG Deteksi 56 Titik Panas di Sumut

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan mencatat bahwa ada sekitar 56 titik panas (hot spot) yang ada di Sumatera Utara (Sumut). BMKG juga mencatat bahwa Juli ini merupakan puncak kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumut.

Jumat, 20 Jul 2018 10:48Nasional

Bakamla RI Tingkatkan Kemampuan Awak Kapal Patroli di Wilayah Perairan Barat

Perairan wilayah barat Indonesia khususnya Selat Malaka memiliki tingkat kerawanan dari tindak kejahatan di laut. Mewaspadai hal tersebut Bakamla RI berupaya meningkatkan kemampuan awak kapal patroli Bakamla yang berada di Pangkalan Kapal Patroli Zona Mar

Jumat, 20 Jul 2018 10:33Berita Sumut

Massa Ganti Presiden dan Relawan Jokowi Sama-sama Deklarasi di Taman Sri Deli, Ini yang Dilakukan Polisi

Pada Minggu (22/7/2018), dua aksi yang saling bertolak belakang akan di gelar di seputaran Taman Sri Deli Medan. Keduanya yakni Deklarasi Deklarasi Ganti Presiden 2019. Sedangkan dua di antaranya dari kelompok Deklarasi Relawan Jokowi dua Periode serta Si

Jumat, 20 Jul 2018 10:17Berita Sumut

Rakornis TP PKK Asahan Untuk Mewujudkan Masyarakat yang Berkualitas

Rapat Kordinasi Tehnis (Rakornis) Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan yang dilaksanakan pada Rabu (18/7/2018) di aula Perpustakaan dengan nara sumber dari Kadis Peternakan, Kadis Perpustakaan dan kearsipan serta dinas Ketahanan Pangan dengan tujuan agar

Jumat, 20 Jul 2018 10:02Berita Sumut

KPK Ultimatum Tersangka Suap Bupati Labuhanbatu untuk Serahkan Diri

Komisi Pemberantasan Korupsi mengeluarkan ultimatum untuk salah seorang tersangka kasus suap Bupati Labuhanbatu bernama Umar Ritonga yang hingga saat ini belum mentyerahkan diri. Umar Ritonga merupakan salah satu pihak swasta yang diduga melakukan penyuap

Jumat, 20 Jul 2018 08:20Nasional

Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Wakil Perdana Menteri Singapura

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima kunjungan kehormatan Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Koordinator Keamanan Nasional Republik Singapura Yang Mulia Teo Chee Hean di ruang tamu Panglima TNI Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat

Jumat, 20 Jul 2018 08:05Berita Sumut

Pangdam I/BB: Raih Hasil Yang Terbaik Lomba Tembak PIala Kasad

Meraih hasil yang terbaik pada lomba tembak piala Kasad yang disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, S.I.P., pada upacara pelepasan kontingen lomba tembak piala Kasad Tahun 2018

Jumat, 20 Jul 2018 07:50Berita Sumut

Antusias Warga dan Polri Saksikan Film 22 Menit

Pemutaran film 22 Menit di XXI Center Point Medan hari pertama, dipadati ratusan warga dan polri,

Jumat, 20 Jul 2018 07:35Berita Sumut

PSI Yakin Rebut 10 Kursi di DPRD Medan

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kini menjadi sorotan publik. Debut perdana pada Pemilu 2019 mendatang, PSI banyak mendaftarkan para Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) dari kaum muda, baik di tingkat DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kot

Jumat, 20 Jul 2018 07:20Berita Sumut

Mengedepankan Strategi Pencegahan dan Penindakan dan Pelanggaran Yang Cepat dan Profesional

Bawaslu Sumut 2018-2023 Mengedepankan Strategi Pencegahan dan Penindakan dan Pelanggaran Yang Cepat dan Profesional

Jumat, 20 Jul 2018 07:05Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Dzikir & Doa Bersama

Pemko Medan menggelar dzikir dan doa bersama di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (19/7/2018). Ribuan umat Muslim menghadiri kegiatan yang digelar dalam rangka untuk memperingati Hari Jadi Kota Medan ke-428,

Jumat, 20 Jul 2018 06:50Berita Sumut

Walikota Medan Buka Rapat Kordinasi LKS Tripartit

Pemerintah Kota Medan menyambut baik atas penyelenggaraan rapat koordinasi Lembaga Kerjasama Tripartit (LKS) ini sehingga ke depannya kita dapat membahas berbagai

Kamis, 19 Jul 2018 20:02Berita Sumut

Berbagi Itu Bagian dari Wujud Kepedulian kepada Sesama

Berbagi dengan sesama adalah wujud dari kepedulian terhadap anak panti asuhan dan anak yang kurang beruntung ditengah keluarga kurang mampu.