• Home
  • Berita Sumut
  • Di Tahanan Polda Sumut, Kompol Fahrizal Benturkan Kepala dan Pukul-pukul Tembok

Di Tahanan Polda Sumut, Kompol Fahrizal Benturkan Kepala dan Pukul-pukul Tembok

Faeza Jumat, 20 April 2018 08:55 WIB
mtc/ist
Selama berada di dalam sel tahanan Polda Sumut, Kompol Fahrizal, tersangka penembak Jumingan yang tak lain adik iparnya sendiri cenderung menunjukan prilaku tidak kooperatif. Bahkan sikapnya dinilai membahayakan tahanan lain.
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Medan: Selama berada di dalam sel tahanan Polda Sumut, Kompol Fahrizal, tersangka penembak Jumingan yang tak lain adik iparnya sendiri cenderung menunjukan prilaku tidak kooperatif. Bahkan sikapnya dinilai membahayakan tahanan lain.

Ini disampaikan Direktur Ditreskrimum Polda Sumut Kombes Andi Rian kepada wartawan, Kamis (19/4/2018) malam. Menurut Andi, sikap Kompol Fahrizal ini menjadi salah satu pertimbangan dia dirawat di Rumah sakit jiwa.

"Karena memang disana lebih aman buat dia. Kalau di sel kita, udah ada kecendrungan tidak kooperatif,"terang Andi.

Sikap tidak kooperatif mantan Wakapolres Lombok Tengah itu kata Andi dapat dilihat dari sikap Fahrizal yang kerap menolak untuk dilakukan cek kesehatan. Selain itu, prilakunya ditahanan pun membahayakan orang lain termasuk dirinya sendiri.

"Contohnya dia pukul-pukul tembok, kepala dibenturkan ke dinding  dan banyak lagi. Prilaku Fahrizal ini kita peroleh dari tahanan lain yang menginformasikan ke piket jaga," sebut Andi.

Fahrizal juga menolak kedatangan tenaga kesehatan yang akan memeriksa dia dan juga menolak diberi obat. "Cek kesehatan kan seharusnya dilakukan tiap hari," ucapnya.

Dengan kondisi itu kata Andi, penyidik belum bisa mengungkap motif penembakan tersebut. "Gak bisa diambil keterangannya. Tidak ada yang konsisten jawabannya," jelas Andi.

Proses observasi di rumah sakit jiwa kata Andi juga merupakan keputusan dari tim kesehatan Mabes Polri yang sejak awal melakukan observasi kepada Fahrizal. Observasi dilakukan bagian dari rangkaian visum kejiwaan.

"Visum ini dibutuhkan waktu 14 hari. Tim yang melakukan observasi juga dari internal polisi dan pihak eksternal yang terdiri dari ahli kejiwaan rumah sakit Pirngadi da RSJ," sebut Andi.

Diberitakan, rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr M Ildrem di Jalan Tali Air, Medan ditunjuk untuk merawat Kompol Fahrizal. Di RSJ milik Pemprov Sumut itu, Fahrizal kan menjalani serangkaian observasi yang akan ditangani dokter khusus.

Direktur RSJ Prof Dr M Ildrem, Chandra Syafei SpoG mengatakan tak mengetahui pasti alasan polisi melakukan pembantaran ke RSJ. Hanya saja katanya, untuk mengetahui kondisi kejiwaannya, Kompol Fahrizal akan ditangani oleh tim persatuan dokter jiwa.

"Kita nggak tau, karna menurut informasi (Kompol Fahrizal) ini mau ditangani tim persatuan dokter jiwa. Sebenarnya kalau di Polda itu kan ada dokter jiwanya juga, mungkin karena penting. Kita juga belum tau ni, namanya setiap pasien yang datang pasien apapun dia kita terima lah disini mana indikasi rawat inap, mana pasien rawat jalan," terang Chandra saat dihubungi wartawan, Rabu (18/4/2018).

Saat ini lanjutnya, pihaknya belum mengetahui pasti kondisi kejiwaan yang dialami mantan Kasat Reskrim Polresta Medan ini. Sebab katanya, Kompol Fahrizal baru masuk ke RSJ, pada Senin (15/4) lalu.

"Belumlah baru masuk itu, baru ditangani tim belum ada laporan sama kita. Nanti kalau sudah lengkap diagnosanya apa, baru kita tau kondisi kejiwaannya bagaimana," katanya. (mtc/fae)

Editor: Faeza

T#g:kompol fahrizal
Komentar
Minggu, 19 Agu 2018 17:29Berita Sumut

Buku 'Kita Telah Mati', Keresahan Dadang Darmawan akan Degradasi Pancasila

Dadang Darmawan Pasaribu, mantan aktivis dan merupakan salah seorang bakal calon anggota DPD RI asal Sumatera akan merilis buku berjudul 'Kita Telah Mati. Buku ini akan mengupas soal ideologi Pancasila lewat kacamata kritis.

Minggu, 19 Agu 2018 15:51Berita Sumut

Merampok dan Memberikan Perlawanan di Bedil Polisi

Tersangka berinisial MJ Alias Jefri ,21, Jalan Selebes Gang 17 Kampung Salam Kel.Belawan II Kec.Medan Belawan, terpaksa di lumpuhkan dengan timah panas

Minggu, 19 Agu 2018 15:50Berita Sumut

Tim Evakuasi Temukan Satu Lagi Jasad Korban Bus Masuk Jurang di Tobasa

Pada pencarian lanjutan hari ini Minggu (19/8/18), tim evakuasi berhasil menemukan satu jasad korban bus masuk jurang di Tobasa.

Minggu, 19 Agu 2018 14:48Berita Sumut

Wali Kota Ingin Wujudkan Medan Bagian Utara Jadi Ekowisata Mangrove & Bahari

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Wakil Wali kota or Akhyar Nasution MSi bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan menanam sebanyak 2018

Minggu, 19 Agu 2018 13:44Berita Sumut

Pasukan Garuda UNIFIL Gelar Upacara HUT RI ke-73 di Lebanon Selatan

Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Garuda UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) misi perdamaian dunia menggelar upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018, bertempat di Lapangan Soekarno, Markas Indobatt UNP 7-1 Adchits

Minggu, 19 Agu 2018 12:30Berita Sumut

Gasak Harta Benda Tetangga, Pemuda Ini Meringkuk Dibui

Seorang pemuda berinisial SB (19) warga Dusun III Desa cinta Dame Kecamatan Percut Seituan diamankan warga karena menggasak harta benda milik tetangganya Timbul Sinaga (39), Sabtu (18/8/2018) malam. Saat ini tersangka sudah diamankan di Polsek Percut Seit

Minggu, 19 Agu 2018 11:52Nasional

Milad ke-20, Wakil Ketum FPI Teriakkan Kader Harus Tunduk pada Ulama dan Siap Bertempur Demi Ulama

Wakil Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ja'far Shodiq menggemakan wacana 2019 Ganti Presiden di acara ulang tahun atau Milad ke-20 FPI di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (19/8) pagi.

Minggu, 19 Agu 2018 11:46Berita Sumut

Pemuda Ini Menjambret untuk Belikan Sang Adik Kado Ulangtahun

Keinginan AY,22, untuk membelikan kado ulangtahun untuk sang adik kandas. Bahkan dia nyaris tewas dihajar warga di kawasan Jalan Perjuangan Desa Bandar Setia kec. Percut Seituan, Sabtu (18/8/2018) malam yang emosi melihat aksi Ayub dan rekanny

Minggu, 19 Agu 2018 11:22Berita Sumut

HUT Proklamasi di PTPN IV Kebun Balap Berlangsung Meriah, Karyawan Kebun Jadi Tim Paskibra

Pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 73 Republik Indonesia di PTPN IV Kebun Balap, Desa Kuala Batahan, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal berlangsung meriah dan berbeda dari tahun - tahun sebelumnya. Mengapa

Minggu, 19 Agu 2018 11:03Internasional

Presiden Palestina Ancam Akan Tinjau Kesepakatan Damai dengan Israel

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengancam akan meninjau kembali seluruh perjanjian damai yang pernah disepakati dengan Israel jika Tel Aviv terus melanggar aturan internasional.

Minggu, 19 Agu 2018 11:00Internasional

Fiji Diguncang Gempa Berkekuatan 8,2 SR

Gempa berkekuatan 8,2 SR yang kuat melanda Fiji pada Minggu, (19/8).

Minggu, 19 Agu 2018 10:56Internasional

Qatar Tuduh Arab Saudi Halangi Warganya Berhaji

Pemerintah Qatar menuduh Arab Saudi telah menghalangi masyarakat mereka untuk menunaikan ibadah haji pada 2018 ini.

Minggu, 19 Agu 2018 10:51Lifestyle

Perhelatan Asian Games, Ini Dia Hal-hal yang Diharamkan Ketika Memasuki Stadion GBK

Upacara pembukaan Asian Games 2018 tinggal beberapa jam lagi. Acara megah tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Sabtu (18/8) pukul 19.00 WIB.

Minggu, 19 Agu 2018 10:47Lifestyle

Penerbangan Danau Toba-Malaysia Resmi Beroperasi, Malindo Air jadi Maskapai Pembuka

Penerbangan internasional pertama Bandara Silangit resmi dilakukan maskapai Malindo Air, Jumat (17/8) dengan menghubungkan Bandara Sultan Abdul Aziz Shah, Subang, Malaysia, dengan Bandara Silangit.

Minggu, 19 Agu 2018 10:34Nasional

Kapolri: Saya Paham Kebebasan Berpendapat, Tapi Dilarang Demonstrasi Selama Perhelatan Asian Games

Kepolisian Republik Indonesia mengeluarkan maklumat pelarangan demonstrasi selama penyelenggaraan Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September.

Minggu, 19 Agu 2018 10:30Ekonomi

Lira Terpuruk, Erdogan Tantang Pihak yang Permainkan Ekonomi Turki

Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan siap meladeni semua pihak yang mempermainkan ekonomi Turki.