• Home
  • Berita Sumut
  • Diduga Mau Melakukan Politik Uang, Caleg dan Tiga Timses Partai Gerindra Diamankan Polres Nias

Diduga Mau Melakukan Politik Uang, Caleg dan Tiga Timses Partai Gerindra Diamankan Polres Nias

Faeza Selasa, 16 April 2019 12:54 WIB
mtc/ist
Polisi kembali mengamankan pelaku politik uang menjelang hari pemungutan suara di Sumatera Utara. Kali ini, pada Selasa (16/4/2019) Polres Nias bersama dengan Bawaslu Kota Gunungsitoli mengamankan seorang calon legislatif Partai Gerindra berinisial DRG a
MATATELINGA, Nias:  Polisi kembali mengamankan pelaku politik uang menjelang hari pemungutan suara di Sumatera Utara. Kali ini, pada Selasa (16/4/2019) Polres Nias bersama dengan Bawaslu  Kota Gunungsitoli mengamankan seorang calon legislatif Partai Gerindra berinisial DRG alias Damili bersama tiga orang tim suksesnya karena diduga mau melakukan politik uang.


DRG diketahui merupakan Caleg Partai Gerindra untuk DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Partai Gerindra Dapil 8. Dapil itu terdiri dari Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Selatan.  Dia juga diketahui merangkap sebagai ketua tim pemenangan Capres/Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi se Kepulauan Nias.

Sedangkan tiga orang tim sukses yang diamankan masing-masing berinisial MHA alias Ama Wiwin ,37, KT alias Kesa ,18, FL alias Ama Eva (55).

Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan membeberkan pengungkapan dugaan politik uang ini terjadi pada hari Selasa (16/4/2019) sekitar pukul 02.30 WIB di Jalan Sirao No. 07, persisnya di Posko Relawan milik DRG, Caleg DPRD Propinsi Sumut Dapil 8 Kepulauan Nias dari Partai Gerindra. Saat itu lanjut Deni, polisi mendapat informasi adanya dugaan kasus politik uang di sana. 


"Atas informasi itu, personel Sat Reskrim Polres Nias melakukan penyelidikan atas kebenaran. Setelah dilakukan penyelidikan ternyata benar diketahui adanya aktifitas yang tidak wajar di Posko Relawan Calon Legilatif DPRD Propinsi Sumatera Utara dari Partai Gerindra No urut 5 atasnama Darmili," urainya, Senin (16/4/2019).

Kemudian lanjut Deni, personel Sat Reskrim Polres Nias berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Gunungsitoli dan selanjutnya personel Sat  Reskrim Polres Nias mengikuti 1 unit sepeda motor yang keluar dari Posko relawan tersebut. Sepeda motor itu dikendarai oleh MHA alias Wiwin dan berboncengan dengan KT alias Kesa. 

Sesampainya di simpang Jalan Sisingamangaraja simpang Tandrawana,  sepeda motor tersebut diberhentikan dan pengendara sepeda motor disuruh untuk membuka jok sepeda motornya dan ternyata di dalam jok sepeda motor ditemukan 1 blok uang sebesar Rp 20 juta. Uang itu  terdiri dari uang pecahan Rp.20 ribu.

Dari penjelasan keduanya, mereka mengaku uang tersebut diambil dari Posko Relawan milik Damili tersebut. Uang itu  diserahkan oleh FL alias Ama Eva kepada Meliedi kepada Ama Wiwin.


"Meliedi dan Kesaktian kita amankan dan dibawa ke Kantor Posko Relawan Caleg Damili. Kita bertemu Damili dan dia mengakui benar ada menyerahkan uang kepada Fatolosa sebesar Rp 60 juta, untuk  keperluan pemilihan dirinya sebagai Caleg DPRD Propinsi Sumatera Utara," ungkap Deni.

Lebih lanjut, Tim melakukan pencarian terhadap laki-laki yang bernama Fatolosa dan berhasil mengetehui keberadaannya pada saat sedang mengendarai sepeda motor dan selanjutnya, Fatolosa diamankan dan diperoleh uang tunai sebesar Rp. 40 juta.

Fatolosa yang diinterogasi membenarkan telah menerima uang dari Damili. Uang itu rencananya dipergunakan untuk pemenangan Damili sebagai Caleg DPRD Propinsi Sumatera Utara pada Pemilu tanggal 17 April 2019, yang mana uang tersebut akan dibagikan kepada pemilih di wilayah Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur dengan jumlah pemilih sebanyak 2.400 orang, serta besar uang yang akan dibagikan setiap orangnya adalah sebesar Rp 20 ribu                      dengan total sebesar Rp. 48 juta. Sedangkan Rp. 12 juta, untuk uang minyak Tim yang bekerja di lapangan. 

"Dari posko relawan Caleg Damili, kita dapatkan dokumen tanda terima uang kepada Fatolosa serta catatan jumlah pemilih dan nama pemilih serta foto copy KTP pemilih di setiap Desa di Wilayah Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur," terang Deni.

Barang bukti yang diamankan, uang sebesar Rp. 60 juta terdiri dari uang pecahan Rp. 20 ribu. Kemudian kwitansi tanda terima uang. Catatan jumlah pemilih setiap Desa di Wilayah Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur. Daftar Nama – Nama pemilih pasti di wilayah Kecamatan  Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur. Lalu, 1 buah  Laptop Merk Acer berwarna Gold, 1 buah printer merk  Pixma berwarna hitam dan 2 unit sepeda motor. 

"Untuk keempat laki-laki tersebut beserta barang bukti dibawa ke Polres Nias untuk dilakukan interogasi awal dan selanjutnya akan diserahkan ke Bawaslu Kota Gunungsitoli," tutup Deni. (mtc/fae)
Editor: Faeza

T#g:Caleg tertangkap tanganMatatelingaPoldasuPolres NiasTerkinibagi bagi uangPolitik UangPolres Nias
Komentar
Selasa, 18 Jun 2019 21:18Berita Sumut

Polsek Medan Baru Tangkap Geng Motor SL Pelaku Perampokan Disertai Penganiayaan

Aksi perampokan disertai penganiayaan yang dilakukan anggota geng motor SL di Medan berakhir sudah. Tiga orang anggota geng motor itu berinisial D ,25, A ,18, dan G ,45, ditangkap.

Selasa, 18 Jun 2019 20:14Berita Sumut

Pelarian Pelaku Pembunuhan Karyawati Bank Mandiri Syariah Terhenti

Teka teki kematian karyawati Bank Mandiri Syariah, Santi Devi Malau nampaknya mulai terkuak oleh Polres Tapanuli Tengah. Kerja keras yang dilakukan jajaran Polres Tapteng untuk mengungkap motif pembunuhan petugas Coustomer Service tersebut.

Selasa, 18 Jun 2019 19:51Berita Sumut

Kapolsek Patumbak Anjangsana ke Purnawiraran Polri

Kapolsek Patumbak Polrestabes Medan AKP Ginanjar Fitriadi, SH, S.I.K beserta Personel Polsek Patumbak melaksanakan Anjangsana ke beberapa Purnawirawan Polri yg bertempat tinggal di Wilayah Polsek Patumbak Polrestabes Medan, pada Selasa (18/6/2019) mulai P

Selasa, 18 Jun 2019 19:46Berita Sumut

Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Silaturahmi Dengan Wartawan

Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumatera Utara (Sumut) mengadakan silaturahmi dengan wartawan unit Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut di Aula Raja Inal Siregar, Selasa (18/6/2019). Diharapkan sinergi antara Biro Humas dan wartawan semakin meningkat

Selasa, 18 Jun 2019 19:31Berita Sumut

Pemprov Sumut Dukung Pengembangan Budidaya Kacang Macadamia

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menyambut baik rencana peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) pada 27 Juni 2019 di Huta Ginjang, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Masyarakat pun diimbau untuk beralih membudidayakan tanaman yang ramah li

Selasa, 18 Jun 2019 19:16Berita Sumut

Kapolsek : Kita semua bersaudara

Dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke - 73, Polsek Patumbak melakukan bersih-bersih di rumah ibadah (Gereja) Methodist di Jln Perjuangan IV Dusun IV Ds. Sigara-gara Kec. Patumbak, Selasa (18/5/2019).

Selasa, 18 Jun 2019 19:01Berita Sumut

Eratkan Komunikasi, Kapolrestabes Medan Anjangsana ke Rumah Ustadz Masri Sitanggang

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto didampingi Kasat Intel Polrestabes Medan AKBP Masana Sembiring dan Kapolsek Percut Seituan Kompol Subroto Anjangsana ke rumah Ustadz Dr Masri Sitanggang di Jalan Gambir Pasar VIII No 98 Kecamatan Percut Se

Selasa, 18 Jun 2019 18:49Internasional

Menurut PBB : Populasi di Bumi Akan Capai 9.7 Miliar Jiwa pada 2050

Berdasarkan laporan yang dirilis PBB, Senin, 17 Juni 2019 memperkirakan populasi manusia di bumi akan mencapai angka 9.7 miliar jiwa pada tahun 2050. Jumlah itu naik pesat dari populasi saat ini yang berada di angka 7.7 miliar jiwa dengan populasi di wila

Selasa, 18 Jun 2019 18:29Berita Sumut

Anggota DPRD Medan Zulkifli Lubis Meninggal Dunia

Anggota DPRD Medan Zulkifli Lubis meninggal dunia usai pingsan di parkiran basement gedung DPRD Medan, Selasa (18/6/2019) sekira pukul 16.35 Wib. Politisi PPP ini meninggal setelah sebelumnya sempat dibawa ke Rumah Sakit Malahayati, Medan.

Selasa, 18 Jun 2019 18:25Internasional

Ini Dia Kapal Nabi Nuh Seperti Digambarkan Alquran

Perlu diketahui, bahwa Nabi Nuh AS merupakan salah satu nabi Ulul Azmi, yaitu sebuah gelar khusus bagi golongan nabi istimewa yang mempunyai ketabahan luar biasa. Dikisahkan selama berdakwah, Nabi Nuh selalu dihina oleh kaumnya.

Selasa, 18 Jun 2019 18:04Berita Sumut

Terpidana Henry Panjaitan Serahkan Uang Pengganti Kerugian Negara ke Kejari Pematangsiantar

Keluarga terpidana Ir. Henry Panjaitan yang sudah divonis dalam kasus korupsi pembangunan kios darurat Pasar Horas Kota Pematangsiantar, menyerahkan uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 247.070.000 kepada Kepala Kejaksaan Negeri Pematangsiantar Ferzi

Selasa, 18 Jun 2019 18:03Berita Sumut

Melalui Komsos, Babinsa Koramil 16/TM Serap Aspirasi dan Permasalahan Warga Binaan

Melalui komunikasi sosial (Komsos), bintara pembina desa (Babinsa) Jajaran Koramil 16/Tanjung Morawa Kodim 0201/BS bisa menyerap aspirasi dan permasalahan masyarakat di wilayah binaannya.

Selasa, 18 Jun 2019 17:48Berita Sumut

Edy Rahmayadi Harapkan DMDI Jadi Pelopor Pemersatu Masyarakat Melayu di Sumut

Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) diharapkan menjadi pelopor pemersatu masyarakat Melayu di Sumatera Utara (Sumut). Hal itu diperlukan mengingat, Sumut sebagai “negeri berbilang kaum” yang memiliki beragam suku dan agama.

Selasa, 18 Jun 2019 17:33Berita Sumut

Wakil Wali Kota Tepungtawari Calon Haji Kecamatan Medan Deli

Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mengajak Jama'ah Calon Haji agar bersyukur karena telah mendapat panggilan ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam yang Kelima yakni Ibadah Haji. Karena, sambung Akhyar, tidak banyak yang benar

Selasa, 18 Jun 2019 17:18Berita Sumut

Polda Sumut Kawal BPN dan PTPN II Distribusikan Tanah ke Masyarakat

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara akan mengawal proses pendistribusian lahan eks PTPN ke masyarakat. Langkah ini dilakukan agar penerima lahan memang warga yang mempunyai hak.

Selasa, 18 Jun 2019 17:08Berita Sumut

Maruli Siahaan Jalin Silaturahmi dengan Pengurus NU Kota Medan

Kombes Pol (Purn) Dr Maruli Siahaan SH MH kunjungi kantor Nahdatul Ulama (NU) Kota Medan di Jalan Palang Merah Medan, Selasa (18/6/2019) untuk lebih mempererat tali silaturahmi, terutama dengan pengurus baru NU Kota Medan.