• Home
  • Berita Sumut
  • Diduga Mau Melakukan Politik Uang, Caleg dan Tiga Timses Partai Gerindra Diamankan Polres Nias

Diduga Mau Melakukan Politik Uang, Caleg dan Tiga Timses Partai Gerindra Diamankan Polres Nias

Faeza Selasa, 16 April 2019 12:54 WIB
mtc/ist
Polisi kembali mengamankan pelaku politik uang menjelang hari pemungutan suara di Sumatera Utara. Kali ini, pada Selasa (16/4/2019) Polres Nias bersama dengan Bawaslu Kota Gunungsitoli mengamankan seorang calon legislatif Partai Gerindra berinisial DRG a
MATATELINGA, Nias:  Polisi kembali mengamankan pelaku politik uang menjelang hari pemungutan suara di Sumatera Utara. Kali ini, pada Selasa (16/4/2019) Polres Nias bersama dengan Bawaslu  Kota Gunungsitoli mengamankan seorang calon legislatif Partai Gerindra berinisial DRG alias Damili bersama tiga orang tim suksesnya karena diduga mau melakukan politik uang.


DRG diketahui merupakan Caleg Partai Gerindra untuk DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Partai Gerindra Dapil 8. Dapil itu terdiri dari Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Selatan.  Dia juga diketahui merangkap sebagai ketua tim pemenangan Capres/Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi se Kepulauan Nias.

Sedangkan tiga orang tim sukses yang diamankan masing-masing berinisial MHA alias Ama Wiwin ,37, KT alias Kesa ,18, FL alias Ama Eva (55).

Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan membeberkan pengungkapan dugaan politik uang ini terjadi pada hari Selasa (16/4/2019) sekitar pukul 02.30 WIB di Jalan Sirao No. 07, persisnya di Posko Relawan milik DRG, Caleg DPRD Propinsi Sumut Dapil 8 Kepulauan Nias dari Partai Gerindra. Saat itu lanjut Deni, polisi mendapat informasi adanya dugaan kasus politik uang di sana. 


"Atas informasi itu, personel Sat Reskrim Polres Nias melakukan penyelidikan atas kebenaran. Setelah dilakukan penyelidikan ternyata benar diketahui adanya aktifitas yang tidak wajar di Posko Relawan Calon Legilatif DPRD Propinsi Sumatera Utara dari Partai Gerindra No urut 5 atasnama Darmili," urainya, Senin (16/4/2019).

Kemudian lanjut Deni, personel Sat Reskrim Polres Nias berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Gunungsitoli dan selanjutnya personel Sat  Reskrim Polres Nias mengikuti 1 unit sepeda motor yang keluar dari Posko relawan tersebut. Sepeda motor itu dikendarai oleh MHA alias Wiwin dan berboncengan dengan KT alias Kesa. 

Sesampainya di simpang Jalan Sisingamangaraja simpang Tandrawana,  sepeda motor tersebut diberhentikan dan pengendara sepeda motor disuruh untuk membuka jok sepeda motornya dan ternyata di dalam jok sepeda motor ditemukan 1 blok uang sebesar Rp 20 juta. Uang itu  terdiri dari uang pecahan Rp.20 ribu.

Dari penjelasan keduanya, mereka mengaku uang tersebut diambil dari Posko Relawan milik Damili tersebut. Uang itu  diserahkan oleh FL alias Ama Eva kepada Meliedi kepada Ama Wiwin.


"Meliedi dan Kesaktian kita amankan dan dibawa ke Kantor Posko Relawan Caleg Damili. Kita bertemu Damili dan dia mengakui benar ada menyerahkan uang kepada Fatolosa sebesar Rp 60 juta, untuk  keperluan pemilihan dirinya sebagai Caleg DPRD Propinsi Sumatera Utara," ungkap Deni.

Lebih lanjut, Tim melakukan pencarian terhadap laki-laki yang bernama Fatolosa dan berhasil mengetehui keberadaannya pada saat sedang mengendarai sepeda motor dan selanjutnya, Fatolosa diamankan dan diperoleh uang tunai sebesar Rp. 40 juta.

Fatolosa yang diinterogasi membenarkan telah menerima uang dari Damili. Uang itu rencananya dipergunakan untuk pemenangan Damili sebagai Caleg DPRD Propinsi Sumatera Utara pada Pemilu tanggal 17 April 2019, yang mana uang tersebut akan dibagikan kepada pemilih di wilayah Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur dengan jumlah pemilih sebanyak 2.400 orang, serta besar uang yang akan dibagikan setiap orangnya adalah sebesar Rp 20 ribu                      dengan total sebesar Rp. 48 juta. Sedangkan Rp. 12 juta, untuk uang minyak Tim yang bekerja di lapangan. 

"Dari posko relawan Caleg Damili, kita dapatkan dokumen tanda terima uang kepada Fatolosa serta catatan jumlah pemilih dan nama pemilih serta foto copy KTP pemilih di setiap Desa di Wilayah Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur," terang Deni.

Barang bukti yang diamankan, uang sebesar Rp. 60 juta terdiri dari uang pecahan Rp. 20 ribu. Kemudian kwitansi tanda terima uang. Catatan jumlah pemilih setiap Desa di Wilayah Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur. Daftar Nama Nama pemilih pasti di wilayah Kecamatan  Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur. Lalu, 1 buah  Laptop Merk Acer berwarna Gold, 1 buah printer merk  Pixma berwarna hitam dan 2 unit sepeda motor. 

"Untuk keempat laki-laki tersebut beserta barang bukti dibawa ke Polres Nias untuk dilakukan interogasi awal dan selanjutnya akan diserahkan ke Bawaslu Kota Gunungsitoli," tutup Deni. (mtc/fae)
Editor: Faeza

T#g:Caleg tertangkap tanganMatatelingaPoldasuPolres NiasTerkinibagi bagi uangPolitik UangPolres Nias
Komentar
Senin, 16 Sep 2019 19:46Berita Sumut

Miliki Ganja, 2 Pemuda Diamankan Polsek Sei Kanan

Terkait penyalahgunaan Narkotika, Unit Oprasional (Opsnal) Polsek Sei Kanan berhasil mengamankan 2 orang laki-laki dewasa yakni AR alias Dona ,28, warga Dusun Sentosa, Desa Sambungan, Kecamatan Sei Kanan, Labuhanbatu Selatan dan JFN alias Fadi ,29, warga

Senin, 16 Sep 2019 19:43Berita Sumut

Samsir Pohan : Pemuda Harus Rebut Peran Strategis

Pemuda harus mempersiapkan diri dengan baik agar mampu berdaya saing tinggi dan mampu mengambil peran-peran strategis dalam menghadapi 100 tahun Indonesia Merdeka atau yang sering disebut Indonesia Emas 2045.

Senin, 16 Sep 2019 19:33Berita Sumut

Hermansyah: Wartawan Bekerja Berdasarkan UU No 40/1999, Harus Saling Menghargai

Terkait pelarangan wartawan melakukan peliputan pelantikan anggota DPRD Kota Medan, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumut, Hermansjah, angkat bicara mengenai insiden pengusiran sejumlah wartawan

Senin, 16 Sep 2019 19:29Berita Sumut

Menantu Jokowi Berkunjung ke DPD Partai Golkar Sumut, Ini yang Dibahas

Menantu Presiden RI Joko Widodo, Bobby Nasution mengunjungi Kantor DPD Partai Golkar Sumut di Jalan KH Wahid Hasyim Medan, Senin (16/9) sore. Dalam kesempatan itu, Bobby yang didampingi pamannya Doli Sinomba Siregar berbicara mengenai kondisi politik di

Senin, 16 Sep 2019 19:16Berita Sumut

Diduga Korupsi Dana Desa, Ratusan Masyarakat Geruduk Kantor Kades Sei Penggantungan

Ratusan Masa aksi yang mengatas namakan masyarakat dari Dusun Satu sampai Dusun Delapan Desa Sei Penggantungan, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupten Labuhanbatu, menggeruduk Kantor Kepala Desa, mengawali aksinya, masa berjalan berorasi menuju lokasi Kantor Ke

Senin, 16 Sep 2019 19:01Nasional

Panglima TNI : Menghentikan Kebakaran Hutan dan Lahan Adalah Ibadah

Prajurit TNI jika ingin punya amal yang baik, ladang ibadah saat ini adalah bagaimana caranya kita menghentikan kebakaran hutan dan lahan. Itu adalah ibadah, namun tetap harus menjaga faktor kesehatan.

Senin, 16 Sep 2019 18:17Berita Sumut

151 PPTK Ikuti Pelatihan Terkait Pengelolaan Dana Kelurahan

Sebanyak 151 orang Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pengelola Dana Kelurahan di lingkungan Pemko Medan mengikuti pelatihan di Hotel Grand Kanaya, Jalan Darussalam Medan

Senin, 16 Sep 2019 17:13Nasional

Kasum TNI Tutup Kejurnas Karate Piala Panglima TNI ke-VII Tahun 2019

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. diwakili oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto secara resmi menutup Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Panglima TNI ke-VII tahun 2019, bertempat di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, C

Senin, 16 Sep 2019 16:34Berita Sumut

Anak Mantan Sekda Padangsidimpuan Ketangkap Nyabu

Satres Narkoba Polres Padangsidimpuan meringkus seorang PNS di Dinas Sosial Pemko Padangsidempuan terlibat kasus penggunaan narkoba. Pelaku berinisial RSS alias Riyan ,33, ini juga merupakan putra dari eks Sekda Padangsidimpuan.

Senin, 16 Sep 2019 16:00Berita Sumut

Kabut Asap Makin Parah, Warga Riau Mulai Mengungsi

Seorang warga Medan bernama Fatimahtuzzuhra El-Karim yang sudah dua tahun menetap di Kampar, Riau terpaksa kembali ke Medan akibat asap dari kebakaran hutan dan lahan di provinsi itu.

Senin, 16 Sep 2019 15:45Berita Sumut

Satpam Usir Wartawan saat Pelantikan Anggota DPRD Medan

Pelantikan anggota DPRD Medan Periode 2019-2024 tercoreng akibat prilaku seorang satpam atau petugas pengamanan yang mengusir wartawan saat acara berlangsung, Senin (16/9). Padahal kehadiran wartawan saat itu tidak menganggu proses acara.

Senin, 16 Sep 2019 15:30Berita Sumut

Dipanggil Sebagai Tersangka, Anggota DPRD Sumut Terpilih Ini Abaikan Polda Sumut

Tersangka kasus dugaan penipuan proyek revitalisasi Pasar Horas Pematangsiantar, Benny Harianto Sihotang mengabaikan panggilan penyidik Subdit II/Harda-Tahbang Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut, Senin (16/9). Seyogiayanya, anggota DPRD Sumut yang dil

Senin, 16 Sep 2019 15:15Berita Sumut

Ini Harapan Eldin Kepada Anggota DPRD Medan Periode 2019-2024

Rapat Paripurna DPRD Kota Medan dalam rangka Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Medan Masa Jabatan 2019-2024 berlangsung penuh khidmat di Gedung DPRD Medan, Senin (16/9). Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Kelas IA Khusus Dr Djaniko M H Girsang SH MH ya

Senin, 16 Sep 2019 15:00Berita Sumut

Kecewa Penanganan Polres Taput, Keluarga Candra Simamora Mengadu ke Poldasu

Keluarga Candra Simamora, Senin (16/9) mengadu ke Poldasu terkait kasus kematian korban warga Desa Pantis Kecamatan Pahae Julu Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) tersebut yang terjadi Minggu (1/9) lalu di pinggir Jalan Tarutung Siporok Desa Pancurnapi

Senin, 16 Sep 2019 14:40Berita Sumut

Pura-pura Jadi Keluarga Pengantin, Seorang Pria Curi Sepeda Motor dari Pesta Pernikahan

Berbagai modus dilakukan para pelaku kejahatan untuk memuluskan aksi jahatnya. Termasuk dilakukan seorang pria yang nekat mencuri sepeda motor dari satu lokasi pernikahan di Medan dengan cara berpura-pura menjadi keluarga pengantin.

Senin, 16 Sep 2019 14:21Berita Sumut

Mahasiswa Beri Bunga dan Obat Masuk Angin Kepada Pimpinan Sementara DPRD Sumut

Mahasiswa itu langsung menuju Baskami Ginting dari PDIP yang didapuk sebagai Ketua Sementara DPRD Sumut. Didatangi sejumlah mahasiswa, Baskami sempat kaget. Namun mahasiswa langsung buru-buru memberinya ucapan selamat dan memberikan hadiah bunga serta oba