• Home
  • Berita Sumut
  • Diduga Mau Melakukan Politik Uang, Caleg dan Tiga Timses Partai Gerindra Diamankan Polres Nias

Diduga Mau Melakukan Politik Uang, Caleg dan Tiga Timses Partai Gerindra Diamankan Polres Nias

Faeza Selasa, 16 April 2019 12:54 WIB
mtc/ist
Polisi kembali mengamankan pelaku politik uang menjelang hari pemungutan suara di Sumatera Utara. Kali ini, pada Selasa (16/4/2019) Polres Nias bersama dengan Bawaslu Kota Gunungsitoli mengamankan seorang calon legislatif Partai Gerindra berinisial DRG a
MATATELINGA, Nias:  Polisi kembali mengamankan pelaku politik uang menjelang hari pemungutan suara di Sumatera Utara. Kali ini, pada Selasa (16/4/2019) Polres Nias bersama dengan Bawaslu  Kota Gunungsitoli mengamankan seorang calon legislatif Partai Gerindra berinisial DRG alias Damili bersama tiga orang tim suksesnya karena diduga mau melakukan politik uang.


DRG diketahui merupakan Caleg Partai Gerindra untuk DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Partai Gerindra Dapil 8. Dapil itu terdiri dari Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Selatan.  Dia juga diketahui merangkap sebagai ketua tim pemenangan Capres/Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi se Kepulauan Nias.

Sedangkan tiga orang tim sukses yang diamankan masing-masing berinisial MHA alias Ama Wiwin ,37, KT alias Kesa ,18, FL alias Ama Eva (55).

Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan membeberkan pengungkapan dugaan politik uang ini terjadi pada hari Selasa (16/4/2019) sekitar pukul 02.30 WIB di Jalan Sirao No. 07, persisnya di Posko Relawan milik DRG, Caleg DPRD Propinsi Sumut Dapil 8 Kepulauan Nias dari Partai Gerindra. Saat itu lanjut Deni, polisi mendapat informasi adanya dugaan kasus politik uang di sana. 


"Atas informasi itu, personel Sat Reskrim Polres Nias melakukan penyelidikan atas kebenaran. Setelah dilakukan penyelidikan ternyata benar diketahui adanya aktifitas yang tidak wajar di Posko Relawan Calon Legilatif DPRD Propinsi Sumatera Utara dari Partai Gerindra No urut 5 atasnama Darmili," urainya, Senin (16/4/2019).

Kemudian lanjut Deni, personel Sat Reskrim Polres Nias berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Gunungsitoli dan selanjutnya personel Sat  Reskrim Polres Nias mengikuti 1 unit sepeda motor yang keluar dari Posko relawan tersebut. Sepeda motor itu dikendarai oleh MHA alias Wiwin dan berboncengan dengan KT alias Kesa. 

Sesampainya di simpang Jalan Sisingamangaraja simpang Tandrawana,  sepeda motor tersebut diberhentikan dan pengendara sepeda motor disuruh untuk membuka jok sepeda motornya dan ternyata di dalam jok sepeda motor ditemukan 1 blok uang sebesar Rp 20 juta. Uang itu  terdiri dari uang pecahan Rp.20 ribu.

Dari penjelasan keduanya, mereka mengaku uang tersebut diambil dari Posko Relawan milik Damili tersebut. Uang itu  diserahkan oleh FL alias Ama Eva kepada Meliedi kepada Ama Wiwin.


"Meliedi dan Kesaktian kita amankan dan dibawa ke Kantor Posko Relawan Caleg Damili. Kita bertemu Damili dan dia mengakui benar ada menyerahkan uang kepada Fatolosa sebesar Rp 60 juta, untuk  keperluan pemilihan dirinya sebagai Caleg DPRD Propinsi Sumatera Utara," ungkap Deni.

Lebih lanjut, Tim melakukan pencarian terhadap laki-laki yang bernama Fatolosa dan berhasil mengetehui keberadaannya pada saat sedang mengendarai sepeda motor dan selanjutnya, Fatolosa diamankan dan diperoleh uang tunai sebesar Rp. 40 juta.

Fatolosa yang diinterogasi membenarkan telah menerima uang dari Damili. Uang itu rencananya dipergunakan untuk pemenangan Damili sebagai Caleg DPRD Propinsi Sumatera Utara pada Pemilu tanggal 17 April 2019, yang mana uang tersebut akan dibagikan kepada pemilih di wilayah Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur dengan jumlah pemilih sebanyak 2.400 orang, serta besar uang yang akan dibagikan setiap orangnya adalah sebesar Rp 20 ribu                      dengan total sebesar Rp. 48 juta. Sedangkan Rp. 12 juta, untuk uang minyak Tim yang bekerja di lapangan. 

"Dari posko relawan Caleg Damili, kita dapatkan dokumen tanda terima uang kepada Fatolosa serta catatan jumlah pemilih dan nama pemilih serta foto copy KTP pemilih di setiap Desa di Wilayah Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur," terang Deni.

Barang bukti yang diamankan, uang sebesar Rp. 60 juta terdiri dari uang pecahan Rp. 20 ribu. Kemudian kwitansi tanda terima uang. Catatan jumlah pemilih setiap Desa di Wilayah Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur. Daftar Nama Nama pemilih pasti di wilayah Kecamatan  Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur. Lalu, 1 buah  Laptop Merk Acer berwarna Gold, 1 buah printer merk  Pixma berwarna hitam dan 2 unit sepeda motor. 

"Untuk keempat laki-laki tersebut beserta barang bukti dibawa ke Polres Nias untuk dilakukan interogasi awal dan selanjutnya akan diserahkan ke Bawaslu Kota Gunungsitoli," tutup Deni. (mtc/fae)
Editor: Faeza

T#g:Caleg tertangkap tanganMatatelingaPoldasuPolres NiasTerkinibagi bagi uangPolitik UangPolres Nias
Komentar
Jumat, 26 Apr 2019 23:25Berita Sumut

Miris, Calon Anggota DPRD P.Sidimpuan Tidak Menghadiri Pemakaman Perwira Pejuang Demokrasi

Sungguh Miris dan sangat disayangkan akan ketidakhadiran para calon DPRD Kota padangsidimpuan yang tidak menghadiri pemakaman perwira polisi

Jumat, 26 Apr 2019 23:22Berita Sumut

Diseutas Tali Pinggang, Nyawaku Hilang

Apriyanto (19) mengakhiri hidupnya Sangat tragis, pria yang tercatat ngekost di Jalan Sisingamangaraja

Jumat, 26 Apr 2019 20:54Berita Sumut

Ibu Mana Yang Tega Membuang Orok Bayi Dalam Parit

Puluhan warga Jalan Saudara, Kelurahan Timbang Deli, Medan Amplas berbondong bondong melihat dengan penemuan sesosok mayat orok bayi perempuan di dalam parit, Jumat (26/4/2019).

Jumat, 26 Apr 2019 20:34Berita Sumut

Eldin Harapkan Kesejahteraan Buruh Meningkat Dengan Baik

Sumatera Utara khususnya Kota Medan merupakan salah satu Provinsi yang mendapat penghargaan anugerah keselamatan dan kesehatan kerja. Ini semua merupakan buah kerja keras semua pihak yang terus bersinergi untuk menciptakan atmosfer kerja yang terbaik.

Jumat, 26 Apr 2019 20:19Berita Sumut

Pak Wakil Bupati Asahan...Sudah Bolehkah Truck Tronton Bermuatan Non Sembako Masuk Kota ?.

Peraturan Bupati Asahan yang kala itu masih di jabat oleh Almarhum Taufan Gama Simatupang, sudah melarang segala jenis kendaraan berat bermuatan non sembako memasuki inti kota Kisaran, namun peraturan yang dibuat senantiasa tidak diindahkan oleh Dinas Per

Jumat, 26 Apr 2019 20:04Berita Sumut

Tipu Mahasiswa Mau Pergi Study Banding, Indra Mendekam di Jeruji Besi

Ahmad Indra Batubara (48) warga Jalan Prona I, Kelurahan Petapahan Lubukpakam ditangkap personel Polsek Medan Baru.

Jumat, 26 Apr 2019 19:46Nasional

CPNS Bakamla Terima Wawasan Pelatihan Dasar Militer

Personel dan CPNS Bakamla yang terlihat bugar dan berkeringat, berkumpul di tribun Stadion Velodrome, Rawamangun, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Jumat, 26 Apr 2019 19:29Berita Sumut

Masyarakat Sumut Diajak Dalami Sejarah Kelahiran Provinsi

Ada yang istimewa dan berbeda pada peringatan hari jadi ke 71 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun ini. Masyarakat diajak mendalami sejarah tentang kelahiran Provinsi Sumut melalui seminar yang mengusung tema "Menimba Inspirasi Pembangunan yang Berm

Jumat, 26 Apr 2019 19:13Berita Sumut

Sumatera Barat Expo 2019 Akan Diadakan di Medan

ali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Ir Khairul Syahnan menerima kunjungan dari Provinsi Sumatera Barat di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Medan, Jumat (26/4). Maksud kunjungan Pemerintah Provinsi Sumat

Jumat, 26 Apr 2019 18:55Berita Sumut

Keynote Speaker Seminar Nasional Teknik, Akhyar Paparkan Hal Ini

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menjadi keynote speaker (pembicara utama) dalam Seminar Nasional Teknik di Aula Fakultas Tekhnik Universitas Islam Sumatera Utara (FT-UISU), Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (26/4/2019). Seminar Nasional T

Jumat, 26 Apr 2019 18:40Berita Sumut

Sekdako Medan : Semua Harus Tanggap Terhadap Ancaman Bencana

Selanjutnya Sekda mengungkapkan, berkaitan dengan kejadian tersebut, diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran, baik Pemerintah Kota, TNI, Polri, swasta, relawan, dan tentu saja masyarakat dalan upaya pengurangan resiko bencana sampai pada kegiatan evakuasi

Jumat, 26 Apr 2019 18:24Berita Sumut

MIS Open 2019 Diharapkan Mampu Lahirkan Atlet Tangguh & Handal

Sebanyak 386 peserta dari 33 club sepatu roda di Indonesia di Indonesia ditambah 44 peserta dari India mengikuti kejuaraan Indonesia Roller Sport Series II Medan Inline Skate (MIS) Open 2019 di Lintasan Sepatu Roda Taman Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata

Jumat, 26 Apr 2019 18:09Berita Sumut

Jajaran Kepolisian di Sumut Siap Amankan May Day 2019

Jajaran kepolisian di Sumatera Utara siap mengamankan perayaan hari buruh sedunia (May Day) pada 1 Mei 2019 mendatang. Seluruh polres di Sumut sudah melakukan berbagai persiapan untuk pengamanan perayaan kaum buruh tersebut.

Jumat, 26 Apr 2019 17:46Berita Sumut

Nyaru Jadi Pembeli, Personil Polsek Bandar Pulau Ciduk Pengedar Narkoba

Pedagang narkotika jenis sabhu berinisial ARF alias Andre (29) warga dusun I desa Rahuning kecamatan Rahuning Asahan, ketangkul personil Reskrim Polsek Bandar Pulau Asahan. Dia tertangkap tangan setelah polisi menyaru sebagai pembeli narkotika, Kamis (25/

Jumat, 26 Apr 2019 17:15Ekonomi

Sumut Masih Berpeluang Tekan Inflasi

Melihat tren perkembangan harga selama bulan April ini, Sumatera Utara (Sumut) masih berpeluang mencetak laju tekanan inflasi. Sejumlah harga kebutuhan pokok masih mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Salah satu komoditasnya adalah bawang putih diman

Jumat, 26 Apr 2019 16:19Berita Sumut

Soal Dugaan Penyelewengan DBH PBB, Polda Sumut Periksa Bupati Labura

Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Poldasu memeriksa Bupati Labuhan Batu Utara (Labura) Khairuddin Syah Sitorus di Mapolda Sumut, Jumat (26/4/2019). Pemeriksaan diduga sekaitan dengan dugaan penyelewengan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak B