• Home
  • Berita Sumut
  • Dinas PU & Kecamatan Medan Kota Atasi Keluhan Warga Jalan Mahkamah

Dinas PU & Kecamatan Medan Kota Atasi Keluhan Warga Jalan Mahkamah

Faeza Selasa, 13 Maret 2018 15:47 WIB
mtc/ist
Keresahan warga yang bermukim di Jalan Mahkamah, persisnya belakang Masjid Raya Al Mahsun, Kelurahan Masjid, Kecamatan Medan Kota terkait dengan tidak diangkutnya tanah bercampur lumpur hasil normalisasi drainase teratasi sudah. Selasa (13/3), jajar
MATATELINGA, Medan: Keresahan warga yang bermukim  di Jalan Mahkamah, persisnya  belakang Masjid  Raya Al Mahsun, Kelurahan Masjid, Kecamatan Medan Kota terkait dengan tidak diangkutnya  tanah bercampur lumpur hasil  normalisasi drainase  teratasi sudah. Selasa (13/3), jajaran Kecamatan Medan Kota bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan melakakukan pembersihan.

Satu unit beko mini beserta sejumlah truk pun diturunkan Dinas PU  untuk mengangkut seluruh material  hasil  pengorekan drainase tersebut. Selain petugas Dinas PU, pembersihan juga melibatkan seluruh personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Kota.

Sebelum pembersihan  dilakukan, warga sekitar merasa resah. Sebab, pinggiran Jalan Mahkamah dipenuhi tanah bercampur lumpur hasil normalisasi drainase yang dilakukan beberapa waktu lalu. Normalisasi dilakukan untuk mengatasi penyumbatan sekaligus sendimentasi sesuai dengan instruksi Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi.

Diakui Warga, normalisasi berjalan dengan baik dan lancar. Drainase yang ada kini telah berfungsi sebagai penampung debit air hujan sekaligus saluran air setelah sebelumnya tersumbat dan dipenuhi sampah. Namun persoalan baru mucul, aktifitas warga terganggu karena tumpukan tanah dan lumpur menumpuk di pinggiran jalan.

"Tidak hanya mengganggu aktifitas warga, tumpukan tanah bercampur lumpur bekas pengorekan drainase sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas serta menimbulkan  abu yang mengotori rumah warga. Sebab, volume jalan berkurang menyusul kehadiran tanah bercampur lumpur. Untuk itulah kami berharap agar tumpukan lumpur bercampur tanah itu segera didiangkut dan dibersihkan," ungkap seorang pria paro baya, warga sekitar.

Camat Medan Kota Edi Mulia Matondang mengaku, pihaknya memahami keresahan warga sekitar. Namun pihaknya tak bisa melakukan pembersihan terhadap tumpukan tanah bercampur lumpur secara manual manual.  Oleh karenanya dia pun  langsung berkoordinasi dengan Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan Lubis guna membantu mengatasi keresahan warga tersebut.

"Alhamdulillah, pagi ini  satu unit alat berat dan sejumlah truk milik Dinas PU diturunkan untuk membersihkan tumpukan tanah bercampur lumpur tersebut. Untuk membantu pembersihan, kita kerahkan seluruh personel P3SU. Kita harapkan hari ini juga kawasan ini bersih dari tumpukan tanah bercampur," kata Edi Mulia.

Pengorekan berjalan dengan lancar, operator beko mini bekerja dengan cetakan mengangkati tumpukan tanah di pinggir jalan dan selanjutnya menempatkannya dalam truk. Setelah penuh, truk kemudian membawa dan membuangnya ke lokasi pembuangan. Ada sekitar 200 meter pinggiran Jalan Mahkamah yang dipenuhi tumpukan tanah bercampur lumpur.

Warga sekitar sangat gembira melihat pembersihan yang dilakukan tersebut. Mereka pun langsung mengucapkan terima kasih kepada Dinas PU dan jajaran Kecamatan Medan Kota karena telah menindaklanjuti keresahan selama ini.  "Semoga aktifitas dan kelancaran arus lalu lintas kembali normal seperti biasa," harap salah seorang warga.

Edi Mulia selanjutnya mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas PU guna mengatasi genangan air maupun banjir, termasuk yang berkaitan dengan hasil pengorekan drainase di wilayahnya kerjanya. Di samping itu dia pun tak bosan-bosannya mengajak seluruh warganya untuk selalu menjaga kebersihan tempat tinggalnya masing-masing  dengan tidak membuang sampah sembarangan,  terutama ke dalam drainase. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:Pemko Medan
Komentar
Minggu, 23 Sep 2018 13:46Berita Sumut

Masyarakat Medan Antusias Saksikan Pawai Obor Asian Para Games 2018

Ribuan masyarakat kota Medan antusias menyaksikan parade pawai obor Asian Para Games 2018, Minggu (23/9).

Minggu, 23 Sep 2018 13:43Berita Sumut

1.850 Pesepeda Ramaikan Tour de Sinabung 5

Sebanyak 1.850 pesepeda meramaikan Tour de Sinabung 5, yang dilaksanakan Minggu 23 September 2018. Para peserta berasal dari berbagai komunitas sepeda di Indonesia dan juga Malaysia.

Minggu, 23 Sep 2018 09:59Berita Sumut

Akibat Krosleting Listrik, Grosir di Medan Deli Terbakar

Sebuah toko grosir milik Ndalani Ginting (58) di Jalan Pulau Sumatera Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli terbakar,

Minggu, 23 Sep 2018 09:43Lifestyle

Ketika 'Sakinah Mawaddah Wa Rahmah' Bukan Sekedar Ucapan, Melainkan Doa Pengharapan

MENIKAH merupakan salah satu ibadah dalam keyakinan agama Islam. Menikah sendiri pada dasarnya adalah sebuah langkah baru yang menyenangkan dalam kehidupan seseorang.

Minggu, 23 Sep 2018 09:31Lifestyle

Lalla Salma, Perempuan Penghapus Kultur Poligami di Maroko

BUKAN rahasia umum lagi jika seorang raja memiliki banyak permaisuri. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi sang raja jika bisa meminang banyak perempuan dan mengumpulkannya dalam satu kerajaan yang sama. Bukan begitu?

Minggu, 23 Sep 2018 09:25Internasional

Kapal Ferry Tanzania Alami Kecelakaan, Diperkirakan Ratusan Orang Tewas Teggelam

SEORANG penyintas ditemukan di dalam kapal ferry Tanzania yang terbalik, dua hari setelah bencana di Danau Victoria itu. Sementara peti-peti mati yang akan digunakan untuk memakamkan 167 korban telah tiba.

Minggu, 23 Sep 2018 09:20Internasional

Bakar Majikan dan Ketiga Anaknya, Seorang Pengasuh Akhirnya Dieksekusi

Seorang pengasuh China dieksekusi setelah dengan sengaja menyalakan api yang menewaskan seorang ibu dan tiga anaknya di kota Hangzhou.

Minggu, 23 Sep 2018 09:04Internasional

Bagaimana Jadinya Jika Gurita 'Menelan' Ekstasi?

GURITA yang diberi obat ekstasi menjadi lebih sosial dan mencoba untuk berpelukan, seperti ditemukan sebuah penelitian.

Minggu, 23 Sep 2018 09:00Nasional

3500 Berita Hoax Beredar di Medsos, Polri Imbau Masyarakat Lebih Cerdas dan Bijak

Markas Besar Polri mengingatkan masyarakat agar cerdas berselancar di media sosial. Polri mencatat tiap hari rata-rata ada 3.500 informasi hoaks beredar di medsos. Jumlah ini diprediksi terus meningkat menjelang Pilpres 2019.

Minggu, 23 Sep 2018 08:56Nasional

Resmi jadi Cawapres, KH Ma'ruf Amin Mundur dari Rais Aam PBNU

Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma'ruf Amin resmi mundur dari jabatan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Namun, ia menegaskan masih tetap sebagai kader yang siap memperjuangkan nilai-nilai serta perjuangan keagamaan NU.

Minggu, 23 Sep 2018 08:44Nasional

Gempa M=4,2 Guncang Lombok Utara

Gempa dengan kekuatan 4,2 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa itu terjadi pada Minggu (23/9/2018) dini hari.

Minggu, 23 Sep 2018 08:25Ekonomi

Bagaimana Nasib Tenaga Honorer di Tengah Seleksi CPNS? Begini Tanggapan BKN

Pemerintah menyadari tidak semua Tenaga Honorer Kategori II (KII) bisa mengikuti Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Tahun Anggaran 2018 ini.

Minggu, 23 Sep 2018 07:32Berita Sumut

Gubernur Edy Rahmayadi Sambut Obor Asian Para Games 2018

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut obor Indonesia Asian Para Games 2018 yang akan diarak di Kota Medan, Minggu (23/9/2018). Dari api yang menyala, diharapkan semangat para atlet dari provinsi ini terpancar untuk memenangi setiap pert

Minggu, 23 Sep 2018 07:17Ekonomi

Krisis Ekonomi Argentina Picu Kekhawatiran, Tapi Alejandro Bulgheroni Adalah Pengecualian

Krisis keuangan di Argentina menimbulkan kekhawatiran di negera berkembang lainnya termasuk Indonesia. Krisis Argentina disebut berpotensi mempengaruhi pasar keuangan.

Minggu, 23 Sep 2018 07:02Berita Sumut

Gubernur Edy Rahmayadi : Mahalnya Harga Buku Harus Dicarikan Solusinya

Mahalnya harga buku masih menjadi kendala upaya meningkatkan minat baca di tengah masyarakat. Karena itu, perlu dicarikan solusi, apakah harga buku yang diturunkan atau adanya subsidi.

Minggu, 23 Sep 2018 06:47Nasional

Kapuskes TNI : Tanamkan Semangat Militansi Pada Pelaksanaan Baksos Kesehatan TNI

Dengan pelaksanaan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan semakin dihargai, semakin disegani dan semakin dicintai oleh rakyat, karena pada hakekatnya profesionalisme TNI adalah untuk rakyat. Untuk itu, tanamkan jiwa disipli