• Home
  • Berita Sumut
  • Dinas PU & Kecamatan Medan Kota Atasi Keluhan Warga Jalan Mahkamah

Dinas PU & Kecamatan Medan Kota Atasi Keluhan Warga Jalan Mahkamah

Faeza Selasa, 13 Maret 2018 15:47 WIB
mtc/ist
Keresahan warga yang bermukim di Jalan Mahkamah, persisnya belakang Masjid Raya Al Mahsun, Kelurahan Masjid, Kecamatan Medan Kota terkait dengan tidak diangkutnya tanah bercampur lumpur hasil normalisasi drainase teratasi sudah. Selasa (13/3), jajar
MATATELINGA, Medan: Keresahan warga yang bermukim  di Jalan Mahkamah, persisnya  belakang Masjid  Raya Al Mahsun, Kelurahan Masjid, Kecamatan Medan Kota terkait dengan tidak diangkutnya  tanah bercampur lumpur hasil  normalisasi drainase  teratasi sudah. Selasa (13/3), jajaran Kecamatan Medan Kota bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan melakakukan pembersihan.

Satu unit beko mini beserta sejumlah truk pun diturunkan Dinas PU  untuk mengangkut seluruh material  hasil  pengorekan drainase tersebut. Selain petugas Dinas PU, pembersihan juga melibatkan seluruh personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Kota.

Sebelum pembersihan  dilakukan, warga sekitar merasa resah. Sebab, pinggiran Jalan Mahkamah dipenuhi tanah bercampur lumpur hasil normalisasi drainase yang dilakukan beberapa waktu lalu. Normalisasi dilakukan untuk mengatasi penyumbatan sekaligus sendimentasi sesuai dengan instruksi Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi.

Diakui Warga, normalisasi berjalan dengan baik dan lancar. Drainase yang ada kini telah berfungsi sebagai penampung debit air hujan sekaligus saluran air setelah sebelumnya tersumbat dan dipenuhi sampah. Namun persoalan baru mucul, aktifitas warga terganggu karena tumpukan tanah dan lumpur menumpuk di pinggiran jalan.

"Tidak hanya mengganggu aktifitas warga, tumpukan tanah bercampur lumpur bekas pengorekan drainase sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas serta menimbulkan  abu yang mengotori rumah warga. Sebab, volume jalan berkurang menyusul kehadiran tanah bercampur lumpur. Untuk itulah kami berharap agar tumpukan lumpur bercampur tanah itu segera didiangkut dan dibersihkan," ungkap seorang pria paro baya, warga sekitar.

Camat Medan Kota Edi Mulia Matondang mengaku, pihaknya memahami keresahan warga sekitar. Namun pihaknya tak bisa melakukan pembersihan terhadap tumpukan tanah bercampur lumpur secara manual manual.  Oleh karenanya dia pun  langsung berkoordinasi dengan Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan Lubis guna membantu mengatasi keresahan warga tersebut.

"Alhamdulillah, pagi ini  satu unit alat berat dan sejumlah truk milik Dinas PU diturunkan untuk membersihkan tumpukan tanah bercampur lumpur tersebut. Untuk membantu pembersihan, kita kerahkan seluruh personel P3SU. Kita harapkan hari ini juga kawasan ini bersih dari tumpukan tanah bercampur," kata Edi Mulia.

Pengorekan berjalan dengan lancar, operator beko mini bekerja dengan cetakan mengangkati tumpukan tanah di pinggir jalan dan selanjutnya menempatkannya dalam truk. Setelah penuh, truk kemudian membawa dan membuangnya ke lokasi pembuangan. Ada sekitar 200 meter pinggiran Jalan Mahkamah yang dipenuhi tumpukan tanah bercampur lumpur.

Warga sekitar sangat gembira melihat pembersihan yang dilakukan tersebut. Mereka pun langsung mengucapkan terima kasih kepada Dinas PU dan jajaran Kecamatan Medan Kota karena telah menindaklanjuti keresahan selama ini.  "Semoga aktifitas dan kelancaran arus lalu lintas kembali normal seperti biasa," harap salah seorang warga.

Edi Mulia selanjutnya mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas PU guna mengatasi genangan air maupun banjir, termasuk yang berkaitan dengan hasil pengorekan drainase di wilayahnya kerjanya. Di samping itu dia pun tak bosan-bosannya mengajak seluruh warganya untuk selalu menjaga kebersihan tempat tinggalnya masing-masing  dengan tidak membuang sampah sembarangan,  terutama ke dalam drainase. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:Pemko Medan
Komentar
Sabtu, 15 Des 2018 23:30Lifestyle

Awas Kejebak, ini Macam-Macam Tipe Diskon yang Harus Kita Tau

ulan Desember merupakan tanda bahwa kita sudah berada di penghujung tahun. Biasanya pada bulan ini, akan banyak pusat perbelanjaan dan brand yang mengeluarkan diskon. Diskon natal atau diskon akhir tahun misalnya.

Sabtu, 15 Des 2018 23:15Nasional

Tega Cabuli Gadis di Bawah Umur Berkali-Kali, Sopir Mobil ini di Bekuk Polisi

Seorang sopir mobil material bangunan terpaksa berurusan dengan polisi. Betapa tidak, duda anak satu ini tega melakukan pencabulan anak di bawah umur. Ironisnya, tidak hanya sekali tapi berkali-kali.

Sabtu, 15 Des 2018 23:00Bola

Liverpool Bekuk Manchester United 1-2 Dalam Laga Lanjutan Liga Inggris 2018-2019

Menghadapi laga besar melawan Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris 2018-2019, Manchester United berada dalam kondisi yang kurang menyenangkan. Maklum saja, pasalnya tim besutan Jose Mourinho itu tengah dilanda oleh badai cedera, yang membuat mereka tak b

Sabtu, 15 Des 2018 22:45Nasional

Pemilu 2019, KPU Akan Kembali Gunakan Kotak Bilik Suara dari Karton Kedap Air, ini Penjelasannya

Pemilu 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggunakan kotak suara yang berbahan karton kedap air. Ketua KPU RI, Arief Budiman pun menyakini jika kotak suara karton tersebut akan aman karena sudah empat kali digunakan saat pemilu beberapa waktu lalu dan

Sabtu, 15 Des 2018 22:30Bola

Liga Inggris: Man City Bekuk Everton 3-1 di Etihad Stadium

Manchester City meraih hasil positif saat bertemu Everton di pekan ke-17 Liga Inggris 2018-2019. Bermain di markas kebanggaan mereka, Etihad Stadium, Sabtu (15/12/2018) malam WIB, pasukan Pep Guardiola bahkan sudah unggul lebih dulu di babak pertama lewat

Sabtu, 15 Des 2018 22:15Nasional

Wafat saat Ceramah di Hadapan Ribuan Jamaah, KH Buchori Amin Tutup Usia

Kabar duka terdengar dari Malang, seorang ulama kharismatik KH. Buchori Amin asal Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, wafat saat tengah mengisi ceramah agama dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren (Ponpes) Al

Sabtu, 15 Des 2018 22:00Nasional

Gempa 4,7 SR Guncang Papua

Gempa berkekuatan 4,7 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Sabtu (15/12/2018) pukul 21.13 WIB. Gempa ini berpusat di darat sekitar 16 kilometer arah timur laut Kepulauan Yapen.

Sabtu, 15 Des 2018 21:45Nasional

Pangkalpinang: Berontak Saat Dibekuk Polisi, 2 Bandit Jalanan ini di Dor

Tim jajaran Polres Pangkalpinang mengamankan 12 pelaku sindikat kejahatan berbagai modus. Mereka kerap meresahkan warga Kota Pangkalpinang. Sementara 2 diantaranya pelaku Nanang dan Atman terpaksa ditembak dibagian kaki, karena mencoba melarikan diri dan

Sabtu, 15 Des 2018 21:30Internasional

Australia Akui Yerusalem Barat Sebagai Ibu Kota Israel

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison pada Sabtu mengumumkan bahwa Australia telah memutuskan untuk secara resmi mengakui Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel. Namun Morrison belum akan memindahkan kantor kedutaan Australia di Israel ke Yerusalem.

Sabtu, 15 Des 2018 21:15Internasional

India: 11 Tewas dan Lebih Dari 90 Orang Dirawat Setelah Makan Sesajen

Sedikitnya sebelas orang, termasuk dua anak-anak tewas dan lebih dari 90 lainnya dilarikan ke rumah sakit setelah mengonsumsi sesajen keagamaan di sebuah kuil di Negara Bagian Karnataka, selatan India. Polisi setempat mengategorikan kasus ini sebagai kasu

Sabtu, 15 Des 2018 21:00Nasional

Upacara Peringatan Hari Juang Kartika 2018, Kasad Sampaikan, Palagan Ambarawa Merupakan Sejarah yang Tak Bisa Dilupakan

Peristiwa Palagan Ambarawa merupakan sejarah bangsa Indonesia yang menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat melawan kekuatan kolonial Belanda.

Sabtu, 15 Des 2018 20:45Nasional

Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Jambi

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. beserta Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D. didampingi Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., Kapuspen TNI Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.Tr. (Han), Waasops Panglima

Sabtu, 15 Des 2018 20:30Berita Sumut

Polres Asahan Bersama Pemerintah Kabupaten Asahan Semarakkan Kebangkitan Olah Raga Nasional

“Mensana Incorpore sano” didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat , itulah yang akan diwujudkan kapolres Asahan AKBP.Faisal Florentinus Napitupulu,SIK.MH yang telah bersinergi dengan Pemerintah kabupaten Asahan dalam mewujudkan visi dan misi Asaha

Sabtu, 15 Des 2018 20:15Ekonomi

Indonesia-Taiwan Tandatangani Nota Kerjasama Perlindungan dan Kesejahteraan Pekerja Migran

Pemerintah Indonesia melalui Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei (IETO) melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO) mengenai perekrutan, penempatan, dan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Sabtu, 15 Des 2018 20:00Nasional

Hanyut Disungai, Anak Laki-laki ini Tewas Tenggelam

Seorang bocah tewas setelah tenggelam di Sungai Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Sebelumya, korban bersama lima rekannya bermain di sungai dan tak menyadari debit sungai meningkat drastis akibat guyuran hujan deras.

Sabtu, 15 Des 2018 19:53Berita Sumut

Pria Bersenpi Diamankan Kompi B 126/KC Damuli

Personil Kompi B 126/KC Damuli mengamankan seorang pria yang kedapatan memiliki senjata api, Sabtu(15/12).