• Home
  • Berita Sumut
  • Dinilai Lambat, Eldin Kecewa Lihat Progres Pembangunan Jalan Alternatif Simpang Selayang-Pasar Induk

Dinilai Lambat, Eldin Kecewa Lihat Progres Pembangunan Jalan Alternatif Simpang Selayang-Pasar Induk

faeza Kamis, 17 Januari 2019 18:30 WIB
Mtc/ist
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH dan Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi kembali meninjau jalan alternatif (tembus) yang menghubung Simpang Selayang dengan Pasar Induk Lau Cih, Kamis (17/1). Saat ini jalan tembus yang baru selesai diba
MATATELINGA, Medan: Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH dan Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi  kembali meninjau jalan alternatif (tembus)  yang menghubung Simpang Selayang dengan Pasar Induk Lau Cih, Kamis (17/1/2019). Saat ini jalan tembus yang baru selesai dibangun baru satu ruas jalan  dengan ukuran panjang 630 meter dan lebar 6,5 meter. Direncanakan, tiga ruas jalan lagi pembangunannya menyusul untuk mendukung kelancaran arus kenderaan yang keluar masuk dari pasar induk modern terbesar di Sumatera Utara tersebut.


Peninjauan ini dilakukan Wali Kota untuk melihat sejauh sama progres pembangunan jalan alternatif yang telah dilakukan. Begitu melihat baru satu ruas jalan yang selesai, Wali Kota sempat marah. Sebab, ia menilai pengerjaan yang dilakukan terlalu lambat sehingga keberadaan jalan alternatif yang bertujuan untuk mempersingkat akses menuju Pasar Induk Laucih belum dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Selain Wakil Wali Kota, peninjauan yang dilakukan Wali kota turut didampingi Kadis Pekerjaan Umum Khairul Syahnan, Kadis Perhubungan Renward Parapat, Kabag Humas Ridho Nasution dan Camat Medan Tuntungan Gelora Kurnia Putra Ginting. Setelah melihat  pembangunan jalan alternatif belum rampung, langsung mengistruksikan kepada Syahnan segera mempercepat penyelesaian tiga ruas jalan lagi.

Apalagi di tengah-tengah empat ruas jalan itu nantinya, juga akan dibangun jalur Light Rail Transit (LRT) sebagai salah satu solusi mengatasi kemacetan yang ada di Kota Medan. "Saya minta pembangunan jalan altenatif ini  secepatnya diselesaikan. Setelah itu selesai akan dilanjutkan dengan pembangunan  jalur LRT yang akan menghubungkan bagian selatan Kota Medan (Pasar Indul Laucih)  hingga bagian utara Kota Medan (Jalan William Iskandar/Pancing). Keberadaan LRT ini sebagai salah satu solusi mengatasi mkemacetan di Kota Medan," kata Wali Kota.


Dijelaskan Wali Kota, jalur LRT yang akan dibangun nanti sepanjang 17,3 kilometer. Direncanakan, jalur LRT itu akan melintasi Stasiun  Besar Kereta Api Medan, Jalan Williem Iskandar, Jalan M Yamin, Jalan Gatot Subroto, Jalan Iskandar Muda, Jalan Universitas Sumatera Utara (USU), Jalan Setia Budi, Jalan Jamin Ginting dan terakhir di Pasar Induk Laucih.

Selain pembangunan LRT, jelas Wali Kota, Pemko Medan juga akan menghadirkan Bus Rapid Transit (BRT) yang akan menghubungkan Terminal Terpadu Amplas dan Terminal Terpadu Pinang Baris  guna mendukung upaya mengurai kemacetan di Kota Medan. Dikatakannya, LRT dan BRT ini nantinya akan terpadu sehingga masyarakat nantinya lebih memilih menggunakan angkutan massal dibandingkan angkutan pribadi.

Itu sebabnya Wali Kota mendesak agar pecepatan penyelesaian pembangunan jalan alternatif harus secepatnya dilakukan. Wali Kota tidak mau ada alasan, sebab keberadaan jalan alternatif memang sangat vital.  Selain mendukung kelancaran akses keluar masuk pasar induk dan mengatasi kemacetan, juga mendukung geliat perekonomian.

Khairul Syahnan pun langsung mengamini instruksi Wali kota tersebut. Dia beserta jajarannya akan bekerja keras untuk menyelesaikan pembangunan jalan alternatif tersebut. "Kita segera mempercepat penyesaian pembangunannya (jalan alternatif), insya Allah  ketiga ruas jalan akan selesai pada April 2019 karena kita menggunakan sistem e-katalog," janji Syahnan.


Usai mengecek kondisi jalan alternatif, Wali kota bersama Wakil Wali Kota selanjutnya meninjau titik-titik yang akan dijadikan lokasi berdirinya jalur LRT, begitu juga lokasi yang akan dibangun menjadi Depo LRT nantinya. Begitu proses administrasi dan anggaran sudah rampung, Wali Kota mengatakan pembangunan LRT pun segera dilakukan.

Sementara itu menurut Kadis Perhubungan Kota Medan Renward Parapat yang ikut dalam peninjauan, pembangunan LRT dan BRT seharusnya sudah dimulai tahun 2010 namun masih terkendala dengan anggaran. Di mapinmg itu ungkap Renward, Pemko Medan juga kemarin telajh diskusi dengan pihak Provinsi Sumatera Utara terkait pembangunan LRT dan BRT tersebut.

"Dari hasil diskusi yang dilakukan, pihak Provinsi Sumut mungkin ingin bergabung dengan kita terkait pemabngunan LRT dan BRT. Selain itu dalam kesimpulan diskusi kemari, Bapak Sekda akan ekspose sama Bapak Gubsu. Dengan demikian  harapan kita pembangunannya dapat dilaksanakan bersama sehingga anggaran pendanaan untuk pembangunan LRT dan BRT dengan menggunakan APBN nantinya bisa dibantu pihak Provinsi Sumut," ungkap Renward.


Kemudian Renward menjelaskan, pembangunan LRT dan BRT menggunakan anggaran APBN dan pihak ketiga karena dilakukan dengan sistem KPBU(Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha). Kita (Pemko Medan) selaku PPJK-nya (penanggung jawab) kegiatan. "Yang pasti pembangunan LRT dan BRT ini merupakan ide dan usulan Bapak Wali Kota," paparnya.

Selanjutnya Renward memaparkan, angkutan umum yang melintasi kawasan selatan ini nantinya akan memasuki kawasan Pasar Induk Laucih, begitu juga dengan bus yang masuk AKAP (Angkutan Kota Antar Provinsi) dan AKDP(Angkutan Kota Dalam Provinsi) berpangkalan di Pasar Induk Lau Cih. Oleh karenanya Renward akan mengkordinasikan itu dengan pihak Dishub Provinsi Sumut.

Setelah jalan alternatif selesai dibangun dan efektif digunakan, Renward mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Pelaksanaan  Jalan Nasional untuk memasang traffic light di persimpangan jalan alternatif yang masuk dari persimpangan Jalan Jamin Ginting dan Simpang Selayang, begitu juga di pintu masuk yang selama ini dipergunakan guna mempermudah masyarakat maupun pedagang keluar masuk Pasar Induk Laucih. (mtc)
                  
Editor: faeza

T#g:Jalan Alternatif Simpang Selayang-Pasar IndukJalan Alternatif Simpang Selayang Pasar IndukMatatelingaTerkiniinfrastruktur medanPemko Medan
Komentar
Sabtu, 23 Feb 2019 09:15Berita Sumut

Hadiri Silaturahmi Akbar Masyarakat Melayu, Soekirman Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman dan Wabup H Darma Wijaya menghadiri acara Silaturahmi Akbar Masyarakat Melayu Kabupaten Serdang Bedagai di Lapangan Replika Sultan Serdang Kecamatan Pegajahan, Jumat (22/2/2019).

Sabtu, 23 Feb 2019 09:00Berita Sumut

Tim Prabowo-Sandi Targetkan 65 Persen Peroleh Suara di Sumut

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mentargetkan 65 persen suara untuk Prabowo-Sandi di Sumatera Utara. BPN yakin target ini tercapai lantaran Sumut merupakan salah satu lumbung suara Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut

Sabtu, 23 Feb 2019 08:38Berita Sumut

Soal Lahan Prabowo di Aceh, Ini Tanggapan Mantan Wagub Aceh

Mantan Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf memberikan komentarnya terkaitahan yang dikuasai Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto di Aceh Tengah seluas 120 ribu hektar. Dia mengatakan sekitar 30 persennya sudah dihuni warga setempat.

Sabtu, 23 Feb 2019 08:16Berita Sumut

Di Medan, Capres Prabowo Singgung Soal Pemindahan Ibu Kota

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, sejak Jumat (22/2) malam kemarin berkunjung ke Sumatera Utara. Mengawali kunjungannya di Medan, Prabowo bertemu warga Tionghoa di Gedung Selecta, Jalan Listrik, Medan. Di hadapan sekitar 1.500 undangan, mant

Sabtu, 23 Feb 2019 08:10Nasional

Pemilu 2019, Ridwan Kamis Tegaskan Menangkan Jokowi-KH Ma'ruf

Di sebuah warung di Jalan Terusan ABC, Kota Bandung, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bertemu dengan Tim Pengarah TKD Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sabtu, 23 Feb 2019 07:55Lifestyle

Sophia Latjuba Banjir Pujian Netizen, Usai Foto Seksinya Beredar Luas

Artis peran Sophia Latjuba kembali memperlihatkan pose seksinya melalui media sosial, Jumat (22/2/2019).

Sabtu, 23 Feb 2019 07:40Lifestyle

Viral, Selebgram Bohai Salmafina Sunan Lepas Hijab Usai Cerai Hingga Pamer Kekasih Baru

Selebgram Salmafina Sunan kini mulai terang-terangan mengenai statusnya yang sudah tak jomblo lagi.

Sabtu, 23 Feb 2019 07:25Nasional

Tragis, Suami Tega Bunuh Istrinya Sedang Hamil Tua Sontak Gegerkan Warga Net

Baru-baru ini, aksi keji dilakukan oleh seorang suami berinisial RS warga Kelurahan Tanjung Jaya, Kota Bengkulu yang tega membunuh istrinya sendiri, yakni ES disaat tengah hamil 9 bulan.

Sabtu, 23 Feb 2019 07:10Bola

Berikut Hasil Pertandingan Liga Inggris 2018-2019, Sabtu Malam

Pekan ke-27 Liga Inggris 2018-2019 diwarnai dengan hujan gol dari dua pertandingan yang digelar pada Sabtu (23/2/2019) dini hari WIB.

Sabtu, 23 Feb 2019 06:55Nasional

Viral, Anggota Panwaslu di Jotos Oknum Kepala Desa

Seorang oknum Kepala Desa diduga telah melakukan kekerasan kepada seorang pengawas pemilu (Panwaslu)

Sabtu, 23 Feb 2019 06:40Nasional

Israel Luncurkan Misi Pertama ke Bulan di Florida

Pesawat luar angkasa tanpa awak Israel, Beresheet, diluncurkan dari Cape Canaveral di Florida, Kamis (22/02/2019) malam.

Sabtu, 23 Feb 2019 06:25Nasional

Akhirya THR PNS & ASN Cair di Bulan Mei 2019, Hore...

Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau ASN akan cair pada Mei 2019.

Sabtu, 23 Feb 2019 06:10Lifestyle

Perseteruan Dewi Persik Dengan Keponakannya Semakin Keruh

Keponakan Dewi Perssik, Rosa Meldianti mangkir dari pemeriksaan sebagai tersangka dugaan kasus pencemaran nama baik kepada sang tante, pada Jumat 22 Februari 2019.

Sabtu, 23 Feb 2019 05:55Bola

AC Milan Menang Telak Atas Lawannya Empoli 3-0

AC Milan memetik kemenangan meyakinkan atas Empoli dengan skor 3-0 dalam laga lanjutan pekan ke-25 Liga Italia 2018-2019.

Jumat, 22 Feb 2019 23:58Lifestyle

Agama Islam Bolehkan Wanita Berkarir, Jika...

Islam hadir untuk memuliakan wanita. Di tengah masa-masa sebelum Islam, kaum wanita benar-benar menjadi golongan terbelakang.

Jumat, 22 Feb 2019 23:47Lifestyle

Salah Tafsir, Ini Sebab Orang Sakit Selalu Ngantuk

Saat sedang sakit, tubuh biasanya terasa lemas tak bertenaga. Jika sudah begini, orang biasanya menghabiskan waktu tanpa beranjak dari tempat tidur.