• Home
  • Berita Sumut
  • Ditandai Pelepasan Merpati, Menpar Resmikan The Kaldera Toba Nomadic Escape

Ditandai Pelepasan Merpati, Menpar Resmikan The Kaldera Toba Nomadic Escape

Faeza Kamis, 04 April 2019 20:53 WIB
Mtc/ist
Menteri Pariwisata Arief Yahya resmi membuka The Kaldera – Toba Nomadic Escape, Kamis (4/4) sore. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan burung merpati. Menpar optimis The Kaldera akan menjadi nomadic amenitas.
MATATELINGA,  Tobasa: Menteri Pariwisata Arief Yahya resmi membuka The Kaldera - Toba Nomadic Escape, Kamis (4/4/2019) sore. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan burung merpati.  Menpar optimis The Kaldera akan menjadi nomadic amenitas.


Kehadiran Menpar di The Kaldera, disambut dengan Tari Tor Tor dan balutan kain Ulos. Ada juga aksi berbalas pantun. 

Menpar datang bersama Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara, Staff Khusus Menpar Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono, juga Ketua Tim Percepatan 10 Bali Baru Hiramsyah S Thaib. Hadir juga kepala daerah sekitar Danau Toba, dan tamu undangan lainnya.

Rombongan ini diterima Kepala Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo, dan Ketua Tim Percepatan Nomadic Tourism Waizly Darwin.


Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, lahan The Kaldera bahkan lebih luas dari KEK Nusa Dua dan Tanjung Kelayang.

"Jadi harus dipahami. The Kaldera Toba Nomadic Escape itu berada di kawasan Toba Caldera Resort. Dan lebih luas dari Nusa Dua dan Tanjung Kelayang," terang mantan Dirut PT Telkom itu.

Menpar juga menjelaskan menjelaskan alasan membangun nomadic tourism di kawasan Danau Toba.
 
"Tentu ada alasan mengapa kita bangun The Kaldera ini. Saya menyebutnya sebagai nomadic tourism. Artinya bisa berpindah pindah. Kenapa bisa berpindah? Karena membangun amenitas yang tetap itu butuh waktu yang cukup lama," tuturnya. 

Dijelaskannya, membangun sebuah amenitas seperti hotel berbintang butuh waktu hingga lima tahun. "Dan mungkin saya tidak akan menikmati hasil dari pembangunan itu. Karena butuh watu lama. Sebagai solusi, kita hadirkan nomadic tourism. Saya yakin solusi ini untuk selamanya," paparnya.


Dengan karakternya, The Kaldera dinilai sangat cocok untuk menerapkan nomadic amenitas.

"Jadi, kita membuat klasifikasi untuk wisata nomadic ini. Seperti nomadic atraksi kita terapkan di Borobudur. Di Labuan Bajo, kita buat nomadic akses. Karena disana dilengkapi dengan yacht dan lainnya. Tantangan The Kalder adalah membuat atraksi di luar The Kaldera. Dan ini menjadi tugas Kepala BPDOT," katanya.

Menpar asal Banyuwangi itu juga memberikan contoh nomadic tourism yang namanya sudah sangat populer. Namanya, Cikole Orchid Forest di Lembang, Jawa Barat. 

"Fokus Orchid Forest adalah nomadic attraction. Karena, di sana ada acara live musik seperti Forchestra," jelasnya. 


Dalam kesempatan itu, Menpar juga berharap Danau Toba bisa lebih menjual. Dan cara yang paling mudah adalah memakai 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas).

"Harus ada atraksinya. Kalau Kita ingin menjadikan Danau Toba destinasi utama, maka 3A harus kelas dunia. Yang ada saat ini baik atraksi budaya, manmade, alam semua bagus, belum mendunia," katanya.

Dijelaskannya Kemenpar sedang fight agar Danau Toba dapat sertifikat sebagai Unesco Global Geopark. Menurutnya, Kemenpar akan terus berupaya agar Danau Toba mendapatkan status Unesco Global Geopark. (mtc/fae)
Editor: faeza

T#g:BpodtDanau tobaKaldera TobaMatatelingaMenteri PariwisataTerkiniThe kaldera
Komentar
Jumat, 23 Agu 2019 17:44Berita Sumut

Kejatisu Gelar Penerangan dan Penyuluhan Hukum di Kecamatan Sunggal

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) kembali menggelar acara penerangan dan penyuluhan hukum di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang yang dipusatkan di Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (23/8/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 17:43Berita Sumut

Soal Program Medan Bebas Banjir, Dandim 0201/BS Turun Langsung Komunikasi ke Warga

Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos turun langsung melakukan sosialisasi dan komunikasi persuasif kepada warga yang pemukimannya terkena proyek pelebaran parit untuk antisipasi banjir Kota Medan.

Jumat, 23 Agu 2019 17:28Berita Sumut

Gubsu Minta Sarasehan Kesehatan Digalakkan

Kegiatan pertemuan ilmiah dan sarasehan bersama para dokter dan praktisi kesehatan diharapkan dapat terus digalakkan. Sebab bidang ini menjadi satu prioritas dalam visi misi Sumut Bermartabat.

Jumat, 23 Agu 2019 17:13Berita Sumut

Polres Pelabuhan Belawan 'Tatar' Omak-Omak, Parbetor dan Ojek Bahaya Narkoba

Ratusan omak-omak, parbetor serta pengemudi ojek di Medan Utara ditatar tentang bahaya narkoba oleh Polres Pelabuhan Belawan,Jum'at (23/08/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 16:56Nasional

Kapolri Ikut Tinjau Penanganan Karhutla di Kalteng

Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (23/8/2019) pukul 09.15 WIB dengan pesawat Boeing 737 TNI AU.

Jumat, 23 Agu 2019 16:12Berita Sumut

Pejambret yang Seret IRT Dekat Polsek Helvetia Diringkus

Polisi tak lama meringkus pelaku jambret yang menyeret korbannya di dekat Mapolsek Helvetia. Ada dua orang pelaku yang ternyata sudah berulang kali melakukan penjambretan. Pelaku yang tertangkap yakni AS (20) dan FA. Keduanya warga Jalan Setia Luhur, Dwik

Jumat, 23 Agu 2019 15:56Berita Sumut

Polsek Kisaran Kota Ringkus Tiga Pengedar Narkoba, Dua Diantaranya Pasutri

Tiga orang tersangka pengedar narkotika jenis sabhu diantaranya merupakan pasutri dibekuk opsnal Reskrim Polsek Kota Kisaran yang dipimpin Ipda Arbin Rambe, Kamis (22/8/2019) sekira pukul 22.30 Wib dari dua tempat yang berbeda.

Jumat, 23 Agu 2019 14:40Berita Sumut

Kapoldasu Lantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani Sebagai Dirlantas Polda Sumut

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto resmi melantik Kombes Pol Kemas Ahmad Yani menjadi Direktur Lalulintas Polda Sumut di Aula Tribarata Polda Sumut

Jumat, 23 Agu 2019 14:25Berita Sumut

TPL Targetkan Pembibitan 2,8 Juta Eucalyptus

Eucalyptus merupakan bahan baku utama produksi pulp (bubur kertas) bagi PT Toba Pulp Lestari (TPL), Tbk. Batang pohon Eucalyptus diolah menjadi bubur kertas yang hasilnya diekspor ke dalam hingga luar negeri.

Jumat, 23 Agu 2019 14:02Berita Sumut

Polisi Grebek Rumah Pengoplosan Kecap Asin di Sidimpuan

Sebuah rumah yang dijadikan tempat pengoplosan kecap asin di i Jalan Sutoyo, Kelurahan Bincar, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan digrebek polisi, Selasa (20/8/2019) kemarin. Polisi mendapatkan 400 botol kosong yang diduga akan dijadik

Jumat, 23 Agu 2019 13:38Berita Sumut

Pemred Matatelinga.com Ketua Forum Wartawan PDAM Tirtanadi

Kepengurusan wartawan yang bertugas di PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara periode 2019-2021 secara resmi telah terbentuk. Amrizal dari matatelinga.com terpilih memimpin forum wartawan yang diberinama Forum Wartawan PDAM Tirtanadi(Forwadi) tersebut.

Jumat, 23 Agu 2019 12:37Berita Sumut

Kaki Dua Pengedar Narkoba di Asahan Dibedil Polisi

Dua pengedar narkotika jenis sabhu masing masing "MR alias Ridho" (26) dan "GAS alias Gilang" (19) keduanya warga jalan HM Yamin gang Kueni kelurahan Kisaran Naga Kecamatan Kota Kisaran Timur Asahan terpaksa dilumpuhkan opsnal Sat.Res.

Jumat, 23 Agu 2019 12:22Berita Sumut

Polisi dan BKSDA Sita Tiga Ekor Binturong dari Warga di Medan

Personil Unit 3 Subdit IV Tipiter Ditkrimsus Polda Sumatera Utara (Poldasu) bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) berhasil menyita tiga ekor Binturong dari seorang warga di Jalan HM. Joni Gang Aman I Teladan, Kecama

Jumat, 23 Agu 2019 11:57Berita Sumut

Kloter VII Embarkasi Medan Ziarah ke Taif

Dengan dikoordinir Ketua Kloter H. Syarif Husin, TPIHI H.Drs.Sarifuddin Daulay, dan Karom 1 H. Jairan,S.Sos.I dan Karom 2 H.Naim Lubis, Karom 8 H. Alfi Sahrin Srg, H. Kamlan Karom 6 jemaah Kloter MES 7 (Sergai, T.Tinggi) melakukan ziarah ke Taif, sekitar

Jumat, 23 Agu 2019 11:03Berita Sumut

Selidiki Kawasan Hutan Negara yang Dijadikan Jalan di Habinsaran, Tim Gakkum Tidak Dikawal Polres Tobasa

Tim gabungan Gakkum, BKSDA, Koramil-15 Habinsaran dan KPH-IV Balige yang terjun ke lokasi pembukaan jalan yang berada di Desa Pararungan Kecamatan Habinsaran tidak didampingi personil Polres Tobasa.

Jumat, 23 Agu 2019 10:48Berita Sumut

Pembukaan Jalan di Kawasan Hutan Lindung di Habinsaran Menuai Masalah

Pembukaan jalan di Desa Pararungan Kecamatan Habinsaran dengan menggunakan 2 buah alat berat menuai masalah. Masalah muncul ketika kepala desa melalui rapat desa memutuskan pembukaan jalan. Pasalnya jalan yang dimaksud ternyata berada di kawasan hutan