• Home
  • Berita Sumut
  • Ditandai Pelepasan Merpati, Menpar Resmikan The Kaldera Toba Nomadic Escape

Ditandai Pelepasan Merpati, Menpar Resmikan The Kaldera Toba Nomadic Escape

Faeza Kamis, 04 April 2019 20:53 WIB
Mtc/ist
Menteri Pariwisata Arief Yahya resmi membuka The Kaldera – Toba Nomadic Escape, Kamis (4/4) sore. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan burung merpati. Menpar optimis The Kaldera akan menjadi nomadic amenitas.
MATATELINGA,  Tobasa: Menteri Pariwisata Arief Yahya resmi membuka The Kaldera - Toba Nomadic Escape, Kamis (4/4/2019) sore. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan burung merpati.  Menpar optimis The Kaldera akan menjadi nomadic amenitas.


Kehadiran Menpar di The Kaldera, disambut dengan Tari Tor Tor dan balutan kain Ulos. Ada juga aksi berbalas pantun. 

Menpar datang bersama Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara, Staff Khusus Menpar Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono, juga Ketua Tim Percepatan 10 Bali Baru Hiramsyah S Thaib. Hadir juga kepala daerah sekitar Danau Toba, dan tamu undangan lainnya.

Rombongan ini diterima Kepala Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo, dan Ketua Tim Percepatan Nomadic Tourism Waizly Darwin.


Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, lahan The Kaldera bahkan lebih luas dari KEK Nusa Dua dan Tanjung Kelayang.

"Jadi harus dipahami. The Kaldera Toba Nomadic Escape itu berada di kawasan Toba Caldera Resort. Dan lebih luas dari Nusa Dua dan Tanjung Kelayang," terang mantan Dirut PT Telkom itu.

Menpar juga menjelaskan menjelaskan alasan membangun nomadic tourism di kawasan Danau Toba.
 
"Tentu ada alasan mengapa kita bangun The Kaldera ini. Saya menyebutnya sebagai nomadic tourism. Artinya bisa berpindah pindah. Kenapa bisa berpindah? Karena membangun amenitas yang tetap itu butuh waktu yang cukup lama," tuturnya. 

Dijelaskannya, membangun sebuah amenitas seperti hotel berbintang butuh waktu hingga lima tahun. "Dan mungkin saya tidak akan menikmati hasil dari pembangunan itu. Karena butuh watu lama. Sebagai solusi, kita hadirkan nomadic tourism. Saya yakin solusi ini untuk selamanya," paparnya.


Dengan karakternya, The Kaldera dinilai sangat cocok untuk menerapkan nomadic amenitas.

"Jadi, kita membuat klasifikasi untuk wisata nomadic ini. Seperti nomadic atraksi kita terapkan di Borobudur. Di Labuan Bajo, kita buat nomadic akses. Karena disana dilengkapi dengan yacht dan lainnya. Tantangan The Kalder adalah membuat atraksi di luar The Kaldera. Dan ini menjadi tugas Kepala BPDOT," katanya.

Menpar asal Banyuwangi itu juga memberikan contoh nomadic tourism yang namanya sudah sangat populer. Namanya, Cikole Orchid Forest di Lembang, Jawa Barat. 

"Fokus Orchid Forest adalah nomadic attraction. Karena, di sana ada acara live musik seperti Forchestra," jelasnya. 


Dalam kesempatan itu, Menpar juga berharap Danau Toba bisa lebih menjual. Dan cara yang paling mudah adalah memakai 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas).

"Harus ada atraksinya. Kalau Kita ingin menjadikan Danau Toba destinasi utama, maka 3A harus kelas dunia. Yang ada saat ini baik atraksi budaya, manmade, alam semua bagus, belum mendunia," katanya.

Dijelaskannya Kemenpar sedang fight agar Danau Toba dapat sertifikat sebagai Unesco Global Geopark. Menurutnya, Kemenpar akan terus berupaya agar Danau Toba mendapatkan status Unesco Global Geopark. (mtc/fae)
Editor: faeza

T#g:BpodtDanau tobaKaldera TobaMatatelingaMenteri PariwisataTerkiniThe kaldera
Komentar
Selasa, 26 Mei 2020 07:45Berita Sumut

Dor...Dor, Kedua Betis Pelaku Curanmor di Kota Medan

Dua pelaku pencurian kenderaan bermotor roda dua (curanmor), beraksi di indekos Jalan Deli Tua Medan, Kota Medan, terpak dilumpuhkan personel Sat Reskrim Polrestabes Medan dengan timah panas.

Selasa, 26 Mei 2020 07:15Aceh

Selamatkan Anak dan Istri Terseret Ombak, Jiwanya Melayang

Salah seorang warga bernam Sulaiman ,40, warga Desa Buket Drien, Kecamatan Sungai Raya, Atim tenggelam di Pantai Kuala Paret, Desa Kuala Paret, Kec. Sungai Raya, Kab Atim

Selasa, 26 Mei 2020 07:00Berita Sumut

Kapolres Sidak Polsek Jajaran Polsek Simalungun

Disela sela libur hari raya Idul Fitri, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo S.I.K didampingi Kasat Reskrim AKP Jerico L.Chandra dan Kasi Propam IPTU Alwan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke Polsek di jajaran wilkum Polres Simalungun. Dalam sidak

Selasa, 26 Mei 2020 06:30Bola

Kenapa Ashley Cole Memutuskan Tawaran Bergabung ke Chelsea

Ashley Cole akhirnya mengungkapkan apa yang menjadi alasan utama di balik keputusannya mengkhianati Arsenal. Cole menegaskan bahwa keputusannya meninggalkan Arsenal demi gabung dengan Chelsea bukanlah didasari faktor ekonomi.

Selasa, 26 Mei 2020 06:00Bola

Zlatan Ibrahimovic, Mengalami cedera Parah Dalam Latihan

Pihak klub memastikan pesepakbola berkebangsaan Swedia ini akan menjalani tes

Senin, 25 Mei 2020 23:15Nasional

Pemprov Sumbar Bahas Persiapan Hadapi "New Normal"

Masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit melakukan rapat terbatas, terkait pembahasan rencana dan strategis pasca PSBB tahap II yang berakhir tanggal 29 Mei 2020.

Senin, 25 Mei 2020 22:45Internasional

Masa Corona, Arab Saudi Temukan Cara Beri Hadiah Idul Fitri

Semua pihak di Arab Saudi menggunakan cara inovatif untuk memberikan hadiah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi corona virus disease (covid-19).

Senin, 25 Mei 2020 22:00Berita Sumut

Penyaluran BST, BLT DD dan Bantuan JPS Jangan Sampai Salah Sasaran

Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem Drs. Parsaulian Tambunan, M.Pd, Senin (25/5/2020) menyampaikan apresiasinya terhadap aparat penegak hukum yang melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap pemanfaatan dana Covid-19. Dengan harapan,

Senin, 25 Mei 2020 21:30Berita Sumut

Berlebaran Ke Pesantren Al Kautsar : Indahnya Kebersamaan Dalam Keberagaman

Dengan mengedepankan protokol kesehatan, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin M.Si bersama jajarannya dan Tokoh Lintas Agama Martabe mengunjungi pesantren Al Kautsar di Jalan Pelajar Ujung, Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai untuk menyampaikan ucap

Senin, 25 Mei 2020 21:15Berita Sumut

Tokoh Masyarakat Sergai Apresiasi Kapolres Sergai Lakukan Penyekatan ke Objek Wisata

Sejumlah tokoh masyarakat Sergai menyampaikan apresiasinya terhadap kebijakan Kapolres Sergai yang melakukan penyekatan terhadap kendaraan bermotor. Upaya penyekatan yang dilakukan Polres Sergai untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap s

Senin, 25 Mei 2020 21:00Berita Sumut

Wisata Pantai di Batubara Ditutup Sementara Demi Menekan Penyebaran Corona

Kesempatan libur Idul Fitri 1441 H selalu dimanfaatkan orang untuk menjakin tali silaturahmi dan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada. Salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Batubara yakni Pantai Bunga, berada di kecamatan Tanjung Tiram dan s

Senin, 25 Mei 2020 20:44Bola

Van Persie : Van Gaal Menampar Saya Keras dengan Tangannya Yang Besar

Tamparan mendarat di pipi Van Persie karena eks penyerang Manchester United itu menolak instruksi Van Gaal di laga perempatfinal Piala Dunia 2014.

Senin, 25 Mei 2020 20:25Bola

Arsenal Gagal Dilewati Liverpool, Wenger Bahagia

Dalam 26 laga awal Liga Inggris 2019-2020, The Reds –julukan Liverpool– tampil dominan dengan koleksi 76 angka, hasil dari 25 menang, satu imbang dan tanpa kekalahan.

Senin, 25 Mei 2020 20:00Aceh

Kenapa Bupati Bener Mariah Syarkawi Mundur...?

Pasca banjir bandang, ancaman Wakil Bupati ke Bupati Aceh Tengah hingga peristiwa terakhir, mundurnya Bupati Bener Meriah, yang disampaikan di saat pelaksanaan Idul Fitri

Senin, 25 Mei 2020 19:30Berita Sumut

Kabid Humas Poldasu: Lebaran di Sumut Aman

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, mengungkapkan Perayaan Idul Fitri 1441 H di Sumatera Utara berjalan aman tanpa adanya gangguan.

Senin, 25 Mei 2020 19:00Berita Sumut

Ditlantas Tetap Fokus Monitor Pewisata di Jalur Prapat dan Brastagi

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut tetap fokus melakukan monitor kepada Pewisata yang mau ke daerah Prapat, Danau Toba dan Brastagi ,Tanah Karo