• Home
  • Berita Sumut
  • Ditandai Pelepasan Merpati, Menpar Resmikan The Kaldera Toba Nomadic Escape

Ditandai Pelepasan Merpati, Menpar Resmikan The Kaldera Toba Nomadic Escape

Faeza Kamis, 04 April 2019 20:53 WIB
Mtc/ist
Menteri Pariwisata Arief Yahya resmi membuka The Kaldera – Toba Nomadic Escape, Kamis (4/4) sore. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan burung merpati. Menpar optimis The Kaldera akan menjadi nomadic amenitas.
MATATELINGA,  Tobasa: Menteri Pariwisata Arief Yahya resmi membuka The Kaldera - Toba Nomadic Escape, Kamis (4/4/2019) sore. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan burung merpati.  Menpar optimis The Kaldera akan menjadi nomadic amenitas.


Kehadiran Menpar di The Kaldera, disambut dengan Tari Tor Tor dan balutan kain Ulos. Ada juga aksi berbalas pantun. 

Menpar datang bersama Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara, Staff Khusus Menpar Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono, juga Ketua Tim Percepatan 10 Bali Baru Hiramsyah S Thaib. Hadir juga kepala daerah sekitar Danau Toba, dan tamu undangan lainnya.

Rombongan ini diterima Kepala Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo, dan Ketua Tim Percepatan Nomadic Tourism Waizly Darwin.


Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, lahan The Kaldera bahkan lebih luas dari KEK Nusa Dua dan Tanjung Kelayang.

"Jadi harus dipahami. The Kaldera Toba Nomadic Escape itu berada di kawasan Toba Caldera Resort. Dan lebih luas dari Nusa Dua dan Tanjung Kelayang," terang mantan Dirut PT Telkom itu.

Menpar juga menjelaskan menjelaskan alasan membangun nomadic tourism di kawasan Danau Toba.
 
"Tentu ada alasan mengapa kita bangun The Kaldera ini. Saya menyebutnya sebagai nomadic tourism. Artinya bisa berpindah pindah. Kenapa bisa berpindah? Karena membangun amenitas yang tetap itu butuh waktu yang cukup lama," tuturnya. 

Dijelaskannya, membangun sebuah amenitas seperti hotel berbintang butuh waktu hingga lima tahun. "Dan mungkin saya tidak akan menikmati hasil dari pembangunan itu. Karena butuh watu lama. Sebagai solusi, kita hadirkan nomadic tourism. Saya yakin solusi ini untuk selamanya," paparnya.


Dengan karakternya, The Kaldera dinilai sangat cocok untuk menerapkan nomadic amenitas.

"Jadi, kita membuat klasifikasi untuk wisata nomadic ini. Seperti nomadic atraksi kita terapkan di Borobudur. Di Labuan Bajo, kita buat nomadic akses. Karena disana dilengkapi dengan yacht dan lainnya. Tantangan The Kalder adalah membuat atraksi di luar The Kaldera. Dan ini menjadi tugas Kepala BPDOT," katanya.

Menpar asal Banyuwangi itu juga memberikan contoh nomadic tourism yang namanya sudah sangat populer. Namanya, Cikole Orchid Forest di Lembang, Jawa Barat. 

"Fokus Orchid Forest adalah nomadic attraction. Karena, di sana ada acara live musik seperti Forchestra," jelasnya. 


Dalam kesempatan itu, Menpar juga berharap Danau Toba bisa lebih menjual. Dan cara yang paling mudah adalah memakai 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas).

"Harus ada atraksinya. Kalau Kita ingin menjadikan Danau Toba destinasi utama, maka 3A harus kelas dunia. Yang ada saat ini baik atraksi budaya, manmade, alam semua bagus, belum mendunia," katanya.

Dijelaskannya Kemenpar sedang fight agar Danau Toba dapat sertifikat sebagai Unesco Global Geopark. Menurutnya, Kemenpar akan terus berupaya agar Danau Toba mendapatkan status Unesco Global Geopark. (mtc/fae)
Editor: faeza

T#g:BpodtDanau tobaKaldera TobaMatatelingaMenteri PariwisataTerkiniThe kaldera
Komentar
Senin, 22 Jul 2019 22:45Internasional

Jamaah Haji Jangan Paksakan Diri Cium Hajar Aswad

Jamaah haji Indonesia diimbau tidak memaksakan diri untuk mencium hajar aswad.

Senin, 22 Jul 2019 21:32Berita Sumut

DPRD Terima LPJ APBD Kota Medan T.A 2108

DPRD Kota Medan menyetujui Ranperda Kota Medan tentang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pelaksananaan APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2018 dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis

Senin, 22 Jul 2019 21:27Berita Sumut

Aspidum Edyward Kaban Terima Satyalancana Karya Satya 30 Tahun

Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Edyward Kaban, SH, MH menerima tanda penghargaan Satyalancana Karya Satya yang telah berbakti sebgai pegawai negeri sipil selama 30 tahun secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapa

Senin, 22 Jul 2019 21:05Berita Sumut

Kanimsus Medan Luncurkan Immigration Corner di KNIA

Kantor Imigrasi Klas 1 Khusus (Kanimsus) TPI Medan meluncurkan inovasi terbaru untuk melayani para warga negara asing (WNA) yang datang melalui Bandara Internasional Kualanamu . Inovasi yang dimaksud adalah dengan mendirikan Immigration Corner.

Senin, 22 Jul 2019 20:40Berita Sumut

Hanyut di Sungai Seruwai, Pemancing Ini Ditemukan Tewas

Seorang pria bernama Awi ,59, yang dilaporkan hanyut saat memancing di atas sampan di Sungai Seruwai pada Minggu (21/7) kemarin akhirnya ditemukan. Pria tua itu ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Senin (22/7/2019) sore.

Senin, 22 Jul 2019 20:14Berita Sumut

Jaksa Rayakan HUT Adhyaksa, PN Medan Sepi Persidangan

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Adyaksa ke-59, Senin (22/7/2019) kembali mengakibatkan sepinya aktivitas persidangan di PN Medan. Pemandangan ini juga terjadi Senin pekan lalu berkaitan dengan acara pembukaan Pekan Olahraga (POr) yang diikuti ke

Senin, 22 Jul 2019 19:51Berita Sumut

Akhyar Jadi Narasumber KKLDN

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi memaparkan berbagai hal terkait Kota Medan dihadapan para Perwira Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Markas Kodim 0201/BS, Jalan Pengadilan

Senin, 22 Jul 2019 19:36Nasional

UNSW Australia Kunjungi Mabes Bakamla RI/IDNCG

Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R. menerima kunjungan delegasi University of New South Wales (UNSW) Australia, di Markas Besar Bakamla RI/IDNCG, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Jakarta Pusat,

Senin, 22 Jul 2019 19:21Berita Sumut

Wali Kota Medan Terima Penghargaan Indonesia Creative Leader

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima kunjungan jajaran redaksi Sindo Media di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman Medan, Senin (22/7). Selain bersilaturahmi, kedatangan tersebut dalam rangka menyerahkan langsung penghargaan Government

Senin, 22 Jul 2019 18:47Berita Sumut

Sudah Dinonaktifkan, Eks Kades di Tapteng Ini Harus Meringkuk di Penjara

Seorang eks kepala desa (Kades) di Kabupaten Tapanuli Tengah ditangkap polisi lantaran melakukan tindak pidana korupsi. Tersangka berinisial RS alias Roi ,34, disangka mengorupsi dana desa lebih dari Rp 280 juta saat menjabat Kades Ra

Senin, 22 Jul 2019 18:24Berita Sumut

Polsek Sunggal Ungkap Perdagangan Anak Dibawah Umur yang Libatkan Keluarga

Polsek Sunggal mengungkap kasus perdagangan perempuan di bawah umur yang melibatkan keluarga. Dalam kasus ini, polisi mengamankan dua orang pelaku.

Senin, 22 Jul 2019 18:00Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Bimtek PBMD

Pemko Medan melalui Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Daerah (PBMD) di lingkungan Pemko Medan Tahun Anggaran 2019 di Hotel Polonia, Jalan Sudirman Medan, Senin (22/7).

Senin, 22 Jul 2019 17:41Berita Sumut

Pangdam Lepas Keberangkatan 73 Orang Calon Haji KBIH Kodam I/BB

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah melepas keberangkatan jama'ah calon haji KBIH Kodam I/BB ke Asrama Haji, pada Senin 22 Juli 2019 di Masjid At Taqwa Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.

Senin, 22 Jul 2019 17:26Berita Sumut

57 Pati TNI Sandang Pangkat Baru

Sebanyak 57 prajurit Perwira Tinggi (Pati) TNI menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1720/VII/2019 tanggal 19 Juli 2019.

Senin, 22 Jul 2019 17:08Berita Sumut

Aneh, Wartawan Dilarang Liput Rapat Pansus DPRD Medan

Rapat tertutup mulai membudaya di DPRD Medan. Jika sebelumnya rapat tertutup saat pembahasan LPj Walikota terhadap penggunaan APBD TA 2018 diberlakukan. Kali ini rapat tertutup terulang saat pembahasan Pansus Ranperda Perusahaan Umum Daerah Pasar Pemko Me

Senin, 22 Jul 2019 16:39Berita Sumut

FPKS Dorong Pemko Medan Buat Early Warning Sistem untuk Warga Bantaran Sungai

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Medan mengingatkan Pemerintah Kota Medan untuk mengantisipasi tumbangnya billboard dan baliho saat musim hujan ini.