• Home
  • Berita Sumut
  • Dua Aktivis Peras Pegawai Kemenag Asahan Masuk Sel Tahanan Polisi

Dua Aktivis Peras Pegawai Kemenag Asahan Masuk Sel Tahanan Polisi

Benawi Jumat, 18 Januari 2019 08:23 WIB
Matatelinga
kapolres Asahan saat menerangkan kronologis aksi yang dilakukan kedua tersangka pemerasan
MATATELINGA, Asahan:  Dua orang yang mengaku aktivis di jebloskan ke dalam sel tahanan Polres Asahan, kedua orang yang mengaku aktivis tersebut diantaranya MKUD alias Umam ,21, mahasiswa Fakultas hukum UNA  warga jalan KH.Agus Salim kelurahan Selawan Kota Kisaran Timur dan EH alias Kepay ,42, warga jalan Pembangunan I kelurahan teladan Kota Kisaran Timur.



Keduanya telah melakukan pemerasan terhadap pegawai kemenag Kabupaten Asahan, dengan modus akan melakukan aksi demonstrasi di kantor kementrian agama tersebut terkait soal adanya dugaaan korupsi , dan untuk membatalkan aksi demonstrasi tersebut , dua aktivis tersebut meminta ganti rugi sebesar Rp.15 juta dan disepakati oleh kedua belah pihak sebesar Rp.8 juta rupiah.

Kapolres Asahan AKBP.Faisal F.Napitupulu,SIK.MH yang didampingi kasat Reskrim AKP.Ricky Pripurna Atmaja,SIK saat Conferency  Pers di Mako Polres Asahan, Kamis (17/1/2019) mengatakan dua tersangka pelaku pemerasan terhadap pegawai Kemenag Kabupaten Asahan dengan modus akan melakukan aksi demonstrasi  untuk dapat meraup keuntungan sepihak, telah dapat diamankan oleh Kepolisian Resor Asahan , dua orang tersangka dimaksud diantaranya  MKUD alias Umam (21) mahasiswa Fakultas hukum UNA  warga jalan KH.Agus Salim kelurahan Selawan Kota Kisaran Timur dan EH alias Kepay (42) warga jalan Pembangunan I kelurahan Teladan Kota Kisaran Timur, ujarnya.



Lebih lanjut AKBP.Faisal mengatakan terhadap kedua tersangka tersebut dapat dijerat dengan pasal 368 Jo pasal 55 dan atau pasal 335 ayat (1) KUH Pidana dengan ancaman hukuman paling lama satu tahun penjara.

Sementara kronologis kejadiannya berawal dari pertemuan antara tersangka MKUD alias Umam dengan tersangka EH alias Kepay di salah satu warung kopi di Kisaran, dan pertemuan tersebut  kedua tersangka membahas soal aksi demonstrasi terkait adanya dugaan penyimpangan penggunaan dana anggaran dilingkup Kemenag Asahan, dan dalam pertemuan tersebut juga dibicarakan bila pihak Kemenag Asahan ingin membatalkan aksi demontrasi tersebut, Kemenag harus menyediakan dana sebesar Rp.15 juta dan paling rendah harus menyediakan dana pembatalan aksi tersebut sebesar Rp. 10 juta.



Selanjutnya tersangka MKUD alias Umam menghubungi Suwasti Sagala yang menjabat Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Asahan untuk menyampaikan surat pemberitahuan adanya aksi tersebut dan oleh Suwasti Sagala dilaporkan kepada Syahrial selaku pimpinannya, dan set lah terjadi negoisasi antara para tersangka dengan pegawai Kemenag tersebut untuk membatalkan adanya aksi demontrsi disepakati penyerahan uang  pengganti sebesar Rp.8 juta, yang selanjutnya Sayhrial selaku korban bersama Hermayani S.PdI bertemu dengan MKUD alias Umam yang saat itu bersama temannya yang bernama "RK" di Rumah Makan Pondok Kelapa jalan Imam Bonjol untuk penyerahan uang sebesar Rp.8 juta tersebut, dan pada saat itulah dilakukan penangapan terhadap MKUD alias Umam bersama temannya "RK", dan dari hasil introgasi perbuatan yang dilakukan tersangka MKUD alias Umam ini di dalangi dan di bidani oleh tersangka EH alias Kepay, kedua tersangka saat ini sudah mendekam di dalam  Rumah tahanan Polisi Polres Asahan guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, pungkasnya.

(Mtc/ben)
Editor: Amrizal

T#g:aktivis ditangkapbliblibukalapakMatatelingaOLXPemerasanPemkab AsahanPolres AsahanTerkiniTraveloka
Komentar
Sabtu, 23 Feb 2019 09:15Berita Sumut

Hadiri Silaturahmi Akbar Masyarakat Melayu, Soekirman Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman dan Wabup H Darma Wijaya menghadiri acara Silaturahmi Akbar Masyarakat Melayu Kabupaten Serdang Bedagai di Lapangan Replika Sultan Serdang Kecamatan Pegajahan, Jumat (22/2/2019).

Sabtu, 23 Feb 2019 09:00Berita Sumut

Tim Prabowo-Sandi Targetkan 65 Persen Peroleh Suara di Sumut

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mentargetkan 65 persen suara untuk Prabowo-Sandi di Sumatera Utara. BPN yakin target ini tercapai lantaran Sumut merupakan salah satu lumbung suara Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut

Sabtu, 23 Feb 2019 08:38Berita Sumut

Soal Lahan Prabowo di Aceh, Ini Tanggapan Mantan Wagub Aceh

Mantan Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf memberikan komentarnya terkaitahan yang dikuasai Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto di Aceh Tengah seluas 120 ribu hektar. Dia mengatakan sekitar 30 persennya sudah dihuni warga setempat.

Sabtu, 23 Feb 2019 08:16Berita Sumut

Di Medan, Capres Prabowo Singgung Soal Pemindahan Ibu Kota

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, sejak Jumat (22/2) malam kemarin berkunjung ke Sumatera Utara. Mengawali kunjungannya di Medan, Prabowo bertemu warga Tionghoa di Gedung Selecta, Jalan Listrik, Medan. Di hadapan sekitar 1.500 undangan, mant

Sabtu, 23 Feb 2019 08:10Nasional

Pemilu 2019, Ridwan Kamis Tegaskan Menangkan Jokowi-KH Ma'ruf

Di sebuah warung di Jalan Terusan ABC, Kota Bandung, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bertemu dengan Tim Pengarah TKD Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sabtu, 23 Feb 2019 07:55Lifestyle

Sophia Latjuba Banjir Pujian Netizen, Usai Foto Seksinya Beredar Luas

Artis peran Sophia Latjuba kembali memperlihatkan pose seksinya melalui media sosial, Jumat (22/2/2019).

Sabtu, 23 Feb 2019 07:40Lifestyle

Viral, Selebgram Bohai Salmafina Sunan Lepas Hijab Usai Cerai Hingga Pamer Kekasih Baru

Selebgram Salmafina Sunan kini mulai terang-terangan mengenai statusnya yang sudah tak jomblo lagi.

Sabtu, 23 Feb 2019 07:25Nasional

Tragis, Suami Tega Bunuh Istrinya Sedang Hamil Tua Sontak Gegerkan Warga Net

Baru-baru ini, aksi keji dilakukan oleh seorang suami berinisial RS warga Kelurahan Tanjung Jaya, Kota Bengkulu yang tega membunuh istrinya sendiri, yakni ES disaat tengah hamil 9 bulan.

Sabtu, 23 Feb 2019 07:10Bola

Berikut Hasil Pertandingan Liga Inggris 2018-2019, Sabtu Malam

Pekan ke-27 Liga Inggris 2018-2019 diwarnai dengan hujan gol dari dua pertandingan yang digelar pada Sabtu (23/2/2019) dini hari WIB.

Sabtu, 23 Feb 2019 06:55Nasional

Viral, Anggota Panwaslu di Jotos Oknum Kepala Desa

Seorang oknum Kepala Desa diduga telah melakukan kekerasan kepada seorang pengawas pemilu (Panwaslu)

Sabtu, 23 Feb 2019 06:40Nasional

Israel Luncurkan Misi Pertama ke Bulan di Florida

Pesawat luar angkasa tanpa awak Israel, Beresheet, diluncurkan dari Cape Canaveral di Florida, Kamis (22/02/2019) malam.

Sabtu, 23 Feb 2019 06:25Nasional

Akhirya THR PNS & ASN Cair di Bulan Mei 2019, Hore...

Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau ASN akan cair pada Mei 2019.

Sabtu, 23 Feb 2019 06:10Lifestyle

Perseteruan Dewi Persik Dengan Keponakannya Semakin Keruh

Keponakan Dewi Perssik, Rosa Meldianti mangkir dari pemeriksaan sebagai tersangka dugaan kasus pencemaran nama baik kepada sang tante, pada Jumat 22 Februari 2019.

Sabtu, 23 Feb 2019 05:55Bola

AC Milan Menang Telak Atas Lawannya Empoli 3-0

AC Milan memetik kemenangan meyakinkan atas Empoli dengan skor 3-0 dalam laga lanjutan pekan ke-25 Liga Italia 2018-2019.

Jumat, 22 Feb 2019 23:58Lifestyle

Agama Islam Bolehkan Wanita Berkarir, Jika...

Islam hadir untuk memuliakan wanita. Di tengah masa-masa sebelum Islam, kaum wanita benar-benar menjadi golongan terbelakang.

Jumat, 22 Feb 2019 23:47Lifestyle

Salah Tafsir, Ini Sebab Orang Sakit Selalu Ngantuk

Saat sedang sakit, tubuh biasanya terasa lemas tak bertenaga. Jika sudah begini, orang biasanya menghabiskan waktu tanpa beranjak dari tempat tidur.