• Home
  • Berita Sumut
  • Dua Pelaku Lapangan Pembunuhan Pemilik Toko Servis Air Softgun Dituntut 20 Tahun Penjara

Dua Pelaku Lapangan Pembunuhan Pemilik Toko Servis Air Softgun Dituntut 20 Tahun Penjara

Faeza Kamis, 07 Desember 2017 16:38 WIB
Mtc/fae
Dua terdakwa yang terlibat dalam kasus pembunuhan Indra Gunawan alias Kuna, pemilik toko servis air softgun masing-masing dituntut dua puluh tahun penjara. Kedua terdakwa adalah Jo Hendal sebagai joki kereta yang membawa eksekutor pembunuh Kuna dan Darma

MATATELINGA, Medan:  Dua terdakwa yang terlibat dalam kasus pembunuhan Indra Gunawan alias Kuna, pemilik toko servis air softgun masing-masing dituntut dua puluh tahun penjara. Kedua terdakwa adalah Jo Hendal sebagai joki kereta yang membawa eksekutor pembunuh Kuna dan Darma yang berperan sebagai penerima  uang pemba­yaran bagi eksekutor.


Putusan atas terdakwa dibacakan oleh tim Jaksa Penuntut Umum Kejari Medan dalam persidangan yang digelar di Ruang Utama, Pengadilan Negeri Medan, Kamis (7/12/2017) sore.


"Menyatakan terdakwa bersalah secara bersama-sama melakukan tindakan pembunuhan berencana sebagaimana Pasal 340 KUH Pidana dalam dakwaan primer," ucap JPU Aisyah dihadapan majelis hakim yang diketuai Wahyu Prasetyo Wibowo.


Selain kedua terdakwa, dalam persidangan itu JPU juga mengajukan tuntutan hukuman pidana kepada dua terdakwa lainnya yang terlibat dalam perkara pembunuhan ini.


Keduanya yakni Chandra alias Ayen dituntut 7 tahun penjara dan terdakwa John Marqum Lubis alias Ucok dengan pidana 3 tahun penjara.


Untuk kedua terdakwa ini, JPU menjerat mereka dengan Undang-Undang UU Darurat dan Pasal 221 KUHPidana karena menyembunyikan atau menyimpan senjata api yang digunakan untuk membunuh Indra Gunawan.


Usai mendengar nota tuntutan, Majelis hakim kemudian menunda sidang hingga sepekan mendatang untuk agenda pembelaan.


Sekedar diketahui, Polrestabes Medan menangkap sejumlah orang yang diduga terlibat kematian Indra Gunawan alias Kuna (45) yang menggemparkan warga Kota Medan lantaran dibunuh dengan cara ditembak menggunakan senjata api di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Kesawan Kecamatan Medan Barat, pada Rabu 18 Januari.


Kemudian, petugas gabungan Polrestabes Medan dan Polda Sumatera Utara, Minggu 22 Januari berhasil membekuk delapan orang tersangka pembunuh Kuna dari berbagai lokasi terpisah.


Penangkapan yang berlangsung sangat cepat itu, dan 2 tersangka tewas ditembak polisi. Ada delapan tersangka pembunuhan tersebut, dan otak pelaku yang mendalangi pembunuhan ini berinisial RJ alias Raja (45) seorang pengusaha tambang.


Raja ditangkap di Provinsi Jambi. Kemudian Jo Hendal alias Zendal (41) warga Jalan Sukaraja Batubara Sumatera Utara berperan sebagai joki sepeda motor.


Chandra alias Ayen (38) warga Jalan Tulang Bawang Medan Petisah berperan yang menyimpan senjata api, John Marwan Lubis alias Ucok (62) warga Jalan Sei Deli Medan, yang juga berperan menyimpam senjata api.


Tersangka Wahyudi alias Culun (33) warga Jalan Karya Jaya Gang Karya Ikhlas Kecamatan Medan Johor, yang berperan membantu tersangka pemukulan kabur, dan M Muslim (31) warga Jalan Sampali Kelurahan Pandau Hulu Kecamatan Medan Area yang berperan membunuh karyawan korban tahun 2014 silam.


Sedangkan, dua tersangka yang tewas ditembak karena melawan saat ditangkap yakni Putra (31) yang berperan sebagai eksekutor penembak Kuna, dan seorang Ketua OKP di Petisah, Rawindra alias Rawi (40) warga Jalan Waru Medan, yang berperan mencari eksekutor dan menyusun skenario pembunuhan.


Dalam penangkapan tersebut, petugas mengamankan barang bukti tiga pucuk senjata api jenis revolver. (mtc)

Editor: Faeza

T#g:Indra gunawanpembunuhanPN Medan
Komentar
Rabu, 21 Feb 2018 13:33Berita Sumut

Pedagang Pasar Gambir tentang Edy Rahmayadi: Biasanya Kami Lihat dari Kalender

Calon Gubsu nomor urut 1 Edy Rahmayadi kembali mengunjungi pasar tradisional. Yang dikunjungi kali ini adalah Pasar Gambir di Pasar 8 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Rabu (21/2/2018).

Rabu, 21 Feb 2018 12:46Berita Sumut

Kasus Pencemaran Nama Baik Bupati Asahan Masih Proses Penyidikan

Polres Asahan hingga saat ini masih mendalami kasus dugaan pencemaran nama baik Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang yang dilakukan akun facebook bernama Putra Hutasuhut. Polisi menyebutkan kasus ini sudah dalam tahap penyidikan.

Rabu, 21 Feb 2018 08:45Berita Sumut

Tepis Isu Tangkap Lepas, Polres Asahan Ringkus Kecubung Sang Bandar Narkoba Asahan

Satres Narkoba Polres Asahan kembali meringkus Samsul Arif Sitorus alias Bung Roma alias Kecubung, bandar narkoba yang kerap beraksi di wilayah hukum Polres Asahan. Penangkapan ini juga menepis isu tangkap lepas tersangka di Polres Asahan.

Rabu, 21 Feb 2018 06:55Berita Sumut

DKPP Gelar Sidang Tiga Kasus Etik Pilkada Di Bawaslu Sumut

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu( DKPP) menggelar sidang tiga berkas aduan ( laporan ) pelanggaran etika Pilkada di Bawaslu Sumut

Rabu, 21 Feb 2018 06:48Berita Sumut

Wagubsu : Walikota dan BPN Segera Terbitkan Sertifikat Tanah di Seluruh Kota Sibolga

Wagubsu Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung SH, MH mengatakan agar Pemerintah Kota dan BPN membuat semua bidang tanah yang ada di Kota Sibolga khususnya bersertifika

Rabu, 21 Feb 2018 04:39Berita Sumut

Bupati Karo Secara Resmi Membuka Rapat Harmonisasi Program Kerja TP. PKK

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH membuka secara resmi rapat harmonisasi program kerja TP. PKK se Kabupaten Karo Tahun 2018, di jambur Pemkab Karo

Selasa, 20 Feb 2018 22:54Berita Sumut

Antisipasi Bentrokan Antar Warga, Kapolres Tapsel Gelar Bakti Sosial

Petugas Polres Tapanuli Selatan, Detasemen C Brimob Poldasu, Prajurit Kodim 0212/TS, beserta warga Kecamatan Batang Angkola

Selasa, 20 Feb 2018 22:51Berita Sumut

Bupati Ir H Soekirman : Pentingnya Kesehatan Bagi Masa depan

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menerima 324 Mahasiswa yang akan melakukan Pengalaman Belajar Lapangan

Selasa, 20 Feb 2018 22:46Berita Sumut

Walikota Medam Terima Kunker Komisis II DPRD Kota Jambi

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin diwakili Kepala BPKAD Kota Medan Ir. Irwan Ritonga menerima kunjungan kerja Komisi II DPRD

Selasa, 20 Feb 2018 22:40Nasional

Kegiatan Super Medical Camp Indobatt XXIII-L Mendapat Tempat Dihati Masyarakat Lebanon

Pasukan Garuda Satgas Indobatt (Indonesian Battalion) Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon)

Selasa, 20 Feb 2018 22:31Berita Sumut

Dua Karyawan RM Padang Raya Disekap dan Babak Belur Dianiaya Gerombolan Preman

aksi kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan sekelompok preman masih kerap terjadi dan terkesan tidak tersentuh hukum

Selasa, 20 Feb 2018 16:30Berita Sumut

Kapolres Asahan Jadi Irup Peringatan HKN 2018

Pemerintah Kabupaten Asahan memperingati Hari Kesadaran Nasional (HKN) 2018 di alun alun kota Kisaran, Senin (19/2/2018). Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kapolres Asahan AKBP.Qobul Syahrin Ritonga,SIK.M.Si.

Selasa, 20 Feb 2018 16:15Berita Sumut

KJRI Dengan Kapoldasu Bahas TPPO

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching, Jahar Gultom audensi di Poldasu langsung diterima Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw

Selasa, 20 Feb 2018 16:00Berita Sumut

Antisipasi Kejadian di Jawa, Orang Gila di Medan Juga Dirazia Polisi

Polsek Sunggal bersama Dinas Sosial Pemko Medan menggelar razia gelandangan pengemis (gepeng) dan orang gila, Selasa (20/2/2018). Razia ini melibatkan 30 an orang petugas gabungan.

Selasa, 20 Feb 2018 15:45Berita Sumut

Bupati Asahan Serahkan 80 Unit Kendaraan Dinas Kepala Desa

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang,MAP menyerahkan 80 unit kendaraan roda dua kepada 80 orang kepala desa. Bantuan ini dari bantuan hibah Pemerintah Propinsi Sumatera Utara, Senin (19/2/2018) di rumah dinas Bupati Asahan.

Selasa, 20 Feb 2018 15:00Berita Sumut

Sidang Sengketa Pilgub JR Saragih Dikawal 557 Polisi

Untuk mengamankan jalannya sidang perdana terkait gugatan sengketa Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) terhadap pasangan Jopinus Ramli (JR) Saragih dan Ance Selian di Kantor Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sumut, Jalan Adam Malik, Medan. Ratusan persone